perawatan luka pasca sesar
on 11 Apr 2013

Salam para dokter yang terhormat,
istri saya baru saja menjalani persalinan sesar (anak pertama), karena persalinan normal (sampai dibantu vacuum) tidak berhasil sebelumnya. Terkait hal tersebut, mohon arahan dan petunjuk tentang hal - hal apa yang dianjurkan dan dilarang selama masa pemulihan ??
*sebagai informasi, luka yang dialami istri saya ada di 2 lokasi, yaitu di atas (akibat sesar vertikal) dan di bawah (akibat vacuum hingga 2 jahitan).

ferry muntahir
jakarta

2 Answers

Dokter
Jakarta

dear,

untuk pemulihan luka sesar biasanya dianjurkan untuk tidak kena air dahulu (biasanya dititip dengan kasa anti air) dan dikontrol mingguan pada dokter yang merawat, dilihat kekeringan luka dan pencabutan benang (ada juga yang sudah tidak dicabut).
Tumbuhnya jaringan baru untuk penyembuhan luka tergantung pada asupan nutrisi (protein, sayuran dan buah) keadaan luka itu sendiri, serta kondisi psikologis istri anda.
setelah luka boleh dibiarkan terbuka, dijaga saja kebersihannya, boleh juga menggunakan antiseptik seerti betadine.
untuk luka perineum/daerah vagina, biasanya sudah dapat dibuka jahitannya sekitar 2 minggu, dilihat dari penyatuan jaringan pada saat diperiksa. tidak ada perawatan khusus, sekali lagi harus perhatikan nutrisi dan kebersihan luka. serta jangan lupa melakukan kontrol luka.

1 Thanks
on 11 Apr 2013

terima kasih dr.Yunisa.

Say Thanks
on 11 Apr 2013
in partnership with