Profile
Jantung dan Pembuluh Darah

perbedaan nyeri ulu hati dengan gejala serangan jantung

perbedaan nyeri ulu hati dengan gejala serangan jantung
Jakarta Selatan

dokter bagaimana membedakan deraan nyeri ulu hati dengan serangan gangguan jantung? dua hari yang lalu, mamaku masuk UGD, lalu dokter menyimpulkan nyeri di ulu hati nya sebagai gejala maag akut, tapi yang bikin bingung, tadi pagi keluarga dikabari pihak rumah sakit tentang kemungkinan sakit yang dialami mamaku adalah gejala serangan jantung. tolong jelaskan mana yang bisa dipercaya? apa harus kami pindahkan rumah sakit?

Answers

4 answers

  • selamat sore Sophie Agnella..

    untuk beberapa kasus, seringkali pasien dengan serangan jantung datang hanya dengan keluhan seperti maag akut.. dengan nyeri di ulu hatinya.. tapi yang membedakan adalah nyerinya tidak hilang dengan pemberian obat-obatan lambung..

    lalu pemeriksaan tambahan yang sangat penting adalah rekam jantung (EKG / elektrokardiogram) untuk menilai "kelistrikan" jantung.. pada serangan jantung dapat terlihat perubahan pada aliran kelistrikan jantung..
    lalu pemeriksaan tambahan lainnya adalah pemeriksaaan laboratoium darah untuk melihat apakah ada kenaikan enzim yang merupakan penanda kerusakan jantung seperti Troponin T, dan CK MB.. pada serangan jantung, enzim2 ini biasanya akan naik beberapa kali lipat dari nilai normalnya yang tidak diketemukan pada pasien dengan maag akut..

    semoga bermanfaat ya Sophie.. Salam utk mama agar cepat sembuh yaa..

  • oh, kemungkinan tumpang tindih gejala ya dok? jadi bukan kasus malpratek kan ya? baru saja aku dapat kabar, rupanya kelistrikan jantung mamaku lemah. apa kira2 penyebabnya? dan apa aman jika masih mengonsumsi kopi bagi penderita sakit jantung ini? terima kasih banyak dokter...gbu

  • bukan tumpang tindih, gejalanya bisa sangat mirip dengan pasien maag akut.. jadi bukan malpraktek ya bu.. :))

    untuk jantung lemah, harus dievaluasi lebih lanjut bu.. dengan anamnesa (wawancara dokter-pasien), pemeriksaan fisik yang teliti, dan dibantu dengan pemeriksaan penunjang ya bu agar dapat diketahui penyebabnya secara pasti..

    kopi mengandung kafein dan antioksidan.. antioksidan dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas.. kafein merupakan golongan zat psiko-stimulan yang bekerja langsung di sistem saraf pusat (otak).. konsumsi kafein dapat menguntungkan karena menjaga agar tetap fokus dan bugar.. disebutkan pula dapat menurunkan resiko kanker.. namun dalam jumlah yang banyak dan berlebih dapat meningkatkan resiko hipertensi yang akhirnya dapat menyebabkan masalah jantung.. jadi konsumsi kopi pada orang dengan penyakit jantung tidak boleh terlalu banyak..

    semoga membantu ya..

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,


    Sakit maag adalah peningkatan produksi asam lambung sehingga terjadi iritasi lambung. Maag atau sakit lambung memiliki gejala khas berupa rasa nyeri atau pedih pada ulu hati meskipun baru saja selesai makan. Namun kalau rasa pedih hanya terjadi sebelum makan atau di waktu lapar dan hilang setelah makan, biasanya karena produksi asam lambung berlebihan dan belum menderita sakit maag. Seringkali ini disebabkan, karena Anda telat makan. Sakit maag juga seringkali dikaitkan dengan gaya hidup tidak sehat.
    setiap orang mempunyai keluhan nya berbeda beda tapi gejala yang paling sering adalah nyeri perut, nyeri ulu hati.

    Beberapa gejala umum yang biasa terjadi adalah :

    Mual dan muntah
    Nyeri pada bagian perut (biasanya di perut bagian atas)
    Perut bagian atas seringkali terasa kembung setelah menyantap makanan
    Cegukan
    Hilangnya nafsu makan
    Muntah darah
    Kotoran berwarna pekat

    Peningkatan produksi asam lambung dapat terjadi karena :
    1) Makanan atau minuman yang merangsang lambung yaitu makanan yang pedas atau asam, kopi dan alkohol.
    2) Faktor stres baik stres fisik (setelah pembedahan, penyakit berat, luka bakar) maupun stres mental.
    3) Obat-obat tertentu yang digunakan dalam jangka waktu lama (misal obat rematik, antiinflamasi).
    4) Jadwal makan yang tidak teratur

    berikut beberapa tips dan bisa dijadikan gaya hidup sehari-hari kita, di antaranya adalah sebagai berikut:

    Melakukan olahraga rutin
    Menghindari stres
    Memilih makanan sehat dan bergizi
    Mengonsumsi air putih serta makanan berserat,
    Menghindari makanan pedas/asam/coklat
    Tidak merokok,
    Tidak mengonsumsi alkohol, kopi dan teh yang terlalu pekat
    Mengatur pola makan 4-5 kali sehari, dalam porsi sedikit namun dengan kandungan kalori yang cukup dalam sehari

    Tujuan terapi maag yaitu mengurangi atau menghilangkan gejala pada penderita, menurunkan frekuensi atau kekambuhan. Pada penderita maag pengobatannya tergantung pada penyebabnya. Sakit maag pada awalnya diobati secara simptomatik dengan pemberian obat yang menetralisasi atau menghambat produksi asam lambung berlebihan (jenis antasida) atau obat penghambat produksi asam yang memperbaiki motilitas usus (sistem gerakan usus).
    Obat maag yang alami dapat berguna untuk mengatasi perut yang perih dan sakit tanpa menggunakan bahan kimia. Maag adalah penyakit yang terjadi saat lambung mengalami perubahan fungsi maupun peradangan. Istilah medis untuk menyebut maag adalah gastritis atau radang lambung yang umumnya disebabkan infeksi bakteri, virus, jamur, dan protozoa. Penyebab penyakit maag lainnya adalah faktor non-infeksi seperti zat asing yang masuk dalam tubuh melalui makanan atau minuman.

    Maag bisa menyebabkan sakit perut. Oleh karena itu, penderita maag membutuhkan berbagai penyesuaian gaya hidup untuk mencegah sakit perut terulang kembali. Nah, berikut ini adalah obat maag yang alami, terutama untuk mencegah sakit perut yang mendera.

    Mengatur pola makan
    Mengatur pola makan adalah obat maag yang alami. Caranya, makan lebih teratur dan lebih sering dengan porsi yang dibatasi. Hal ini dapat membantu mencegah peningkatan asam dalam perut yang biasanya menyebabkan sakit perut.

    Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda harus menghindari melewati jam makan dan jangan makan berlebihan. Hindari juga makanan berlemak, makanan pedas, minuman bersoda, kafein, dan alkohol. Selain itu, kunyah makanan secara pelan agar bisa dicerna lebih baik.

    Mengurangi stres
    Cara lain yang bisa digunakan sebagai obat maag yang alami adalah mengurangi stres. Oleh karena itu, memahami penyebab stres sangat penting supaya Anda bisa mengontrolnya. Jadi, bila Anda ingin sembuh dari maag, perbanyaklah waktu di mana Anda bisa rileks. Misalnya, melakukan hobi atau kegiatan yang menyenangkan.

    Berolahraga
    Tidak banyak yang tahu bahwa sakit perut karena maag bisa diobati dengan memperbanyak aktivitas fisik seperti olahraga.

    Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu didunia menduduki peringkat pertama bersama penyakit stroke.Penyakit jantung pada dasarnya disebabkan karena sel-sel jantung yang mati dan mengakibatkan pasokan darah ke jantung terhenti atau bisa juga disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah.

    ciri penyakit jantung memiliki gejala awal seperti berikut ini :

    1) Nyeri pada dada, Ini dikarenakan otot dan jantung tidak mendapatkan pasokan oksigen dan darah yang cukup dan membuat jantung tersebut menjadi nyeri. Biasanya disertai dengan rasa seperti jantung diremas-remas dan rasa sakit.

    2) Mengeluarkan keringat, Mengeluarkan keringat padahal anda tidak sedang melakukan kegiatan, umumnya area telapak tangan yang sering keluar keringat.

    3) Merasa lelah berlebihan, merasa lelah juga bisa menjadi indikasi awal dari penyakit jantung padahal sebelumnya anda tidak melakukan aktifitas fisik yang berat apapun.

    4) Sesak nafas, karena kontraksi otot jantung yang tidak normal bisa berdampak ke paru-paru sehingga akan menyebabkan anda sesak nafas.

    5) Jantung berdebar-debar, jantung yang berdebar kencang tanpa sebab rasanya seperti habis melakukan lari juga bisa disebabkan karena gejala awal penyakit jantung.

    6) Cemas, orang yang dihinggapi rasa cemas biasanya memikirkan kondisi tubuhnya tentang penyakit tersebut ada baiknya anda menenangkan diri karena rasa cemas justru akan menganggu jantung anda.

    7) Sakit kepala, sakit kepala pada gejala awal penyakit jantung bisanya sangat menyakitkan ini terjadi karena aliran darah ke otak terganggu dan tidak normal.

    8) Nafsu makan menurun, Salah satu indikasi dari penyakit jantung adalah penderitanya memiliki nafsu makan yang menurun drastis dan biasanya juga disertai mual dan muntah-muntah.

    9) Bagian tubuh membengkak, jika terdapat salah satu bagian tubuh membengkak tanpa sebab anda wajib berhati-hati segera lakukanlah antisipasi.

    10) Sakit dibagian tubuh, ini disebabkan oleh aliran darah yang tersumbat kebagian tubuh tersebut dan mengakibatkan sakit.

    Biasanya yang menyebabkan seseorang terkena serangan jantung adalah karena gaya hidup yang tidak sehat, merokok, dan memakan makanan yang mengandung kolesterol yang tinggi.

    beberapa penyebab penyakit jantung

    Merokok
    Karbon monoksida dan kandungan nikotin di dalam asap rokok dapat memicu munculnya gumpalan darah serta memacu jantung bekerja lebih cepat dari biasanya sehingga akan membuat jantung terbebani. Selain itu, senyawa kimia lain yang terkandung dalam asap rokok bisa membuat dinding arteri jantung menjadi rusak yang kemudian akan memicu terjadinya penyempitan. Baca lebih lengkap mengenai bahaya merokok bagi kesehatan tubuh dan jantung.

    Gaya Hidup yang Tidak Sehat
    Gaya hidup di sini atau dengan kata lain pola hidup berkaitan dengan pola makan dan juga aktifitas fisik lainnya. Kebiasaan buruk sebaiknya tidak dipelihara karena yang rugi bukan hanya orang lain, tetapi diri sendiri. aktifitas fisik seperti olah raga sebaiknya dilakukan secara rutin karena tubuh kita membutuhkannya. Begitu juga makan. Diet sehat adalah pilihan tepat untuk mencegah penyakit jantung.

    Kelebihan Kolestrol dalam Tubuh
    Kolesterol jahat (LDL) yang berlebihan sangat berbahaya bagi jantung. Ia sangat mudah menempel pada dinding pembuluh darah sehingga berpotensi menjadi plak. LDL yang normal dalam darah harus kurang dari atau sama dengan 100 mg/dl . Ketahui mengenai makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

    Hipertensi
    Ketika seseorang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi maka akan berhimbas pada kesehatan jantung. Karena tekanan darah tinggi akan memicu kerja jantung lebih berat dari biasanya dna juga pembuluh darah.

    Diabetes
    Penderita diabetes beresiko lebih banyak terkena penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena penebalan pada dinding pembuluh darah sehingga membuat aliran darah terhambat.

    Obesitas
    Obesitas atau kelebihan berat badan rentan terhadap penyakit jantung. Mereka memiliki potensi besar untuk mengidap tekanan darah tinggi, kelebihan kolesterol, dan juga beresiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Secara fisik, kerja jantung juga membutuhkan bobot lebih dibanding untuk tubuh ideal.

    Usia
    Usia yang beranjak tua seiring dengan penurunan banyak fungsi tubuh mengakibatkan seseorang beresiko terkena penyakit jantung.

    -Riwayat Keluarga
    Orang yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung, lebih besar resikonya dibanding yang tidak memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung.

    Jika mengidap penyakit jantung, Anda sangat dianjurkan untuk memperbaiki pola hidup Anda seperti menjaga pola makan serta berolahraga, minum obat secara teratur, serta berhenti merokok.

    Berikut artikel yang berhubungan dengan maag :
    http://meetdoctor.com/topic/gastritis-maag
    http://meetdoctor.com/article/mengenal-gastritis

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Jantung dan Pembuluh Darah ?
Ask Doctor
5 Rahasia Hidup Sehat dan Bugar 5 Rahasia Hidup Sehat dan Bugar 4 Cara Alami dan Ampuh Samarkan Selulit 4 Cara Alami dan Ampuh Samarkan Selulit