x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
perbedaan nyeri ulu hati dengan gejala serangan jantung
on 06 Mar 2012

dokter bagaimana membedakan deraan nyeri ulu hati dengan serangan gangguan jantung? dua hari yang lalu, mamaku masuk UGD, lalu dokter menyimpulkan nyeri di ulu hati nya sebagai gejala maag akut, tapi yang bikin bingung, tadi pagi keluarga dikabari pihak rumah sakit tentang kemungkinan sakit yang dialami mamaku adalah gejala serangan jantung. tolong jelaskan mana yang bisa dipercaya? apa harus kami pindahkan rumah sakit?

Sophie Agnella
Jakarta Selatan

3 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

selamat sore Sophie Agnella..

untuk beberapa kasus, seringkali pasien dengan serangan jantung datang hanya dengan keluhan seperti maag akut.. dengan nyeri di ulu hatinya.. tapi yang membedakan adalah nyerinya tidak hilang dengan pemberian obat-obatan lambung..

lalu pemeriksaan tambahan yang sangat penting adalah rekam jantung (EKG / elektrokardiogram) untuk menilai "kelistrikan" jantung.. pada serangan jantung dapat terlihat perubahan pada aliran kelistrikan jantung..
lalu pemeriksaan tambahan lainnya adalah pemeriksaaan laboratoium darah untuk melihat apakah ada kenaikan enzim yang merupakan penanda kerusakan jantung seperti Troponin T, dan CK MB.. pada serangan jantung, enzim2 ini biasanya akan naik beberapa kali lipat dari nilai normalnya yang tidak diketemukan pada pasien dengan maag akut..

semoga bermanfaat ya Sophie.. Salam utk mama agar cepat sembuh yaa..

Say Thanks
on 06 Mar 2012
Jakarta Selatan

oh, kemungkinan tumpang tindih gejala ya dok? jadi bukan kasus malpratek kan ya? baru saja aku dapat kabar, rupanya kelistrikan jantung mamaku lemah. apa kira2 penyebabnya? dan apa aman jika masih mengonsumsi kopi bagi penderita sakit jantung ini? terima kasih banyak dokter...gbu

Say Thanks
on 06 Mar 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

bukan tumpang tindih, gejalanya bisa sangat mirip dengan pasien maag akut.. jadi bukan malpraktek ya bu.. :))

untuk jantung lemah, harus dievaluasi lebih lanjut bu.. dengan anamnesa (wawancara dokter-pasien), pemeriksaan fisik yang teliti, dan dibantu dengan pemeriksaan penunjang ya bu agar dapat diketahui penyebabnya secara pasti..

kopi mengandung kafein dan antioksidan.. antioksidan dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas.. kafein merupakan golongan zat psiko-stimulan yang bekerja langsung di sistem saraf pusat (otak).. konsumsi kafein dapat menguntungkan karena menjaga agar tetap fokus dan bugar.. disebutkan pula dapat menurunkan resiko kanker.. namun dalam jumlah yang banyak dan berlebih dapat meningkatkan resiko hipertensi yang akhirnya dapat menyebabkan masalah jantung.. jadi konsumsi kopi pada orang dengan penyakit jantung tidak boleh terlalu banyak..

semoga membantu ya..

Say Thanks
on 06 Mar 2012
in partnership with