x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
perut kiri bawah nyeri
on 04 Sep 2012

saya wanita menikah, umur saya 29 tahun.
bulan ini saya telat datang bulan, harusnya tanggal 23 (siklus normal 28-29 hari) tapi mundur sampai tgl 27, pas tgl 27nya keluar bercak coklat muda tipis (seharian), besoknya baru keluar darah haid berwarna coklat tua tidak banyak, sehari saya ganti pembalut 3 kali, tapi hanya bagian tengah pembalut saja yg terisi, pas dicucipun warnanya coklat.
hari keempat hanya flek coklat sampai hari kelima, teman suruh saya TP tapi hasilnya negatif..
tgl 2 perut kiri bawah saya terasa nyeri nyutnyut, menjalar ke atas tulang panggul dan pinggang belakang sebelah kiri, kadang menjalar ke prut kanan bawah, sering juga daerah pubis ikut nyeri.
mual tapi tidak sampai muntah, rasa malas, minum sekarang sekitar 15 menit lagi pengen kencing.
kira-kira ini gejala apa yaaa, mohon bantuannya..
terimakasih..

intens
jayapura

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat pagi,

Apabila hasil TP negatif, maka dapat dipastikan anda sedang tidak hamil.

Dari riwayat gejala yang anda ceritakan, kemunkinan diagnosisnya mengarah ke syndrom dispesia atau gastritis / maag. Selain daerah ulu hati, maag / gastritis juga dapat memberikan kesan nyeri di perut kiri bawah yang menjalar hingga ke punggung/pinggang.

Kemungkinan lain yang patut juga diwaspadai adalah appendicitis (radang usus buntu). Apabila seiring perjalanan waktu nyerinya makin bertambah di bagian perut kanan bawah, maka segeralah periksakan ke dokter. Peradangan usus buntu (appendicitis) membutuhkan penanganan yang segera.

Penyebab lain yang juga dapat terjadi adalah infeksi / batu saluran kemih atau peradangan / gangguan rongga panggul. Amatilah air seni anda, apabila terkesan keruh atau bercampur pasir dan disertai dengan perdarahan, maka segera periksakan ke dokter.

Demikian, semoga membantu. Terima kasih.

Say Thanks
on 04 Sep 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Melihat cerita ibu, tdk ada yg perlu dikhawatirkan. Kemungkinan ibu hanya mengalami Pre Menstrual Syndrom. Bisa diberikan pengobatan utk menghilangkannya. Yg pasti faktor kehamilan sdh disingkirkan.

Say Thanks
on 04 Sep 2012
in partnership with