MEETDOCTOR

Profile
Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT)

pilek menahun

pilek menahun
Seseorang
Blitar

dok, sy wanita usia 30 thn. sejak usia 12 tahun hidung sy pilek, lendir sampe menggumpal berwarna hijau d hidung sebelah kiri & menyumbat aliran air mata. karena mata saya bau lalu sy periksakan k bag mata lalu dsarankn k bag THT. Lalu sy dberi obat cuci hidung, dcampur dg air panas, lalu d hirup uapnya, stlh dingin air tsb d masukkn lewat hidung & dkeluarkn lewat mulut. Tp lama2 sy tdk telaten & sulit mencari obat cuci hidung tersebut kalo tdk d kota besar, jd sejak 5 thn ini sy hentikn. dn skrg masih pilek. sy merasa tdk pede krn bau ini. yg ingin sy tanyakan= 1. apa penyebab pilek menahun sy ini? 2. bgmn pengobatan yg tepat? apa perlu operasi? sy pernah mendengar mantan pasien yg pernah sakit spt ini, meski d operasi tp tetap menimbulkn bau tdk sedap. terima kasih. mohon d rahasiakn identitas saya.

Answers

3 answers

  • Halo, selamat siang.

    Dari apa yang Anda ceritakan, keluhan yang Anda alami mengarah ke sinusitis kronik, yaitu sudah lama dialami. Penyebabnya ada bermacam-macam, mulai dari infeksi kuman, adanya polip, dan lain-lain. Terapi yang dijalani tergantung penyebab kondisi ini.

    Obat cuci hidung bermanfaat untuk meredakan gejala karena itu baiknya dapat digunakan secara teratur. Mengenai operasi, memang tidak menjamin keluhan Anda ini akan hilang total, tetapi dapat menurunkan kemungkinan kambuhnya penyakit ini. Pengobatan secara rutin harus dilakukan ini karena memang penanganan pada kondisi ini butuh kesabaran dan ketelatenan. Saya sarankan Anda untuk dapat berobat kembali ke dokter THT yang menangani Anda.

    Demikian dan semoga bermanfaat.

  • Selamat pagi,

    Dari cerita ibu, kemungkinan besat ibu menderita sinusitis kronis. Yaitu peradangan menahun pada daerah sinus/ rongga yang terdapat di kepala.

    Untuk memastikannya dapat dilakukan foto rontgen dengan posisi kepala menghadap keatas atau CT scan.

    Untuk mengobatinya tentunya harus dicari penyebab dari sinusitis ini. Apakah ada deviasi septum/ pergesaran dari sekat hidung, polip di hidung, tumor di hidung, dan lain-lain.

    Sedangkan untuk pengobatannya, bisa anda lakukan kembali bilas seperti yang diajarkan oleh dokter sebelumnya, antibiotik. Jika memang penyebabnya karena polip, pengobatannya adalahh dengan menghilangkan penyebabnya yaitu operasi.

    Segera berkonsultasi dengan dokter THT di kota anda.

    Semoga membantu, Ibu.

  • dr. Emmy Pramesthi Soelistijani, Sp THT-KL dr. Emmy Pramesthi Soelistijani, Sp THT-KL Dokter Spesialis Penyakit THT - Kepala Leher

    Melihat riwayat yang anda paparkan, kemungkinan adalah Ozaena (rhinitis atroficans), hal ini banyk pada wanita dewasa muda. Penanganan yang diberikan adalah cuci hidung sperti yang anda pernah lakukan....bila anda kesulitan mendapatkan cuci hidung, saat ini mulai ada nasal spray yang dapat digunakan sebagai cuci hidung. Untuk memastikannya sebaiknya anda menemui dokter spesialis THT yang terdekat, guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat

Anda punya pertanyaan seputar Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) ?
Ask Doctor
Kesemutan biasa muncul pada tangan, kaki dan telapak kaki. Berikut ini beberapa penyebab kesemutan. Di Balik Gejala Kesemutan Simak Tips mengajarkan anak berpuasa yang sehat dari dokter spesialis anak agar ibadah puasa di bulan Ramadan dapat berjalan lancar. Tips Mengajarkan Anak Berpuasa