Profile
Health A-Z

sakit dada dibagian tengah

sakit dada dibagian tengah
Bandung

Permisi dok,saya seorang pria 23 th dan peroko (1bkn per hari). Ahir2 ini saya sering merasakan sakit di bagian tengah dada saya,sakitnya itu terasa dibagian tulang tengah antara dada kiri dan kanan.sakit itu terasa ketika menarik nafas lebar2, ketika membungkukkan badan,kadang2 ketika mau memulai pergerakan dok. Kira2 kenapa ya?apakah ada kaitannya dengan rokok?klo iya bagaimana menanganinya? Mudah2n berkenan dijawab dan terimakasih. Wass

Answers

5 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Dear Rendy,

    Nyeri dada dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, tidak selau berasal dari jantung, bisa juga disebabkan dari paru-paru, lambung, atau tulang dan persendian di daerah dada. Hal ini dapat terjadi terutama bila anda berusia muda (kurang dari 40 tahun).

    Apabila gejala nyeri dada hanya muncul saat tidur miring atau posisi membungkuk maka gejala ini mengarah ke diagnosis adanya peradangan pada saraf di daerah iga (intercostal neuritis), kemungkinan diagnosis yang lain adalah peradangan rongga pleura (pleuritis), dan masalah pada persendian iga (costochondral syndrome/ costo-chondritis).

    Apabila masalahnya hanya terletak pada masalah persendian dan otot di dada. Obat anti nyeri seperti ibuprofen (3 x 200 mg) per hari disertai dengan kompres hangat (hot packs) selama kurang lebih 10 menit dan pemijatan di otot dada/ bagian yang sakit biasanya sudah dapat membantu meredakan nyeri.

    Apabila hal di atas tidak membantu, maka saya sarankan anda untuk memeriksakan diri guna mencari tahu penyebab nyeri dada tersebut. Biasanya dokter akan melakukan EKG (elektrokardiografi) atau rontgen dada untuk memeriksa apakah nyerinya berhubungan dengan masalah jantung / paru-paru.

    Demikian semoga membantu, Terima Kasih.

  • kalo sakitnya dibawah dada,,knp ya dok?? apa lgi klo telat makan,, pdhl sblmx sdh mkn byk,, lapar lagii,,jd klo saya diamkn,, skitnya mnjadi2,, di ulu hati,,,

  • User

    Dari pagi saya sakit dada kalau tarik nafas...sana mcm asma ada tp saya xda penyakit itu..sampai la skg..tarik jak nafas sikit dada sakit tp nafas saya laju disebabkan sakit dada...pernah dlu kalo jak stress jak..misti napas tu laju..kna bwa p hospital terlebih oksigen...pa sebab dia..tima kasih.

  • Malem dok, saya Jo 26th. Punya keluhan nyeri dada dibagian tengah, jika disentuh tulang dada bag tengah terasa sakit. Sakitnya seperti ditusuk benda tumpul. Disertai batuk2 sampai mual, perut gak enak kpala pening badan lemas. Sudah 2thn konsumsi obat2an herbal sampai saya ikut terapi juga belum ada kesembuhan yg signifikan. Pernah badan terasa bugar, namun jika pola makan salah dan tidak teratur penyakit kambuh lagi. Mohon minta penjelasan dan pencerahan dari dokter?
    Trimakasih

  • dr. Deffy Leksani dr. Deffy Leksani Dokter Umum

    Hallo, Selamat Pagi Sdri Bidadari.

    Penyakit pada lambung sangat dipengaruhi oleh pola makan sehari -harinya, pola makan yang tidak sehat, pola makan tidak teratur, makan dalam jumlah terlalu banyak dapat menyebabkan penyakit ini.

    Penyakit asam lambung atau yang dikenal dengan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) merupakan kondisi dimana asam lambung naik kembali hingga esofagus sehingga menimbulkan keluhan nyeri pada ulu hati, cepat terasa lapar, bersendawa, nyeri pada dada, sensasi terbakar pada dada, sering berdahak putih kental pada pagi hari, rasa gatal dan nyeri pada leher.

    Disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi yang rendah lemak, mengatur pola makan sehingga lebih teratur, turunkan berat badan ke berat ideal, cukup istirahat, menghindari makanan yang mengiritasi lambung seperti soda, makanan asam, maupun produk susu, mengkonsumsi obat sesuai dengan saran dan petunjuk dokter.

    Namun untuk memastikannya di sarankan untuk memeriksakan kondisi anda kepada dokter.

    Sebagai tambahan informasi untuk anda, dapat dibuka link berikut ini : http://meetdoctor.com/topic/gastritis-maag

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Health A-Z ?
Ask Doctor
Fakta! Tidur Berdua Lebih Sehat daripada Sendiri Fakta! Tidur Berdua Lebih Sehat daripada Sendiri Bagaimana sih cara memperbanyak sperma ? Sperma atau air mani adalah sel reproduksi pada pria yang diproduksi oleh testis. Simak cara memperbanyak sperma disini ! 6 Cara Memperbanyak Sperma