x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
sakit dada kiri atas
on 25 Mar 2013

Selamat pagi dok, sy mau tanya dada kiri atas sy sakit bget dok smpe ke tulang pundak belakang, apalagi kalo tdr dgn posisi miring sakit bget dok. Smpe kalo sy tarik nafas jg terasa sesak dan skt dada sy dok. Sy memang perokok dok. Pertanya'an sy apa itu ciri2 skt jantung ya dok. Makasih

yulia pardede
jakarta

3 Answers

selamat pagi dik,sya mau tnya dada sebelah kiri saya sering nyeri smp sesak nafas,dan buat gerak sdikit sja jg sakit,sya sdh EKG tp hasilnya normal saja...pertanyaan saya apa itu gejala jantung ya dok,terima kasih

Say Thanks
on 26 Mar 2013
Dokter
Jakarta, Indonesia

Dear Yulia,

Nyeri dada dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, tidak selau berasal dari jantung, bisa juga disebabkan dari paru-paru, lambung, atau tulang dan persendian di daerah dada. Hal ini dapat terjadi terutama bila anda berusia muda (kurang dari 40 tahun).

Apabila gejala nyeri dada hanya muncul saat tidur miring atau posisi membungkuk maka gejala ini mengarah ke diagnosis adanya peradangan pada saraf di daerah iga (intercostal neuritis), kemungkinan diagnosis yang lain adalah peradangan rongga pleura (pleuritis), dan masalah pada persendian iga (costochondral syndrome/ costo-chondritis).

Apabila masalahnya hanya terletak pada masalah persendian dan otot di dada. Obat anti nyeri seperti ibuprofen (3 x 200 mg) per hari disertai dengan kompres hangat (hot packs) selama kurang lebih 10 menit dan pemijatan di otot dada/ bagian yang sakit biasanya sudah dapat membantu meredakan nyeri.

Apabila hal di atas tidak membantu, maka saya sarankan anda untuk memeriksakan diri guna mencari tahu penyebab nyeri dada tersebut. Biasanya dokter akan melakukan EKG (elektrokardiografi) dan rontgen dada untuk memeriksa apakah nyerinya berhubungan dengan masalah jantung dan paru atau tidak.

Demikian semoga membantu, Terima Kasih.

Say Thanks
on 26 Mar 2013
Dokter
Jakarta, Indonesia

Dear Anne,

Apabila EKG hasilnya normal, maka hampir dapat dipastikan bahwa tidak ada masalah gangguan jantung. Anda tidak perlu khawatir.

Terima kasih

Say Thanks
on 26 Mar 2013
in partnership with