Profile
Penyakit Jantung

sakit dada sebelah kiri atas

sakit dada sebelah kiri atas
Jakarta

saya sudah mengalami sakit dada kanan atas sudah bbrp tahun lbh kurang 5-7 thn. sekarang usia saya 34 thn. awal diagnosa dokt jantung saya bermasalah, diberi obat ISDN yang selalu saya minum kalau saya merasa sakit, namun ada apa di jantung saya jg tdk jelas, bbrp hari yg lalu saya terkena sakit yg amat sangat di dada sebelah kiri, seperti ditarik dan saya tidak bisa bernafas, sdh 2 kali saya mengalami awal mei dan juni 2013, kemudian saya k dok jantung tgl 25 juni 2013, dia bilang, jantung saya tdk apa2,saya sdh di EKG. pertanyaan saya : kalau mmg saya tdk apa2 knp saya mengalami sakit seperti itu? serangan spr itu sdh 2 kali, dan rasa sakit di dada selalu saya alami kl saya beraktifitas yg berat(kecapean), sakit apa dok saya? kl mmg hrs ke dokt, dokt dimana yg bisa menjawab sakit saya apa? trimksh semoga ada pencerahan. salam

Answers

4 answers

  • Selamat siang,
    sebaiknya anda melakukan pemeriksaan EKG ulang atau dapat jg dengan tredmill sehingga diketahui ada tidaknya kelainan jantung baik saat keadaan istirahat ataupun sedang beraktivitas sehingga mendapatkan penanganan yang sesuai. Untuk memeriksakannya dapat dengan dokter spesialis penyakit dalam ataupun jantung pembuluh.

    Semoga membantu

  • dr. Harbanu Hermawan Mariyono, SpPD dr. Harbanu Hermawan Mariyono, SpPD Penyakit Dalam (Dokter Internis)

    salah satu kemungkinan dari nyeri dada kiri adalah serangan jantung. tapi
    penyebab nyeri dada, amat banyak, mulai dari jantung, paru, otot, kulit,
    tulang, sendi, dll.
    untuk mengetahui adanya masalah jantung, beberapa pemeriksaan bisa
    dikerjakan : EKG (rekam jantung), echocardiografi (usg jantung), treadmill
    stress test dan lainnya, bila nyeri dadanya dicurigai merupakan angina
    (nyeri dada khas keluhan coroner / jantung). bila nyeri timbul saat
    aktivitas, mungkin baiknya dilakukan treadmill stress test.

  • Pagi dok .. saya pernah tes kesehatan dan hasilnya katanya lemah jantung. Apa lemah jantung merupakan awal dari penyakit jantung koroner?? trus dada kiri saya jg sering sakit sampek menjalar ke leher dan punggung skitar 5 menit tp g sering ..

  • dr. Deffy Leksani dr. Deffy Leksani Dokter Umum

    Hallo, Selamat Pagi.

    Kardiomiopati atau lemah jantung adalah penyakit yang berhubungan dengan miokard atau otot jantung. Penyakit ini tidak berkaitan dengan penyakit arteri jantung, katup jantung, atau darah tinggi, namun memiliki beberapa tingkatan disfungsi otot jantung yang dapat disebabkan oleh penyakit lain. Kardiomiopati dapat menjadi penyebab detak jantung yang lemah ataupun tidak beraturan hingga gagal jantung pada penderitanya.

    Sehingga antara lemah jantung dengan penyakit jantung koroner sebenarnya tidak berkaitan karena penyebabnya yang berbeda.

    Seperti yang di jelaskan di atas, maka ada baiknya jika memang anda telah di diagnosa lemah jantung, maka ada baiknya untuk selalu rajin kontrol terhadap keluhan anda agar tidak ada penyulit dan dapat aktivitas seperti baisanya.

    Sebagai tambahan informasi untuk anda, dapat dibuka link berikut ini : http://meetdoctor.com/topic/jantung-koroner

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Penyakit Jantung ?
Ask Doctor
5 Aplikasi yang Membantu Diet Anda 5 Aplikasi yang Membantu Diet Anda Pro dan Kontra Bekam Pro dan Kontra Bekam