Profile
Diare

Sakit di bagian pusar

Sakit di bagian pusar
DKI Jakarta

Dear ibu/bpk dokter... Saya ada keluhan... Kmrn saya mengalami sakit di bagian dalam pusar... Awalny sy fikir ini sakit perut diare... Krna sempat bab itu di rumah 2x, di perjalanan ke kantor 1x, di kantor sempat 2x juga... Tp saya liat fesesnya itu bukan bntuk cair atau mencret... Feses tdk keras dan tidk cair... Normal bntuknya dan tidak ada warna yg aneh total bab sehari 5x... Setelah bab... sakit di bag pusar ini kadang kambuh kdg menghilang.. Sakit timbul setiap 5-10mnt sekali... Dan pucak ny siang hr sy nahan rasa sakit hingga meriang dn demam... Sore itu di ukur suhu bdnny 37,7... Dan lgsg minum parasetamol dan istirahat... Skg kondisi suhu bdn sudah kembali normal... Namun sakitny msh blm normal... Yg sy tanyakan apakah sy mengalami penurunan peranakan? Soalny dgr2 gejala peranakan sakit di bag pusar jg? Atau memang sakit usus? Krna malemmy sy habs konsumsi terong balado... Mohon balasannya dokter... Tks.

Answers

1 answers

  • Selamat pagi Nita Kuswara

    Nyeri perut mempunyai banyak penyebab yang berbeda. Nyeri perut dapat dikenali penyebabnya berdasarkan lokasi dan karakteristik nyeri yang timbul.

    Lokasi Nyeri Perut Dan kemungkinan Penyebab

    Kanan bagian atas, kemungkinan yang mengalami gangguan adalah organ-organ yang terletak pada bagian kanan atas adalah Gangguan Hati, Radang pada kandung empedu akibat adanya batu, serta kadang-kadang bisa terjadi radang usus kecil. Nyeri kantung empedu sifat nyeri hebat, tetap/konstan, nyeri kuadran kanan atas/ epigastrik dan sering memburuk setelah makan makanan yang berlemak (fatty foods). Tetapi kalau tempat nyeri berada agak ditengah dan rasa nyerinya sampai menembus kebelakang, kemungkinan gangguan Ginjal harus dicurigai. Kolik renal atau gangguan nyeri disebabkan gangguan ginjal: nyeri kolik pada sudut tertentu bagian ginjal, yang nyeri bila ditekan, menjalar ke panggul. Khasnya pasien tidak dapat menemukan posisi yang dapat mengurangi nyeri. Namun pada kolik ginjal dapat juga terjadi di bagian sebelah kiri. Iskemik usus atau usus yang rusak, nyeri bersifat tumpul, hebat, tetap/konstan, nyeri abdomen kuadran kanan atas yang meningkat saat makan.

    Kiri bagian atas, Kolik renal atau gangguan nyeri disebabkan gangguan ginjal: nyeri kolik pada sudut tertentu bagian ginjal, yang nyeri bila ditekan, menjalar ke panggul. Khasnya pasien tidak dapat menemukan posisi yang dapat mengurangi nyeri. Namun pada kolik ginjal dapat juga terjadi di bagian sebelah kiri. Nyeri ulkus peptic nyeri bersifat tumpul, nyeri terbakar (burning) di ulu hati. Khasnya episode malam, membangunkan pasien dari tidur. Diperparah oleh makan dan kadang kadang dikurangi dengan minum susu atau antasida.

    Kanan bawah, penyebab yang paling sering adalah radang dari usus buntu atau Appendicitis, kemudian penyebab lain yang cukup sering adalah infeksi saluran kencing, atau pada wanita patut dicurigai adanya radang saluran indung telur, infeksi usus halus atau usus besar. Untuk membedakan antara usus buntu dengan infeksi saluran kencing yaitu : Pada usus buntu gejala yang menyertai adalah demam, bisa juga disertai rasa mual sampai muntah dan kadang bisa juga disertai diare, biasanya nyeri yang timbul kuat sekali sampai si penderita selalu membungkukkan badannya karena menahan nyeri di bagian perut kanan bawah. Sedangkan pada infeksi saluran kencing biasanya adalah sering kencing, rasa nyeri bila kencing, juga rasa perih pada waktu kencing, juga bisa disertai demam tinggi dan rasa mual muntah juga. Nyeri usus besar tampilannya kadang kadang nyeri dapat berkurang sementara oleh BAB.

    Nyeri Perut Bagian Tengah Atas Bila anda mendadak merasakan nyeri didaerah ulu hati disertai rasa mual dan rasa kembung, kemungkinan besar anda menderita Gastritis, dispepsia atau gangguan lain lambung. Gastritis adalah sakit pada bagian lambung, jadi kurang lebih artinya sama saja. Arti Gastritis sebenarnya adalah terjadinya proses radang pada lambung. Penyebab lain adalah nyeri pancreas, lokasi di sekitar ulu hati atau perut bagian tengah, menjalar ke punggung, membaik saat duduk dan posisi condong kedepan.

    Perut Bawah tengah Nyeri kandung kemih biasanya nyeri menyeluruh yang hebat. Nyeri prostat tampilannya nyeri tumpul yang dirasakan di perut bawah, anus dan paha sisi depan. Nyeri uretra sangat bervariasi mulai dari ketidaknyamanan hingga nyeri tajam yang hebat yang dirasakan pada ujung akhir uretra (ujung penis pada pria) dan semakin nyeri saat BAK. Bisa sangat parah sehingga pasien akan berusaha menahan kencingnya yang dapat menimbulkan masalah baru.

    Mengingat banyaknya penyebab nyeri perut. Sebaiknya ada memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut, karena terkadang diperlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti USG perut atau CT Scan perut untuk mengetahui penyebab nyeri tersebut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Diare ?
Ask Doctor
Fakta! Tidur Berdua Lebih Sehat daripada Sendiri Fakta! Tidur Berdua Lebih Sehat daripada Sendiri Setiap usia mempunyai kepentingan dan prioritas berbeda agar tubuh tetap sehat. Pilihan Makanan Sehat Sesuai Umur Anda