Profile
Immune & Lymphatic System

Sakit di ketiak & ada benjolan?

Sakit di ketiak & ada benjolan?
Bandung

Selamat malam dok, saya pria, 24 tahun. Seminggu terakhir ini saya merasa nyeri di ketiak kiri saya, yang ketika di raba terasa ada benjolan yang disertai ruam2 di sekitar ketiak dan dada, seperti digigit serangga. Benjolan tersebut kadang sakit kadang tidak. Nafsu makan saya baik-baik saja, namun berat badan saya 2 bulan terakhir ini cenderung menurun dok. Apakah ada sesuatu yg terjadi dengan kelenjar getah bening saya? Lymphadenitis kah? Kemudian untuk mengetahui hal ini lebih lanjut, ke dokter bagian apakah saya harus memeriksakan diri? Terimakasih banyak sebelumnya.

Answers

3 answers

  • Selamat malam,

    Apakah disertai demam? Ya, kemungkinan bisa saja disebabkan lymphadenitis ataupun infeksi pada kelenjar rambut di ketiak.

    Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan langsung. Andaa dapat melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam.

    Semoga membantu

  • Tidak disertai demam dok.

    Terimakasih atas jawabannya

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi,

    Munculnya benjolan di ketiak, biasanya timbul akibat adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening, yang terletak di bawah lipatan lengan. Kelenjar getah bening berbentuk oval, berukuran kecil dan tersebar di seluruh tubuh. Kelenjar getah bening ini, memiliki fungsi utama dalam mengontrol dan mengatur sistem imun tubuh. Penyebab terjadinya benjolan pada ketiak, umumnya adalah pertumbuhan jaringan yang abnormal akibat infeksi bakteri atau virus, lipomas atau jaringan lemak, reaksi alergi, reaksi kebalikan terhadap vaksin, pertumbuhan jaringan non kanker atau fibroadenoma, kanker payudara, kanker limfoma hingga kanker darah pada sumsum tulang belakang.

    Benjolan ketiak dapat muncul pada pria maupun wanita, namun jika terjadi pada wanita, diperlukan perhatian lebih, karena bisa jadi benjolan di ketiak merupakan kanker payudara. Karena itu, penting untuk selalu mengecek kondisi payudara setiap bulan dengan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri), untuk mengetahui adanya pertumbuhan benjolan dalam bentuk apapun. Ada baiknya, SADARI dilakukan sekitar seminggu sebelum terjadinya siklus menstruasi. Pasalnya, menjelang menstruasi, payudara akan terasa lebih lunak dan sedikit muncul benjolan. Kondisi ini adalah normal.

    jika benjolan tidak berangsur membaik dan menjadi bertambah membesar sebaiknya anda memeriksakanya kedokter guna untuk mengetahui penyakit yang anda derita.

    Terima kasih telah berkonsultasi bersama meetdoctor. semoga jawaban ini bermanfaat bagi anda.

Anda punya pertanyaan seputar Immune & Lymphatic System ?
Ask Doctor

Popular Article

Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi 6 Manfaat Ajaib Jahe 6 Manfaat Ajaib Jahe