x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
Sakit di pergelangan tangan
on 06 Jun 2012

Doc, akhir-akhir ini saya merasakan sakit di pergelangan tangan. Nyeri kalo di gerakkan. Berhubung saya pemain gitar dan kebiasaan lama mengedit music via laptop, apakah mungkin saya menderita CTS (Carpal Tunnel Syndrome) ? Bagaimana sebaiknya mengatasi rasa nyeri di pergelangan tangan saya Doc ?

Seseorang
Medan, Indonesia

2 Answers

Hallo selamat pagi....

Dari gejala yang anda sebutkan di atas rasanya tidak dengan mudahnya anda terdiagnosa sebagai penderita CTS. Banyak pertanyaan yang akan saya ajukan seperti misalnya: Bagaimana gejala awalnya? apakah hanya di pergelangan tangan saja atau ada jari - jari yang ikut terkena? Bagaimana sensasi nyerinya?

CTS (Carpal Tunnel Syndrome) adalah kumpulan gejala peradangan pada saraf medianus akibat terjerat atau terjepit. Biasanya lebih sering dialami oleh wanita dibandingkan dengan pria. Penyebabnya belum diketahui pasti. Namun diduga karena adanya pembengkakan pada lapisan pembungkus jaringan fibrosa terowongan saraf medianus atau bisa karena kelainan tulang - tulang tangan.

Awalnya ibu jari tangan, jari telunjuk, jari tengah, dan sebagian jari manis terasa kaku, kemudian baal hingga kesemutan. Gejala - gejala tersebut timbul di malam hari, dan biasanya menyebakan pasien terbangun di malam hari.

Pengobatannya adalah dengan penyuntikan cortison asetat 25 mg, tapi tentu saja anda tidak bisa melakukan terapi ini sendirian, harus dikerjakan oleh seorang dokter. Sebagai awalnya bisa mengkonsumsi obat golongan NSAID seperti asam mefenamat, kalau tidak berhasil silakan anda periksa ke dokter.

Nah jika gejala2 tersebut diatas sesuai dengan keluhan anda maka anda menderita CTS. Tapi tetap saran saya sebaiknya anda tetap memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf (Sp. S) di kota anda.

Sekian dan terima kasih

1 Thanks
on 06 Jun 2012
Dokter Spesialis Bedah
Rumah Sakit Husada Utama, Surabaya

Nyeri di pergelangan tangan bisa disebabkan oleh bermacam-macam hal. Bila tidak ada riwayat trauma sebelumnya (trauma dalam hal ini mungkin kecelakaan atau terbentur), nyeri bisa disebabkan oleh tendonitis ataupun Carpal Tunnel Syndrome(CTS). Tendonitis yang sering terjadi adalah De Quervain's Tendonitis, hal ini berkaitan dengan gerakan repetitif/ berulang yang menggunakan ibu jari dan pergelangan tangan. Gejalanya antara lain nyeri pada pergelangan tangan sejajar ibu jari, terutama saat penderita diminta untuk menegakkan ibu jari dan menekuk pergelangan tangan ke arah kelingking.
Sedangkan CTS terjadi akibat penekanan saraf Medianus. Gejalanya antara lain rasa tersengat/ tersetrum dan rasa kebas pada ibu jari, jari kedua, jari ketiga. Nyeri yang dirasakan terasa dalam atau berdenytu, menyebar pada tangan dan menjalar ke arah lengan bawah. Penyebab CTS antara lain peningkatan umur, obesitas, merokok.
Terapi awal nyeri pergelangan tangan adalah mengistirahatkan pergelangan tangan dan obat anti inflamasi, kemudian sebaiknya anda kontrol ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti nyeri pergelangan tangan anda sehingga anda mendapatkan terapi yang tepat.

luc

1 Thanks
on 06 Jun 2012
in partnership with