sakit pada bagian dada
on 26 Mar 2013

dok,dada saya sering sekali sesak dan sakit ketika saya terlalu lelah,dan banyak pikiran,terkadang juga mimisan dan pingsan,belakangan ini juga dada saya sering sakit pada bagian kiri,itu karena apa ya dok?
dan kira-kira saya sakit apa?

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Dear Sayyid,

Nyeri dada dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, tidak selau berasal dari jantung, bisa juga disebabkan dari paru-paru, lambung, atau tulang dan persendian di daerah dada. Hal ini dapat terjadi terutama bila anda berusia muda (kurang dari 40 tahun).

Apabila gejala nyeri dada hanya muncul saat tidur miring atau posisi membungkuk maka gejala ini mengarah ke diagnosis adanya peradangan pada saraf di daerah iga (intercostal neuritis), kemungkinan diagnosis yang lain adalah peradangan rongga pleura (pleuritis), dan masalah pada persendian iga (costochondral syndrome/ costo-chondritis).

Apabila masalahnya hanya terletak pada masalah persendian dan otot di dada. Obat anti nyeri seperti ibuprofen (3 x 200 mg) per hari disertai dengan kompres hangat (hot packs) selama kurang lebih 10 menit dan pemijatan di otot dada/ bagian yang sakit biasanya sudah dapat membantu meredakan nyeri.

Apabila hal di atas tidak membantu, maka saya sarankan anda untuk memeriksakan diri guna mencari tahu penyebab nyeri dada tersebut. Biasanya dokter akan melakukan EKG (elektrokardiografi) dan rontgen danda untuk memeriksa apakah nyerinya berhubungan dengan masalah jantung dan paru-paru atau tidak.

Terima Kasih.

1 Thanks
on 26 Mar 2013

lalu dok kalo elektrokardiografi dan
rontgen danda,biasanya kena biaya berapa ya?

Say Thanks
on 02 Apr 2013
in partnership with