Profile
Kesehatan Pria

sakit pada dada kanan

sakit pada dada kanan
Kuta Bali

Dok, ayah saya berusia 60 thn. Skrg2 ini sering mengeluh sakit di dada sebelah kanan. Rasanya seperti senut2 katanya, dan apabila mengangkat sesuatu yg berat dadanya semakin sakit. Beliau kebetulan perokok berat, apa ada hubungannya dgn kebiasaan beliau tsb? Beliau jg sering batuk2. Kira2 itu penyakit apa ya dok? Thx dok.

Answers

5 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Selamat pagi,

    Hal tersebut dapat berasal dari infeksi atau gangguan / infeksi pada paru-paru atau mungkin juga merupakan nyeri dada yang berasal dari organ jantung. Untuk evaluasinya membutuhkan pemeriksaan dokter dan pemeriksaan tambahan seperti Rontgen dada dan EKG (rekam jantung).

    Saya sarankan untuk diperiksakan ke dokter. Sebisa mungkin kurangilah kebiasaan merokok, karena kebiasaan ini berdampak buruk bagi kesehatan paru-paru dan jantung.

    Semoga membantu. Terima kasih.

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Hai, selamat pagi, Malinda. Selamat berjumpa kembali.

    Melihat usia ayah Anda yang sudah 60 tahun ditambah riwayat merokok lama, dapat saja mengarah ke penyakit jantung, tetapi tidak menutup kemungkinan pada gangguan lain, misalnya paru-paru, atau pun jaringan otot sekitar.

    Apakah ada gejala lain yang dialami, misalnya sesak napas? Kondisi ini baiknya segera ditangani, misalnya dengan pemeriksaan rekam jantung. Saran saya, bawalah orangtua Anda untuk diperiksa ke dokter penyakit dalam (Sp.PD).

    Semoga bermanfaat.

  • dear doctor,kalau benar itu dikarenakan gangguan paru2,apa ada saran mengenai obat yg dpt diminum sementara? dan apa ada efek samping? thx dok.

  • Bagaimana dok utk pertanyaan saya diatas?

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    Sesak nafas yaitu perasaan sulit bernapas yang biasanya terjadi ketika kita melakukan aktivitas fisik. Sesak napas adalah suatu gejala dari beberapa penyakit yang dapat bersifat kronis.

    Namun jika sesak nafas disebabkan oleh gangguan kesehatan, maka bisa disebabkan oleh:

    Pilek.
    Alergi.
    Asma.
    Anemia.
    Sinusitis.
    Tuberkulosis.
    Tekanan darah rendah.
    Patah tulang rusuk.
    Keracunan karbonmonoksida.
    Pneumonia (paru-paru basah).
    Kanker paru-paru.
    Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).
    Gangguan pada jantung seperti gagal jantung, serangan jantung, atau aritmia jantung.

    Dari kondisi yang telah disebutkan di atas, penyebab umum yang kerap memicu kondisi sesak nafas adalah asma, penyakit yang berhubungan dengan paru-paru dan jantung. Sesak nafas yang disebabkan oleh kondisi tersebut biasanya berlangsung dalam jangka panjang.

    Apabila anda mengalami sesak nafas, maka hal itu harus segera mendapat perhatian hal itu dikarenakan sesak napas menyebabkan rasa yang tidak nyaman karena sulitnya bernafas sehingga tubuh kurang mendapatkan oksigen, dan yang terburuk dapat menyebabkan kematian.

    mengatasi sesak nafas yang paling cepat adalah berada pada lingkungan hijau dan lapang. Jika tidak memiliki kemampuan untuk sering pergi keluar kota, ke gunung atau laut, tanamlah pohon berdaun hijau lebat di sekitar tempat tinggal yang akan memproduksi banyak oksigen dan menyerap polusi. Setiap saat menemukan lingkungan hijau dan bersih, berjalan kakilah dan hirup udara dalam-dalam.

    Mengelola emosi sangat penting untuk menyembuhkan masalah pernafasan. Banyak cara yang bisa dilakukan seperti berpikiran positif, menghilangkan ketakutan yang tidak beralasan, bahkan sering tersenyum akan sangat membantu. Namun demikian cara mengelola emosi yang tepat hanya diketahui oleh pribadi masing-masing.

    Olahraga yang menggerakkan punggung atas dan dada sangat membantu mengalirkan darah dan energi penyembuhan. Perlu diingat jika kita merawat tubuh dan pikiran, imbal baliknya adalah kenikmatan yang tak terkira.

    Untuk mengatasi sesak napas, biasanya obat yang diberikan adalah obat-obatan yang melebarkan saluran pernapasan yang menyempit.

    Dan untuk menentukan dengan pasti apa penyebab keluhan sesak nafas, saya sarankan jika keluhan tersebut sudah dianggap sangat mengganggu ataupun mungkin sudah merupakan keluhan yang kronik untuk ke dokter agar dapat diperiksa lebih lanjut dan ditangani sesuai dengan penyebabnya.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Pria ?
Ask Doctor
Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan 4 Cara Alami dan Ampuh Samarkan Selulit 4 Cara Alami dan Ampuh Samarkan Selulit