Sakit pada Payudara
on 02 Jan 2013

Saya merasakan ada benjolan pada payudara saya dan jika ditekan menimbulkan nyeri. Gejala lainnya yang kadang ditemukan adalah benjolan ketiak yang juga terasa sakit, namun benjolan ini hanya kadang-kadang muncul.
Sakit pada payudara ini saya alami sejak payudara itu tumbuh, sekitar usia 11 tahun. Sekarang saya berusia 21 tahun.
Dua tahun lalu saya pernah memeriksakan gejala ini pada dua dokter ahli bedah yang berbeda, namun hasilnya sama yaitu pengendapan minyak di daerah payudara. Saya hanya diberi beberapa jenis obat, namun sampai sekarang sakitnya belum juga hilang.
Kira-kira diagnosa apa yang mungkin saya alami? Dan bagaimana solusinya?
Terima kasih

1 Answers

Dokter
Jakarta

dear nur,

benjolan pada payudara ada yang bersifat ganas dan ada yang jinak, namun jika dilihat dari gejala yang anda alami sepertinya benjolan di payudara anda adalah jenis yang jinak, karena selain sudah lama ada, tampaknya benjolan ini membesar dengan lambat. apalagi ahli bedah telah memeriksanya dan anda kemungkinan menderita kista aterom, yang berisi pengendapan lemak dan minyak yang membentuk kantung.
jika hal ini mengganggu sekali, mintalah pada dokter bedah anda untuk mengangkatnya, karena kista ini bersifat residif atau kambuh2an jika kantungnya tidak diangkat, dan jangan lupa memberi tahukan tentang benjolan pada ketiak anda. operasinya cukup singkat dan hanya memerlukan bius lokal jika tidak luas.

semoga membantu

Say Thanks
on 02 Jan 2013
in partnership with