MEETDOCTOR

Profile
Gout Arthritis

Sakit Pada Telapak Kaki

Sakit Pada Telapak Kaki
Agung Hindriyastomo
Yogyakarta

Dok, Saya sering merasa ada yang mengganjal pada telapak kaki kiri saya, dan seringnya kalau dipaksakan jadi terasa nyeri. Apakah ini gejala asam urat atau ada kemungkinan penyakit lain

Answers

1 answers

  • dear Agung,

    nyeri pada telapak kaki belum tentu gejala dari asam urat walaupun ada kemungkinan demikian, hal yang tersering dialami oleh pasien adalah Fasciitis Plantaris atau radang pada jaringan lunak yang terdapat di bawah tulang-tulang kaki di daerah telapak kaki. Radang ini dapat terjadi akibat adanya iritasi kronis dan dalam jangka waktu lama terhadap jaringan telapak kaki tersebut, biasanya dirasakan pada waktu berdiri. jika sudah dangat nyeri, dapat dilakukan fisioterapi pada daerah tersebut, namun jika masih ringan, cobalah hal2 berikut :
    1. merendam kaki pada air hangat dan dingin secara bergantian dapat mengurangi nyeri pada telapak kaki jika dilakukan secara rutin dan teratur.
    2. selalu memakai alas kaki seperti sandal dengan sol/ alas yang lunak atau berbahan karet lembut.
    3. Saat bangun tidur pagi biasakan mengosok-gosokkan kedua telapak kaki sehingga terasa hangat terlebih dahulu baru kemudian menginjakkan kaki ke lantai.
    4. ika berjalan jauh diusahakan agar beristirahat sejenak, jangan dipaksakan untuk berjalan terus jika kaki sudah letih dan timbul rasa sakit.

    jika hal diatas telah dilakukan dan nyeri berkurang, kemungkinan memang hanya peradangan jaringan lunak, jika nyeri tidak membaik, lakukanlah pemeriksaan darah lengkap dan cek kadar asam urat dan kolesterol serta gula darah.

    semoga membantu

Anda punya pertanyaan seputar Gout Arthritis ?
Ask Doctor
Kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh, bisa meningkatkan serangan jantung dan stroke. Berikut cara menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Cara Menurunkan Kolesterol Jahat LDL Teh memiliki banyak manfaat. Kenali jenis teh dan manfaatnya bagi kesehatan. Berbagai Jenis Teh dan Manfaatnya Bagi Kesehatan