Profile
Kanker Serviks

saya mengalami pendarahan saat berhubungan intim. ini bahaya atau tidak dok ?

saya mengalami pendarahan saat berhubungan intim. ini bahaya atau tidak dok ?
Yogyakarta

Dok, saya mau bertanya. Mengapa saya mengalami pendarahan saya berhubungan intim ? Hal ini terjadi saat saya berhenti KB dan sudah hitungan bulan lamanya. Tolong jelaskan ya dok, apa yang terjadi pada saya. Terimaksih

Answers

1 answers

  • Selamat siang,

    Berapa lama keluhan tsb Anda alami? Apakah keluhan ini baru pertama kali Anda alami? Bagaimana dengan siklus menstruasi Anda? Apakah selalu eratur 28 hari setiap bulannya?

    Bercak darah yang timbul setelah hubungan seksual -terlebih perdarahan dengan warna merah segar- umumnya disebabkan karena aktivitas seksual itu sendiri; misal : erosi vagina maupun robeknya selaput dara. Saat Anda dan pasangan terburu-buru dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk foreplay, maka lendir vagina tidak akan terproduksi dalam jumlah cukup sehingga gesekan yang timbul saat penetrasi penis pun akan menyebabkan lecet pada dinding vagina dan timbullah bercak darah. Begitu pula apabila Anda baru pertama kali melakukan hubungan seksual atau selaput dara yang Anda miliki cukup elastis sehingga robekan tidak terjadi pada kali pertama hubungan seksual, maka robeknya selaput dara akan menyebabkan perdarahan pasca hubungan seksual. Perdarahan akibat aktivitas seksual itu sendiri umumnya tidak akan berlangsung lama dan akan berhenti dalam 1-2 hari.

    Meskipun demikian, faktor lainnya yang perlu dipertimbangkan apabila perdarahan pasca hubungan seksual tsb seringkali Anda alami antara lain:
    1. tumor dan kanker : mioma rahim, kanker serviks/ leher rahim
    2. polip
    3. infeksi maupun peradangan : vaginitis, infeksi oleh clamidia/ gonorrhea/ trikomonas

    Untuk sementara, cobalah terlebih dahulu mengomunikasikannya kepada pasangan untuk memperpanjang durasi foreplay sebelum penetrasi. Penggunaan lubrikans/ cairan pelumas dapat Anda coba sebagai alternatif untuk mengurangi gesekan saat penetrasi penis. Apabila keluhan yang Anda alami saat ini terus berlanjut hingga lebih dari 1 bulan, maka sangat dianjurkan untuk memeriksakan lebih lanjut kepada dokter kandungan dan kebidanan konsultan Anda.

    Untuk informasi lebih lengkap, dapat Anda simak pada link berikut :
    http://meetdoctor.com/mobile/article/ini-cara-tahan-lama-berhubungan-badan

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Kanker Serviks ?
Ask Doctor
 p>ASI merupakan asupan terpenting yang dibutuhkan bayi karena ASI mengandung setidaknya 400 senyawa yang sangat berperan untuk tumbuh kembang, kecerdasan… Pengaruh Bentuk Puting Bagi Ibu Menyusui Wanita Penderita Migrain Lebih Berisiko Menderita Stroke Wanita Penderita Migrain Lebih Berisiko Menderita Stroke