Profile
Menstruasi

saya shinta, usia 30 tahun, sudah menikah 2th 6bln, sebelum menikah menstruasi(haid) saya memang tidak lancar, tp hampir setahun ini saya ti

saya shinta, usia 30 tahun, sudah menikah 2th 6bln, sebelum menikah menstruasi(haid) saya memang tidak lancar, tp hampir setahun ini saya ti
Jakarta, Indonesia

Answers

3 answers

  • Dear Shinta, dapat anda legkapi pertanyaan anda?

  • saya shinta usia 30 th, sudah menikah 2th,6bln sebelum menikah haid saya memang tidak lancar, Tp sudah setahun ini saya tidak mendapatkan haid, yang ingin saya tanyakan : 1. apakah saya bs mempunyai momongan bila dilihat dari siklus haid sy yg tidak teratur. 2. apakah ini ada pengaruhnya dengan horman kesuburan karena dilihat dari bb saya 70kg dan tb 156cm. sy sebelumnya sempat periksa dengan dokter kandungan dimana sy d nyatakan sehat dan tidak ada masalah di rahim sy. sekian pertanyaan dr saya. trims.

  • Selamat sore Shinta,

    1. Menstruasi yang tidak teratur dapat merupakan kemungkinan adanya gangguan pada kesehatan reproduksi Anda, apabila siklus haid tidak teratur maka sulit menentukan masa subur seseorang namun kemungkinan kehamilan masih bisa terjadi.

    2. Dilihat dari informasi yang Anda berikan maka kemungkinan memang dapat dikarenakan ketidak seimbangan hormonal. Siklus haid normal yaitu 21-35 hari dengan periode 2-7 hari. Tetapi pada umumnya tidak semua wanita mengalami menstruasi yang sama karenasiklus menstruasi dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi, stress, gaya hidup, dll.
    Kemungkinan Anda mengalami gangguan siklus haid. Gangguan haid merupakan perdarahan haid yang tidak normal dalam hal panjang siklus haid, lama haid, dan jumlah darah haid. Gangguan pada haid bermacam-macam yaitu :
    • Amenorrhoea Keadaan di mana tidak terjadinya mentruasi selama 3 bulan berturut-turut.
    • Oligomenorea merupakan suatu kondisi dimana siklus haid lebih panjang, lebih dari 35 hari (nomal: 21-35 hari)
    • Menorrhagia perdarahan haid yang lebih banyak dari normal (lebih dari 80ml/hari) atau lebih lama dari normal (lebih dari 8 hari)
    • Metrorrhagia ; perdarahan rahim di luar waktu haid.
    Penyebab dari gangguan biasanya disebabkan oleh beberapa tahun menjelang menopause, gangguan indung telur, gangguan hormonal yang disebabkan karena stress, depresi, penurunan berat badan berlebihan, obesitas, olahraga berlebihan seperti atlit, kelainan pembekuan darah, gangguan hormon tiroidserta penggunaan obat-obatan tertentu, seperti antikoagulan, aspirin dll.
    Ada beberapa hal yang dapat di lakukan untuk mengatasi gangguan haid ini, diantaranya adalah :
    • Menghindari aktifitas fisik yang berlebihan
    • Menghindari stress
    • Mengkonsumsi gizi seimbang
    • Menghindari minuman alkohol , rokok dan minuman soda

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Wanita Penderita Migrain Lebih Berisiko Menderita Stroke Wanita Penderita Migrain Lebih Berisiko Menderita Stroke 6 Manfaat Ajaib Jahe 6 Manfaat Ajaib Jahe