MEETDOCTOR

Female Health

Seperti bisul di vagina?

Seperti bisul di vagina?
Seseorang
Jakarta, Indonesia

Dok, saya wanita usia 22 tahun dan belum menikah. Sudah beberapa tahun belakangan di bibir vagina (labia majora/outer lips) saya sering timbul semacam bisul. Jika ditekan akan sakit dan di dalam bisul/benjolan itu seperti berisi cairan jerawat warna putih+darah,dan kadang jika sudah kering bisul itu akan menjadi black head seperti jerawat di wajah. Apakah itu normal atau berbahaya dok? Apakah yang menyebabkan semacam bisul itu timbul dan tenggelam di area vagina? Langkah apa yang saya harus lakukan?

Answers

1 answers

  • Kemungkinan itu adalah kelenjar keringat yang terinfeksi (bila munculnya di tempat yang berbeda2). Bila cenderung muncul di tempat yg sama, bisa jadi karena infeksi kelenjar Bartholin. Jaga kebersihan daerah vagina. Biala Anda belum pernah melakukan hubungan seksual, kemungkinan infeksi tsb disebabkan E.coli, yang terdapat di saluran cerna. Jadi, pada waktu cebok, biasakan membersihkan dari depan ke belakang. Juga, jangan dilakukan pencukuran di daerah genital, karena luka kecil bisa terinfeksi. Bila infeksi tersebut muncul kembali, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Sp Kulit dan Kelmin untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih lengkap, dan terapi yang sesuai,

Anda punya pertanyaan seputar Female Health ?
Ask Doctor
Karbohidrat seringkali dihindari karena mempermudah kenaikan berat badan. Namun, enam jenis karbohidrat berikut justru dapat menurunkan dan mempertahankan berat badan ideal. Karbohidrat ini Turunkan Berat Badan Hormon oksitosin memiliki efek beragam bagi tubuh, salah satunya mempertahankan berat tubuh ideal. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan produksi hormon oksitosin. Menurunkan Berat Badan dengan “Hormon Cinta”