Profile
Panu (Tinea Versicolor)

seputar panu

seputar panu
Bekasi

Halo dok saya punya masalah dengan panu yang timbul di wajah.pertama kali muncul pada saat saya sehabis berenang.sampai sekarang kenapa masih sering kambuh ya padahal setelah sembuh pertama kali saya lebih memperhatikan kebersihan tubuh saya ( masalah ini sudah berlangsung +- 6 tahun dan tiap tahun biasanya bisa terkena 2 kali ) dan apakah pengobatan oral harus dengan resep dokter? Karena saya browsing obat obat oral untuk penyakit ini memiliki efek samping yang buruk. Terima kasih dokter

Answers

1 answers

  • dr. Deffy Leksani dr. Deffy Leksani Dokter Umum

    Hallo, Selamat Sore.

    Obat panu yang dijual di pasaran cukup banyak dan cukup efektif menangani permasalahan panu (tinea versikolor) jika digunakan secara tepat dan pada kondisi (diagnosa) yang tepat pula. Beberapa jenis obat jamur (panu= tinea versikolor) antara lain adalah :

    1. Ketokonazol tablet dan topikal
    2. Miconazol tablet dan topikal
    3. Flukonazol tablet

    Untuk pengobatan Tinea versikolor, penggunaan obat topikal (jika bercak infeksi kecil) bisa digunakan 2 kali sehari selama minimal 2 minggu. Setelah 2 minggu perlu dilakukan observasi ulang mengenai kondisi kulit, jika masih ada tanda infeksi jamur maka penggunaan obat topikal perlu dilanjutkan selama 2 minggu lagi sampai tuntas.

    Tinea versikolor/ panu adalah infeksi jamur pada kulit dengan gejala bercak keputihan/ kecoklatan yg terasa gatal dan makin melebar serta memiliki skuama tipis di pinggir bercak. Beberapa kondisi lain yg mirip dengan panu adalah :

    - pitiriasis alba = bercak putih tanpa gatal, tidak membaik dengan pengobatan anti panu.
    - Vitiligo = bercak putih susu, tanpa gatal dan bisa melebar.
    - psoriasis
    - Dermatitis

    Maka jika pengobatan dengan obat anti panu keluhan Anda tidak membaik maka sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter kulit untuk perawatan maksimal.

    Mandi dua kali sehari dengan sabun antibakteri, ganti pakaian Anda setiap hari dan hindari penggunaan krim wajah yang tidak terdaftar BPOM untuk menghindari timbulnya bercak putih pada wajah.

    Sebagai tambahan informasi untuk anda, dapat dibuka link berikut ini : http://meetdoctor.com/article/cara-alami-menghilangkan-panu

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Panu (Tinea Versicolor) ?
Ask Doctor

Popular Article

Setiap usia mempunyai kepentingan dan prioritas berbeda agar tubuh tetap sehat. Pilihan Makanan Sehat Sesuai Umur Anda 4 Obat Yang Bisa Mengacaukan Kehidupan Seks Pria 4 Obat Yang Bisa Mengacaukan Kehidupan Seks Pria