Sering bersendawa dan sesak napas
on 27 Jul 2012

Dok, saya umur 31 tahun. Saya sering bersendawa dan suka sesak napas setelah saya ke dokter penyakit dalam dia bilang asam lambungnya saya naik dan itu yg menyebabkan sesak napas dan bersendawanya. dan saya dikasih obat opramazole dan ultrsafalt sirup. memang setelah minum obat itu sesak napas saya agak berkurang. tp untuk sendawa tetap saja masih hingga sekarang.

yang ingin saya tanyakan apakah ada kaitannya antara penyakit lambung dengan sesak napas? mengapa masih suka bersendawa walaupun maag nya tidak kambuh.

terima kasih

nina farid
Jakarta

6 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Hai, selamat siang, Nina.

Gangguan pada lambung kadang dapat menyebabkan keluhan sesak napas. Obat yang diberikan pada Anda sudah baik dan harus ditunjang pula dengan pola makan yang sehat. Untuk sementara, hindari makanan atau minuman yang merangsang asam lambung, misalnya makanan yang pedas, asam, banyak memakai rempah-rempah, teh, kopi, juga minuman kola.

1 Thanks
on 27 Jul 2012
Jakarta

Terima kasih dok..
Kalau untuk sendawa nya bagaimana caranya untuk menghilangkannya dok? sendawa seperti masuk angin padahal saya tidak masuk angin... apa lambung saya masih tidak beres juga dok.. kalau sendawa saya masih muncul.?

terima kasih

Say Thanks
on 27 Jul 2012
Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Ada hubungannya, karena regurgitasi asam dari lambung ke atas dapat menyebabkan sesak. Sehingga perlu pengurangan asam untuk mengurang gejala.

1 Thanks
on 27 Jul 2012
Jakarta

Terima kasih dok..
saya mau bertanya lagi untuk cara menguranginya dengan bagaimana dok? apakah setiap sebelum makan saya harus selalu mengkonsumsi obat tersebut? opremazole dan ultrasafalt? untuk sendawanya bagaimana dok?

terima kasih

Say Thanks
on 27 Jul 2012

Selamat siang,

Ya asam lambung yang naik dapat menyebabkan sensasi panas di dada sehingga menyebabkan sesak.

Saran saya kurangi makan makanan yang mengiritasi lambung.

Semoga membantu

1 Thanks
on 27 Jul 2012
Jakarta

Okeyyy thank you so muchhh....
^_^

Say Thanks
on 27 Jul 2012
in partnership with