Profile
Fibrocystic Breast

Sering merasakan nyeri di payudara sebelah kiri

Sering merasakan nyeri di payudara sebelah kiri

Dok saya sering sekali merasakan nyeri dipayudara sebelah kiri saya saja.. saya sudah periksa ke dokter dan melakukan USG mammography,, dan dokter bilang saya ada kista di payudara saya dengan ukuran 0,5cm.. apa kista di payudara berbahaya dok?? apa kista tersebut bisa membesar?? bagaimana cara menghilangkan kista tersebut??? terima kasih dok

Answers

7 answers



  • Selamat siang,

    Kista pada payudara ada kemungkinan membesar, untuk memastikan apakah ada tanda-tanda keganasan dapat dengan melakukan biopsi aspirasi untuk mengetahui cairan kista didalamnya..

    semoga membantu

  • terima kasih dok atas sarannya,, kalo dgn minum obat tuk mengurangi rasa nyeri apa kistanya akan membesar jg??? karna saya di kasih obat untuk mengurangi rasa nyeri,, oia dok mksdnya biopsi aspirasi apa ya?? terima kasih dok

  • pemberian obat penghilang rasa nyeri tidak menyebabkan pembesaran kista, biopsi aspirasi yang dimaksud ada pengambilan contoh cairan kista untuk diperiksa apakah ada tanda-tanda keganasan

  • apa benar dok dengan kita menikah lalu menyusui anak kita,kista itu akan hilang???

  • dok, saya operasi tumor payudara sebelah kiri 1tahun yg lalu, sudah diuji cek lab cairan tumor,dinyatakan jinak, namun belakangan ini nyeri di sekitar payudara sebelah kiri mulai terasa lagi. menurut dokter ini gejala apa?

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi, desih

    Kista dibedakan menjadi 2, yakni kista fisiologis dan patologis. Kista fisiologis adalah kista yang akan menghilang pada saat siklus haid yang akan datang. Disebut patologis jika kista itu tidak menghilang pada siklus haid berikutnya. Salah satu pemicu terjadinya kista adalah makanan berlemak. Subtitusi hormon estrogen dalam tubuh diduga juga dapat memudahkan tumbuhnya kista, miom, dan lainnya.

    Selama tidak mengganggu kehamilan, kista umumnya akan dibiarkan sambil dipantau apakah akan mengecil, menghilang, menetap dengan ukuran tetap, atau malah membesar. Hanya kista yang membesar yang dikhawatirkan dapat menimbulkan komplikasi dan kegawatan pada kehamilan. Pemantauan itu sekaligus untuk mengetahui, apakah ada keganasan pada kista atau tidak.

    Untuk mengetahui apakah suatu kista akan menjadi ganas atau tidak dapat dilakukan lewat pemeriksaan darah atau USG Color Doppler (warna). Dengan alat tersebut dapat diketahui arus darah yang mengalir ke kista. Kista dinyatakan ganas jika disertai ciri-ciri ada arus pembuluh darah yang bertambah ke arah kista tersebut. Juga ada gambaran tertentu seperti dinding yang menebal atau tak beraturan. Untuk memastikan kembali umumnya akan dilakukan pemeriksaan kadar kandungan Ca 125 yang dapat mendeteksi kecenderungan ke arah tumor ganas.

    Sehingga ada baiknya untuk anda dapat memeriksakan kembali kondisi anda saat ini, jika di rasa kista tersebut tidak semkain bertambahn besar dan tidak mengganggu kesehatan reproduksi anda, maka tentunya tindakan operasi tidak perlu dilakukan. namun untuk mengetahui lebih detail mengenai kondisi kista anda, dokter yang memeriksa anda secara langsung tentunya lebih mengetahui akan hal ini.

    Sebagai informasi tambahan, dapat anda buka link berikut ini
    : http://meetdoctor.com/article/obat-penyakit-kista-ini-pilihannya

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi, chandra

    tumor jinak yang anda maksud mungkin Fibroadenoma Mammae atau sering disingkat dengan FAM adalah adalah tumor jinak berkarakter tidak nyeri dan dapat digerakkan yang banyak ditemukan pada wanita yang berusia muda. Tumor ini jarang sekali ditemukan pada wanita usia menopause.

    gejala yang muncul biasanya :
    -adanya bagian yang menonjol pada permukaan payudara,
    -benjolan memiliki batas yang tegas dengan konsistensi padat dan kenyal.
    -Ukuran diameter benjolan yang sering terjadi sekitar 1-4 cm, namun kadang dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat dengan ukuran benjolan berdiameter lebih dari 5 cm.
    -Benjolan yang tumbuh dapat diraba dan digerakkan dengan bebas.
    -Umumnya fibroadenoma tidak menimbulkan rasa nyeri atau tidak sakit.

    Penyebab munculnya beberapa fibroadenoma pada payudara belum diketahui secara jelas dan pasti. penyebab lainnya itu adanya kemungkinan yang berhubungan dengan hipersensitivitas jaringan payudara lokal terhadap estrogen, faktor makanan dan faktor riwayat keluarga atau keturunan.

    Secara sederhana fibroadenoma dapat diklasifikasikan menjadi tiga macam:
    1. Common Fibroadenoma.
    Common fibroadenoma memiliki ukuran 1-3 cm, disebut juga dengan simpel fibroadenoma. Sering ditemukan pada wanita kelompok umur muda antara 21-25 tahun. Ketika fibroadenoma dapat dirasakan sebagai benjolan, benjolan itu biasanya berbentuk oval atau bulat, halus, tegas, dan bergerak sangat bebas.

    2.Giant Fibroadenoma
    Giant fibroadenoma adalah tumor jinak payudara yang memiliki ukuran dengan diameter lebih dari 5 cm. Secara keseluruhan insiden giant fibroadenoma sekitar 4% dari seluruh kasus fibroadenoma. Giant fibroadenoma biasanya ditemui pada wanita
    hamil dan menyusui.

    3.Juvenile Fibroadenoma
    Juvenile fibroadenoma biasa terjadi pada remaja perempuan, dengan insiden 0,5-2% dari seluruh kasus fibroadenoma. Sekitar 10-25% pasien dengan juvenile fibroadenoma memiliki lesi yang multiple atau bilateral.

    ada beberapa faktor risiko yang mempengaruhi timbulnya tumor ini antara lain:

    -Umur merupakan faktor penting yang menentukan insiden atau frekuensi terjadinya FAM. Fibroadenoma biasanya terjadi pada wanita usia muda 30 tahun. terutama terjadi pada wanita dengan usia antara 15-25 tahun.

    -Riwayat perkawinan dihubungkan dengan status perkawinan dan usia perkawinan, paritas dan riwayat menyusui anak.

    - Penggunaan Hormon Diperkirakan bahwa fibroadenoma mammae terjadi karena kepekaan terhadap peningkatan hormon estrogen. Penggunaan kontrasepsi yang komponen utamanya adalah estrogen merupakan faktor risiko yang meningkatkan kejadian FAM.

    -Obesitas, Berat badan yang berlebihan (obesitas) dan IMT yang lebih dari normal merupakan faktor risiko terjadinya FAM.

    -Riwayat Keluarga, Tidak ada faktor genetik diketahui mempengaruhi risiko fibroadenoma. Namun, riwayat keluarga kanker payudara pada keluarga tingkat pertama dilaporkan oleh beberapa peneliti berhubungan dengan peningkatan risiko tumor ini.

    -Stress berat dapat meningkatkan produksi hormon endogen estrogen yang juga akan meningkatkan insiden FAM.

    berikut beberapa tips untuk mencegah terjadinya FAM

    -Mencegah terpaparnya dengan zat atau bahan yang dapat memicu berkembangnya sel-sel tumor fibroadenoma, seperti mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi dengan bahan atau zat-zat hormonal, menghindari pemakaian pil kontrasepsi
    dengan komponen utama estrogen. Penggunaan zat tersebut jika dipakai terus menerus akan menyebabkan terjadinya perubahan jaringan pada payudara yang meningkatkan angka kejadian FAM.

    -Menggunakan atau mengkonsumsi zat dan bahan yang dapat menurunkan kejadian FAM antara lain dengan mengkonsumsi buah dan sayuran. Penggunaan alat kontrasepsi oral juga dapat menurunkan risiko terjadinya FAM.

    -Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI)

    penatalaksanaan FAM

    Karena fibroadenoma mammae adalah tumor jinak maka pengobatan yang dilakukan tidak perlu dengan pengangkatan mammae. Yang perlu diperhatikan adalah bentuk dan ukurannya saja. Pengangkatan mammae harus memperhatikan beberapa faktor yaitu faktor fisik dan psikologi pasien. Apabila ukuran dan lokasi tumor tersebut menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman pada pasien maka diperlukan pengangkatan.

    untuk mengetahaui lebih lanjut masalah FAM anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis bedah onkologi guna dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, Mammografi, dan USG.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda

Anda punya pertanyaan seputar Fibrocystic Breast ?
Ask Doctor

Popular Article

6 Manfaat Ajaib Jahe 6 Manfaat Ajaib Jahe Hidrasi Kunci Pulihkan Flu Dengan Cepat Hidrasi Kunci Pulihkan Flu Dengan Cepat