Profile
Paru-paru dan Pernafasan

Sesak nafas

Sesak nafas
Jakarta

Dok, saya mau tanya.. Tadi sore saya main futsal, dan tidak sampai 5 menit main,saya langsung ngos-ngosan, susah mengatur nafas, itu kenapa ya dok?..padahal saya sama sekali bukan perokok.. Tolong bantuannya dok, dan tolong jua, beri saya solusi.. Terimakasih dok..

Answers

2 answers

  • User

    selamat malam,
    penyebab sesak nafas yang timbul saat aktivitas fisik biasanya disebabkan karena suplai oksigen tidak maksimal ke dalam organ paru misalnya karena penyempitan saluran napas(bronchus,bronkeoli,alveoli),dan ketegangan otot2 pernapasan.Bisa karena faktor lingkungan:udara dingin,asap rokok,lingkungan berdebu.faktor emosi:depresi,gelisah,stres atau bisa karena pompa jantung yang tidak berfungsi dengan baik.Sebaiknya anda beristirahat,atur ritme pernapasan dengan baik.bila gejala memburuk,segera periksa dokter atau RS setempat untuk mendapatkan pertolongan.
    Demikian,semoga membantu

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Kapasitas kerja jantung dan kebutuhuan oksigen seseorang juga tergantung dari kebiasaan latihan / olah raga. Apabila anda berolah raga secara teratur/ seorang atlet, maka otomatis kapasitas kerja jantung dan tubuh anda dapat meningkat. Namun, apabila jarang berolah raga / lama sudah tidak pernah olah raga, maka tubuh membutuhkan penyesuaian untuk meningkatkan kapasitas kerja dan meminimalisir kebutuhan oksigen saat berolah-raga. Waspadai pula, bilamana anda mempunyai riwayat penyakit asma.

    Lakukan pemanasan sebelum berolah raga dan perbanyak latihan aerobik seperti : jogging, renang dsb. untuk meningkatkan kapasitas kerja jantung anda sehingga nafas anda menjadi sulit untuk terengah-engah saat berolah raga.

Anda punya pertanyaan seputar Paru-paru dan Pernafasan ?
Ask Doctor
Menjaga kulit agar terhindar dari keriput bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Makanan yang Dapat Mencegah Kulit Keriput Berita hoax banyak menyebar. Tidak hanya memiliki dampak sosial, tapi juga berpengaruh terhadap kesehatan mental Anda. Awas, Berita Hoax Bisa Mengganggu Kesehatan Mental