setelah kateterisasi jantung
on 04 Oct 2012

hi Docs,
papa saya (60 tahun) baru menjalanin proses kateterisasi jantung 28 sept 12 lalu.
sampai hari ini bekas tempat masuk selang kateter di kaki (dekat selangkangan) dan bekas infus (tangan) masih biru. yg di bagian kaki cukup lebar (skitar 3x7cm). apakah itu normal?

saya baru saja baca di internet kalau setelah kateterisasi jantung pasien harus banyak minum air putih untuk menghilangkan cairan kontras. tapi papa saya yang sempat di diagnosa gagal jantung dibatasi minumnya (hanya 1.2L per hari). bagaimana sebaiknya?

papa ada rencana senin ini akan dilakukan lagi kateterisasi dan pemasangan stents di RS yang berbeda. apakah yang harus saya perhatikan, krn obat yg diberikan berbeda antara 2 RS tersebut. dan apakah aman untuk pasien menjalani kateterisasi jantung dan pemasangan stents dalam jangka waktu berdekatan.

apakah benar obat diabeter seperti glukonvance harus dihentikan 2 hari sebelum kateterisasi?


mohon bantuannya.
terima kasih.

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat pagi,

Untuk luka bekas infus dan luka pada kaki yang paling penting adalah dijaga kebersihannya untuk mencegah terjadinya infeksi. Untuk luka bekas infus, dapat anda bersihkan dan usap dengan kapas yang dibasahi dengan alkohol 70 %. Untuk bagian kaki, sebaiknya diganti perbannya setiap hari hingga lukanya benar-benar kering dan sembuh.

Memang betul asupan cairan pada penderita gagal jantung memang harus dibatasi, saya pun menganjurkan agar batasan yang diberikan tersebut (1,2 Lt) sebaiknya diikuti.

Tidak apa apa bu, yang penting pastikan bahwa surat rujukan dokter serta semua hasil pemeriksaan (laboratorium, rontgen, CT scan , angiografi, EKG / Echo) dari RS yang sebelumnya anda bawa agar dapat dijadikan rujukan bagi dokter yang merawat ayah anda di RS yang baru.

Sebelum tindakan kateterisasi jantung dan pemasangan stent, pasien pasti akan diperiksa dahulu oleh dokter dan bila perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium ulang demi keamanan tindakan yang akan dilakukan tersebut.

Betul bu, pemberian Glucovance harus dihentikan untuk sementara bagi pasien yang akan menjalani pemeriksaan radiologi yang menggunakan kontrast yang disuntikkan ke dalam pembuluh darah, termasuk kateterisasi jantung.

Semoga membantu. Terima kasih.

1 Thanks
on 04 Oct 2012

terima kasih banyak dok untuk jawabannya.
satu lagi dok, apakah bekas masuk selang kateter dan infus yang masih biru itu berarti darah terlalu encer?
selain disitu, kmrn ambil darah jg untuk test, besoknya bagian situ menjadi biru lebam jg. dan di bagian tangan ada yang seperti pendarahan dibawah kulit warna merah gelap.
apakah itu tanda darah terlalu encer?

masalahnya rencana senin besok papa akan menjalani pemasangan stents. dan instruksi dokter untuk meminum 8pcs plavix (1 bulan lalu pernah minum 8pcs plavix, tp tidak jadi kateter. dan saat kateter 28 sept kemarin tidak disuruh minum 8 plavix oleh dokter yang akan mengkateter), saya sudah tanyakan ke RS yang tempat papa akan di pasang stents senin ini, katanya tidak apa2 minum 8 plavix lagi (besok / sabtu pagi)
saya worry darahnya akan terlalu encer dan berakibat buruk.

mohon masukannya

Say Thanks
on 05 Oct 2012
in partnership with