MEETDOCTOR

Profile
Liver

SGOT normal, SGPT tinggi.. Apakah liver saya bermasalah?

SGOT normal, SGPT tinggi.. Apakah liver saya bermasalah?
Seseorang
Bogor

Baru-baru ini saya melakukan medical check-up. Ternyata hasil SGPT saya tinggi sekali, hingga mencapai 123 U/L, sedangkan SGOT saya normal, hanya 46 U/L. Sedangkan hasil tes hematologi, kimia, dan urinalisa yang lain semuanya normal. Yang mendapat tanda * (bintang - sudah melewati ambang batas) hanya SGPT, kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida. Setelah itu saya melakukan check-up lanjutan untuk hepatitis, dan hasilnya HBsAg, Anti HBs, dan Anti HCV Total, semuanya menunjukkan hasil negatif. Saya sudah konsultasi dengan dua dokter yang berbeda, tetapi mereka belum bisa menyimpulkan secara pasti kondisi apakah yang dapat menyebabkan hal tersebut. Sebab menurut mereka, SGOT dan SGPT itu biasanya paralel, bila yang salah satu naik,yang satunya pun akan ikut naik. Tapi ternyata tidak demikian dengan kasus yang saya alami. Bahkan saya sampai melakukan tiga kali tes untuk mengecek nilai SGOT dan SGPT dan hasilnya selalu sama. Sejauh ini pun saya tidak merasakan keluhan apapun. Rasanya kondisi badan normal-normal saja. Akan tetapi hal ini membuat saya sangat penasaran. Apakah saya mengalami sejenis kelainan liver atau menderita suatu penyakit?

Answers

2 answers

  • dear,

    SGPT atau Serum glutamic pyruvic transaminase selain terdapat pada sel hati juga terdapat di sel jantung dan otot. karenanya keadaan2 yang mempengaruhi tingginya SGPT bisa berasal dari kerusakan sel hati, jantung dan otot (misalnya aktivitas dan olahraga berat). Sensitif terhadap alkohol atau obat2an tertentu juga dapat meningkatkannya, cek kebiasaan dan pola makan dan minum anda serta adakah obat/vitamin yang rutin atau sedang anda minum.
    Selain itu kadar kolesterol anda secara umum tinggi, saya sarankan untuk mengecek kesehatan jantung dengan ECHO atau treadmill test

  • Pada tes yang pertama hasilnya:
    SGOT = 46
    SGPT = 123
    Kolesterol Total = 256
    Kolesterol LDL = 193
    Kolesterol HDL = 47
    Trigliserida = 250

    Setelah itu saya diresepkan Lesichol 300 mg 3 x 1 (untuk jangka waktu 10 hari).
    Dan Atorvastatin 20 mg 1 x 1 (untuk jangka waktu 30 hari).

    Setelah Lesichol habis (10 hari kemudian) saya tes lagi dan hasilnya:

    SGOT = 44
    SGPT = 100
    Kolesterol Total = 142
    Kolesterol LDL = 90
    Kolesterol HDL = 42
    Trigliserida = 122

    Saya tidak punya kebiasaan minum minuman beralkohol, tidak merokok, bahkan minum kopi dan teh pun sangat jarang. Saya lebih sering mengkonsumsi air putih. Tetapi setiap pagi saya rutin mengkonsumsi 1 kaplet fish oil yang dijual bebas di pasaran.

    Untuk tes jantung saya belum pernah melakukannya, tetapi akan saya coba saran dari Ibu dokter.

    Terima kasih.

Anda punya pertanyaan seputar Liver ?
Ask Doctor

Popular Article

Kehamilan membuat lingkar pinggang perempuan lebih besar. Dengan olahraga dan pola makan yang tepat, bentuk tubuh bisa kembali seperti semula. Perut Ramping Setelah Melahirkan, Ini Caranya Kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh, bisa meningkatkan serangan jantung dan stroke. Berikut cara menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Cara Menurunkan Kolesterol Jahat LDL