Profile
Menstruasi

Siklus Haid Pasca Kuret

Siklus Haid Pasca Kuret
Tasikmalaya

Dear Doctor.. Mohon penjelasannya mengenai siklus haid pasca kuret.. saya melakukan kuret oleh dokter ahli kandungan di kota saya pada tanggal 31 Oktober 2012. Setelah kuret terjadi pendarahan (seperti mens) selama 3-4 hari. Bulan sebelumnya , sebelum saya melakukan kuret saya biasa datang bulan pada tanggal 25. Namu untuk bulan ini (pasca kuret) saya belum haid lagi. Apakah itu normal ? apabila ingin cepat haid lagi apa yang harus saya lakukan dok ? Terimakasih

Answers

5 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Hai, selamat sore.

    Pendarahan seperti mens memang umum dialami setelah tindakan kuret. Karenanya, Anda tidak perlu khawatir.

    Sementara, mengenai kapan waktunya Anda mendapat menstruasi lagi sulit untuk ditentukan. Ini karena tergantung kondisi hormon tertentu dalam tubuh Anda, yaitu beta-HCG. Kondisi hormon-hormon dalam tubuh Anda inilah yang mempengaruhi kapan terrjadi siklus lagi. Umumnya, setelah 2-3 minggu post kuret siklus haid akan terjadi kembali. Namun, dapat hingga 6 minggu post kuret baru kembali seperti awal.

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Kuret dpt dianggap ibu mens hari pertama. Jadi sekitar akhir november ini ibu akan dpt mens lagi. Bila sampai tgl 15 desember blm mens, ibu kontrol ke dokter utk usg vaginal, utk diputuskan terapi selanjutnya

  • saya habis kuret dok

  • saya resa 24th habis kuret dok sya kuret Bo 24 maret 2016 april 1 bln sdh slsai trus mei 2 x haid trus bln juniya sya haid mpe 14 hri flek cmpur drah gto dok... awlya 1 mggu trus flek gk berhenti smpai kluar bercak drah cmpur flek itu kra apa ya dok...sya jd takut udh hmpir 2 mggu sya gk brhnti jg...flek sm drahya jg gk trllu byak..dsbabkan knpa ya dok.apa ad gganguan pada ms siklus haid sya gr2 hbs dkuret..

  • Selamat siang ressa..
    Kuretase merupakan salah satu tindakan yang umum dilakukan pada kasus-kasus keguguran atau adanya sisa plasenta setelah melahirkan, sering juga dilakukan sebagai upaya diagnosa perdarahan dari vagina yang dicurigai diakibatkan kelainan pada rahim. Pada keguguran, kuretase merupakan salah satu tindakan penting yang berguna untuk mengeluarkan sisa pembuahan yang masih tertinggal dalam rahim.
    Terdapat beberapa hal yang umum terjadi setelah prosedur kuretase yaitu :
    - Nyeri perut / pinggang / kram. Hal ini mungkin terjadi beberapa jam hingga hari. Akan tetapi terkadang dapat terjadi lebih lama, seringkali muncul nyeri pada bulan-bulan selanjutnya, terutama pada waktu seharusnya terjadi menstruasi. Hal ini masih dalam batas normal dan dapat terjadi hingga 3 bulan paska kuret. Nyeri ini dapat anda coba kurangi dengan menggunakan pereda nyeri seperti ibuprofen atau asam mefenamat.
    - Perdarahan selama beberapa hari paska kuret.
    Secara umum, kuret adalah tindakan pengerokan lapisan endometrium rahim, seringkali menstruasi tidak reguler / gangguan menstruasi karena endometrium belum pulih sepenuhnya. Umumnya pemulihan terjadi dalam waktu 3 bulan. Sehingga pada kebanyakan kasus, nyeri dan gangguan menstruasi membaik setelah 3 bulan.
    Anda perlu mengunjungi dokter jika terjadi demam, adanya pengeluaran cairan berbau dari vagina, perdarahan hebat, nyeri hebat yang tidak mereda dengan antinyeri ringan sepeti ibuprofen atau asam mefenamat, dan gangguan menstruasi atau nyeri yang terus menerus terjadi lebih dari 3 bulan.
    Diluar itu semua, sebaiknya ibu anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan, terutama yang melakukan prosedur tersebut. Untuk memastikan ada atau tidaknya kelainan yang mungkin mendasari hal tersebut.
    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Alasan Mengapa Anda Harus Bersahabat Dengan Telur Alasan Mengapa Anda Harus Bersahabat Dengan Telur Fakta! Tidur Berdua Lebih Sehat daripada Sendiri Fakta! Tidur Berdua Lebih Sehat daripada Sendiri