Profile
Kesehatan Wanita

gangguan menstruasi, Datang bulan tidak teratur, Siklus haid

gangguan menstruasi, Datang bulan tidak teratur, Siklus haid

Saya berumur 19 tahun. saya mempunyai gangguan pada siklus haid saya. selalu mundur setiap bulannya ,bahkan mundurnya bisa 1 mingguan atau lebih.tapi tidak ada gangguan nyeri perut yang berlebihan atau darah keluar yang berlebihan. Gangguan ini baru sekitar setengah tahun saya alami. tepatnya sejak saya beralih kesibukan/aktivitas dan berat badan saya naik 8 kg . sebelumnya saya hanya 48kg tinggi badan 162cm , aktivitas saya hanya sekolah,tapi olahraga saya teratur. sekarang berat badan saya 56kg dan dengan aktivitas yang full setiap hari ditambah lagi saya tidak sempat berolahraga. apakah karena perubahan berat badan dan aktivitas yang padat ini menyebabkan siklus haid saya selalu mundur? apakah siklus haid saya tidak normal? adakah gangguan penyakit atau apa? lalu bagaimana agar siklus haid saya bisa kembali teratur? mohon penjelasannya..terimakasih

Answers

1 answers

  • Selamat pagi Ibu
    Selamat datang di layanan konsultasi Meetdoctor,

    Kami memahami kekhawatiran Anda, saat ini Anda mengalami gangguan siklus haid haid yang datang tidak teratur atau, dalam dunia medis disebut oligomenore. Siklus haid normal yaitu 28 hari dengan periode 5-7 hari. Tetapi pada umumnya tidak semua wanita mengalami menstruasi yang sama karena siklus menstruasi dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi, stress, gaya hidup, dll.
    Oligomenore ini merupakan salah satu dari ganggguan haid. Gangguan haid merupakan perdarahan haid yang tidak normal dalam hal panjang siklus haid, lama haid, dan jumlah darah haid. Gangguan pada haid bermacam-macam yaitu :
    • Amenorrhoea dan Oligomenorrhea : tidak ada atau sedikit darah yang dikeluarkan selama menstruasi terjadi
    • Menorrhagia perdarahan haid yang lebih banyak dari normal (lebih dari 80ml/hari) atau lebih lama dari normal (lebih dari 8 hari)
    • Metrorrhagia ; perdarahan rahim di luar waktu haid.
    Penyebab dari gangguan biasanya disebabkan oleh beberapa tahun menjelang menopause, gangguan indung telur, stress dan depresi, penurunan berat badan berlebihan, sakit kronis, obesitas, olahraga berlebihan seperti atlit serta penggunaan obat-obatan tertentu, seperti antikoagulan, aspirin dll. Gangguan haid seperti ini biasanya bersifat sementara dan dapat sembuh dengan sendirinya.

    Jadi kemungkinan gangguan haid yang Anda alami dapat disebabkan oleh aktivitas yang meningkat, tidak berolahraga dan kenaikan berat badan. Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat mengatasi agar tidak terjadi gangguan haid:
    1. Konsumsi makanan yang sehat
    2. Menjaga berat badan Anda
    3. Berolahraga
    4. Menghindari dan mengendalikan stress dengan baik
    Namun jika berlangsug terus-menerus sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter Kandungan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Benarkah Transfusi Darah Dapat Mengubah DNA? Benarkah Transfusi Darah Dapat Mengubah DNA? Gatal pada organ intim wanita atau vagina adalah masalah yang banyak dialami oleh wanita. Kondisi tersebut tentunya sangat Anda merasa tidak nyaman Cara Alami Hilangkan Gatal Pada Vagina