Profile
Hamil Anggur

Siklus haid tidak teratur

Siklus haid tidak teratur
Madiun

Selamat pagi dokter, Saya seorang ibu rumah tangga berusia 25 tahun, baru menikah 4 bulan yang lalu. Saya ingin sekali segera hamil dok, 2 hari sebelum menikah saya menstruasi dok, dan melakukan hubungan intim pada saat masa subur, bulan berikutnya saya terlambat datang bulan 42 hari dok, hasil test Negatif. sebelum menikah siklus menstruasi saya sempat tidak teratur dok, terkadang 2 bulan saya tidak mengalami menstruasi, terkadang siklus pendek, terkadang siklus panjang hasil pemeriksaan dokter hanya gg.hormonal saja;saat ini saya sedang terlambat menstruasi 7 hari, hasil tes negatif.yang saya tanyakan apakah dengan siklus menstruasi yang seperti ini saya bisa cepat hamil dokter? Trimakasih.

Answers

11 answers

  • Selamat pagi dokter, Saya seorang ibu rumah tangga berusia 25 tahun, baru menikah 4 bulan yang lalu. Saya ingin sekali segera hamil dok, 2 hari sebelum menikah saya menstruasi dok, dan melakukan hubungan intim pada saat masa subur, bulan berikutnya saya terlambat datang bulan 42 hari dok, hasil test Negatif. sebelum menikah siklus menstruasi saya sempat tidak teratur dok, terkadang 2 bulan saya tidak mengalami menstruasi, terkadang siklus pendek, terkadang siklus panjang hasil pemeriksaan dokter hanya gg.hormonal saja;saat ini saya sedang terlambat menstruasi 7 hari, hasil tes negatif.yang saya tanyakan apakah dengan siklus menstruasi yang seperti ini saya bisa cepat hamil dokter?
    Trimakasih.

  • Siklus haid yang tidak teratur dapat menyulitkan ketika berusaha untuk hamil. Ovulasi yang tak teratur/abnormal menyumbang 30% – 40% dari semua kasus infertilitas. Bila siklus anda sangat panjang jedanya, berarti ovulasi tak terjadi, sebuah kondisi yang dikenal secara klinis sebagai anovulasi.

    Saya sarankan anda berkonsultasi dengan dokter kandungan spesialis fertilisasi agar dapat diperiksa kesuburannya dan dapat diprogram untuk hamil.

    Terima kasih

  • Iya dokter, trimakasih atas sarannya. Mau tanya lg dok, bulan januari saya tidak menstruasi dok tapi setelah itu saya menstruasi dengan siklus 28-32, bulan lalu saya menstruasi dgn siklus 29 hari dan saat ini saya terlambat 1 minggu, untuk hasil pemeriksaan test pack minim telat berapa minggu ya dok untuk hasil yg akurat?
    Trimakasih

  • Pemeriksaan menggunakan test pack yaitu 12 hari setelah berhubungan di masa subur atau 2 hari sebelum haid.

    Terima kasih

  • dokter saya malah kepikiran dengan keadaan saya saat ini, padahal saya tahu bahwa stres sangat mempengarusi siklus menstruasi, periksa

  • untuk menegetahui saya baik-baik saja dan masih dalam keadaan subur, periksa ke dokter Sp.Obg sama saja kan dok?

  • iya bu

    Terima kasih

  • terimakasih dokter Nathania atas infonya, ini sangat membantu saya.

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Kemungkinan ibu mengalami PCOS. Jd sebaiknya kontrol ke dokter dan nanti akan diberi obat supaya haid. Bila sdh haid anda bisa minum obat stimulasi/penyubur agar folikel/telor anda matang, shg anda segera dpt hamil

  • dr.Didi, apa itu PCOS? Saya telat menstruasi sdh 1 minggi dokter, hasil test negatif, bulan lalu saya menstruasi siklus 29 hari, sebelum menikah saya menstruasi dok dan melakukan hubungan seksual pada saat masa subur, tp bulan berikutnya (januari) saya malah tidak menstruasi, baru menstruasi lagi bulan februari-maret dengan siklus 29 hari, kenapa ya dokter didi kok sekarang malah mundur lg siklusnya? saya takut kenapanapa dok
    trimakasih

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    PCO (polycystic ovary) adalah suatu keadaan di mana satu indung telur mengandung 12 folikel atau lebih.Hingga kini belum ditemukan penyebab pasti PCOS, sehingga belum ada juga tindakan preventif yang bisa disosialisasikan
    Tanda-tanda awal PCOS adalah masa ovulasi atau subur yang tidak beraturan, meningkatnya kadar hormon pria (androgen) dalam tubuh wanita, dan munculnya banyak kista (kantong berisi cairan) pada ovarium. Jika seorang wanita mengalami setidaknya dua dari tiga tanda awal itu, maka kemungkinan ia mengidap PCOS.
    Gejala yang paling terlihat adalah perubahan siklus pada menstruasi. Hal ini disebabkan karena terjadinya ketidakseimbangan hormonal yang berpengaruh pada proses ovulasi. Biasanya, ada siklus yang terlewatkan (hilang) dan disertai dengan riwayat satu atau lebih siklus menstruasi yang normal selama masa pubertas (amonerea sekunder).

    Gejalanya dapat juga berupa siklus menstruasi yang tidak teratur, bisa lebih sering atau lebih jarang dan bervariasi, dari yang sedikit hingga sangat banyak.

    Biasanya penanganan pertama terhadap pasien dengan risiko PCO adalah dengan melakukan pemeriksaaan hormon. Pada kasus PCO, akan di cek beberapa kadar hormon dalam tubuh pasien seperti, kadar estrogen, FSH, LH, testoteron (hormon pada laki-laki), dan 17 kortikosteroid.

    terapi PCO

    Mengubah gaya hidup. Penderita PCOS yang obesitas, bisa mulai untuk menurunkan berat badan. Lalu penderita PCOS perokok disarankan untuk berhenti, sebab wanita perokok punya kadar hormon androgen lebih tinggi dibanding wanita non-perokok.
    Pembedahan. Pembedahan kecil yang disebut Laparoscopic ovarian drilling, yaitu tindakan meminimalkan jumlah folikel menggunakan jarum panas pada operasi laparoskopi. Ovarian Wedge Resection, yaitu tindak pembedahan untuk mengambil sebagian jaringan dari indung telur.

    Terapi hormon bisa dilakukan bagi penderita PCOS yang tidak ingin merencanakan kehamilan. Terapi ini bisa menormalkan siklus menstruasi, mencegah kanker uterus, pertumbuhan rambut yang berlebihan, munculnya jerawat, dan rontoknya rambut kepala.

    Wanita yang mengalami PCO dapat tetap hamil dengan penanganan medis dan bedah yang baik. Biasanya, pasien PCO akan diminta untuk menurunkan berat badan. Memang cenderung sulit, namun sangat bermanfaat dalam mengatasi diabetes, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

    Sebagai tambahan informasi untuk anda, dapat di buka link berikut ini :

    http://meetdoctor.com/article/memahami-pcos

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Hamil Anggur ?
Ask Doctor

Popular Article

Wanita Penderita Migrain Lebih Berisiko Menderita Stroke Wanita Penderita Migrain Lebih Berisiko Menderita Stroke 4 Cara Alami dan Ampuh Samarkan Selulit 4 Cara Alami dan Ampuh Samarkan Selulit