Profile
Sexual Health

sudah tidak KB tapi masih belum hamil

sudah tidak KB tapi masih belum hamil
Jakarta

dokter, saya menikah november tahun lalu dan menunda kehamilan dengan pil KB sampai Januari dengan alasan pekerjaan dan kuliah, setelah itu saya tidak mengkonsumsi lagi karena suami saya pun kembali kerja ke kapal, saya kembali berhubungan dengan suami di bulan Juni tapi masih belum ada tanda-tanda kehamilan hingga sekarang. yang ingin saya tanyakan Apakah pengaruh dari KB masih ada? dan setelah berhubungan malam paginya terkadang masih ada yang keluar. bagaimana solusinya agar saya dan suami segera diberi kepercayaan untuk dikaruniai anak. terima kasih sebelumnya.

Answers

3 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Tentu saja pengaruh dari pil KB nya sudah tidak ada.

    Agar kemungkinan hamilnya besar, maka disarankan agar rutin bersenggama 2 hari sekali pada masa subur.

    Apabila sudah lebih dari 1 tahun melakukan demikian dan belum juga hamil, maka dianjurkan agar anda periksa ulang USG kandungan dan melakukan pemeriksaan HSG (Histosalfingografi) kandungan untuk melihat keadaan saluran indung telur.

    Untuk pasangan pria dianjurkan melakukan tes analisis sperma di laboratorium untuk melihat kualitas sperma-nya.

    Dari hasil ke 3 tes tersebut akan dapat ditentukan jenis pengobatan dan tindakan terbaik yang dapat digunakan bagi anda dan pasangan agar dapat segera memperoleh kehamilan.

    Terima kasih.

  • terima kasih atas penjelasannya dok :)
    tapi saya masih bingung dengan menghitung masa subur yang sudah ada di artikel, tentunya saya akan coba lebih memahami lagi, karena siklus haid saya selalu cepat misalnya bulan lalu tgl 24 bulan ini tgl 20 dan selalu maju seperti itu setiap bulan.
    sekali lagi saya ucapkan terima kasih.

  • Selamat malam Ibu Shinta

    Masa subur Anda berkisar di sekitar waktu ovulasi, kira-kira dalam lima hari sebelum ovulasi terjadi. Umumnya masa subur wanita adalah 12 – 16 hari sebelum masa haid berikutnya. Dalam kata lain, rata-rata wanita mengalami masa subur di antara hari ke-10 hingga hari ke-17 setelah hari pertama haid sebelumnya. Hal tersebut berlaku bagi wanita yang mempunyai siklus haid teratur 28 hari.

    Perkiraan masa subur dapat dihitung dengan rumus berikut:

    - Ketahui siklus terpendek Anda. Misal: 27 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 9. Angka ini adalah hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur.
    - Ketahui siklus terpanjang Anda. Misal: 30 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 19. Angka ini adalah hari terakhir saat Anda paling subur.
    Dengan demikian jika siklus Anda rata-rata adalah 27 – 30 hari, maka Anda akan paling subur pada hari ke-9 hingga 19.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Sexual Health ?
Ask Doctor
4 Cara Alami dan Ampuh Samarkan Selulit 4 Cara Alami dan Ampuh Samarkan Selulit Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi