Profile
Hamil

Sulit ingin hamil kembali setelah ber KB suntik

Sulit ingin hamil kembali setelah ber KB suntik
Jakarta

Selamat siang, dok. Saya ibu usia 26 tahun dengan 1 putra usia 6 tahun. Saya ada rencana ingin memiliki momongan lagi. Tapi entah mengapa sampai saat ini saya belum hamil lagi anak ke 2.terakhir saya menggunakan KB suntik 3 bulan selama krng lbh 4 tahun. Saya lepas KB hampir 1,5 tahun. Dan saya sudah periksakan ke dokter kandungan tetapi tidak ada masalah dengan kandungan saya. Yang ingin saya tanyakan kira-kira butuh berapa lama untuk kembali punya momongan setelah berKB. Dan apa yang harus saya lakukan karena saya ingin sekalin punya momongan?

Answers

4 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Tidak dapat ditentukan berapa lama, Ibu, karena setiap pasien berbeda-beda. Apakah siklus haid sekarang teratur? Coba berhubungan di kala subur untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan.

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Bila sdh mendapat haid normal, maka ibu sdh kembali subur. Mungkin ibu bisa kontrol saat haid utk diberikan obat stimulasi ovarium agar folikel/telur nya menjadi matang

  • Oh gitu ya dok.
    Haid saya sekarang teratur tapi sirklusnya berubah jadi 23 hari,kalau sirklus itu masalah tidak,dok?
    Saat ini saya mengalami gejala seperti tanda-tanda kehamilan pusing,mual,pinggang sakit dan berkemih terus.
    Kira-kira berapa sebelum menstruasi saya terdeteksi hamil?
    Thanks...

  • Selamat siang,

    Siklus haid yang normal berlangsung antara 21-35 hari, selama 3-7 hari dengan jumlah darah haid sekitar 25-80 ml/hari. Selama masih dalam rentang 21-35 hari, siklus menstruasi Anda terbilang normal.

    Keluhan yang Anda alami merupakan tidak pasti kehamilan. Untuk memastikannya, lakukanlah test kehamilan.

    Jika menggunakan test pack urin, hormone beta HCG terdeteksi paling cepat sekitar 7- 12hari setelah pembuahan. Bila hasil testpack Anda negatif, pemeriksaan dapat diulang 1 minggu kemudian untuk memastikan hasilnya. Selain itu tes kehamilan dapat pula dilakukan dengan pemeriksaan darah dan urine yang dianalisis di laboratorium maupun dengan pemeriksaan USG.

    Sebagai tambahan informasi, silahkan buka link berikut :
    http://meetdoctor.com/article/tanda-kehamilan

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Waktu Tidur Ideal Sesuai Usia Anda Waktu Tidur Ideal Sesuai Usia Anda Mengenal Penyakit Lupus Mengenal Penyakit Lupus