Profile
Hamil

suntik KB 3 bulan bisa hamil

suntik KB 3 bulan bisa hamil
JAKARTA

dok saya mau tanya , sayakan suntik KB yang 3 bulan , apakah ketika berhubungan dan mengeluarkannyadidalam tetap bisa hamil ?? dan apa saya bisa gemuk dengan KB jenis ini ?

Answers

3 answers

  • semua jenis KB tidak melindungi anda 100 persen dari kehamilan, sehingga kehamilan dapat saja terjadi, KB hanya menurunkan kemungkinannya.
    gemuk tidaknya seseorang saat menggunakan KB sangat bervariasi karena faktor hormonal masing2 individu, sehingga efek gemuk tidak dapat dipastikan untuk tiap orang.

    semoga membantu

  • Dok,sy mau tanya.sy dh kurang lebih 2thun suntik kb 3bln,krna g haid g dtg jg jd sy pndah yg 1bln tp blum haid jg.trakhir lepas kb bln 4,trs haid dok tp sdkit trs cm bberapa hr sj.q TP hasil negatif,jd sy USG tranvagina hsilny sprti ad tnda khamilan tp blum pasti,dsruh blik lg 1bln d cek lg trnyta g ham dok trs dberi obt smp skrg g haid,dn g hamil dok.gmna itu dok.mksih dok

  • Selamat sore Muhammad Sultan Walya Talatthaf

    KB suntik 3 bulan mengandung Depo Provera yang merupakan suspensi cairan yang terdiri dari kristal-kristal mikro medroksiprogesteron asetat (DMPA). Sedangkan DMPA ini merupakan keturunan progesteron, hormon yang memang sudah ada dalam tubuh wanita. Disuntikkan dengan dosis 150 mg setiap 3 bulan sekali. Disinilah cara kerja KB suntik 3 bulan, karena hormon ini memiliki efek mengentalkan lendir rahim, sehingga sel sperma akan terperangkap dan sulit bergerak ke rahim dan seterusnya. Hormon ini juga mencegah ovulasi atau pengeluaran sel telur dan membuat dinding rahim tidak siap menerima hasil pembuahan.

    Efek samping Samping KB Suntik 3 Bulan
    1. Gangguan menstruasi atau haid.
    Baik berupa pemendekan siklus haid atau malah memanjang, perdarahan yang banyak saat menstruasi atau malah sedikit, spotting (ngeflek), bahkan ada yang tidak mengalami haid sama sekali (amenore).
    2. Cenderung mudah gemuk, efek samping penambahan berat badan ini yang paling sering ditakuti oleh ibu-ibu. Setelah suntikan dihentikan, kesuburan akan kembali dengan lambat.
    3. Perubahan lipid serum (kolesterol) menjadi tinggi pada penggunaan jangka panjang.
    4. Dapat menurunkan densitas atau kepadatan tulang pada penggunaan jangka panjang. 5. Pada penggunaan jangka panjang juga dapat menurunkan libido, pengeringan vagina, gangguan emosi, sakit kepala, sering gemetar, dan timbulnya jerawat.

    Gejala yang anda alami dapat disebabkan oleh efek samping penggunaan KB suntik. Sebaiknya anda berkonsultasi kembali ke dokter kandungan anda untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan tubuh wanita yang terjadi sebagai bentuk persiapan tubuh terhadap kehamilan. Sekitar sebulan sekali, tumbuh lapisan baru 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Kelima makanan sehat berikut, akan membuat Anda lebih segar selama masa menstruasi. Makanan Sehat Saat Menstruasi