Profile
Amenorrhea

Program kehamilan, gangguan menstruasi, tanda ibu hamil

Program kehamilan, gangguan menstruasi, tanda ibu hamil
Cilegon

Dok, Saya mau tanya, saya sudah 3 bulan ini tidak menstruasi, tapi setelah melakukan test kehamilan, hasilnya negatif. waktu masih gadis, saya biasa seperti itu (Kadang haid, kadang tidak, bisa sampai tiga bulan tidak haid), tapi karena tidak merasakan sakit atau nyeri apapun, saya tidak pernah memperdulikanya. Yang ingin saya tanyakan, 1. apakah telat haid saya bisa mempengaruhi saya susah untuk punya anak? karena sudah sembilan bulan saya menikah, belum juga ada tanda2 kehamilan, 2. bagaimana supaya haid saya bisa lancar, sampai sekarang saya belum juga haid? 3. bagaimana supaya saya cepat hamil? Thank's Yusna cilegon

Answers

4 answers

  • Selamat malam,

    Dari cerita anda, sekarang ini anda sedang mengalami gejala oligomenorrhea, dimana siklus haid lebih dari 35 hari.

    Penyebabnya ada beberapa :
    - stres dan aktivitas fisik berlebih
    - Polikistik ovarium sindrom
    - Obesitas
    - Gangguan hormonal seperti hiperprolaktinemia

    Saran saya berkonsultasilah dengan dokter spesialis kandungan untuk masalah ini, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan yang mengandung progesteron untuk mengatur siklus anda menjadi normal kembali. Apalagi, jika sekarang anda sudah menikah dan berencana hamil, tentunya anda harus mengatur siklus haid anda menjadi normal dahulu sehingga lebih mudah untuk menghitung masa subur anda.

    Semoga membantu.

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Betuul bu, dg haid yg tdk teratur spt itu, memang siklus haid ibu tdk subur sehingga menyebabkan infertilitas. Saran saya ibu periksa ke dokter kandungan utk diatur siklus haidnya

  • Dok, setelah saya ke bidan & di kasih pil KB untuk memperlancar haid, sekarang saya sudah haid hari pertama, usaha apalagi yang harus saya lakukan supaya saya cepat hamil dok? secara bersamaan saya juga konsul ke dokter kandungan & di anjurkan untuk cek horman, apa saya harus cek hormon dok? untuk apa cek hormon itu dok? apakah cek hormon itu mahal?

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi,

    Terlambat haid atau menstruasi tidak selalu berkaitan dengan kehamilan.

    Telatnya menstruasi dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya karena kelelahan atau banyaknya aktivitas, stres, kurang istirahat, pola hidup tak teratur, pola makan tak sehat yang bisa mempengaruhi hormon, dan sebagainya.

    Namun jika siklus menstruasi Anda memang tidak teratur, maka bukan hal yang aneh jika saat ini Anda mengalami keterlambatan haid.

    Siklus menstruasi dikatakan normal jika berada pada rentan 21-35 hari dengan lama sekitar 3-7 hari. Siklus haid yang di bawah maupun lebih dari 35 hari, dapat dikatakan siklus yang tidak teratur.

    Namun jika siklus Anda masih berada di rentang tersebut, maka tentunya masih dapat dikatakan siklus yang teratur. Adanya kemajuan dan kemunduran jika berada pada rentang tersebut, merupakan hal yang normal dan merupakan suatu variasi saja.

    Jika Anda telah melakukan test pack dan hasilnya negatif, maka bisa saja dikatakan telatnya haid bukan karena kehamilan.Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan tubuh wanita yang terjadi sebagai bentuk persiapan tubuh terhadap kehamilan. Sekitar sebulan sekali, tumbuh lapisan baru (endometrium) pada rahim untuk dibuahi sel telur.

    Ketika tidak ada sel telur yang dibuahi, lapisan rahim tersebut akan luruh. Inilah yang disebut dengan menstruasi. Umumnya, siklus menstruasi terjadi dalam rentang waktu 28 hari, tapi ada juga orang yang mengalami rentang siklus menstruasi selama 21 hari.

    Penyebab Siklus Menstruasi tidak teratur biasanya karena:

    Stres
    Saat stres, tubuh akan menurunkan jumlah hormon gonadotropin-releasing hormone agonist (GnRH) yang bisa menyebabkan terlambat haid. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter supaya mendapatkan solusi mengatasi stres agar menstruasi kembali teratur.

    Sakit
    Penyakit adalah penyebab terlambat haid. Anda tidak perlu khawatir karena hal ini biasanya bersifat sementara saja dan siklus menstruasi akan kembali normal saat Anda sembuh. Namun, jika menstruasi tetap tidak teratur padahal Anda sehat, segera hubungi dokter.

    untuk masalah biaya sebaiknya anda menanyakan ditempat anda berobat.

    berikut artikel yang berhubungan dengan keluhan anda.
    http://meetdoctor.com/article/alasan-absen-haid

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Amenorrhea ?
Ask Doctor

Popular Article

 p>ASI merupakan asupan terpenting yang dibutuhkan bayi karena ASI mengandung setidaknya 400 senyawa yang sangat berperan untuk tumbuh kembang, kecerdasan… Pengaruh Bentuk Puting Bagi Ibu Menyusui 5 Rahasia Hidup Sehat dan Bugar 5 Rahasia Hidup Sehat dan Bugar