Profile
Hamil

Telat Menstruasi

Telat Menstruasi
Jakarta

saya wanita umur 27 thn,baru mempunyai anak usia 10 bulan..sudah 1 bulan ini saya telat datang bulan setelah dicek dgn tespek hasilnya negatif..tp knp smpai srkg saya belum mens jg ya??apa ada kelainan???sebelumnya saya minum pil kb merknya mikroginon..tp sudah 1 bulan ini saya berenti minum karena tiap saya mens slalu sedikit & paling lama hanya 4 hri.saya berhubungan dgn suami jg tidak pernah mengeluarkan sprema didlm...mungkin ada solusi agar saya bisa dpt mens?????karna saya tidak mau hamil dulu cz anak saya msh sangat kecil & saya jg belum siap untuk hamil lg....

Answers

3 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Untuk mencegah kehamilan, cara yang ibu lakukan itu (ejakulasi yang dilakukanj di luar) sangat berisiko dan kemungkinan hamilnya masih cukup besar (15-20%). Ibu harus tetap menggunakan kontrasepsi tambahan / KB.

    Saya sarankan untuk dicoba diminum kembali pil Microgynon-nya. Haid selama 4 hari itu masih tergolong cukup normal, dan tidak ada masalah dengan hal itu. Adalah mitos bahwa haid yang sedikit itu dapat menyebabkan kegemukan.

    Terima kasih.

  • tp kan saya belum dpt mens..apakah boleh saya minum sekarang????

  • dr. Deffy Leksani dr. Deffy Leksani Dokter Umum

    Hallo, Selamat Pagi.

    Salah satu penyebab menstruasi yang terlambat adalah adanya kehamilan. Ada atau tidaknya kehamilan hanya dapat dipastikan melalui pemeriksaan medis, yaitu melalui tes darah, tes urine atau USG.

    Pemeriksaan dengan testpack dapat mendeteksi kehamilan secara sederhana melalui tes urine, dan pemeriksaan sudah dapat dilakukan sejak hari pertama terlambat menstruasi. Bila hasil testpack Anda negatif maka pemeriksaan dapat diulang 1 minggu kemudian. Jika hasilnya selalu negatif maka kemungkinan memang tidak terjadi kehamilan. Namun bila Anda belum yakin dengan hasilnya dapat dilakukan pemeriksaan urine dan darah yang dianalisis secara lebih akurat di laboratorium ataupun pemeriksaan USG untuk memastikan kehamilan.

    Kemungkinan penyebab lain dari keterlambatan menstruasi yang Anda alami adalah adanya ketidakseimbangan hormonal usai penghentian pil KB. Saat Anda mengonsumsi pil KB maka tubuh mendapat asupan hormon sintetis dari luar, sehingga saat konsumsi pil dihentikan maka terjadi perubahan regulasi hormon dalam tubuh. Tubuh akan memerlukan waktu untuk kembali mengatur keseimbangan hormon dalam tubuh, sehingga kondisi ini akan mempengaruhi siklus menstruasi yang terjadi. Umumnya diperlukan waktu selama 2-6 bulan hingga siklus menstruasi dapat kembali normal, namun pada beberapa kasus dapat membutuhkan waktu hingga 1 tahun.

    Selain itu menstruasi yang terlambat dapat pula diakibatkan oleh berbagai kemungkinan penyebab lainnya seperti:

    - Pola gizi yang buruk/kurang nutrisi
    - Penurunan berat badan yang drastis
    - Obesitas
    - Stres psikis
    - Aktivitas fisik yang berat
    - Sindrom polikistik ovarii (PCOS)
    - Gangguan tiroid
    - dan sebagainya

    Jika keluhan yang dialami terus berlanjut sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat ditelusuri penyebabnya. Melalui pemeriksaan fisik dan tes penunjang tertentu (tes urine, tes darah, USG) dokter akan menganalisis penyebabnya dan menentukan penanganan yang tepat sesuai kondisi yang mendasarinya.

    Sebagai tambahan informasi untuk anda, dapat dibuka link berikut ini : http://meetdoctor.com/article/ragam-alat-kontrasepsi

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
6 Cara Hindari Kembung Saat PMS 6 Cara Hindari Kembung Saat PMS Stres dan Akibatnya Bagi Kulit Anda Stres dan Akibatnya Bagi Kulit Anda