Telinga Kanan Berdenging?
48 weeks 5 days ago

Saya merasakan telinga kanan berdenging jika keadaan alam sekitar sepi ataupun menutup telinga rapat-rapat, suara lebih keras jika dalam keadaan kurang sehat, kecapean.
kira-kira itu kenapa Dok?

Catatan :
- Dulu pernah ikut drumb band yang sering latihan di dalam kelas ( +/- 2 tahun lalu)
- Pernah terkena shock ledakan petasan kecil yang setelah itu telinga berdenging sampai 2-3 hari baru sembuh.(sewaktu umur sekitar 9 tahun)

Terima Kasih.

M. Lutfi Romas
Pemalang, Indonesia

1 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Gejala telinga berdengung dalam istilah medis disebut sebagai tinnitus. Tinnitus umumnya didefinisikan sebagai terdapatnya persepsi suara berdenging di dalam telinga atau kepala, dan hal ini tidak berhubungan dengan adanya sumber suara dari luar. Kebanyakan orang umumnya pernah mengalami hal seperti ini selama beberapa kali sepanjang hidupnya.

Tinnitus dapat disebabkan oleh banyak faktor kemungkinan penyebab, mulai dari keadaan yang normal hingga keadaan yang membutuhkan terapi secara medis atau bahkan operasi. Tinnitus atau telinga berdenging yang tidak normal umumnya harus dicurigai pada keadaaan-keadaan sebagai berikut:
- Telinga berdenging yang disertai dengan berkurangnya kemampuan pendengaran.
- Telinga berdenging yang bersifat pusatile / berdenyut seirama dengan denyut jantung.
- Telinga berdenging yang disertai dengan gejala perubahan kepribadian atau personalitas seseorang.

Pada keadaan-keadaan di atas, dicurigai terjadi gangguan / problem medis yang cukup signifikan sehingga memang harus segera diperiksakan ke dokter spesialis THT. Keadaan telinga berdenging yang timbul secara tiba-tiba dan terjadi hanya di salah satu sisi telinga saja (sebelumnya tidak ada / tidak pernah terjadi sebelumnya), juga sebaiknya diperiksakan ke dokter THT untuk melihat apakah terjadi gangguan fungsi pendengaran pada telinga tersebut.

Pada kondisi anda, bila kondisinya sangat mengganggu, maka untuk menentukan apakah jenis tinnitusnya normal atau tidak, maka sebaiknya diperiksakan saja ke dokter THT. Dari pemeriksaan dokter akan dapat diketahui secara pasti dan jelas tentang sifat dari tinnitus tersebut. Bila normal, maka tidak membutuhkan pengobatan secara khusus.

Terima kasih, Semoga Membantu.

2 Thanks
48 weeks 5 days ago
in partnership with