x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
telinga kemasukan air dan hidung tersumbat
on 05 Jan 2013

dok, saya mau tanya, beberapa hari ini telinga saya kemasukan air (telinga kiri), tepatnya sudah hari ke 4 setelah kemasukan air, telinga saya berdengung serasa kedua telinga saya mendengarkan suara yang berbeda, pada bagian kanan terdengar normal tp yang bagian kiri seperti pantulan dari suara yang saya dengar dari telinga kanan, tp suaranya tidak jelas,seumpama mendengarkan musik serasa kaset musik tersebut rusak, saya kalau mendengarkan orang bicara jd agak terganggu,,itu kenapa ya dok??
oh ya dok,,saya juga mau tanya, saya biasanya kalau pagi hari bahkan setelah bangun tidur sering bersin2 hingga meler kayak orang pilek, tp kira2 setelah jam 7 udah normal tdk bersin2 sama meler, trus kalau malam hari buat tiduran tu sering banget salah satu lubang hidung saya tersumbat jd agak susah buat bernafas,biasanya lubang hidung bagian kanan,,,oh ya dok pada waktu bersin2 atau setelahnya kadang hidung saya bagian kanan seperti berkedut,tdk sakit si,tp rasanya gimana gitu,,itu knp ya dok??apa mgkin ada gangguan2 atau mgkin penyakit gtu dok?

sebelumnya terima kasih dok,,

dhani rahmawati
indonesia

6 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Kemungkinan besar anda menderita keluhan rhinitis alergi. Rhinitis alergi inilah yang juga mungkin menyebabkan keluhan pada telinga anda .

Apakah keluhan pada telinga seperti ini baru pertama kali dirasakan ? Atau sudah pernah berulang sebelumnya.?
Cobalah untuk menjawab pertanyaan tersebut agar saya bisa menjelaskan lebih jauh.

Terima kasih.

1 Thanks
on 05 Jan 2013
indonesia

telinga berdengung itu baru saya rasakan kali ini dok,,biasanya kemasukan air tidak sampai kayak gini,paling kalau kemasukan air kepala saya pukul2 tp ga keras tu seperti ada suara dung..dung..dung begitu,,,tp hari berikutnya sudah hilang dan itu tidak sampai mengganggu endengaran saya,,saya masih bisa mendengar dengan baik,,,tapi kemasukan air yang saat ini saya alami kok saya rasanya terganggu dengan pendengaran saya terutama saat mendengarkan orang lain bicara atau mendengarkan musik,karena suara yang saya dengar ada 2 bagian telinga kanan mendengar normal2 saja tapi yang kiri suaranya tdk enek didengar...

terimakasih dok,,

Say Thanks
on 06 Jan 2013
Dokter
Jakarta, Indonesia

Kemungkinan besar anda memang mengalami rhinitis alergi. “Rhinitis” adalah kondisi peradangan di rongga hidung. Ciri-cirinya yaitu : bersin, hidung tersumbat, rasa gatal di hidung, dan keluarnya lendir dari hidung. Mata, telinga, organ sinus, dan tenggorokan juga dapat ikut mengalami keluhan. Penderita umumnya mengeluhkan gejala seperti ini terjadi di pagi hari. Sebagian besar rhinitis disebabkan oleh adanya faktor alergi (Rhinitis alergi).

Rhinitis alergi merupakan suatu bentuk rhinitis yang sering terjadi dan biasa ditemukan sehari-hari (terjadi pada kira-kira pada 20 % populasi penduduk di Amerika Serikat). Penanganannya mencakup 3 hal, yaitu :

1. Hindari pencetus alergi yang sudah anda ketahui seperti : debu, bulu binatang tertentu, serbuk sari tanaman, serangga dll.

2. Obat-obatan : kondisi seperti ini biasanya dikendalikan dengan obat-obatan golongan anti-histamin dan dekongestan. Sebelum menggunakan obat-obatan tersebut sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.

3. Imunoterapi : Jenis terapi ini digunakan pada kondisi rhinitis alergi yang membandel dan sulit dikendalikan dengan obat. Tujuan terapi ini adalah mengurangi sensitifitas (de-sensitifikasi) terhadap faktor pencetus alergi.

Rihinitis yang menahun dapat menyebabkan infeksi rongga hidung. Infeksi rongga hidung ini juga dapat menyebar ke telinga. Oleh karena itu, saya sarankan agar telinganya diperiksakan dulu saja ke dokter THT. Mungkin saja terjadi penyumbatan di saluran yang menghubungkan antara rongga hidung/ mulut dengan rongga telinga (tuba eustachius), hal inilah yang mengakibatkan rasa tidak nyaman / kurang dengar / telinga berdenging.



Semoga membantu. Terima kasih.

Dr. Janfrional

1 Thanks
on 06 Jan 2013
Dokter Spesialis Penyakit THT - Kepala Leher
Rumah Sakit Husada Utama, Surabaya

Dear dhani rahmawati,
Telinga yg kemasukan air, bisa menybabkan kotoran di telinga mengembang. Sebaiknya jangan dikorek korek menggunakan cotton bud untuk mengeluarkannya. Cobalah ke dokter tht terrdekat supaya dibantu mengeluarkannya.

Pilek, bersin di hidung saat pagi....merupakan gangguan vasomotor di hidung. Seringkali menimbulkan buntu hidung. Untuk mengurangi... Sebaiknya berolahraga secara teratur di pagi hari.

Semoga info tesebut bermanfaat.....salam.....

1 Thanks
on 06 Jan 2013
indonesia

terima kasih dok,,atas penjelasan dan saran yang diberikan,, :)
tp hari ini sepertinya telinga saya sudah tidak terlalu berdengung,,

Say Thanks
on 06 Jan 2013
Dokter Spesialis Penyakit THT - Kepala Leher

Antara hidung dan telinga saling berhubungan melalui satu saluran. Bila ada kelainan di salah satu nya maka akan saling mempengaruhi. Demikian juga yg terjadi terhadap saudara. Untuk itu perlu dicek lebih dalam fungsi saluran tadi dengan tes pendengaran, anatomi hidung dg endoskopi dan faktor penyebab dg tes alergi. Demikian

1 Thanks
on 17 Jan 2013
in partnership with