x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
telinga saya selalu mendengung kenapa yah??
on 17 Nov 2012

telinga saya yg kanan selalu mendengung, apalagi kalau dengar suara berisik sekali rasanya sakit sekali...pernah di periksa ke dokter THT di RS Sumber Waras dan setelah diperiksa kata dokternya telinga saya bersih dan tidak ada apa" cm pas di periksa tenggorokan dan hidung kata dokter saya alergi, dan dikasih obat cair untuk ke hidung dan obat alergi. tetapi kenapa sampai sekarang telinga saya masih sakit yah???

lusi liana
jakarta pusat

3 Answers

Selamat pagi,

Apakah kedua telinga berdengung? Telinga berdengung bisa disebabkan karena adanya kototran telinga, infeksi pada telinga luar, cairan pada telinga tengah, akibat Terlalu sering terpapar dengan bunyi yang keras, presbikusis(tuli sensorineural pada usia lanjut),akibat obat-obatan dan penyakit seperti meniere's. Pada penyakit ini disertai dengan pusing berputar.

Jika telinga yang berdengung hanya satu sisi perlu dipikirkan penyakit akustik neuroma.

Apakah saat pemeriksaan kemarin sudah dilakukan pemeriksaan audiometri. Jika belum anda dapat berkonsultasi ulang ke dokterbspesialis THT.

Semoga membantu


Say Thanks
on 18 Nov 2012
Dokter Spesialis Penyakit THT - Kepala Leher
Rumah Sakit Husada Utama, Surabaya

Hallo Lusi Liana.....

Suara berisik di telinga atau yang sering disebut tinitus, tentulah amat mengganggu. Bila memang telinga anda bersih, bagaimana dengan pendengaran anda? apakah terjadi penurunan pendengaran juga?
Saran saya....periksakan ambang, telinga tengah, serta fungsi koklea/ rumah siput anda untuk menganalisa bagaimana kondisi di telinga tengah dan dalam anda.
Hindari tempat tempat yang memiliki kebisingan tinggi (area bermain game, sound system), penggunaan headset saat tidur....

Semoga bermanfaat.....


Say Thanks
on 18 Nov 2012
Dokter Spesialis Penyakit THT - Kepala Leher

Telinga mendengung banyak sebabnya diantaranya dari telinga tengah dan dalam karena syaraf. Penyembuhan karena gangguan telinga tengah memang lama minimal satu bulan sedang snsasi mendgung bisa lebih. Kalo menetap 2 bln saran periksakan ulang ke tht untuk tes pendengaran. Utk obat tetes hidung bisa dilanjutkan maksimal satu minggu

Say Thanks
on 04 Dec 2012
in partnership with