Tenggorokan Selalu Berdahak
on 11 Apr 2012

Mengapa saya sudah dua tahun ini tenggorokan saya rasanya selalu berdahak?

Seseorang
Indonesia

4 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Halo Selamat Sore,

Daerah tenggorokan merupakan percabangan dari saluran pernafasan dan pencernaan kita. Untuk menjalankan fungsinya tersebut, maka daerah tersebut memang secara teratur menghasilkan cairan pelumas yang penting bagi tubuh kita yang dinamakan dengan istilah mukus, atau dalam bahasa awamnya dengan istilah "dahak".

Mukus berfungsi untuk melindungi dan melembabkan jaringan dan organ di sekitar daerah tersebut. Selain itu, mukus juga berguna untuk menangkap benda asing seperti debu atau kuman agar tidak masuk lebih dalam ke bagian-bagian tubuh yang lain. Selain itu dalam mukus juga terdapat antibodi yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh terhadap kuman. Manusia sehat dapat menghasilkan 1-1,5 liter mukus per hari.

Banyak hal yang dapat meningkatkan produksi mukus tersebut antara lain :
-Radang saluran pernafasan bagian atas.
-Debu atau asap yang mengiritasi saluran pernafasan
-Penyakit Alergi
-Makanan atau minuman tertentu juga dapat memperbesar produksi mukus, contohnya : susu

Perhatikan warna dahak anda, apakah terjadi perubahan dari keputihan menjadi kuning/kehijauan. Bila ya, maka kemungkinan terjadi infeksi pada saluran pernafasan anda.

Demikian, semoga membantu.

Say Thanks
on 11 Apr 2012

Selama ini sih warna dahak saya putih dok, menjadi kuning/kehijauan hanya kalau saya sedang sakit flu saja, berarti saya masih termasuk normal-normal saja ya dok.

Terima kasih atas jawabannya, sangat membantu :)

Say Thanks
on 11 Apr 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat Sore Sdr. Reynaldo

Kemungkinan besar ya, normal saja. Coba perhatikan apakah lingkungan tempat tinggal/ tempat anda bekerja , apakah berdebu/berasap, atau anda sering mengalami alergi terhadap suatu hal. Bila anda sering sakit flu lebih dari 3-4 kali per tahun, kemungkinan besar penyebabnya karena adanya faktor alergi.

Terima Kasih Kembali :)

Say Thanks
on 11 Apr 2012

Halo Dok,
Saya juga mengalami hal yang sama dengan penanya, semenjak beralih menggunakan sepeda motor dalam beraktifitas kerongkongan saya mulai sering berlendir sudah 3 bulan, awal-awalnya dimulai dengan batuk-batuk berdahak...tapi belakangan hanya lendir-lendir yang terasa, dipaksa meludahpun tidak keluar lendir, posisi lendir terasa dari sekitar paru-paru hingga kerongkongan, ada dikala-kala tertentu lendir seperti mengganggu pernafasan hingga mengelurkan bunyi2 saat bernafas. Sebelumnya saya pernah rongent paru-paru karena ada perasaan tidak nyaman di paru-paru, hasil rongent menunjukkan tidak ada kejanggalan, saya juga sudah cek dahak, dari hasil tes juga tidak ada bakteri yang ditemukan. Apakah sama kondisinya dengan si penanya dok?

Sebelumnya, terimakasih.

Say Thanks
32 weeks 6 days ago
in partnership with