tentang profertil
on 08 Mar 2013

Dok, mau tanya, bln kemarin sbelum haid, saya diberi profertil oleh dokter kandungan, krn saya menikah dari bulan juli 2012 sampai sekarang belum hamil, dokter bilang rahim saya sangat sehat. Profertil saya minum pada hari kedua haid yaitu tanggal 4 feb 2013, ada 5 butir frofertil yang harus diminum hanya saja butir terakhir saya minum pada hari ke 7 haid (harusnya hari ke 6). Haid bulan ini saya sudah telat sekitar 4-5 hari. Saya test pack hasilnya negatif.
Kenapa haid saya jadi telat ya dok? Apa karena saya telat minum profertil jadi siklus haid saya terganggu? apakah profertil itu obat hormon? Soalnya wajah saya jadi jerawatan parah.

Seseorang
Jakarta

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Bila telat hanya selama 4-5 dan jarak siklus haidnya (jarak antara hari haid pertama dengan hari haid pertama siklus selanjutnya) masih berkisar antara 21-35 hari, maka hal itu masih dan normal dan wajar. Belum disebut sebagai gangguan haid/ gangguan hormonal.

Profertil memang merupakan obat hormonal yg berfungsi untuk menunjang pematangan sel telur. Bila menimbulkan efek samping berupa acne/ jerawat, maka sebaiknya hal ini dikonsultasikan ke dokter kandungan anda guna mempertimbangkan untuk perlu / tidaknya meneruskan pemakaian obat tersebut pada siklus haid selanjutnya.

Terima kasih.

1 Thanks
on 08 Mar 2013
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Kalo minum profertil haid msh bermasalah berarti siklus anda anovulatoir (tdk berovulasi). Profertil adalah obat hormon. Menurut saya minum obat profertil di hari ke2 rasanya kurang tepat. Dan sebaiknya kalau minum profertil harus dipantau dg USG Transvaginal utk mengetahui folikelnya tumbuh atau tidak

Say Thanks
on 08 Mar 2013
in partnership with