Profile
Menurunkan Berat Badan

ukuran normal berat badan ?

ukuran normal berat badan ?
Surabaya

dear dokter, saya pria, 25thn, tinggi 167, berat badan 50kg. saya terlihat lumayan kurus. saya pria yg aktif berolahraga, tidak merokok, pola makan teratur 3-4x sehari (bahkan porsi cenderung lebih banyak dari orang2 pd umumnya) nafsu makan cukup tinggi. menu makanan sehari-hari rasanya sudah seimbang gizinya. karena istri saya sudah mengatur soal jadwal makan daging, sayur, dll dulu waktu sma saya setiap hari selalu minum susu utk menaikkan berat badan selama 6bln, tapi ga naik naik .... pekerjaan saya desainer interior, sbagian besar waktu di dpn komputer, setiap harinya cenderung berpikir sangat keras sekali. 1. saya terlihat kurus tapi apakah sudah ideal? bagaimana cara mengetahui rasio berat/tinggi bdn ideal? 2. apakah saya cacingan? 3. saya pernah baca artikel, katanya proses penyerapan di pencernaan tidak maksimal? bagaimana mengatasinya? 4. bagaimana cara meng akselerasi naik berat badan? 5. apakah faktor pekerjaan yg saya jelaskan diatas mempengaruhi? mohon bantuannya ya, terima kasih

Answers

1 answers

  • dr. Anita dr. Anita Dokter Umum

    Halo, selamat sore.

    Untuk menghitung berat badan yang ideal, dapat dihitung dengan rumus IMT (indeks massa tubuh) yaitu berat badan dibagi tinggi badan dalam meter yang dikuadratkan. Dalam kasus anda, maka IMTnya adalah 50 kg dibagi 1,67 meter yang dikuadratkan, hasilnya 17,92. IMT normal berkisar antara 18,5 - 22,9. Jika hasil IMT dibawah normal, maka dikatakan kurus. Jika hasil IMT diatas normal maka kelebihan berat badan atau obesitas.

    Prinsip dasar dari berat badan tubuh yang ideal adalah keseimbangan antara asupan yang masuk dan pengeluaran energi dalam bentuk kalori. Jika asupan yang masuk lebih sedikit daripada jumlah kalori yang keluar, maka berat badan akan dibawah normal. Jika asupan yang masuk lebih besar daripada jumlah kalori yang keluar, maka sisa kalori yang tidak terpakai akan disimpan sebagai cadangan dalam bentuk lemak.

    Asupan yang bergizi seimbang tidak hanya berarti sumber protein, sayur, dan buah saja, melainkan dibutuhkan sumber karbohidrat dan cairan juga didalamnya. Selain asupan cairan dan nutrisi yang seimbang, untuk menjadikan berat dan bentuk tubuh ideal juga diperlukan olahraga yang teratur.

    Pekerjaan sehari-hari di depan komputer dengan minim gerak tubuh merupakan kategori aktifitas ringan yang tidak banyak menghabiskan kalori. Namun perlu dipertimbangkan beberapa penyebab lainnya yang dapat menyebabkan berat badan dibawah normal, seperti faktor genetik, kekurangan nutrisi, menderita penyakit tertentu seperti diabetes, cacingan, atau mengalami eating disorder seperti anoreksia atau bulimia. Untuk menormalkan kembali berat badan Anda, harus dicari tahu, apa yang menjadi penyebabnya, baru kemudian bisa ditindaklanjuti. Disarankan untuk memeriksakan diri anda ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut jika anda merasa hal ini sangat menggangu anda.

    Info lebih lengkap mengenai artikel terkait, dapat dibaca disini http://meetdoctor.com/article/bmi#/page/1

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.
    Semoga jawaban ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Menurunkan Berat Badan ?
Ask Doctor

Popular Article

Ini Sebabnya Orang Kembar Lebih Panjang Umur Ini Sebabnya Orang Kembar Lebih Panjang Umur 5 Cara Agar BAB Lancar 5 Cara Agar BAB Lancar