MeetDoctor - Topic Eating Diet http://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors http://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor http://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2017 7 Cara Mendapatkan Perut Rata http://meetdoctor.com/article/7-cara-mendapatkan-perut-rata http://meetdoctor.com/article/7-cara-mendapatkan-perut-rata Perut buncit memang membuat kita tidak percaya diri. Tahukah Anda, perut buncit tidak selamanya karena lemak, bisa jadi karena kembung akibat dari pencernaan yang lambat. Namun, Anda tidak perlu khawatir, ada banyak cara untuk mengecilkan perut, di antaranya dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti olahraga untuk mengecilkan perut dan mengonsumsi makanan yang bisa melancarkan pencernaan dan mengecilkan perut secara alami.

1.Konsumsi dua jenis serat

Sering sembelit? Bisa jadi itu penyebab perut buncit. Untuk mengatasinya, konsumsilah serat di pagi hari untuk mengecilkan perut buncit. Berdasarkan studi yang dilakukan Universitas Toronto, mengonsumsi dua jenis serat sekaligus adalah cara paling efektif untuk melancarkan sistem pencernaan. Para ilmuwan menemukan mengonsumsi sereal dan oatmeal yang mengandung serat larut dari kulit padi dan psyllium husk (kulit ari) yang mengandung serat larut seperti gel bisa membantu mencegah dan mengatasi konstipasi atau sembelit. Hasilnya? Perut akan terlihat lebih rata dan Anda merasa lebih ringan.

2. Konsumsi makanan yang mengandung potasium

Makanan yang mengandung potasium seperti kentang, pisang dan alpukat membantu tubuh Anda untuk menyingkirkan gemuk air dan mengatasi perut buncit. Cairan ekstra biasanya hadir karena dua mineral utama yang mengendalikan jumlah air dalam tubuh Anda, yaitu kalium dan natrium, tidak seimbang. Ketika sodium terlalu tinggi, maka jaringan Anda berpegang pada cairan. Anda dapat mengembalikan keseimbangan natrium-kalium Anda dengan meningkatkan asupan kalium Anda menjadi 4.700 mg per hari . Untuk mendapatkan ini, Anda perlu makan sekitar 4,5 cangkir kentang, pisang atau alpukat.

3. Tambahkan yogurt

Ketidakseimbangan bakteri dalam usus dapat memperlambat sistem pencernaan  sehingga perut Anda membuncit.  Namun, yogurt yang mengandung bakteri hidup, atau dikenal sebagai prebiotik, dapat membantu mengatasi masalah perut buncit. Meskipun peneliti tidak sepenuhnya memahami mekanisme ini, sebuah studi dalam Journal of American Dietetic Association menemukan bahwa bakteri sepertinya menjinakkan perut kembung dengan meningkatkan mobilitas usus sehingga mampu mengatasi sembelit. Dengan mengonsumsi yogurt secara rutin, microflora dalam pencernaan akan mengalami penyesuaian dan mempercepat penyaluran makanan hingga mencapai pencernaan. Komsumsilah yogurt rendah lemak dengan rasa asam yang pas seperti Heavenly Blush wholesome original sebagai cara cepat mengecilkan perut.

4. Kurangi garam

Terlalu banyak garam berarti menambah ekstra sodium yang dapat memperlambat cairan tubuh sehingga mendorong air keluar dari sel. Akibatnya, perut terasa penuh dan kembung. Konsumsi garam yang dianjurkan menurut Kementerian Kesehatan adalah 5 gram atau setara dengan satu sendok teh per hari.

5. Minum Air Putih

Air putih mampu mencairkan konsentrasi sodium di dalam tubuh, sehingga jumlah air yang keluar dari sistem tubuh akan meningkat. Air putih juga membantu kelangsungan kerja empedu yang sangat efektif untuk mengeluarkan sampah dari dalam tubuh. Minumlah air putih delapan gelas sehari untuk menghilangkan perut buncit.

6. Makan perlahan

Udara yang masuk ke dalam sistem pencernaan dapat mengakibatkan perut buncit. Makan atau minum dengan cepat, menghirup melalui sedotan, mengisap permen dan mengunyah permen karet dapat membuat Anda menelan udara. Maka itu, ketika makan, kunyahlah perlahan dengan mulut tertutup. Hindari minuman berkarbonasi seperti soda dan minumlah tanpa menggunakan sedotan.

7. Latihan aerobik

Latihan aerobik adalah cara efektif untuk membakar lemak yang membandel dan lemak perut. Bahkan menurut penelitian latihan aerobik membakar kalori 67 persen lebih banyak dari latihan ketahanan. Selamat mencoba.

 

Untuk Informasi lebih lanjut silahkan add LINE Account atau kunjungi asamnyapas.com


]]>
Wed, 18 Jan 2017 13:17:10 +0700Asupan Makanan dan Diet
5 Manfaat Jamur Untuk Kesehatan http://meetdoctor.com/article/5-manfaat-jamur-untuk-kesehatan http://meetdoctor.com/article/5-manfaat-jamur-untuk-kesehatan Jamur merupakan salah satu jenis makanan yang bermanfaat untuk kita konsumsi. Di dalam jamur terdapat banyak protein, vitamin, mineral, asam amino, antioksidan hingga antibiotik alami. Jamur juga merupakan menu yang pas untuk Anda yang ingin melakukan diet sehat. Selain itu, jamur juga sangat aman untuk dikonsumsi para penderita diabetes karena sangat rendah kalori dan karbohidrat. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini adalah beberapa manfaat jamur untuk kesehatan. 

Memiliki Rasa yang Unik

Pada umumnya, semua orang hanya akrab dengan empat rasa utama, yaitu asin, manis, pahit dan asam. Perlu Anda catat bahwa sebenarnya ada satu rasa lagi yang belum Anda ketahui dan rasa itu hanya terdapat di dalam jamur saja. Orang-orang Barat menyebutnya dengan sebutan ‘umami’ (red: oo-MAH-mee). Umami kurang lebih berarti gurih. Sebutan ini dikarenakan rasa gurih jamur yang semakin meningkat setelah dimasak.

"Karena rasa ‘umami’ pada jamur begitu kuat, Anda hanya perlu menambahkan sedikit garam saja ke dalam masakan Anda", kata Cynthia Sass, MPH, RD.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Journal of Food Science, menemukan bahwa jamur merupakan makanan yang cocok untuk pengganti daging. Hal ini bisa jadi opsi yang sangat tepat bagi Anda yang memang lebih menyukai sayuran (vegetarian).

Sumber Vitamin D

Sumber utama vitamin D yaitu ada pada sinar matahari. Tetapi, Anda juga dapat menemukannya di beberapa makanan, salah satunya adalah jamur.

"Ketika kita terkena sinar matahari (UV), tubuh kita akan menyerap sinar tersebut dan secara otomatis memproduksi vitamin D. Jamur pun melakukan hal yang sama”, kata Sass.

Misalnya, beberapa potongan kecil jamur portabella mentah mengandung 9 IU vitamin D. Tapi, jika dikombinasikan dengan paparan sinar matahari maka kandungannya berubah menjadi 313 IU. Asupan vitamin D yang direkomendasikan adalah 600 IU per hari. Jadi, perhatikanlah kandungan vitamin D pada setiap jamur yang Anda konsumsi agar kebutuhan vitamin D Anda bisa terpenuhi.

Membantu Mengelola Berat Badan

Jamur merupakan makanan yang rendah kalori sehingga sangat pas bagi Anda yang ingin menjaga berat badan Anda tetap stabil.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan terhadap sekelompok orang dewasa yang menderita obesitas. Dalam dietnya, mereka mengganti daging dengan jamur selama satu tahun. Hasilnya sangat memuaskan karena asupan lemak dalam tubuh mereka menjadi cepat berkurang dan mereka pun lebih cepat mencapai berat badan ideal mereka dibanding mereka yang menjalankan program diet yang standar (tanpa jamur).

Sumber Vitamin B

"Peran utama vitamin B adalah membantu kita untuk mengubah kalori menjadi energi yang dapat digunakan," kata Sass.

Menurut National Institutes of Health, di dalam jamur terdapat beberapa vitamin B yang sangat penting bagi  tubuh seperti riboflavin yang berfungsi untuk membantu produksi sel darah merah, niacin yang berfungsi untuk membantu sistem pencernaan dan kulit, dan asam pantotenat yang merupakan kunci untuk proses pertumbuhan.

Hanya saja, semua zat-zat tersebut merupakan zat yang larut dalam air. Sehingga Anda harus rutin mengonsumsi makanan seperti jamur atau bisa juga kacang dan sereal yang juga kaya akan niacin dan riboflavin.

Membantu Mengatur Kadar Kolesterol

Jamur mengandung jenis serat yang disebut beta glucan. Serat tersebut berfungsi untuk merangsang macrophage, yaitu sel darah putih yang berguna untuk melindungi dan  meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh untuk melakukan perlawanan terhadap penyebab berbagai penyakit yang menyerang kesehatan.

Beta glucan juga berperan dalam metabolisme lemak dan membantu mengatur kadar kolesterol yang lebih rendah dalam darah. Mengkonsumsi jamur bisa membantu penurunan kadar kolesterol dan trigliserida. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda menggabungkan jamur ke dalam beberapa resep yang berbeda.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Tue, 20 Dec 2016 17:30:54 +0700Asupan Makanan dan Diet
Diet Seimbang untuk Sehat dan Turunkan Berat Badan http://meetdoctor.com/article/diet-seimbang-untuk-sehat-dan-turunkan-berat-badan http://meetdoctor.com/article/diet-seimbang-untuk-sehat-dan-turunkan-berat-badan Selama ini diet sehat seringkali identik dengan penyiksaan. Tidak boleh makan karbo, dilarang makan makanan yang mengandung lemak, dan sebagainya. Padahal, cara menurunkan berat badan seperti ini, tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Berat badan Anda mungkin saja turun dengan cepat, namun biasanya dengan cepat pula berat badan Anda kembali seperti semula. Berat badan turun 2 kg, naiknya bisa jadi 4 kg. Alhasil, berat badan ideal pun sulit Anda dapatkan.

Sebenarnya cara diet sehat itu tidak harus dengan larangan untuk mengonsumsi makanan tertentu, cukup lakukan diet gizi seimbang. Artinya Anda boleh makanan apa saja, asalkan makanan sehat dan porsinya tidak berlebihan.

Pada dasarnya, diet yang seimbang adalah mengatur pola makan, termasuk porsi dan kandungan nutrisinya. Anda harus mendapatkan kalori dan nutrisi harian dari seluruh makanan sehat seperti daging, susu, sayuran segar, buah-buahan dan biji-bijian.

Jumlah kalori dalam makanan adalah ukuran dari jumlah energi yang tersimpan dalam makanan itu. Rata-rata orang membutuhkan sekitar 2000 kalori setiap hari dari makanan. Asupan kalori harian seseorang harus didasarkan pada usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik. Pria membutuhkan kalori lebih banyak daripada wanita. Dan orang-orang yang aktif membutuhkan lebih banyak kalori daripada orang yang tidak aktif. Bila kalori yang Anda masukkan ke dalam tubuh berlebih, kelebihannya disimpan dalam bentuk lemak, sehingga menimbulkan obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

Untuk mendapatkan gizi seimbang, Anda harus mengonsumsi menu diet sehat, yaitu makanan yang tinggi vitamin, mineral dan nutrisinya, serta mengurangi lemak dan gula yang tidak perlu. Berikut makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi untuk diet seimbang:

1.Buah-buahan

Selain menjadi sumber nutrisi, buah-buahan juga merupakan makanan ringan yang cepat dan lezat. Pilih buah-buahan yang segar dan yang paling banyak memberikan nutrisi, seperti blackcurrant atau plum, stroberi  dan peach. Kandungan vitamin C pada blackcurrant sangat tinggi, sekitar 302% nilai asupan harian per 100 gram. Kandungan tersebut membuat blackcurrant memiliki fungsi penting sebagai antioksidan dan melawan radikal bebas. Begitu pun dengan strawberrydan peach yang mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi kesehatan.

2. Sayuran

Sayuran merupakan sumber utama vitamin dan mineral. Gelap, berdaun hijau, umumnya mengandung gizi paling tinggi. Contoh sayuran hijau gelap meliputi bayam, kubis, kacang buncis, brokoli dan sawi. Masukkan sayuran ke dalam menu makanan sehat Anda setiap hari.

3.Biji-bijian

Biji-bijian seperti gandum adalah sumber karbohidrat yang berguna untuk mencukup kebutuhan kalori untuk beraktivitas sepanjang hari. Gandum yang ditumbuk secara tradisional umumnya masih menyediakan nilai gizi tambahan termasuk serat dan vitamin B.

4. Protein

Daging dan kacang-kacangan merupakan sumber utama protein yang penting untuk otot dan otak. Daging rendah lemak seperti ayam, ikan dan daging sapi adalah pilihan terbaik. Menyingkirkan kulit ayam dan lemak pada daging sapi adalah cara mudah untuk mengurangi lemak dan kolesterol dalam daging. Sumber protein lain bisa Anda dapatkan dari kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang almond, kenari dan biji bunga matahari.

5. Yogurt

Yogurt yang terbuat dari hasil fermentasi susu menyediakan manfaat prebiotikbagi pencernaan yang menguatkan bakteri baik dalam usus sehingga membuat makanan dapat dicerna lebih cepat dan membantu tubuh mengeluarkan racun dari dalam pencernaan.  Yogurt juga bisa mencegah obesitas karena bisa membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga bisa mengurangi porsi makanan utama. Sebaiknya pilihlah produk yogurt dengan kadar gula yang rendah seperti Heavenly Blush  Yogurt Drink To Go. Selain aman untuk diabtes, Heavenly Blush Yogurt Drink To Go juga rendah lemak-hanya 100 kalori, sehingga cocok bagi Anda yang sedang menjalankan diet gizi seimbang. 

 

Untuk Informasi lebih lanjut silahkan add LINE Account atau kunjungi asamnyapas.com


]]>
Wed, 18 Jan 2017 13:17:52 +0700Asupan Makanan dan Diet
Ini yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Vitamin D http://meetdoctor.com/article/ini-yang-terjadi-jika-tubuh-kekurangan-vitamin-d http://meetdoctor.com/article/ini-yang-terjadi-jika-tubuh-kekurangan-vitamin-d Vitamin D merupakan vitamin yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah kesehatan tulang. Sehingga jika tubuh Anda kekurangan vitamin D, maka akan menyebabkan tulang Anda menjadi tipis, rapuh atau cacat. Hal ini dikarenakan peran vitamin D yang sangat penting untuk membantu penyerapan kalsium dalam makanan.  Untuk itu, berikut ini beberapa hal lain yang terjadi jika tubuh Anda kekurangan vitamin D. 

Depresi
Pada tahun 2006, para ilmuwan melakukan tes kesehatan mental terhadap 80 pasien yang berusia lanjut. Tes tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah seseorang yang kekurangan vitamin D akan berdampak pada kesehatan mentalnya atau tidak. Hasilnya, beberapa orang dengan kadar vitamin D terendah dalam tubuhnya, memiliki risiko 11 kali lebih rentan mengalami depresi daripada mereka yang memiliki vitamin D yang cukup dalam tubuhnya. Oleh karena itu, jika Anda selalu merasa sedih dan depresi, mungkin itu adalah tanda bahwa Anda sedang kekurangan vitamin D.

Obesitas
Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, itu tandanya Anda harus lebih banyak mengkonsumsi vitamin D. Hal itu karena nutrisi yang membantu tubuh dalam menyerap kalsium untuk kesehatan tulang tidak maksimal. “Seseorang yang memiliki masalah obesitas sebaiknya perlu berhati-hati karena mungkin mereka kekurangan vitamin D. Tidak hanya itu, kekurangan vitamin D pun akan berdampak pada terhambatnya proses remodelling tulang karena kurangnya kalsium yang dibutuhkan dalam proses mineralisasi (pembentukan struktur tulang kuat)”, kata Dr. Charles Bollman.

Kepala Berkeringat Secara Berlebihan
Hal lain yang terjadi jika kekurangan vitamin D yaitu membuat kepala berkeringat secara berlebihan. Biasanya hal ini sering terjadi pada bayi yang baru lahir. Menurut dokter, bayi yang baru lahir biasanya mengeluarkan keringat yang berlebihan di kepalanya. Hal ini disebut juga sebagai iritabilitas neuromuscular atau gejala awal kekurangan vitamin D.

Kanker 
Tidak hanya makanan instan saja yang bisa menimbulkan kanker, kekurangan vitamin D pun ternyata dapat menyebabkan risiko terkena kanker. Hal ini dikarenakan vitamin D merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas salah satunya yaitu sel kanker.


Ditinjau oleh: dr. Adnan yusuf

 


]]>
Thu, 12 Jan 2017 15:47:50 +0700Asupan Makanan dan Diet
Beberapa Fakta Gizi di Hari Gizi dan Makanan Nasional http://meetdoctor.com/article/beberapa-fakta-gizi-di-hari-gizi-dan-makanan-nasional http://meetdoctor.com/article/beberapa-fakta-gizi-di-hari-gizi-dan-makanan-nasional
  • Benarkah Kuning Telur Meningkatkan Kolesterol ?
  • Kandungan kolesterol tinggi dalam  kuning telur membuat banyak orang menghindarinya. Padahal kuning telur aman dikonsumsi asalkan tidak berlebihan.

    Ada dua jenis kolesterol yaitu kolesterol “ baik” ( HDL) dan “jahat” (LDL). HDL (High Density Lipoprotein) adalah kolesterol baik, yang membantu membuang LDL dari dalam darah. Sedangkan LDL ( Low Density Lipoportein)  adalah kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

    Telur mengandung kolesterol pada bagian kuning telurnya. Satu butir telur dengan ukuran yang besar dapat mengandung kolesterol sampai 186 miligram, tetapi kandungan lemak jenuhnya rendah (1,6 gram di kuning telur).

    Kandungan lemak dalam telur terdiri dari 1/3 asam lemak jenuh (LDL) dan 2 /3  asam lemak tak jenuh (HDL) sehingga banyak penelitian menunjukkan bahwa konsumsi telur 2 – 3 butir per minggu tidak berbahaya bagi tubuh.

    Kuning telur mengandung banyak sekali manfaat yang cukup penting untuk tubuh manusia.  Ada asam amino leucine yang berpengaruh terhadap genetik pembangun otot, ada kolin yang baik bagi membran sel manusia, dan juga nutrisi penting lain seperti protein dan lemak. 

    • Daya Konsentrasi Belajar Anak Menurun? Tingkatkan Asupan Sayuran Hijau!

    Pada American Society for Nutrition (ASN) Annual Meeting, dalam pembahasan mengenai Experimental Biology 2015,  mereka menyebutkan bahwa vitamin K yang terdapat dalam sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, selada hijau dan sawi hijau, memiliki efek yang baik untuk mempertajam ingatan.

    Sayuran hijau seperti bayam, misalnya juga mengandung vitamin E yang membantu memperbaiki kesehatan otak serta fungsi kognitif anak.

    Tambahkan sayuran hijau  dalam menu makanan anak untuk membantu meningkatkan konsentrasi otak.

    • Bolehkan Ibu Hamil Konsumsi Yogurt?

    Susu adalah bahan pangan yang dikenal kaya akan zat gizi yang dibutuhkan tubuh manusia. Ibu hamil membutuhkan sekitar 1200 mg kalsium setiap harinya, atau sekitar 4 gelas susu. Ibu hamil dapat mengonsumsi produk susu rendah lemak seperti yogurt sekitar 3 sampai 4 porsi perhari.

    Kosumsi yoghurt selama hamil, disarankan sebagai sumber kalsium yang berguna untuk pertumbuhan tulang bayi, dan juga untuk menjaga kesehatan tulang ibu.

    Hanya saja perlu diperhatikan bahwa produk olahan susunya harus melalui proses pasteurisasi. Selama telah melewati proses pasteurisasi, maka produk olahan susu aman untuk dikonsumsi.

    Pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteriprotozoakapang, dan khamir dan suatu proses untuk memperlambatkan pertumbuhan mikroba pada makanan atau minuman. Kalau belum dipasteurisasi, produk olahan tersebut bisa terkena bakteri Listeriosis yang bisa mengganggu kesehatan anak nantinya.

    • Makanan yang Mengandung Lutein Dapat Mencegah Penyakit Mata Kronis

    Salah satu kandungan dalam makanan yang berperan dalam menjaga kesehatan mata adalah lutein. Antioksidan karotenoid ini banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayuran. Lutein ini juga merupakan pigmen yang memberikan warna kuning dan orange pada sayuran

    Untuk memenuhi kebutuhan lutein dalam tubuh dapat melalui asupan makanan karena tubuh tidak dapat mensintesis senyawa lutein. Lutein dalam tubuh terakumulasi di makula retina dan bertanggung jawab untuk melindungi mata dari sinar biru. Lutein berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah perkembangan penyakit katarak dan penyakit-penyakit degeneratif yang berkaitan dengan pertambahan usia.

    Salah satu sumber lutein yaitu tanaman bayam yang mengandung nilai gizi yang tinggi untuk kesehatan. Kandungan lutein dalam Bayam sebesar 6,6 mg per 100 gr bayam mentah. Dilaporkan bahwa mengkonsumsi lutein 6–20mg lutein dapat mencegah terjadinya katarak pada mata yang diakibatkan oleh kerusakan oksidatif.

    Lutein juga terdapat pada wortel, brokoli, alpukat, Kale, Romaine lettuce, kacang polong, buncis dan telur.

    • Diet Sehat Rendah Kalori

    Diet sehat rendah kalori merupakan cara diet sehat yang paling banyak dianjurkan oleh ahli gizi dan dokter spesialis gizi. Cara diet ini mengutamakan pengaturan jumlah kalori yang masuk dengan tetap memperhatikan asupan gizi seimbang untuk tubuh sehingga tidak menganggu kesehatan.

    Diet rendah kalori diberikan untuk menurunkan berat badan sehingga mencapai berat badan ideal (normal).  Diet rendah kalori diberikan pada orang atau penderita kegemukan.  Kegemukan (obesitas) harus dibedakan dengan kelebihan berat badan (overweight).

    Menu makanan diet sehari-hari disesuaikan dengan memilih makanan berkalori rendah. Misalnya untuk konsumsi nasi cukup segengam tangan saja. Selain itu, tidak dianjurkan makan makanan yang berkalori tinggi seperti gorengan, makanan siap saji dan makanan yang manis-manis. Menu diet sehat pagi sebaiknya pilih makanan yang berkalori rendah dan berserat tinggi. Menu diet sehat siang, pilih makanan yang lengkap gizinya dan berkalori tinggi untuk aktifitas harian. Sedangkan untuk menu diet sehat malam sebaiknya mengonsumsi makanan berkalori rendah. Sebagai selingan, pilih buah-buahan yang tidak menghasilkan kalori tinggi.

    Dengan melaksanakan program diet sehat rendah kalori diatas dan dengan diimbangi gizi yang baik, maka diperkirakan dalam seminggu berat badan bisa turun 0,5-1 kg per minggu atau 2-4 kg per bulan. Penurunan berat badan ini tidak dianjurkan sampai melebihi 5 kg per bulan. Pasalnya, jika turunnya terlalu cepat maka akan berakibat buruk bagi tubuh Anda.


    ]]>
    Mon, 16 Jan 2017 16:44:39 +0700Asupan Makanan dan Diet
    Efektifkah Menurunkan Berat Badan dengan Diet Ketogenik? http://meetdoctor.com/article/efektifkah-menurunkan-berat-badan-dengan-diet-ketogenik http://meetdoctor.com/article/efektifkah-menurunkan-berat-badan-dengan-diet-ketogenik Diet ketogenik menjadi satu dari sekian banyak program diet yang populer dalam tiga tahun terakhir. Nama diet ini diambil dari sebuah proses yang disebut ketosis. Proses ini terjadi ketika tubuh Anda tidak mendapatkan cukup energi dari glukosa (karbohidrat), sehingga menggunakan lemak yang tersimpan untuk energi. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1920-an untuk mengatasi epilepsi.   

    Prinsip dasar diet ketogenik adalah setidaknya 70 persen dari kebutuhan kalori harian Anda dipenuhi oleh lemak, 25 persen dari protein, dan sisanya 5-10 persen dari  karbohidrat (20-50 gram per hari). Padahal diet sehat yang direkomendasikan oleh para ahli gizi adalah 45 sampai 65 persen sumber enegi berasal dari karbohidrat, 20-35 persen lemak dan 10 hingga 35 persen berasal dari protein. 

    Target rendah karbohidrat bisa Anda penuhi  dengan menghindari biji-bijian, seperti beras dan  gandum, produk susu, buah, dan kacang-kacangan seperti buncis dan lentil. Kentang manis dan labu dikeluarkan dari daftar. Sejumlah sayuran rendah karbohidrat boleh dikonsumsi asalkan dibatasi konsumsinya. 
    Jadi apa yang tersisa untuk Anda makan? Telur yang dimasak dengan mentega untuk sarapan. Sedangkan untuk makan siang dan makan malam,  pilihannya adalah daging, ayam atau ikan dengan salad atau sayuran hijau dan saus.  Alkohol dan wine, terlarang pada diet ini. 

    Beberapa hal ini perlu Anda pertimbangkan sebelum menjalani diet ketogenik :

    1. Anda tidak perlu menghitung kalori
    Aturan makannnya sederhana. Anda tidak perlu menghitung kalori dari setiap makanan yang Anda konsumsi.  Anda hanya perlu memperbanyak konsumsi lemak. 

    2. Nafsu makan berkurang 
    Penelitian tentang diet ketogenik menunjukkan bahwa kondisi ketosis juga menurunkan kadar ghrelin, hormon yang membuat Anda lapar. Sehingga Anda tidak mudah merasa lapar.

    3. Berat badan terjadi cepat di awal 
    Bila Anda membatasi karbohidrat, maka tubuh Anda akan menggunakan karbohidrat yang tersimpan dalam otot dan hati (disebut glikogen) sebagai sumber energi. Glikogen disimpan dengan air, sehingga membatasi karbohidrat akan menurunkan berat badan dengan cepat. 

    4. Ada potensi menyehatkan jantung
    Mayoritas studi dan tinjauan sistematis diet ketogenik menunjukkan bahwa menerapkan pola diet ini, tiga bulan sampai tiga tahun secara signifikan menurunkan risiko penyakit jantung. Studi juga telah menunjukkan diet keto mengurangi gula darah, insulin, protein C-reaktif (tanda peradangan) dan lingkar pinggang.

    5. Risiko kekurangan gizi
    Karena banyak makanan yang dihindari selama diet ketogenik, Anda dapat mengalami kekurangan nutrisi, seperti kekurangan kalsium, magnesium, selenium, tiamin, vitamin D dan vitamin C. 

    6. Konsultasikan dengan dokter 
    Orang dengan masalah kesehatan harus berbicara dengan dokter sebelum mencoba diet ketogenik. Jangan mencobanya jika Anda memiliki masalah ginjal, karena belum diteliti pada orang dengan fungsi ginjal terganggu. Diet ini tidak aman untuk wanita hamil atau menyusui.

    Menjalankan pola diet ini akan mempengaruhi kualitas hidup Anda dan kenikmatan makanan. Anda akan terobsesi pada makanan-makanan yang dilarang. Dampak lainnya, konsumsi karbohidrat yang sangat rendah akan mengubah mood dan kesulitan tidur. Pada akhirnya, diet terbaik adalah yang tidak benar-benar Anda merasa sedang diet.  Diet yang sehat adalah diet yang mampu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. 

     

    Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


    ]]>
    Mon, 16 Jan 2017 16:50:17 +0700Asupan Makanan dan Diet
    Manfaat Sehat Bawang Hitam http://meetdoctor.com/article/manfaat-sehat-bawang-hitam http://meetdoctor.com/article/manfaat-sehat-bawang-hitam Bawang hitam atau black garlic adalah bawang yang didapat dari hasil fermentasi bawang putih dengan penggunaan suhu yang tinggi. Bawang hitam rasanya sedikit manis dan gurih, teksturnya lembut dan kenyal. Warna hitam berasal dari produksi senyawa yang disebut melanoidin. 

    Menurut ahli diet dan nutrisi Jessica Cording, MS, RD, CDN, bawang hitam kaya fitonutrien dan senyawa lain yang mampu melawan penyakit. Selama ini , bawang putih telah dipercaya memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk efek anti-inflamasi, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan  fungsi kardiovaskular. Dibanding bawang putih biasa, bawang hitam lebih rendah allicin. Allicin adalah senyawa kuat yang meningkatkan manfaat sehat bawang putih. Dengan sekitar 35 kalori perporsi, bawang hitam adalah cara yang sehat untuk menambah kelezatan rasa masakan tanpa harus menambah kalori.

    Bawang hitam merupakan bahan yang sangat serbaguna. Berikut adalah contoh penggunaannya.
    Roti bakar: Iris tipis bersama dengan telur dadar sebagai protein. Sajikan sebagai isi roti gandum bakar.  
    Dengan keju: Rasa manis yang halus dari bawang hitam, sangat sempurna jika disantap bersama dengan keju. 
    Dalam burger: Cincang halus beberapa bawang hitam dan campur dengan daging, kacang-kacangan dan rempah-rempah untuk membuat isi burger. 
    Dengan hummus: Bawang hitam adalah jodoh alami untuk hummus. Cincang halus lalu campur dengan hummus, jadilah cocolan yang enak untuk berbagai makanan seperti stik wortel atau dimakan bersama dengan kacang rebus.
    Untuk resep slow cooker: Bawang hitam sangat cocok untuk berbagai masakan yang pengolahannya lambat (slow cooker). Baik itu olahan daging ayam, ikan atau sapi. Juga lezat sebagai bumbu sup, salad dan makanan pembuka.

    Ditinjau oleh:  dr. Jezy Reisya 


    ]]>
    Tue, 10 Jan 2017 17:46:54 +0700Asupan Makanan dan Diet
    3 Diet Terburuk Sepanjang 2016 http://meetdoctor.com/article/3-diet-terburuk-sepanjang-2016 http://meetdoctor.com/article/3-diet-terburuk-sepanjang-2016 Apakah Anda sering mencoba berbagai program diet terbaru dan berharap mendapatkan hasil yang instan untuk mencapai berat badan yang Anda inginkan? Jika ya, sebaiknya lebih berhati-hatilah mulai saat ini dalam memilih program diet, karena ternyata ada beberapa program diet yang justru akan berdampak buruk untuk kesehatan Anda. 

    Setiap tahun pasti selalu bermunculan program diet terbaru yang mungkin menarik untuk Anda coba. Tetapi, tidak semua program diet tersebut aman untuk kesehatan tubuh Anda. Hal ini karena Anda hanya mengonsumsi makanan yang itu-itu saja selama program diet berlangsung sehingga tubuh Anda kekurangan asupan gizi yang memang dibutuhkan dalam sehari-hari.
    Setidaknya ada tiga program diet yang dianggap sebagai ‘diet terburuk’ sepanjang tahun 2016 ini. Berikut ini ulasan lengkapnya. 

    1. Diet Lemon
    Diet ini dilakukan selama 10 hari dan selama program diet berlangsung, Anda hanya boleh mengonsumsi ramuan yang terdiri dari air putih, jus lemon, cabe rawit dan sirup maple. Meskipun program ini lebih dikenal sebagai ‘program detoksifikasi’, tetapi kebanyakan orang justru menjadikan program ini sebagai program diet untuk menurunkan berat badan.
    ‘Diet lemon memang sangat efektif untuk menurunkan berat badan Anda beberapa kilo dalam waktu yang singkat. Hanya saja, berat badan Anda akan kembali naik setelah selesai melakukan diet ini”, kata Ed Zimney, MD.

    2. Diet Sup Kubis
    Diet sup kubis ini dilakukan selama satu minggu. Diet ini dianggap berkhasiat untuk membersihkan tubuh dari toksin atau racun. Selama program diet berlangsung, kita dianjurkan untuk mengubah pola makan kita dengan hanya mengkonsumsi sup kubis dan air putih saja.
    "Hanya mengonsumsi sup kubis dan air putih saja selama satu minggu adalah cara yang tidak sehat untuk menurunkan berat badan. Kalori pada sayuran sangat rendah sehingga yang terjadi justru malah menghambat proses metabolisme. Selain itu, diet ini juga akan membuat tubuh Anda kekurangan gizi seperti protein dan asam lemak esensial”, kata Erin Palinski-Wade, RD, CDE.

    3. Diet Jus
    Diet jus merupakan diet yang saat ini sedang menjadi tren. Diet ini biasanya berlangsung antara 3 hari sampai 3 minggu. Menurut CBS News, diet seperti ini justru tidak memberikan manfaat karena sangat rendah protein dan tidak bisa memberikan energi yang cukup untuk tubuh.
    Selain itu, tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa hanya dengan meminum jus untuk mengganti waktu makan akan membuat Anda menjadi lebih sehat dan ampuh untuk menurunkan berat badan.

    Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


    ]]>
    Fri, 13 Jan 2017 16:41:24 +0700Asupan Makanan dan Diet
    Begini Cara Mengenali Sinyal Lapar http://meetdoctor.com/article/begini-cara-mengenali-sinyal-lapar http://meetdoctor.com/article/begini-cara-mengenali-sinyal-lapar Salah satu alasan bahwa banyak dari kita tidak memiliki berat badan yang sehat adalah karena kita berhenti mendengarkan sinyal tubuh alami yang memberitahu kapan kita lapar dan kapan kita kenyang. Sinyal itu masih ada dan terus ada tapi kita berhenti memerhatikannya.

    Belajar mengenali dan mematuhi sinyal itu lagi, akan membantu Anda mendapatkan berat badan yang sehat dan dapat mempertahakannya.
    Sebelum mengenal sinyal lapar. Kita harus tahu hal-hal yang mempengaruhi rasa lapar dan kenyang kita.

    Proses pemecahan makanan terjadi dalam tubuh kita, protein dipecah menjadi asam amino, lemak menjadi asam lemak, dan karbohidrat menjadi glukosa, mempengaruhi pelepasan hormon  seperti insulin yang mempengaruhi proses pada tingkat seluler. Hormon tersebut mengirim sinyal ke otak bahwa energi dibutuhkan.

    Pada saat tubuh membutuhkan energi,  neurotransmitter akan dilepaskan. Salah satu neuro transmitter yaitu NeuroPeptida Y (NPY) sangat penting dalam mengirim sinyal ke otak.  Ada 2 hormon  yang berhubungan dengan NPY yaitu ghrelin danleptin. 
    -    Ghrelin dan glukosa :kadar glikogen yang rendah dan penurunan glukosa darah merangsang peningkatan ghrelin dan aktivitas NPY di hipotalamus. Kenaikan NPY membuat keinginan makan makanan yang manis-manis meningkat. Dan ketika ghrelin meningkat, napsu makan pun meningkat.
    Ketika kita tidur, cadangan glikogen dipakai dan menyebabkan otak melepaskan NPY.  Dan jika Anda melewatkan waktu sarapan, level NPY akan meningkat sehingga pada siang hari keinginan makan karbohidrat sangat tinggi. 

    -    Leptin : Setelah kita makan, leptin akan meningkat dan menghambat pelepasan NPY, sehingga kita akan merasa kenyang. Beberapa jam setelah kita makan, kadar glukosa darah turun dan kemudian leptin rendah dan ghrelin tinggi.

    Setelah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rasa lapar dan kenyang, marilah kita mulai melatih mengenalinya:
    Pertama, cari tahu sinyal apa yang Anda ikuti. Buat jurnal makanan untuk dua minggu, atau lebih lama jika perlu. Anda bisa menuliskannya dalam buku khusus dan tuliskan tidakhanya kapan dan apa yang Anda makan, tetapi juga apa yang Anda lakukan dan perasaan sebelum Anda mulai makan. Gunakan skala rasa lapar di bawah ini dan tuliskan di mana Anda pada skala itu, saat sebelum dan sesudah makan.

    Ketika melihat kembali pada jurnal makanan, Anda mungkin akan melihat beberapa pola makan. Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa Anda hamper selalu makan malam di depan TV. Atau, selalu ngemil waktu malam, bahkan ketika Anda tidak lapar. Atau, Anda menemukan bahwa Anda selalu ingin makan saat merasa bosan atau stres.Hal ini nantinya dapat membantu kita mengatur pola makan yang lebih sehat lagi.

    Gunakan skala lapar
    Skala lapar dapat membantu Anda belajar bagaimana membedakan antara lapar yang benar-benar (lapar fisik) dan mana lapar yang hanya ada di kepala Anda (lapar psikologis). Lapar psikologis adalah keinginan untuk makan yang disebabkan oleh emosi, seperti stres, kebosanan, kesedihan, atau kebahagiaan.
    Ketika Anda merasa lapar meskipun baru saja makan, periksalah apakah rasa lapar itu sebenarnya bersifat psikologis.

    Ketika Anda mulai merasa ingin makan sesuatu, nilai rasa lapar Anda pada skala 1 sampai 10. Angka satu menunjukkan Anda benar-benar lapar dan 10 menunjukkan perut Anda begitu penuh sehingga terasa sakit.

    1-Kelaparan, lemah, pusing
    2-Sangat lapar, menjadi rewel, energi rendah, perut berbunyi
    3-Cukup lapar, perut sedikit berbunyi
    4-Mulai merasa sedikit lapar
    5-Puas, tidak lapar atau kenyang
    6-Sedikit penuh/kenyang
    7-Perut sedikit tidak nyaman
    8-Lambung terasa penuh
    9-Sangat tidak nyaman, perut sakit
    10-Sangat penuh sehingga perut terasa sakit

    Jika memungkinkan, makanlah secara alami seperti cara bayi makan; makan ketika rasa lapar Anda ada pada skala tiga atau empat. Jangan menunggu sampai rasa lapar ada di angka satu atau dua karena itu bisa mendorong Anda makan berlebihan, yang sebenarnya tidak sesuai dengan kebutuhan nutrisi kita. Ketika Anda sudah duduk di meja makan pada jadwal yang sudah ditentukan, berhentilah berpikir seberapa lapar Anda. Jika Anda merasa kurang lapar dari biasanya maka makanlah dalam jumlah yang lebih sedikit juga dari biasanya. Berhenti makan ketika Anda mencapai skala lima atau enam. 

    Ketika saatnya untuk makan, buatlah pilihan yang sehat. Agar tubuh Anda benar-benar puas, makanan Anda harus seimbang. Ini berarti bahwa setiap makan harus berisi:

    1.    Karbohidrat seperti nasi, kentang, roti, mie, jagung
    2.    Protein seperti daging, ikan, telur, susu, yogurt, keju dan kacang-kacangan.
    3.    Lemak. Pilih jenis lemak yang membantu Anda tetap sehat seperti:
    •    Ikan, kenari, biji rami dan minyak biji rami. Semuanya memiliki asam lemak Omega-3.
    •    Zaitun, minyak canola, alpukat karena mengandung lemak tak jenuh tunggal.
    •    Minyak safflower, jagung, bunga matahari, wijen, kedelai karena memgandung lemak tak jenuh ganda.
    4.    Sayur dan buah : mengandung vitamin, mineral serta serat yang berguna bagi tubuh kita

    -Makanan Anda juga harus sesuai dengan selera tanpa meninggalkan prinsip kesehatan. Hal ini juga dapat membantu Anda merasa puas.

    Belajar kapan harus berhenti makan
    Cobalah untuk berhenti makan sebelum Anda terlalu kenyang.Terlalu kenyang akan membuat Anda tidak nyaman. Cobalah merasakan, seperti apa rasanya "puas" atau "cukup kenyang" bagi Anda. 

    Bersantai sebelum Anda mulai makan, kemudian makanlah secara perlahan. Ingat, butuh waktu bagi perut Anda untuk memberitahu otak bahwa Anda sebemarnya sudah kenyang.

    Berhenti ketika Anda sudah seperempat jalan, periksa tingkat rasa lapar Anda. Jika masih lapar, teruslah makan. Berhenti lagi ketika sudah setengah jalan, periksa lagi rasa lapar Anda.Tidak peduli apa yang orang tua ajarkan, Anda tidak harus membersihkan piring Anda jika memang sudah kenyang. Jika Anda sudah mahir, Anda bisa tahu berapa porsi yang Anda butuhkan dan tidak lagi mengambil makanan secara berlebihan.

    Jangan menyangkal diri sendiri
    Nafsu makan, termasuk keinginan untuk makan permen atau makanan kurang sehat lainnya, merupakan sinyal tubuh yang kuat. Untuk menjaga agar tubuh tetap pada tingkat "puas",  memenuhi selera adalah hal yang penting.

    Jika Anda mencoba menghilangkan makanan apapun yang Anda sukai, Anda akan cenderung untuk makan terlalu banyak makanan tersebut.
    Ingatlah lagi, sangat penting untuk mengenali sinyal kapan Anda merasa benar-benar lapar dan kapan itu hanya dorongan psikologis.  Mengetahui sinyal tubuh dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan, termasuk nafsu memakan makanan favorit Anda.

    Jika Anda sudah terbiasa makan sehat dan mendengarkan sinyal tubuh, sepotong kue ulang tahun atau kentang sesekali, dapat masuk ke dalam rencana makan sehat Anda.Ketika liburan, tidak apa-apa untuk makan makanan tradisional yang Anda cintai. Yang penting, dengarkan sinyal tubuh Anda dan berhenti makan ketika sudah mencapai skala lima atau "puas".

    Ditinjau oleh: dr. Diana Suganda, SpGK


    ]]>
    Wed, 18 Jan 2017 11:46:05 +0700Asupan Makanan dan Diet
    Tips Mengurangi Konsumsi Gula http://meetdoctor.com/article/tips-mengurangi-konsumsi-gula http://meetdoctor.com/article/tips-mengurangi-konsumsi-gula Mengendalikan diri untuk tidak mengonsumsi gula memang bukan hal yang mudah. Banyak orang yang gagal diet karena tidak bisa mengendalikan diri dari kecanduan mengonsumsi makanan manis. Berikut cara mengurangi gula: 

    - Tinggalkan MinumanManis
    Jauhkan minuman manis, seperti soda, teh dengan gula, kopi, dan minuman energi. Berhenti mengonsumsi minuman yang disukai memang susah, namun Anda dapat menggantinya dengan minuman yang tidak berkalori seperti sprakling water. Untuk menambah rasa pada minuman, Anda bisa menambahkan lemon atau jeruk nipis. Jika Anda penggemar fanatic teh dan kopi, gunakan setengah dari porsi gula yang biasa digunakan.

    - Hindari  Pemanis Buatan
    Penelitian menunjukkan bahwa pengganti gula tidak dapat membantu Anda dalam usaha penurunan berat badan. Sebaliknya, pemanis buatan bahkan lebih manis dari gula alami. Jika mengonsumi terlalu banyak dapat membuat Anda ketergantungan pada gula. Karena itu, tekankan pada diri Anda untuk berhenti mengonsumsi pemanis buatan.

    - Makan dengan Penuh Kesadaran
    Saat mempunyai keinginan untuk makan donat atau cokelat, pikirkan sejenak, apakah Anda merasa sangat lapar? Stres? Pikirkan apakah itu semua benar-benar Anda inginkan?Jika tidak, ada, Anda  dapat makan seperlunya saja dan perhatikan apa saja yang Anda makan.

    - Mengetahui Kadar Gula yang Berlebihan
    Selalu membaca Nutrition Facts dan bahan-bahan yang terdapat di setiap kemasan makanan atau minuman yang ingin Anda beli. Jika gula di label makanan terdapat lebih dari 8 gram, lihatlah bahan-bahan apa saja yang tekandung di dalamnya, dan jika menemukan ada tambahan pemanis buatan, taruh kembali makanan atau minuman tersebut. Jika tidak ada gula di dalamnya, itu berarti makanan atau minuman tersebut menggunakan gula alami.

    - Konsumsi Pemanis Alami
    Jangan khawatir jika Anda tidak bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang manis-manis, gula alami dapat ditemukan di dalam buah segar dan kering, yogurt plain, biji-bijian, serta sayuran. Itu karena makanan tersebut mengandung nutrisi yang penting seperti, protein, kalsium, vitamin D, vitamin C, vitamin A, dan serat. Selain membuat Anda kenyng lebih lama, Anda tidak dapat menemukan nutrisi tersebut di dalam permen, cookies, dan minuman ringan.

    Ditinjau oleh: dr. Emilia Slamat M Gizi


    ]]>
    Thu, 19 Jan 2017 13:48:15 +0700Asupan Makanan dan Diet
    Ini Bahaya Gula bagi Kesehatan http://meetdoctor.com/article/ini-bahaya-gula-bagi-kesehatan http://meetdoctor.com/article/ini-bahaya-gula-bagi-kesehatan Rasa manis memang enak di mulut, namun sebenarnya berbahaya bagi kesehatan. Banyak orang yang tidak bisa melepaskan diri dari gula. Sebelum terlambat, ini beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya menjauhi gula. 

    1. Merusak Jantung
    Penelitian dalam Journal of American Heart Association pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa kebanyakan mengonsumsi gula bisa membuat terganggunya kerja jantung dalam melakukan fungsinya sebagai pemompa darah. Hasil studi tersebut menyatakan bahwa molekul yang terdapat dalam gula yang disebut dengan glukosa 6-fosfat bisa mengakibatkan otot jantung berubah dan apabila hal tersebut terus dibiarkan, maka gula sama saja dapat meningkatkan seseorang terkena gagal jantung.

    2. Lemak pada Perut
    Apabila seseorang mengonsumsi gula secara berlebihan maka resiko tertimbunnya lemak pada lingkar pinggang dan perut Anda semakin meningkat dan bisa menyebabkan obesitas.

    3. Gula Diam-diam Mematikan
    Selain garam yang dapat mengingkatkan tekanan darah tinggi ternyata sama halnya dengan mengonsumsi gula. Banyak orang yang menganggap kegemukan yang terjadi akibat mengonsumsi gula adalah hal yang wajar namun apabila dibiarkan konsumsi gula berlebih dapat mengancam kesehatan seseorang dari waktu-ke waktu.

    4.  Kanker
    Bagi orang-orang yang menderita kanker, mengonsumsi gula dengan jumlah yang tinggi akan membuat kesempatan bertahan hidup semakin relatif rendah, apalagi kanker payudara dan kanker usus besar.

    5. Kecanduan
    Gula memiliki sifat yang buruk bagi tubuh sama halnya dengan alkohol yang bisa membuat seseorang kecanduan. Pada saat konsumsi gula mulai ditinggalkan biasanya Anda akan merasakan lapar dan memiliki keinginan kembali untuk mengonsumsi gula.

    6. Hati
    Pada sebuah penelitian yang dilakukan menunjukan bawa gula dan Alkohol memiliki efek yang beracun bagi organ hati. Jika konsumsi gula berlebihan maka organ hati akan terganggu fungsinya karena mengalami kerusakan.

    7. Otak
    Dampak buruk bagi kesehatan akibat mengkonsumsi gula berlebih selanjutnya adalah berhubungan dengan otak. Sebuah penelitan yang dilakukan pada tahun 2009 menunjukan bahwa konsumsi gula memiliki kaitan erat dengan terjadinya penuaan yang terjadi dalam sel-sel otak.

    8. Gula Tersembunyi
    Mungkin Anda berpikir bahwa gula ada hanya pada makanan yang memiliki rasa yang manis saja seperti permen, biskut dan lainnya, namun nyatanya tidak. Beberapa jenis makanan yang tidak memiliki rasa yang manis bisa saja mengandung gula, misalnya roti, kraker dll. Maka dari itu, Anda sebaiknya memperhatikan selalu makanan yang akan dikonsumsi setiap harinya. 

    9.  Usia
    Menurut penelitan yang telah dilakukan pada tahun 2013, diperkiranakan sekitar 180 ribu kematian didunia disinyalir karena konsumsi makanan yang memiliki kandungan pemanis. Maka sudah tak heran bahwa gula memiliki hubungan dengan beberapa penyakit seperti penyakit jantung, penyakit kanker dan penyakit diabetes.

    10. Gula Merusak Gigi
    Menurut Asosiasi Dental Amerika (ADA) jenis makanan dan juga minuman yang tinggi akan kandungan gula bisa menimbulkan karang dan juga memicu munculnya lubang pada gigi dan menyebabkan sakit gigi. Gula adalah makanan yang dikonsumsi bakteri dan bisa menghasilkan asam yang mengakibatkan gigi berlubang. Maka dari itu ADA memberikan saran untuk mengurangi konsumsi jenis makanan yang mengandung gula, selain itu rutin menyikat gigi setelah makan agar gigi berlubang dapat dicegah.

    11. Diabetes
    Dan bahaya yang sering dikemukakan oleh para peneliti tentang gula adalah risiko penyakit diabetes. Apabila gula dikonsumsi secara berlebihan maka akan membuat sistem insulin dalam tubuh menjadi terganggu dan akibat apabila tidak terkeontrol maka akan meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2.


    Ditinjau oleh: Emilia Slamat M Gizi


    ]]>
    Fri, 20 Jan 2017 13:57:11 +0700Asupan Makanan dan Diet