MeetDoctor http://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors http://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor http://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2017 Orgasme Pada Wanita, Ini Triknya http://meetdoctor.com/article/orgasme-pada-wanita-ini-triknya http://meetdoctor.com/article/orgasme-pada-wanita-ini-triknya Berbeda dengan pria yang mudah mencapai orgasme, orgasme pada wanita biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapainya. Namun, banyak perempuan yang mengukur keberhasilan hubungan intim dengan terjadinya klimaks. Sehingga, tak jarang, ketika klimaks belum tercapai, wanita akan melakukan fake orgasm. Padahal, faktanya hampir semua wanita memang tak mengalami orgasme seudah pria.

Pada dasarnya, tercapainya orgasme pada wanita bergantung pada kerja sama dengan pasangannya. Para pria perlu berperan untuk membantu wanita mencapai orgasme. Sentuhan dan pengertian pasangan, bahwa wanita membutuhkan waktu untuk membangun mood seks dan rileks saat berhubungan intim merupakan kunci untuk membantu wanita mencapai orgasme. 

Pasalnya, pada wanita, perasaan dicintai dan dihargai sangat penting, karena akan membuat wanita merasa nyaman dan rileks. Inilah yang nantinya akan mengantarkan wanita pada kenikmatan orgasme. Penelitian menunjukkan, bahwa wanita yang berusia 30 tahun ke atas sudah lebih memahami bagaimana cara mencapai orgasme, daripada para wanita berusia 20 tahunan. 


Kenali Titik Sensitif 
Bagi Anda wanita yang berusia 20-an, agar mudah mencapai orgasme diperlukan beberapa teknik dan pembiasaan. Salah satunya adalah, dengan cara bermasturbasi sendiri. Masturbasi dapat dijadikan sarana pembelajaran untuk mengetahui, bagaimana Anda dapat mencapai orgasme. Cara-cara Anda mencapai klimaks ini, lalu dapat dibagi pada pasangan Anda, mengajarkannya beberapa trik untuk memuaskan Anda. Kuncinya adalah, rasa menghargai diri sendiri dan berkomunikasi dengan pasangan.

Setelah memasuki usia kepala tiga, meski wanita sudah lebih mengenali titik sensitif tubuhnya untuk mencapai klimaks, saat terjadi perubahan pada hormon, kondisi ini pun dapat memengaruhi kemampuan orgasme pada wanita. Sebagian wanita di usia 30-an justru merasakan paling mudah mencapai klimaks saat menjelang menstruasi. 

Kunci lain yang membantu berhasilnya orgasme adalah stimulasi pada klitoris, sebagai pusat kenikmatan wanita. Selain klitoris yang dapat dimainkan, terjadinya orgasme juga bergantung pada ditemukannya G-spot, yang umumnya tepat berada di bagian depan dinding vagina. Dua jenis orgasme yang umumnya bisa terjadi pada para wanita adalah, orgasme simultan yang terjadi susul-menyusul dan multiple orgasm yang terjadi lagi dan lagi.

Faktanya, wanita dapat mengalami orgasme bahkan hingga usia 60 tahunan. Namun tentu saja, saat mulai memasuki masa menopause akan ada perubahan dari segi hormonal, sehingga libido wanita tak lagi setinggi ketika berusia lebih muda. Vagina akan menjadi lebih kering dan dapat terasa sakit saat menerima gesekan. Tindakan yang paling tepat adalah, dengan menggunakan bantuan pelumas. 


Berapapun usia wanita, orgasme dapat terjadi dengan kerjasama dari pasangan. Berikut 8 hal yang dapat dilakukan oleh paara pria untuk membantu wanita orgasme:

1.    Selalu awai dengan belaian lembut sebagai bentuk kasih sayang. Selain itu, suasana romantis akan membuat wanita lebih rileks dan lebih mudah membangun mood untuk berhubungan intim. Sehingga, kemungkinan untuk mencapai orgasme akan lebih besar.
2.    Lakukan perlahan, jangan terburu-buru. Nikmati setiap momen bersama pasangan saat berhubungan intim.
3.    Menyentuh payudara. Bagi sebagian wanita, sentuhan pada payudara dapat membantu mempercepat terjadinya orgasme.
4.    Para pria biasanya senang dengan seks oral. Lakukan hal yang sama pada wanita Anda.
5.    Ajak pasangan berkomunikasi, cara atau perlakuan apa yang ia inginkan, agar bisa mencapai orgasme.
6.    Beri pasangan kesempatan untuk berinisiatif melakukan hubungan intim lebih dahulu. Memiliki posisi yang lebih dominan, dapat membuat wanita lebih terangsang dan mencapai orgasme.
7.    Jika pria akhirnya ejakulasi lebih dulu, jangan meninggalkan pasangan Anda begitu saja. Tetap lakukan stimuli, seperti ciuman dan sentuhan untuk membantunya mencapai orgasme. 
8.    Wanita selalu senang dengan pujian. Jangan segan memberikan pujian pada pasangan Anda. Ini akan membuatnya percaya diri dan nyaman dengan tubuhnya. Sehingga, ia akan merasa rileks. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P

 


]]>
Fri, 20 Jan 2017 10:34:45 +0700Kesehatan Seksual
5 Cara Dia Tidak Hamil http://meetdoctor.com/article/5-cara-dia-tidak-hami http://meetdoctor.com/article/5-cara-dia-tidak-hami "Dok, bagaimana cara agar tidak hamil  walau berhubungan dengan pasangan saya ?" Pertanyaan ini cukup sering ditemui saat pasangan belum secara matang merencanakan kehamilan.

Nah pada artikel ini, akan dibahas 5 tips singkat dan sederhana yang semoga dapat membantu Anda untuk menghindari dan mencegah kehamilan yang tidak direncanakan. Tetapi yang juga jauh lebih penting adalah bagaimana kita bisa belajar untuk selalu menjadi manusia yang lebih baik dan lebih bijak dalam setiap langkah yang kita ambil dalam hidup kita. Kelima Tips Agar Tidak Hamil ini mungkin akan lebih mudah diingat sebagai tips ABC++.

Berikut 5 cara dia tidak hamil yang bisa menjadi pertimbangan :

  1. Absen. Ya, cara termudah dan paling sederhana agar pasangan Anda tidak hamil adalah dengan cara tidak melakukan hubungan seksual atau hubungan intim sama sekali. 
  2. Bertanggung Jawab. Mungkin Anda merasa "tertohok" saat membaca tips nomer #2 ini. Tapi ya, jika kita laki-laki sejati maka tentunya laki-laki harus memiliki rasa tanggung jawab atas apa yang diperbuatnya. Jika hanya berani melakukan aktivitas seksual tanpa berani menanggung risikonya, tentu saja hal tersebut tidaklah bijak.
  3. Kondom. Jika memang begitu sulit untuk menghindari aktivitas seksual tersebut, maka salah satu solusi adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi, dalam hal ini bagi pria dianjurkan untuk menggunakan kondom. Selain dapat mencegah kehamilan, kondom tentunya juga dapat melindungi kita dari risiko penyakit menular seksual. 

     

  4. Masa Subur. Kehamilan hanya akan terjadi jika sel sperma bertemu sel telur yang matang. Sel telur yang siap dibuahi tersebut akan dikeluarkan setiap bulannya pada saat masa subur seorang wanita. Jadi pahami masa subur pasangan Anda jika memang Anda merencanakan untuk menunda atau menghindari kehamilan.
  5. Risiko. Kebanyakan orang hanya melihat pada sisi nikmat dari aktivitas hubungan seksual tersebut. Tapi banyak sekali risiko yang mengikutinya terlupakan begitu saja. Sebelum melakukannya, cobalah mengingat risiko-risiko seperti: penyakit menular seksual (sebut saja: gonorrhea atau kencing nanah, hepatitis, HIV, herpes, kutil, dan beberapa penyakit lainnya). Belum lagi risiko psikologis jika terjadi kehamilan yang tidak dikehendaki. Hal itu tentu saja merugikan si pasangan wanita. 

Suatu hal yang sangat ironis adalah banyak pasangan yang baru menikah ingin sekali mendapatkan momongan, namun belum terjadi. Mereka bahkan menggunakan segala cara agar supaya cepat hamil. Namun tidak sedikit pasangan muda yang tidak berpikir panjang, dan kemudian baru menyesal ketika terjadi kehamilan yang tidak direncanakan. Sang wanita harus berhenti sekolah atau kuliah, secara mental masing-masing pasangan juga belum mempersiapkan diri menjadi orang tua, dan banyak faktor lainnya.


Jadi setiap kali ingin melakukan aktivitas hubungan seksual, sebaiknya kita berpikir lebih jauh mengenai segala risiko di kemudian hari. Apalagi jika aktivitas tersebut tidak dilakukan secara bertanggung jawab. Yang jauh lebih penting bukanlah kenikmatan sesaat dari aktivitas seksual itu, tapi perlu diingat segala risiko yang mungkin terjadi akibat kegiatan tersebut. Bukan saja risiko kehamilan yang tidak direncanakan, tapi juga risiko psikologis, maupun risiko penyakit menular seksual.

Article by dr. Adhiatma Gunawan (@adhiatma)


]]>
Mon, 23 Jan 2017 15:14:26 +0700Kesehatan Seksual
Hymenoplasty, Rekonstruksi Selaput Dara http://meetdoctor.com/article/hymenoplasty-rekonstruksi-selaput-dara http://meetdoctor.com/article/hymenoplasty-rekonstruksi-selaput-dara Hymen atau yang dikenal juga selaput dara adalah lapisan tipis/mukosa yang mengelilingi atau menutupi sebagian dari muara vagina. Banyak yang mengira bahwa hymen ada di dalam kemaluan wanita. Ternyata bukan! Hymen berada pada bagian luar Mrs. V dekat (1-2 cm) dari bibir kemaluan.

Hymen merupakan lapisan tipis dan mudah mengalami robekan. Lapisan tersebut mempunyai pembuluh darah dan saraf. Oleh karenanya, robekan pada selaput dara seringkali disertai perdarahan dan nyeri.

Hymen jangan dibayangkan sebagai selaput yang total menutupi liang Mrs. V, namun merupakan selaput yang berbentuk seperti cincin yang mempunyai lubang di tengahnya. Gunanya adalah untuk mengalirkan darah menstruasi dari dalam rahim. Hanya saja lubang bisa bervariasi besar dan bentuknya, ada yang menyerupai bulan sabit atau seperti saringan. Apabila terjadi gangguan tumbuh kembang genitalia kadang ditemukan kelainan dimana selaput seperti dinding yang menutupi total liang Mrs. V disebut juga hymen imperforata yang akan menimbulkan gangguan haid pada masa akil balik.



Pada anak, hymen masih tipis dan bahkan hampir tembus cahaya. Maka, pada anak, hyemn lebih mudah mengalami robekan, terutama akibat olahraga seperti berkuda, bersepeda, atau senam.

Setelah pubertas, akibat pengaruh hormon estrogen, hymen akan sedikit menebal dan berwarna merah muda. Biasanya pada hubungan intim pertama kali hymen akan mengalami robekan. Tapi perlu diingat bahwa ketebalan, bentuk, dan elastisitas hymen berbeda-beda pada setiap wanita.


Belakangan ini berkembang teknik operasi untuk mereparasi hymen yang terlanjur robek. Baik akibat kecelakaan maupun karena hubungan seksual. Teknik operasi tersebut disebut hymenoplasty.
Tujuan hymenoplasty adalah mengembalikan hymen seperti keadaan sebelum terjadinya robekan. Biasanya dilakukan karena alasan moral, budaya atau sosial.


Hymenoplasty termasuk operasi kecil. Secara umum dapat dilakukan dalam waktu kurang lebih satu jam, tergantung tingkat kesulitannya. Biasanya dilakukan dengan bius lokal atau bila perlu dilakukan pembiusan total dan dapat dilakukan sebagai rawat jalan/perawatan satu hari.
 

Ada dua macam teknik operasi hymenoplasty, yaitu

  • Simple Hymenoplasty
    Simple hymenoplasty dilakukan jika hymen hanya mengalami robekan dan masih ada yang tersisa. Pada bagian yang robek, dilakukan penjahitan (reaproksimasi), biasanya dengan benang yang dapat diserap, sehingga selaput dara kembali ke bentuknya semula
     
  • Alloplant
    Alloplant adalah pilihan teknik operasi yang diambil jika hymen sudah rusak berat atau hilang sehingga tidak mungkin lagi dijahit. Prosedur yang dilakukan adalah pemasangan hymen buatan.

Sebelum pembedahan, pasien harus melakukan konsultasi dan pemeriksaan kandungan secara umum. Pada saat ini dapat dilakukan diskusi tentang manfaat serta risiko yang dapat dialami selama pembedahan. Penyembuhan dapat berlangsung dalam 1 hingga 6 minggu dan waktu berhubungan intim dilakukan dalam waktu 4- 6 minggu setelah pembedahan.

 

*Seperti yang dipaparkan oleh dr. Prima Progestian, SpOGGynecologist at Brawijaya Women & Children Hospital

 


]]>
Wed, 18 Jan 2017 10:44:27 +0700Kesehatan Wanita
Apakah Masturbasi http://meetdoctor.com/article/apakah-masturbasi http://meetdoctor.com/article/apakah-masturbasi Masturbasi adalah sebuah aktivitas seksual yang dilakukan dengan merangsang diri sendiri. Stimulasi terhadap alat kelamin pribadi tadi ditujukan untuk mencapai suatu titik kesenangan atau yang biasa disebut orgasme.

Apakah masturbasi kerap dilakukan orang pada umumnya? 

Hampir semua orang pernah melakukan masturbasi, baik yang telah mempunyai pasangan maupun yang tidak mempunyai pasangan.

Masturbasi adalah perilaku yang wajar. Bagi para remaja, mungkin ini merupakan eksplorasi tubuh yang terbilang aman dibanding dengan seks bebas. Kebanyakan orang terus melakukannya hingga di usia dewasa.

Beberapa orang melakukan masturbasi untuk melepaskan ketegangan seksual, terutama bagi orang-orang yang belum tersedia pasangannya atau justru yang pasangannya tak bersedia melakukan hubungan seksual.


Apakah masturbasi boleh dilakukan?

Kegiatan menstimulasi diri sendiri masih dianggap sesuatu yang tabu untuk dilakukan. Bahkan dahulu dianggap sebagai penyimpangan mental. Akan tetapi segi medis menyatakan, masturbasi justru memiliki manfaat bagi kesehatan dan merupakan kegiatan seksual minim resiko.

Mastrubasi dianggap sebagai langkah alternatif untuk menghindari kehamilan ataupun bahaya penularan penyakit seksual. Terkadang masturbasi juga dilakukan sebagai langkah awal untuk pengujian kualitas sperma pada laki-laki.

Segi medis mengatakan bahwa masturbasi merupakan ekspresi seksual yang alami bagi pria maupun wanita. Selama melakukannya dalam batas kewajaran, tidak akan menimbulkan efek yang membahayakan tubuh.


Apakah masturbasi berbahaya?

Masturbasi bisa dianggap masalah bila justru menghambat aktivitas seksual dengan pasangan, bila dilakukan di depan umum atau bila merusak organ kemaluan. Beberapa ahli menyarankan masturbasi, dengan catatan bila dapat meningkatkan kesehatan seksual dengan pasangan.

 


]]>
Tue, 17 Jan 2017 17:01:48 +0700Kesehatan Seksual
Posisi Tidur Ibu Hamil Selama Masa Kehamilan http://meetdoctor.com/article/posisi-tidur-ibu-hamil http://meetdoctor.com/article/posisi-tidur-ibu-hamil Posisi tidur di masa kehamilan seringkali menjadi masalah. Pasalnya, seorang wanita hamil akan mengalami banyak perubahan. Baik dari segi fisik maupun emosional. Dan, seperti yang kita ketahui, perubahan fisiklah yang paling terlihat dari seorang wanita hamil. Jadi, semakin bertambah usia kehamilannya, maka akan semakin besar pula perutnya. 

Nah, hampir semua wanita hamil pasti mengalami susah tidur. Maksudnya, semakin besar perut, maka tidur pun menjadi suatu hal yang terganggu. Tidak hanya itu, posisi tidur yang salah pada wanita hamil dapat menyebabkan sakit punggung, pinggang, sakit perut, sesak nafas, bahkan insomnia. Berikut cara tidur ibu hamil yang dapat membuatnya nyaman selama masa kehamilan. 

Menyamping ke kiri
Posisi saat tidur yaitu dengan menyamping ke kiri merupakan salah satu posisi terbaik untuk wanita hamil. Caranya adalah dengan berbaring menyamping dengan menekuk lutut Anda ke sebelah kiri. Jangan lupa juga untuk menambahkan bantal di bawah perut, punggung, dan diantara kaki, untuk membuat Anda menjadi lebih nyaman. 

Banyak para ahli yang menyarankan untuk menggunakan posisi ini saat Anda tidur. Pasalnya, hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke plasenta bayi Anda.


Selain posisi menyamping ke kiri, Anda pun bisa mencoba beberapa tips berikut supaya tidur Anda benar-benar nyaman:

• Untuk menghindari sesak napas, baiknya letakkan bantal pada punggung Anda (pada posisi bersandar atau setengah tiduran). Hal ini dapat menyangga dada sehingga Anda dapat mengatur napas dengan baik.
 
• Gunakan kasur yang nyaman untuk wanita hamil (walaupun bukan khusus untuk wanita hamil), namun paling tidak hal tersebut tidak menimbulkan banyak tekanan pada punggung dan pinggang Anda. 

• Anda pun bisa mencoba kasur angin. Pasalnya, beberapa wanita hamil nyaman saat menggunakan kasur tersebut.

• Selain itu, Anda pun bisa berkesperimen dengan tempat tidur. Maksudnya, tidak hanya tidur di kasur saja, namun Anda juga bisa menggunakan sofa, kursi malas, atau tempat yang nyaman untuk Anda tidur. 


Lalu, posisi tidur apakah yang perlu wanita hamil hindari?
Beberapa posisi untuk tidur yang salah jelas akan sangat berbahaya bagi wanita hamil. Pasalnya, posisi tersebut bisa membahayakan ibu dan janin yang sedang berada di dalam kandungan. Dan, berikut dua posisi tidur yang harus dihindari bagi wanita hamil. Diantaranya:

• Tidur terlentang
Posisi ini jelas sangat berbahaya bagi wanita yang sedang hamil. Pasalnya, hal ini dapat menyababkan maslah sakit punggung, sulit bernafas, sistem pencernaan, wasir, tekanan darah rendah, dan penurunan sirkulasi ke jantung Anda dan bayi. 

• Tidur di perut Anda
Hal ini tentu sangat berbahaya bagi Anda dan bayi di dalam kandungan. Terlebih lagi jika kehamilan semakin membesar. Jadi, jika anak Anda meminta dirinya tidur di atas perut Anda yang sedang hamil, tolaklah dengan halus dan beri pengertian pada si kecil. (DV)

Ditinjau oleh: dr. Cepi Teguh Pramayadi SpOG


]]>
Mon, 23 Jan 2017 13:56:24 +0700Hamil
Ingin Orgasme? Lakukan Posisi Berhubungan Badan Ini http://meetdoctor.com/article/ingin-orgasme-lakukan-posisi-berhubungan-badan-ini http://meetdoctor.com/article/ingin-orgasme-lakukan-posisi-berhubungan-badan-ini Orgasme merupakan salah satu faktor yang penting dalam berhubungan intim. Bagi pasangan suami istri, berhubungan intim memang tak pernah bisa luput dari perhatian. Namun, sayangnya ada sebagian wanita yang merasa kesulitan mencapai orgasme. Salah satu faktor penyebabnya adalah posisi berhubungan badan yang menjenuhkan atau monoton.
 
Perlu diketahui, posisi berhubungan badan dapat memengaruhi kepuasan yang didapat oleh Anda dan pasangan. Oleh karena itu, bukan tak mungkin ada posisi berhubungan seks yang bisa membuat Anda selalu orgasme. Berikut di antaranya: 


Doggy style

Posisi seks doggy style memungkinkan penis untuk merangsang titik G-spot wanita. Saat Anda melakukan posisi ini, jangan lupa sentuh klitoris untuk memberikan rangsangan. Posisi ini tentunya akan membuat wanita cepat mencapai orgasme. Demikian juga pria, ia akan mudah mencapai klimaks karena posisi berhubungan seks ini mampu merangsang ujung penis.


Woman on top

Posisi berhubungan seks woman on top atau wanita di atas akan membuat wanita bebas bergerak. Selain itu, beberapa organ wanita yang sensitif seperti payudara, bokong, punggung, atau perut bisa dengan mudah disentuh. Hal ini tentu saja membuat wanita cepat mencapai puncaknya. Selain itu, wanita akan terlihat lebih seksi saat berhubungan intim karena seluruh tubuhnya terlihat oleh pasangannya.


Misionaris

Banyak yang menganggap posisi berhubungan seks ini standar dan kuno. Tetapi, Anda jangan memandang enteng karena posisi misionaris dapat dilakukan dengan mudah dan memudahkan wanita mencapai puncaknya. Pasalnya, kehangatan skrotum yang menyentuh bagian luar vagina akan memberikan sensasi tersendiri.


Spooning

Posisi berhubungan seks spooning merupakan posisi bercinta yang menjadi favorit sebab memungkinkan para wanita mendapatkan orgasme lebih cepat. Teknik spooning dapat Anda lakukan dengan cara berbaring membelakangi pasangan Anda serta memeluknya dari belakang lalu melakukan penetrasi penis ke vagina.


Silang

Posisi silang adalah posisi berhubungan seks yang paling ideal untuk membuat pasangan mampu bertahan lama sekaligus memuaskan kedua belah pihak. Tak hanya itu, posisi silang juga dapat membuat Anda mencapai orgasme berkali-kali. Anda dapat melakukan dengan cara berbaring dalam posisi telentang, lalu lingkarkan kaki Anda ke pinggang pria dari samping. Setelah itu, lakukan penetrasi penis ke vagina. (PR)

Ditinjau oleh dr. T. Ari Wibowo


]]>
Fri, 20 Jan 2017 09:26:22 +0700Kesehatan Seksual
5 Tips Cepat Hamil http://meetdoctor.com/article/5-tips-cepat-hamil http://meetdoctor.com/article/5-tips-cepat-hamil Banyak pasangan yang mencari tips cepat hamil setelah menikah. Bagi beberapa pasangan, mendapatkan momongan adalah suatu anugerah yang sangat dinanti-nantikan. Sebagian memilih untuk menunda, tapi tidak sedikit yang memilih untuk segera cepat hamil. Nah, bagi pasangan yang ingin agar cepat hamil, silakan menyimak artikel berikut ini.

Survey membuktikan bahwa rata-rata pasangan akan mendapatkan kehamilan setelah usia pernikahan 1 tahun. Jadi, sebaiknya kita tidak terburu-buru berpikiran negatif akan adanya problem dalam tubuh kita, khususnya para istri. Bagi para pasangan yang dalam waktu dekat akan menikah atau baru saja menikah, ini adalah saat yang tepat untuk memperhatikan tips hamil berikut, agar kehamilan dapat direncanakan dengan baik.

5 Tips cepat hamil, yang sebaiknya dipahami oleh setiap pasangan adalah :

  1. Masa Subur. Wanita harus mengetahui dan memahami kapan masa suburnya. Hubungan yang dilakukan di luar masa subur, sudah tentu tidak akan menyebabkan kehamilan. Jadi ini adalah faktor yang paling penting. Nah, sayangnya banyak sekali wanita (dan juga para suami) yang ternyata tidak memahami kapan masa subur terjadi. Baca artikel: Perhitungan Masa Subur untuk mendapatkan detail cara penghitungan ovulasi (masa subur).
  2. Jika sebelumnya istri mengonsumsi atau menggunakan kontrasepsi, disarankan untuk menghentikan atau melepaskan alat kontrasepsi tersebut. Jika istri punya riwayat penggunaan kontrasepsi (seperti pil atau KB suntik), maka harap dimaklumi jika butuh jeda beberapa waktu agar siklus menstruasi dan hormonal kembali normal seperti sediakala. Ketika siklus menstruasi sudah kembali teratur dan lancar, maka itu salah satu pertanda bahwa proses reproduksi telah berfungsi normal seperti sebelumnya.
  3. Medical Check-up. Pemeriksaan laboratorium ini bahkan dianjurkan untuk dilakukan sebelum pasangan menikah. Alasannya sederhana saja: untuk melakukan skrining apakah ada hal-hal yang dapat membahayakan kehamilannya (misal: infeksi virus toxoplasma, hepatitis, dan lainnya). Selain itu, pada pemeriksaan check-up ini juga bisa diketahui secara dini, apabila ada gangguan pada organ maupun sistem fungsional organ reproduksi.
  4. Hubungan Seksual. Jika ketiga hal di atas sudah dilakukan dan dipahami, maka hal berikutnya adalah kapan melakukan hubungan seksual. Karena penetapan masa subur tidak bisa 100% akurat, itulah sebabnya bagi para pasangan yang sedang dalam program untuk mendapatkan kehamilan, disarankan untuk berhubungan minimal 2 hari sekali di rentang waktu perkiraan masa subur. Alasannya adalah karena sel sperma bisa bertahan hingga 2-3 hari, sehingga diharapkan tetap ada peluang untuk bertemu dengan sel telur. "Kalau berhubungan seksual setiap hari boleh ga Dok?" Ya tentu saja boleh :)
  5. Suplemen. Walau tidak bersifat mutlak, tapi suplemen merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan perencanaan kehamilan. Suplemen yang dimaksud disini tidak hanya melulu tentang suplemen dalam bentuk vitamin (walau vitamin seperti asam folat, vitamin E juga penting untuk persiapan kehamilan), tapi juga "suplemen" dalam hal komunikasi antar pasangan, doa (spiritual), dan kondisi jiwa dan emosional yang sehat (faktor psikologis).

Berbekal 5 tips cepat hamil di atas, diharapkan pasangan yang ingin mendapatkan momongan dapat segera mendapatkan yang diinginkan.

Artikel oleh: dr. Adhiatma Gunawan (@adhiatma)


]]>
Tue, 10 Jan 2017 17:40:49 +0700Hamil
Tips Posisi Berhubungan Badan Agar Cepat Hamil http://meetdoctor.com/article/hubungan-intim-agar-cepat-hamil http://meetdoctor.com/article/hubungan-intim-agar-cepat-hamil Dengan hubungan intim, diharapkan seorang wanita dapat hamil. Umumnya, kehamilan adalah hal yang paling dinanti, terlebih lagi bagi pasangan yang baru saja menikah dan ingin segera memiliki momongan. Sayangnya, keinginan tersebut tak selalu terwujud sesuai rencana. Ada beberapa pasangan yang dengan mudah memperoleh kehamilan, ada juga yang membutuhkan waktu lama untuk hamil.

Lalu, hubungan intim yang bagaimana, yang bisa membuat cepat hamil ?

Ada beberapa cara berhubungan intim yang dapat Anda lakukan agar cepat hamil, mulai dari posisi berhubungan intim, hitung masa subur, ataupun beberapa cara lain untuk menghasilkan kehamilan.

Ada yang beranggapan, beberapa posisi berhubungan badan dapat membuat wanita cepat hamil, hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Pasalnya, menurut sebuah penelitian, ada dua posisi yang dapat membuat pembuahan menjadi lebih cepat, yaitu posisi misionaris dan doggy style. Pada posisi doggy style, memungkinkan penetrasi terjadi lebih dalam, sehingga menempatkan sperma langsung ke serviks (pada saaat rahim Anda terbuka).

Sedangkan, pada posisi misionaris, akan memastikan penis mencapai tepat di depan leher rahim. Tidak hanya itu, Anda pun bisa mencoba posisi lain, misalnya saja posisi berdiri atau posisi wanita di atas. Jadi, pada dasarnya, Anda bisa mencoba berbagai gaya dalam berhubungan intim untuk cepat mendapatkan kehamilan. 


Apakah Wanita Perlu Mengalami Orgasme?

Orgasme pada wanita memang diperlukan saat berhubungan intim. Meski, memang belum ada penelitian yang menunjukkan, apakah seorang wanita yang mencapai orgasme bisa cepat hamil. Namun, orgasme pada wanita menyangkut tentang kepuasan dan kesenangan yang dicapai saat berhubungan intim. Hal ini tidak membantu sperma mencapai sel telur.

Lalu, bagaimana dengan posisi berhubungan intim yang bisa mendapatkan anak laki-laki atau perempuan?
Banyak orang percaya dengan hal tersebut, bahwa jika Anda berhubungan intim dengan posisi wanita di atas, bisa mendapatkan anak perempuan. Sebaliknya, jika pria yang berada di atas, maka bisa menghasilkan anak laki-laki. Namun, sampai saat ini belum ada fakta dari penelitian mengenai hal ini.


Apakah setelah berhubungan intim, wanita harus berbaring terlebih dahulu agar cepat hamil?

Hal ini bisa jadi untuk membuat sperma lebih lama tinggal di dalam vagina dan leher rahim. Jadi, ketimbang Anda langsung berdiri, disarankan untuk berbaring selama 30 menit setelah berhubungan intim. Selain itu, Anda pun bisa mencoba untuk berbaring telentang atau tidur dengan pinggul yang disangga bantal. Sehingga posisi pinggul lebih tinggi. Tujuannya supaya sperma dapat masuk melalui serviks, ke uterus dan masuk ke tuba falopi. Tidak hanya itu, ada trik lain yang bisa Anda lakukan setelah berhubungan intim, yaitu mengangkat kaki ke atas dan mendiamkannya selama beberapa menit setelah berhubungan intim. 

Tapi, di luar dari beberapa cara di atas tadi, berhubungan intim yang cepat menghasilkan kehamilan adalah berhubungan intim secara teratur. Yaitu dengan melakukan hubungan intim dua hingga tiga kali dalam seminggu, akan membuat kesempatan hamil lebih besar, dibandingkan dengan hanya melakukan hubungan intim satu kali dalam seminggu. (DV)

Ditinjau Oleh: dr. Rahajeng A.P


]]>
Mon, 23 Jan 2017 14:32:43 +0700Kesehatan Seksual
Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat http://meetdoctor.com/article/menyembuhkan-asam-urat-tanpa-obat http://meetdoctor.com/article/menyembuhkan-asam-urat-tanpa-obat Dari berbagai macam penyakit yang diakibatkan gaya hidup, asam urat merupakan penyakit yang sekarang mulai banyak mendapat perhatian. Pasalnya, asam urat sekarang tidak lagi diidentikkan dengan penyakit yang hanya menyerang orang lanjut usia, karena orang muda usia 30-an pun sudah mulai banyak yang menunjukkan gejala terserang penyakit ini. Sakit yang juga disebut gout arthritis ini disebabkan menumpuknya kadar asam urat dalam darah yang tak mampu dikeluarkan oleh ginjal.
 
Asam urat berasal dari hasil metabolisme purin, semacam protein yang sumbernya banyak berasal dari produk hewani dan minuman yang mengandung alkohol. Purin dalam jumlah kecil bermanfaat bagi metabolisme tubuh, tetapi purin dalam jumlah banyak akan mengakibatkan penumpukan kadar asam urat yang tak bisa dikeluarkan tubuh sehingga kita pun terserang asam urat. Coba perhatikan orang-orang yang masih muda sudah terserang asam urat; mereka umumnya biasa mengonsumsi makanan dengan kadar purin yang berlebihan tanpa mengimbanginya dengan makanan sumber nutrisi lain.
 

Bisakah menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat ?

Tujuan pengobatan asam urat sebenarnya bukanlah menghabiskan kadar purin di dalam tubuh sama sekali, melainkan menguranginya sampai ke batas normal dan mempertahankannya dalam jumlah wajar tersebut sampai tidak lagi mengganggu fungsi tubuh. Untuk penyakit asam urat yang parah, dokter biasanya akan membuat resep sembari menyarankan gaya hidup dan pola makan sehat. Akan tetapi, ketika Anda baru merasakan gejala ringannya, ada baiknya Anda mencoba menyembuhkannya sendiri dengan melakukan modifikasi gaya hidup.
 
Bagaimana caranya? Prinsipnya mudah sekali: jangan biarkan purin menumpuk dalam tubuh Anda sampai tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal! Berikut ini adalah beberapa cara menyembuhkan asam urat tanpa harus ke dokter atau minum obat resep terlebih dahulu:
  • Kurangi jenis makanan yang banyak mengandung purin. Makanan ini biasanya berupa sumber protein hewani seperti udang, kepiting, kuning telur, daging sapi, kambing dan babi, ayam, otak dan jeroan. Jika ingin mengonsumsi sumber protein, konsumsilah protein murni seperti putih telur, protein nabati, serta protein yang merupakan sumber asam lemak esensial seperti ikan salmon dan tuna.
  • Perbanyak makan makanan yang bisa melancarkan pencernaan dan proses sirkulasi, misalnya makanan yang mengandung banyak vitamin, mineral dan serat. Sayur-sayuran segar dan buah adalah kandidat yang baik untuk makanan sehari-hari bagi penderita asam urat.
  • Minum banyak air putih, sekitar 2 liter per hari atau bahkan lebih saat asam urat sedang parah-parahnya. Ini bisa membantu melancarkan aktifitas ginjal dan kandung kemih sehingga makin banyak zat purin yang terbuang dari dalam tubuh.
  • Imbangi diet sehat dengan olahraga untuk semakin melarutkan dan membuang asam urat dari dalam tubuh. Jika merasa kesakitan, tidak perlu memaksa melakukan olahraga berat; cobalah angkat beban ringan, yoga, jalan kaki atau bersepeda perlahan-lahan, dan lakukan dengan konsisten setiap minggu.
Cobalah dulu semua langkah pengobatan asam urat alami ini sebelum Anda menemui dokter. Jika Anda bisa menyembuhkan dan menjaga kadar asam urat sendiri secara alami, bukankah jauh lebih bagus?
 
Reviewed by: dr. Adhiatma Gunawan (@adhiatma)

]]>
Fri, 20 Jan 2017 17:02:14 +0700Asam Urat
Masturbasi, Apa Manfaatnya? http://meetdoctor.com/article/masturbasi-apa-manfaatnya http://meetdoctor.com/article/masturbasi-apa-manfaatnya Masturbasi adalah cara menstimulasi alat kelamin, untuk melampiaskan gairah dan kesenangan seksual, hingga mencapai titik orgasme atau klimaks seksual. Bermasturbasi biasanya dilakukan dengan cara menyentuh, membelai atau memijat penis atau klitoris hingga orgamse tercapai. Bahkan, ada beberapa wanita yang menggunakan vibrator saat bermasturbasi.

Masturbasi atau onani merupakan perilaku yang sangat umum. Dalam sebuah penelitian nasional disebutkan, bahwa sebanyak 95% laki-laki dan 89% wanita melakukannya untuk orgamse, bahkan saat mereka sudah memiliki pasangan. Kebanyakan orang terus melakukan bermasturbasi di masa dewasa dan banyak juga diantara mereka yang melakukannya di sepanjang hidup mereka.

Bagi sebagian orang, bermasturbasi adalah cara terbaik dalam melampiaskan gairah seksual. Terutama, bagi mereka yang tidak memiliki pasangan. Selain itu, bermasturbasi juga merupakan cara aman untuk menghindar dari risiko kehamilan, serta penularan penyakit seksual.

Tak hanya itu, bermasturbasi juga seringkali dijadikan pilihan oleh terapis saat seseorang mengalami disfungsi seksual, agar mereka dapat mengalami orgamse, terutama pada wanita dewasa. Namun, beberapa orang justru menganggap bermasturbasi adalah penyimpangan perilaku. 


Aktivitas menyenangkan
Bermasturbasi masih dianggap sebagai sesuatu hal yang dianggap tabu untuk dilakukan. Bahkan, seringkali dianggap sebagai penyimpangan mental. Padahal dari segi medis, bermasturbasi justru memiliki manfaat bagi kesehatan dan kegiatan seksual yang minim risiko. Referensi medis menyatakan bahwa bermasturbasi adalah aktivitas seksual normal yang menyenangkan, memuaskan serta aman.

Selain itu, bermasturbasi juga dilakukan sebagai langkah awal untuk melakukan pengujian kualitas sperma pada laki-laki. Bahkan, bermasturbasi jika dilakukan dengan batas kewajaran, tidak akan menimbulkan efek yang dapat membahayakan tubuh. Para ahli juga menunjukkan, bahwa bermasturbasi dapat meningkatkan kesehatan seksual dengan pasangan.


Pada beberapa orang, bermasturbasi ini untuk memperbaiki mood. Hal itu disebabkan, saat seseorang bermasturbasi, maka ia akan mendapatkan kenikmatan seksual dan kepuasaan saat sudah mencapai klimaks. Kondisi tersebut tentu saja, dapat membuat seseorang merasa senang.

Hal tersebut tidak memiliki risiko pada kesehatan. Namun, ada kemungkinan mengalami iritasi pada kulit. Karena itu, Anda dapat mensiasatinya dengan menggunakan pelumas  saat melakukan kegiatan tersebut. (PR)

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P


]]>
Tue, 17 Jan 2017 16:32:29 +0700Kesehatan Seksual
Beberapa Titik Rangsang Pria yang Patut Anda Jelajahi http://meetdoctor.com/article/zona-erotis-pria-kenali-dan-beri-sentuhan http://meetdoctor.com/article/zona-erotis-pria-kenali-dan-beri-sentuhan Tak sedikit wanita yang beranggapan, zona erotis atau titik sensitif pria hanya berada di satu titik. Padahal, sama seperti wanita, pria memiliki beberapa zona erotis yang bisa dieksplorasi unruk membangkitkan hasratnya.

Berikut ini area-area yang bisa jadi sasaran sentuhan Anda untuk menggoda pasangan. Buat si dia menikmati setiap sentuhan Anda, sebelum menikmati “menu  utama”.

1. Zona erotis di area telinga
Pada pria, telinga adalah area yang dipenuhi ujung-ujung saraf yang sensitif. Gunakan jari telunjuk dan ibu jari Anda untuk memijat daun telinga dengan gerakan pelan dan tegas. Anda bisa juga menekan bagian telinga luar yang lunak dan mencium bagian belakang telinganya.

2. Zona erotis pada leher pria
Bagian leher merupakan bagian yang dapat dengan cepat menstimulasi pria. Ciumilah leher secara bergantian dengan bagian telinga belakang suami Anda. Cobalah gigit lembut lehernya tanpa meninggalkan bekas. 


3. Zona erotis di bagian dada
Pria dengan dada bidang secara tidak langsung menggambarkan adanya kejantanan dan saat tahu area tersebut menarik perhatian Anda, dirinya pun dapat dengan mudah terstimulasi. Anda dapat memijat perlahan dada pasangan, mencium dan menyentuhnya. Anda dapat pula bereksplorasi dengan putingnya secara perlahan dan lembut.

4. Zona erotis pada paha bagian dalam
Tidak banyak yang tahu, namun zona erotis pria terletak juga pada bagian paha dalamnya. Menyentuh dan menciumnya dalam sesi foreplay dapat membuat pasangan Anda terstimulasi dengan lebih cepat.

5. Zona erotis pada lipatan paha atas
Garis yang membentuk selangkangan pria dan merupakan bagian sendi paha atas, merupakan area yang jika disentuh dapat menjadi zona erotis yang efektif. 


6. Zona erotis di sekitar penis 
Tentu saja, zona erotis utama pria terletak pada penisnya.  Penis adalah bagian yang paling sensitif milik pria, jadi perlakukanlah dengan lembut. Komunikasikan bagaimana gaya dan cara yang disukai pasangan Anda, agar zona erotisnya yang satu ini terpuaskan.

Bagian lainnya adalah perineum, yang terletak di antara bagian skrotum atau kantung tempat penis berada dan anus pria. Area ini seringkali dilewatkan, padahal menyimpan banyak saraf sensitif bagi pria. Cobalah memijat dan mengelus perineum tepat sebelum pasangan mencapai orgasme.

Terakhir, bagian yang masih berada di sekitar kelamin dan menyimpan zona erotis lainnya adalah skrotum atau kantung kemaluan. Skrotum sangat sensitif dan cenderung rapuh dan tidak bisa menerima tekanan yang terlalu banyak, karena akan terasa sakit. Namun, sentuhan lembut akan membuat pasangan merasakan kenikmatan. Selamat mencoba! (PA)

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P


]]>
Mon, 23 Jan 2017 15:32:06 +0700Kesehatan Seksual
Minum 5 Suplemen Ini Mungkin Bisa Membahayakan Kesehatan Anda http://meetdoctor.com/article/minum-5-suplemen-ini-mungkin-bisa-membahayakan-kesehatan-anda http://meetdoctor.com/article/minum-5-suplemen-ini-mungkin-bisa-membahayakan-kesehatan-anda Kebanyakan suplemen dijual secara bebas di toko obat dan apotik. Minum suplemen merupakan ide yang bagus karena bisa membantu meningkatkan level kesehatan. Tapi, suplemen tertentu bisa menimbulkan beragam risiko ringan hingga berat seperti kematian, jika dikonsumsi dalam kondisi tertentu, kata Matilde Parente, M.D., penulis buku Healing Ways: An Integrative Sourcebook.

Suplemen tertentu juga harus dikonsumsi dengan hati-hati karena dapat mengubah cara kerja obat-obatan tertentu, kata Bill Gurley, Ph.D., seorang profesor  di University of Arkansas for Medical Sciences.

Jadi, konsultasikan dengan dokter sebelum Anda memutuskan mengonsumsi suplemen jenis apapun, saran Dr. Parente. Sebagai permulaan, ada baiknya Anda mengetahui  potensi bahaya yang mungkin timbul dari konsumsi beberapa suplemen. Berikut 5 suplemen yang mungkin bisa membahayakan kesehatan Anda:  

1. St. John Wort

St. John Wort bersifat mengencerkan darah, sebagai suplemen untuk kondisi heartburn dan antidepresan.

Meski memiliki banyak manfaat, St. John Wort memiliki beberapa risiko merugikan jika dikonsumsi  dengan beberapa jenis obat, kata Gurley. St. John Wort mengandung senyawa unik yang disebut Hiperofin, yang meningkatkan produksi enzim pencernaan.

Akibatnya, obat-obatan heartburn dan pengencer darah terurai sebelum mereka punya waktu untuk melakukan pekerjaan mereka di dalam tubuh. "Akhirnya, obat-obatan ini menjadi tidak efektif," kata Gurley.

St. John Wort juga meningkatkan produksi zat kimia di  otak yang disebut serotonin. Efek yang sama akan timbul jika kita minum obat antidepresan. Mengonsumsi obat antidepresan bersama St. John Wort bukannya akan meningkatkan mood, malahan Anda akan berisiko menghadapi situasi yang mengancam hidup yang disebut sindrom serotonin. Tanda-tandanya adalah  berkeringat, kejang, dan gerakan tidak terkoordinasi.

2. Ginkgo biloba

Suplemen ini akan bermasalah jika dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa  gingko biloba dapat mengurangi kecemasan, meningkatkan fungsi mental, dan bahkan melindungi Anda terhadap risiko demensia.

Tetapi, suplemen ini juga dapat mengubah cara tubuh Anda memproduksi atau merespons hormon insulin. Mungkin, penyebabnya adalah senyawa dalam ginkgo yang disebut ginkgolida.

Penderita diabetes yang mengonsumsi obat seperti metformin dan insulin untuk mencapai target gula darah tertentu, akan terganggu dengan ginkgo. Pasalnya, ginkgo akan mengganggu kerja obat, menyebabkan kadar gula menjadi terlalu tinggi atau terlalu rendah.

3. Goldenseal

Suplemen ini tidak cocok jika digabung dengan obat untuk mengatasi  disfungsi ereksi atau mereka yang alergi obat.

Goldenseal dipercaya dapat membantu mengobati  pilek atau masalah pernapasan lainnya, termasuk hidung tersumbat dan demam.

Tapi senyawa berberin dan hydrastine di dalamnya dapat mengurangi produksi enzim tertentu yang dibutuhkan tubuh untuk memecah beberapa jenis obat, kata Gurley, Ph.D.

Anda memerlukan enzim tertentu agar tubuh bisa memecah obat-obatan disfungsi ereksi seperti Viagra dan Allegra dengan benar. Jika Anda juga mengonsumsi goldenseal maka obat obatan itu akan lebih lama ada di dalam tubuh Anda sehingga berisiko meningkatkan efek samping. Efek samping yang mungkin timbul adalah ereksi terlalu lama (bisa selama empat jam), sakit kepala, pusing, atau kesulitan bernapas.

4. Suplemen pra-olahraga berkafein

Sebaiknya suplemen ini tidak dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah jantung.

Penelitian menunjukkan dosis kecil kafein dapat meningkatkan kinerja atletik, setidaknya pada atlet terlatih, demikian kata studi dari University of Georgia. Suplemen ini bisa memberikan tenaga ekstra untuk berolahraga. Tapi, ada potensi bahaya bagi mereka dengan masalah kesehatan seperti penyakit jantung atau tekanan darah tinggi. Pasalnya, ada beberapa produsen suplemen berkafein tidak mencantumkan  dosis kafein yang terkandung di dalam produknya.

Kafein yang berlebihan, 600 miligram atau lebih perhari, bisa menguras jumlah kalium dalam darah Anda. Ini dapat menyebabkan aritmia atau bahkan kematian.

5. Echinacea

Echinacea berpotensi menimbulkan masalah pada mereka yang memiliki asma atau alergi.

Suplemen echinacea digunakan untuk menangkal pilek. Echinacea adalah suplemen yang dibuat dari keluarga tanaman Daisy.  Mereka yang memiliki asma atau alergi, jika mengonsumsi suplemen tanaman ini, akan menghadapi risiko kekambuhan.

Tanda-tanda yang mungkin terjadi adalah ruam dan masalah pernapasan. Dalam kasus yang jarang terjadi, supelemen ini juga dapat menyebabkan anafilaksis, atau gejala alergi yang mengancam jiwa, demikian menurut National Center for Complementary and Integrative Health.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Fri, 13 Jan 2017 13:23:54 +0700Health A-Z
Orgasme, Ini Fakta Yang Perlu Anda Ketahui http://meetdoctor.com/article/orgasme-ini-fakta-yang-perlu-anda-ketahui http://meetdoctor.com/article/orgasme-ini-fakta-yang-perlu-anda-ketahui Orgasme pada wanita memang hal yang biasa. Namun seringkali, tidak setiap kali berhubungan intim, wanita bisa mencapai orgasme. Pada sebagian wanita, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mencapai orgasme. Hal inilah yang seringkali menjadi alasan wanita untuk melakukan fake orgasm atau orgasme palsu.  Padahal, orgasme dapat dicapai melalui kerjasama dan interaksi yang baik dengan pasangan. 

Berikut beberapa fakta tentang orgasme pada wanita yang perlu ketahui:

Orgasme bisa hilangkan rasa sakit
Sering sakit kepala? Nah, mungkin saja Anda perlu melakukan hubungan seksual untuk menghilangkan sakit tersebut. Pasalnya, ada beberapa bukti bahwa orgasme dapat meringankan semua jenis nyeri, termasuk arthritis. Hal ini dikarenakan adanya oksitosin atau hormon cinta yang dihasilkan saat orgasme. 

Kondom tidak mempengaruhi kualitas orgasme
Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, apakah penggunaan kondom dapat mempengaruhi kualitas orgasme yang akan Anda capai? Sebenarnya, kondom tidak akan mempengaruhi kualitas hubungan seksual. “ Justru kondom dapat membantu pasangan lebih lama dalam berhubungan seksual, serta dapat menghindari ejakulasi dini,” ujar Debby Herbenick, PhD seorang ilmuwan di Indiana University. 

30 persen wanita sulit mengalami orgasme
Menurut statistik Planned Parenthood, sekitar 1 dari 3 wanita sulit mengalami orgasme ketika berhubungan seksual dan 80 % di antaranya mengalami kesulitan mencapai orgasme saat melakukan vaginal sex saja. Stimulasi pada bibir vagina saat berhubungan seksual dapat membantu mengatasi keluhan sulit orgasme; begitu pula dengan penggunaan obat-obatan. Bagi beberapa wanita, penggunaan testosterone (secara topikal atau dioles) atau beberapa obat-obatan dapat membantu mengatasi disfungsi seksual. Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas penggunaan obat tersebut.


Orgasme berkaitan dengan usia
Tentu saja hal ini benar, pasalnya semakin bertambahnya usia Anda maka pengalaman seksual pun akan semakin banyak. Dengan semakin banyaknya pengalaman seksual yang dimiliki, umumnya wanita akan lebih percaya diri dan akhirnya makin mampu menikmati hubungan seksual yang ia lakukan.

Hal tersebut pun dikatakan oleh Dr. Herbenick, “Orgasme akan lebih mudah dicapai seiring dengan pertambahan usia”. Misalnya, pada populasi wanita berusia 18-24 tahun, hanya 61 % wanita yang  mengalami orgasme saat berhubungan seksual; sedangkan pada populasi wanita berusia sekitar 30 tahun,  65 % wanita mencapai orgasme. Persentase tercapainya orgasme  tersebut kian meningkat menjadi sekitar 70 % pada populasi wanita berusia 40-50’an. 
 


Perlu waktu 

Pada beberapa wanita, orgasme memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan orgasme pada pria. Namun, hal tersebut sangat normal terjadi. Paling tidak wanita membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mencapai klimaksnya. Nah, untuk membantu wanita mencapai klimaks, tentunya dibutuhkan kerjasama dengan pasangan. Jika pasangan Anda mencapai orgasme lebih cepat, bantulah ia untuk memperlambat pencapaian orgasme tersebut.

Kontrol pikiran serta penekanan kuat pada pangkal penis umumnya dapat membantu memperlambat ejakulasi. Namun, jika pasangan Anda mengalami ejakulasi dini, sebaiknya konsultasikanlah segera kepada dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (DV)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan


]]>
Fri, 20 Jan 2017 10:08:54 +0700Kesehatan Seksual
Tips Agar Asam Urat Cepat Sembuh http://meetdoctor.com/article/tips-agar-asam-urat-cepat-sembuh http://meetdoctor.com/article/tips-agar-asam-urat-cepat-sembuh Pernahkah Anda mengalami sensasi sendi-sendi jari, siku dan lutut Anda serasa sangat sakit dan terbakar, terutama di malam hari? Jika Anda sering mengalaminya, kemungkinan Anda menderita asam urat (gout). Ini terjadi ketika konsumsi zat purin yang berlebihan mengakibatkan munculnya kristal-kristal purin di dalam darah yang kemudian mengumpul di sendi, mengakibatkan rasa nyeri yang luar biasa dan mirip dengan gejala rematik.
 
Walaupun sering dikaitkan dengan penyakit orang tua, asam urat jaman sekarang banyak juga yang menyerang orang yang relatif muda, karena gaya hidup dan pola makan kurang sehat.
Terkena asam urat tentunya sesuatu yang menyusahkan, karena sangat mengganggu aktifitas sehari-hari dan membuat Anda susah tidur nyenyak. Lalu, bagaimana caranya agar asam urat tak lagi mengganggu Anda? Tentunya dengan cara mengadopsi, cara mengobati asam urat yang paling manjur.
 
Jenis-jenis Obat Asam Urat
Ketika asam urat Anda makin parah sampai menyerang sendi, biasanya dokter akan meresepkan obat-obatan yang memiliki beberapa fungsi sekaligus; untuk mengurangi kadar kristal dalam sendi, mengurangi peradangan yang diakibatkan penumpukan kristal tersebut, serta mengurangi rasa sakitnya agar Anda tidak begitu tersiksa lagi terutama di malam hari. Selain untuk mengatasi gejala tersebut, ada juga obat yang diresepkan untuk dikonsumsi dalam jangka panjang agar kadar asam urat bisa turun perlahan-lahan.
Berikut adalah beberapa jenis obat umum yang mungkin akan diresepkan dokter ketika Anda didiagnosis menderita asam urat:
  • Obat yang gunanya untuk mengurangi radang terutama pada daerah sendi akibat asam urat, misalnya indometasin (NSAID), naproxen dan prednisone (sejenis kortikosteroid). Indometasin dan naproxen biasanya diminum, sedangkan untuk prednisone ada yang diminum dan ada yang disuntikkan. Khusus untuk indometasin dan naproxen biasanya diresepkan untuk membantu meringankan nyeri sendi yang datang tiba-tiba.
  • Obat yang fungsinya menyetop produksi asam urat dalam tubuh sebelum sempat bermetabolisme, misalnya Allopurinol. Ini adalah obat yang diperuntukkan untuk pengobatan jangka panjang, tetapi jika diminum berlebihan, efek sampingnya adalah kerusakan hati.
  • Obat yang fungsinya mengurangi kadar asam urat dalam darah, misalnya probenesid dan sulfynpirazone. Keduanya membantu menurunkan kadar asam urat dengan cara membuat semakin banyak asam urat keluar lewat air kencing.
Pastikan Anda mengunjungi dokter dan sudah membicarakan rencana pengobatan jangka panjang sebelum mengonsumsi obat-obatan ini, karena semuanya memiliki efek samping yang lumayan parah dan bahkan dapat membuat asam urat bertambah parah jika diminum sembarangan.
 
Kebiasaan untuk Mengimbangi Konsumsi Obat Asam Urat
Ingin agar asam urat Anda lekas sembuh? Jangan hanya mengandalkan obat saja! Pastikan Anda juga melakukan gaya hidup yang baik untuk memastikan agar asam urat tidak lagi mengganggu Anda, misalnya dengan menghindari makanan yang membuat kadar asam urat di dalam darah meningkat karena banyak mengandung purin. Makanan semacam ini contohnya adalah hidangan laut macam kepiting dan udang, ayam, telur, daging merah, hati, otak, jeroan dan protein hewani lainnya. Gula jagung berlebih dan minuman beralkohol seperti bir juga bisa meningkatkan resiko terserang asam urat.
 
Pastikan Anda banyak minum air putih, serta makan banyak buah, sayuran segar dan mengonsumsi protein yang berasal dari sumber non hewan seperti kedelai, jamur, terong.
Agar resiko asam urat semakin turun, pastikan Anda menjaga tubuh berada di berat badan yang ideal (tidak perlu terlalu kurus, asal tak berlebihan). Dengan demikian, Anda bisa mengurangi resiko terserang asam urat agar tak perlu minum obat terus.
 
Reviewed by: dr. Adhiatma Gunawan (@adhiatma)

]]>
Mon, 23 Jan 2017 17:02:11 +0700Asam Urat
Pantangan Ibu Hamil Demi Perkembangan Bayi http://meetdoctor.com/article/pantangan-ibu-hamil http://meetdoctor.com/article/pantangan-ibu-hamil Apakah ada makanan yang menjadi pantangan ibu hamil ? Saat hamil, kebanyakan ibu hamil mengalami kesulitan untuk makan. Bahkan setelah melewati trimester pertama yang penuh dengan gejala morning sickness bukan berarti kesulitan makan jadi berakhir. Segala makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu hamil tentunya akan membawa dampak bagi janin yang dikandungnya.

Mengonsumsi makanan dan minuman sembarangan bisa saja membawa dampak yang membahayakan bagi perkembangan bayi. Oleh sebab itu, disarankan para ibu hamil beserta pasangannya mencermati ragam asupan yang dikonsumsi.

Adapun beberapa hal yang menjadi pantangan ibu hamil , yaitu:

  • Makanan Mentah atau Setengah Matang
    Semangkuk piring dengan tambahan telur setengah matang ataupun sushi beraneka rasa, mungkin memang nampak menggiurkan. Namun, sajian nan lezat ini rupanya memiliki bahaya yang terselubung bagi ibu hamil. Pada makanan setengah matang bahkan mentah, biasanya masih mengandung bakteri-bakteri yang tidak mati seperti pada hidangan yang dimasak hingga matang. Bakteri, virus maupun parasit ini bisa mempengaruhi perkembangan otak dan pertumbuhan bayi dalam kandungan

  • Hot dog, Susu yang Tidak Dipasteurisasi
    Panganan-panganan ini rentan terhadap bakteri listeria monocytogenes, sebuah bakteri penyebab listeriosis yang menyebabkan keguguran, terlahir dalam kondisi mati dan penyakit bawaan lainnya
     
  • Hewan Laut
    Hewan laut yang dimasak hingga matang dapat memberikan nutrisi penting bagi pembentukan tubuh dan otak janin. Pada masakan seafood yang setengah matang, dikhawatirkan efek merkuri masih bertahan.

    Pilihlah ikan salmon, udang, tuna, sarden, nila, juga lele yang mengandung tinggi protein baik bagi ibu hamil. Namun, konsumsi seafood ini pun ada batasnya, tidak boleh lebih dari enam ons per minggunya
     
  • Sayuran Mentah
    Pusat Riset Gizi di Amerika bahkan tidak menyarankan orang yang tidak hamil untuk memakan sayuran mentah. Bakteri yang berkembang dalam bagian-bagian sayuran mustahil hilang hanya dengan cara dicuci

     

  • Minuman Dalam Kemasan
    Minuman yang mengandung alkohol, serupa wine, bir dapat mengakibatkan janin kekurangan oksigen dikarenakan sifat bawaan minuman-minuman tersebut yang mengikat oksigen dalam darah.

    Kafein maupun teh pun tak lantas aman dikonsumsi bagi ibu hamil. Berdasarkan penelitian, kafein dan teh dapat meningkatkan resiko keguguran jika dikonsumsi secara berlebih, batasi pengkonsumsian sebanyak 200 miligram saja perhari
     
  • Suplemen
    Bahkan suplemen herbal sekalipun, tak lantas aman bagi ibu hamil. Suplemen yang mengandung kafein, guarana, kola, sirih, citrum, yohimbe, dan cocoa dapat meningkatkan resiko bayi terlahir cacat. Baiknya, konsumsilah vitamin yang disarankan oleh dokter kandungan Anda.

Setelah mengetahui Pantangan Ibu Hamil, hal terpenting adalah cermati dan pertimbangkan dengan seksama ragam asupan yang akan dikonsumsi. Sedikit cemilan seperti keripik kentang, es krim dan kue kecil sebenarnya tidak dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Namun, alangkah baiknya jika makanan sehat yang ibu hamil konsumsi memiliki kandungan yang bergizi, karena makanan sehat bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan Anda para ibu, melainkan harus turut memenuhi kebutuhan janin dalam kandungan.


]]>
Wed, 11 Jan 2017 14:00:39 +0700Hamil
5 Pertanyaan tentang Seks yang Malu Anda Tanyakan Langsung ke Dokter (Part-2) http://meetdoctor.com/article/5-pertanyaan-tentang-seks-yang-malu-anda-tanyakan-langsung-ke-dokter-part-2 http://meetdoctor.com/article/5-pertanyaan-tentang-seks-yang-malu-anda-tanyakan-langsung-ke-dokter-part-2 Seks masih menjadi hal yang tabu untuk dibicarakan. Tidak hanya pada orang lain, pada dokter pun banyak yang enggan untuk terbuka soal seks. Alih-alih bertanya langsung ke pada dokter, mereka lebih memilih bertanya lewat media online. Ini adalah bagian kedua kumpulan pertanyaan mengenai seks namun lebih fokus kepada info seputar kehamilan yang masuk ke Meetdoctor. Jawaban diberikan oleh tim dokter kami. 

1. Hamilkah jika penis ma suk setengah dan selaput dara berdarah?
Dari info yang Anda berikan, kemungkinan memang terjadi robekan pada selaput dara. Sebelum terjadi ejakulasi, tentu ada cairan preejakulat yang keluar dari penis. Di dalam cairan preejakulat tersebut mungkin ada  sel sperma. Jadi, risiko hamil bisa saja ada tapi kecil kemungkinannya. Jika Anda sudah mendapat menstruasi setelah berhubungan terakhir, tentu artinya Anda tidak hamil. Untuk memastikannya, lakukan tes menggunakan test pack yang bisa Anda beli di apotik pada hari pertama hingga ke lima setelah terlambat haid di bulan berikutnya. 

2. Apakah bisa menyebabkan kehamilan jika berhubungan saat sedang menstruasi dan kondom robek tapi penetrasi tidak terlalu dalam? Apakah selaput dara saya robek?
Kehamilan mungkin terjadi apabila sel telur yang telah matang dibuahi oleh sel sperma dan itu hanya dimungkinkan melalui penetrasi seksual.  Apabila Anda belum pernah melakukan hubungan seksual bersama pasangan maka kemungkinan terjadinya kehamilan sangat kecil. Meski demikian, adanya akses sperma menuju liang vagina yang terjadi saat penetrasi, tetap saja memungkinkan terjadinya kehamilan. 

Selaput dara berbeda-beda bentuknya, ada selaput yang terlalu tebal sehingga menutupi keseluruhan liang vagina, dan ada pula yang sangat tipis, hingga sudah robek tanpa disadari, bahkan sebelum terjadi penetrasi alat kelamin. Oleh sebab itu, tidak selayaknya keutuhan selaput dara dijadikan ukuran keperawanan. 


3. Apakah menelan sperma bisa membuat hamil?
Jika sperma telah tertelan masuk ke  dalam sistem pencernaan, artinya sperma tersebut akan mati dan tidak akan menyebabkan kehamilan seperti yang Anda khawatirkan. 

4. Apakah jika wanita terangsang dan orgasme bisa keluar cairan kental berwarna putih dengan aroma seperti sperma? 
Keluarnya cairan putih saat terjadi rangsangan seksual merupakan fenomena yang normal dan dapat bermanfaat sebagai pelumas saat proses penetrasi.  Awalnya, akan terjadi pelebaran pembuluh darah di sekitar dinding vagina dan terjadilah transudasi (produksi cairan lubrikan). Volume, warna, dan bau cairan pelumas yang diproduksi tidaklah sama antara satu wanita dengan wanita lainnya, tergantung kadar hormon reproduksi, tingkat orgasme, dan lain sebagainya.  


5. Apakah bisa hamil jika melakukan hubungan seks sehari setelah mens?

Untuk mengetahui kapan interval masa subur, hal pertama yang harus diketahui adalah bagaimana siklus menstruasi Anda dalam enam bulan terakhir ini. Setelah itu,  baru dapat dihitung kapan masa subur Anda. 

Memgenai apakah ada kemungkinan hamil, saya kira jika Anda melakukan hubungan seks sehari setelah selesai haid, maka kemungkinan terjadi kehamilan sangat minim.(LT)


]]>
Tue, 17 Jan 2017 16:49:38 +0700Kesehatan Seksual
5 Makanan Ini Menjadi Pantangan Bagi Penderita Asam Urat http://meetdoctor.com/article/5-makanan-yang-wajib-dihindari-penderita-asam-urat http://meetdoctor.com/article/5-makanan-yang-wajib-dihindari-penderita-asam-urat Apakah ada makanan tertentu yang wajib dihindari atau pantangan bagi penderita asam urat ? Asam urat adalah suatu penyakit radang yang diakibatkan oleh tingginya kadar asam urat dalam tubuh yang menumpuk. Salah satu kunci dalam manajemen penyakit asam urat adalah menjaga asupannya. Makanan dengan kadar purin yang tinggi sebaiknya dihindari oleh pasien asam urat. Berikut akan dijabarkan daftar makanan yang sebaiknya dihindari.


Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi, kambing, babi, bacon, termasuk makanan yang memiliki kadar purin yang tinggi. Penderita asam urat sebaiknya menghindari atau membatasi asupan yang kadar purinnya tinggi.


Ikan Sarden dan Mackerel

Walaupun tinggi protein, ikan umumnya juga memiliki kadar purin yang tinggi. Ikan sarden, mackerel, tuna termasuk jenis ikan yang sebaiknya dihindari.


Udang

Selain jenis ikan, pada umumnya hidangan laut termasuk golongan asupan dengan kadar purin tinggi. Selain itu, perlu diingat juga bahwa udang merupakan sumber asupan tinggi kolesterol, jadi sebaiknya konsumsi dibatasi demi kesehatan kita.


Sayur Bayam

Banyak orang berpikir bahwa sayuran adalah sumber mineral yang baik untuk kesehatan. Ya, memang benar. Tapi bagi penderita asam urat, harus berhati-hati, karena sayuran seperti asparagus, bayam memiliki kadar purin yang cukup tinggi.

Yang penting adalah mengontrol jumlah asupan yang mengandung purin agar tidak berlebih.


Tahu Tempe

Tahu dan tempe dikenal sebagai hidangan sehari-hari masyarakat Indonesia. Selain murah, tahu dan tempe juga merupakan sumber protein. Tapi, tahu tempe berbahan dasar kedelai yang merupakan sumber asupan yang tinggi kadar purinnya.

Selain mengatur diet makanan, yang juga tak kalah pentingnya adalah melakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam darah secara berkala. Umumnya dengan kombinasi diet yang tepat dan obat resep dari dokter, kadar asam urat dalam darah akan terkontrol dengan baik.


]]>
Fri, 20 Jan 2017 14:16:15 +0700Asam Urat
Hindari 7 Makanan Ini Sebelum Berhubungan Badan http://meetdoctor.com/article/hindari-7-makanan-ini-sebelum-berhubungan-badan http://meetdoctor.com/article/hindari-7-makanan-ini-sebelum-berhubungan-badan Makanan tertentu bisa membuat Anda dan pasangan lebih bergairah dan tahan lama berhubungan badan. Inilah yang dinamakan afrodisiak.

Misalnya, cokelat yang dipercaya bisa menambah gairah seksual bila dimakan sebelum berhubungan badan. Atau, avokad yang baik untuk jantung Anda sehingga aliran darah pun dapat mengalir dengan lancar dan membuat seks makin memuaskan. Demikian pula stroberi yang mengandung asam folat dan vitamin B sehingga dapat meningkatkan jumlah sperma. 

 

Namun, jangan coba-coba mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini sebelum berhubungan badan. Pasalnya, makanan ini malah bisa membuat Anda atau pasangan kehilangan gairah seksual. Apa saja? Inilah daftar makanan yang dilarang dimakan bila Anda dan pasangan ingin berhubungan intim.


Hot dog

Hot dog merupakan makanan favorit bagi orang yang menyukai makanan cepat saji. Selain praktis, hot dog juga mengenyangkan dan gurih. Namun, jangan pernah mencoba memakan hot dog sesaat sebelum Anda berhubungan badan. Pasalnya, kandungan asam lemak jenuh yang tinggi pada hot dog bisa menganggu aliran darah ke penis dan vagina. 


Peppermint

Bau nafas yang tidak sedap yang berasal dari mulut memang sangat mengganggu, bahkan cenderung membuat Anda malas berdekatan. Biasanya, orang-orang akan mengulum permen supaya nafasnya bisa segar kembali.

Tapi, jangan pernah mengatasi bau nafas tak sedap dengan perman peppermint. Pasalnya, kandungan mentol pada peppermint akan menurunkan kadar testosteron dan mengurangi gairah seksual. Tidak hanya itu, mengunyah permen pun sebaiknya jangan Anda lakukan karena akan membuat Anda sebah dan bersendawa. Hal tersebut bisa membuat gairah pasangan Anda turun seketika. 


Kentang goreng

Sama halnya seperti hot dog, kentang goreng adalah makanan yang harus dihindari sebelum Anda berhubungan seks.

Pasalnya, kentang goreng mempunyai beragam dampak negatif. Minyak yang dipakai menggoreng mengandung lemak trans yang bisa mengurangi kadar testosteron dan mempengaruhi sirkulasi darah ke penis. Kandungan sodium (garam) dalam kentang goreng juga memicu tekanan darah tinggi sehingga mempersulit ereksi.  


Tahu

Salah satu makanan yang harus Anda hindari sebelum bercinta adalah tahu. Pasalnya, tahu mengandung fitostrogen yang tinggi sehingga bisa meningkatkan kadar estrogen.  Kadar estrogen yang terlalu tinggi akan menurunkan gairah seksual pada pria maupun wanita. Jadi, ada baiknya Anda mengganti tahu dengan telur yang kaya akan vitamin B5 dan B6 untuk menyeimbangkan libido anda.


Wine

Mengonsumsi terlalu banyak wine tidak dianjurkan sebelum Anda berhubungan intim. Pasalnya, konsumsi wine bisa menurunkan sensitivitas sentuhan dan mengurangi kenikmatan orgasme saat bercinta. Hal ini didasarkan pada studi yang dilakukan oleh University of Washington. Kesimpulan lainnnya adalah pria yang tidak mabuk lebih bisa mempertahankan ereksinya dibandingkan pria yang mabuk.


Minuman berenergi

Berhubungan badan memang menguras banyak sekali tenaga. Namun, menganggap minuman berenergi bisa membuat stamina lebih kuat adalah sebuah kekeliruan. Pasalnya, kandungan gula dan kafein pada minuman berenergi hanya membantu Anda lebih bertenaga dalam waktu sementara saja. Selebihnya, Anda akan lebih capek daripada sebelumnya. Lagi pula, minuman berenergi mengandung gula dalam jumlah banyak sehingga dapat menurunkan kadar testosteron. 


Oatmeal

Oatmeal memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sayangnya, oatmeal bukan sahabat berhubungan intim. Pasalnya, mengonsumsi oatmeal sebelum bercinta ternyata dapat menurunkan gairah seks. Alasannya adalah kandungan serat yang tinggi pada oatmeal dapat menyebabkan kembung dan gas di perut serta menurunkan gairah seks. (DV)

Ditinjau oleh dr. Jenni, M. Gizi, Sp.GK


]]>
Wed, 18 Jan 2017 16:27:08 +0700Kesehatan Seksual
6 Obat Asam Urat yang Alami http://meetdoctor.com/article/6-obat-asam-urat-yang-alami http://meetdoctor.com/article/6-obat-asam-urat-yang-alami Asam urat adalah penyakit radang yang diakibatkan tingginya kadar asam urat dalam tubuh sehingga kadar asam urat tersebut menumpuk. Walaupun terbilang tidak berbahaya, tapi asam urat sering kali dikeluhkan karena rasa nyeri yang cukup mengganggu. Misalnya, nyeri di sendi-sendi jari, siku dan lutut yang terasa sangat sakit dan terbakar, terutama di malam hari?

Meski penyebab asam urat beragam, tapi asam urat kebanyakan disebabkan kesalahan dalam pemilihan makanan. Misalnya, memakan makanan dengan kadar purin yang tinggi seperti daging merah, ikan sarden, udang, bayam, kembang kol, tahu, dan tempe. Oleh karena itu, obat asam urat yang terbaik adalah perbaikan pola makan

Nah, berikut ini obat asam urat yang alami:

  • Perbanyak minum air putih

Mengonsumsi air putih minimal 8 hingga 10 gelas per hari bertujuan untuk mengencerkan urine. Hal ini juga berfungsi untuk menghambat proses penumpukan asam urat yang berlebihan.


  • Mengurangi makanan yang mengandung purin

Salah satu penyebab terjadinya asam urat adalah terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung purin. Anda sebaiknya mulai mengurangi makanan yang bersumber dari protein hewani, seperti udang, kepiting, kuning telur, daging sapi, jeroan, kambing dan ayam. Jika Anda ingin mengonsumsi protein, Anda dapat memilih protein murni, seperti putih telur, dan sumber protein yang mengandung sumber asam lemak esensial seperti ikan salmon dan tuna.

  • Menjaga berat badan

Menjaga berat badan adalah salah satu cara mengobati asam urat yang cukup ampuh. Bila Anda melakukan diet sehat dan diimbangi dengan olahraga, kandungan asam urat yang berlebihan bisa larut dan dibuang oleh tubuh. Namun, Anda tak perlu melakukan olahraga berat jika Anda merasa kesakitan. Cobalah beberapa olahraga ringan, seperti yoga, jalan kaki dan bersepeda. Meski ringan, Anda harus melakukan olahraga ini secara teratur setiap minggu.


  • Makan makanan yang tepat

Salah satu cara menjaga berat badan sebagai pilihan obat asam urat yang alami adalah menjalani diet sehat. Anda bisa memulainya dengan memilih makanan yang termasuk karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran (bit, mentimun, daun selada, kentang, dan zucchini), dan produk susu yang rendah atau bebas lemak. 

  • Hindari yang manis

Obat asam urat yang alami adalah menghindari konsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan fruktosa atau pemanis buatan dalam jumlah tinggi. Misalnya, soda dan jus kemasan. Akan tetapi, jus alami tanpa gula tentu saja boleh Anda minum.


  • Stop minuman beralkohol

Tahukah Anda, meminum minuman beralkohol bisa menjadi penyebab asam urat. Bir, misalnya, mengandung kadar purin yang tinggi. Minuman beralkohol juga mengandung banyak kalori yang bisa menjadi penyebab berat badan naik. Jadi, hindarilah meminum minuman beralkohol sebagai obat asam urat yang alami.

Lalu, bagaimana jika asam urat Anda sudah termasuk parah? Anda sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter. Biasanya, dokter akan memberikan obat asam urat seperti indometasin (NSAID), naproxen, dan prednisone untuk mengurangi radang di daerah sendi, allopurinol sebagai penghambat produksi asam urat dalam tubuh sebelum sempat bermetabolisme, serta probenesid dan sulfinpyrazone yang berguna untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah melalui air kencing.

Semoga bermanfaat! (PR)

Ditinjau oleh dr. Fransisca Alvionita


]]>
Fri, 20 Jan 2017 14:00:59 +0700Asam Urat
Infeksi Pada Penis, Kenali Tandanya! http://meetdoctor.com/article/infeksi-pada-penis-kenali-tandanya http://meetdoctor.com/article/infeksi-pada-penis-kenali-tandanya Infeksi penis adalah momok yang menakutkan bagi pria. Mr P merupakan organ reproduksi pria yang berbentuk batang dan dilewati sperma serta urine dari dalam tubuh. Mr P terdiri dari kepala (glans) dan batang yang memiliki beberapa jaringan, termauk kulit, saraf, otot polos, dan pembuluh darah. 

Kesehatan penis merupakan suatu hal yang sangat penting bagi seorang pria karena berkaitan dengan mempertahankan dan mencapai ereksi, ejakulasi, serta bereproduksi. Jika kesehatan mr p diabaikan, masalah pada mr p bisa muncul. Selain berdampak pada diri Anda, masalah penis pun bsa berdampak pada bidang lain kehidupan Anda, misalnya berkurangnya rasa percaya diri. Dan, salah satu masalah pada mr p adalah infeksi menular seksual. 
Berikut beberapa tanda atau gejala jika Anda mengalami infeksi pada mr p:

•Keluar sesuatu dari mr p. Salah satu tanda atau gejala jika Anda mengalami infeksi pada mr p adalah keluar sesuatu dari mr p. Seperti cairan putih, kuning, atau hijau tebal dari ujung mr p. Hal ini mungkin menjadi suatu tanda dari gonorrhea (sebuah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae), terutama jika Anda pun mengalmai nyeri pada uretra atau sakit pada saat buang air kecil. 

•Sakit hanya pada bagian mr p saja. Sakit yang ditimbulkan akibat infeksi mr p tidak menjalar kemana-mana, jadi hanya pada bagian mr p saja. Pada penyakit sifilis primer, mr p akan menjadi keras dan sangat menyakitkan. Hal tersebut biasanya disertai dengan pembengkakan kelenjar getah bening di pangkal paha. 

•Nyeri pada mr p. Rasa sakit atau ketidaknyamanan sering kali terkait saat Anda buang air kecil, dan hal tersebut merupakan salah satu tanda infeksi menular sksual. 


•Melepuh atau luka pada penis. Hal ini biasnaya menimbulkan bintik-bintik merah pada penis yang menyebabkan gatal dan lecet di penis. Hal ini merupakan tanda dari herpes genital. Umumnya penis akan mengalami rasa sakit dan gatal, kemudian dua atau tiga hari kemudian baru akan mengalmi lecet. Luka herpes pun dapat muncul di sekitar paha atau bokong. 

•Bintik cokelat pada kemaluan. Bintik coklat pada daerah rambut kemaluan di sekitar penis biasanya merupakan kutu kemaluan yang dapat menyebabkan gatal yang biasa disebut ‘crabs’.

•Benjolan merah pada mr p dan skrotum, adalah kantong kulit yang membungkus testis.
Jika Anda mengalami tanda atau gejala di atas, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Nah, berikut bebebrapa hal yang dapat mempengaruhi kesehatan mr p, termasuk penyakit menular seksual:

Seks yang tidak aman, seperti berhubungan seksual tanpa kondom dan berganti-ganti pasangan

•Penyakit jantung atau diabetes, hal dikarenakan penyakit tersebut dapat menyebabkan disfungsi ereksi


•Obat tertentu atau perawatan, obat-obatan tertentu dalam pengobatan dapat mempengaruhi kesehatan penis. Contohnya operasi pengangkatan kelenjar prostat dan kanker prostat

Merokok, merokok dapat meningkatkan risiko disfungsi ereksi

•Kadar hormon, ketidakseimbangan hormon seperti kekurangan testoteron atau terlalu banyak hormon prolaktin sering dikaitkan dengan disfungsi ereksi

•Masalah psikologis, depresi dapat menyebabkan hilangnya libido, serta ereksi

•Kondisi neurologis, seperti stroke, cedera tulang belakang, multiple sclerosis, dan demensia

•Menua, kadar testoteron akan menurun jika usia ANda semakin bertambah tua. Hal ini menyebabkan penurunan minat seksual. 
 
Ditinjau oleh: dr. Aria Wibowo


]]>
Mon, 23 Jan 2017 15:56:41 +0700Kesehatan Seksual