MeetDoctor - Topic Health A Z http://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors http://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor http://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2017 Minum 5 Suplemen Ini Mungkin Bisa Membahayakan Kesehatan Anda http://meetdoctor.com/article/minum-5-suplemen-ini-mungkin-bisa-membahayakan-kesehatan-anda http://meetdoctor.com/article/minum-5-suplemen-ini-mungkin-bisa-membahayakan-kesehatan-anda Kebanyakan suplemen dijual secara bebas di toko obat dan apotik. Minum suplemen merupakan ide yang bagus karena bisa membantu meningkatkan level kesehatan. Tapi, suplemen tertentu bisa menimbulkan beragam risiko ringan hingga berat seperti kematian, jika dikonsumsi dalam kondisi tertentu, kata Matilde Parente, M.D., penulis buku Healing Ways: An Integrative Sourcebook.

Suplemen tertentu juga harus dikonsumsi dengan hati-hati karena dapat mengubah cara kerja obat-obatan tertentu, kata Bill Gurley, Ph.D., seorang profesor  di University of Arkansas for Medical Sciences.

Jadi, konsultasikan dengan dokter sebelum Anda memutuskan mengonsumsi suplemen jenis apapun, saran Dr. Parente. Sebagai permulaan, ada baiknya Anda mengetahui  potensi bahaya yang mungkin timbul dari konsumsi beberapa suplemen. Berikut 5 suplemen yang mungkin bisa membahayakan kesehatan Anda:  

1. St. John Wort

St. John Wort bersifat mengencerkan darah, sebagai suplemen untuk kondisi heartburn dan antidepresan.

Meski memiliki banyak manfaat, St. John Wort memiliki beberapa risiko merugikan jika dikonsumsi  dengan beberapa jenis obat, kata Gurley. St. John Wort mengandung senyawa unik yang disebut Hiperofin, yang meningkatkan produksi enzim pencernaan.

Akibatnya, obat-obatan heartburn dan pengencer darah terurai sebelum mereka punya waktu untuk melakukan pekerjaan mereka di dalam tubuh. "Akhirnya, obat-obatan ini menjadi tidak efektif," kata Gurley.

St. John Wort juga meningkatkan produksi zat kimia di  otak yang disebut serotonin. Efek yang sama akan timbul jika kita minum obat antidepresan. Mengonsumsi obat antidepresan bersama St. John Wort bukannya akan meningkatkan mood, malahan Anda akan berisiko menghadapi situasi yang mengancam hidup yang disebut sindrom serotonin. Tanda-tandanya adalah  berkeringat, kejang, dan gerakan tidak terkoordinasi.

2. Ginkgo biloba

Suplemen ini akan bermasalah jika dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa  gingko biloba dapat mengurangi kecemasan, meningkatkan fungsi mental, dan bahkan melindungi Anda terhadap risiko demensia.

Tetapi, suplemen ini juga dapat mengubah cara tubuh Anda memproduksi atau merespons hormon insulin. Mungkin, penyebabnya adalah senyawa dalam ginkgo yang disebut ginkgolida.

Penderita diabetes yang mengonsumsi obat seperti metformin dan insulin untuk mencapai target gula darah tertentu, akan terganggu dengan ginkgo. Pasalnya, ginkgo akan mengganggu kerja obat, menyebabkan kadar gula menjadi terlalu tinggi atau terlalu rendah.

3. Goldenseal

Suplemen ini tidak cocok jika digabung dengan obat untuk mengatasi  disfungsi ereksi atau mereka yang alergi obat.

Goldenseal dipercaya dapat membantu mengobati  pilek atau masalah pernapasan lainnya, termasuk hidung tersumbat dan demam.

Tapi senyawa berberin dan hydrastine di dalamnya dapat mengurangi produksi enzim tertentu yang dibutuhkan tubuh untuk memecah beberapa jenis obat, kata Gurley, Ph.D.

Anda memerlukan enzim tertentu agar tubuh bisa memecah obat-obatan disfungsi ereksi seperti Viagra dan Allegra dengan benar. Jika Anda juga mengonsumsi goldenseal maka obat obatan itu akan lebih lama ada di dalam tubuh Anda sehingga berisiko meningkatkan efek samping. Efek samping yang mungkin timbul adalah ereksi terlalu lama (bisa selama empat jam), sakit kepala, pusing, atau kesulitan bernapas.

4. Suplemen pra-olahraga berkafein

Sebaiknya suplemen ini tidak dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah jantung.

Penelitian menunjukkan dosis kecil kafein dapat meningkatkan kinerja atletik, setidaknya pada atlet terlatih, demikian kata studi dari University of Georgia. Suplemen ini bisa memberikan tenaga ekstra untuk berolahraga. Tapi, ada potensi bahaya bagi mereka dengan masalah kesehatan seperti penyakit jantung atau tekanan darah tinggi. Pasalnya, ada beberapa produsen suplemen berkafein tidak mencantumkan  dosis kafein yang terkandung di dalam produknya.

Kafein yang berlebihan, 600 miligram atau lebih perhari, bisa menguras jumlah kalium dalam darah Anda. Ini dapat menyebabkan aritmia atau bahkan kematian.

5. Echinacea

Echinacea berpotensi menimbulkan masalah pada mereka yang memiliki asma atau alergi.

Suplemen echinacea digunakan untuk menangkal pilek. Echinacea adalah suplemen yang dibuat dari keluarga tanaman Daisy.  Mereka yang memiliki asma atau alergi, jika mengonsumsi suplemen tanaman ini, akan menghadapi risiko kekambuhan.

Tanda-tanda yang mungkin terjadi adalah ruam dan masalah pernapasan. Dalam kasus yang jarang terjadi, supelemen ini juga dapat menyebabkan anafilaksis, atau gejala alergi yang mengancam jiwa, demikian menurut National Center for Complementary and Integrative Health.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Fri, 13 Jan 2017 13:23:54 +0700Health A-Z
10 Tanda Anda Memiliki Kehidupan Seks Yang Sehat http://meetdoctor.com/article/10-tanda-anda-memiliki-kehidupan-seks-yang-sehat http://meetdoctor.com/article/10-tanda-anda-memiliki-kehidupan-seks-yang-sehat Urusan kamar tidur tetangga bukanlah urusan orang lain. Tapi, mungkin sesekali  Anda pernah sedikit penasaran untuk mengetahui seberapa normal kehidupan seks Anda dibandingkan mereka. Misalnya, seberapa sering pasangan lain melakukannya? Atau, apakah dianggap aneh jika Anda dan pasangan selalu melakukan hal yang sama ketika berhubungan? Apa yang akan dikatakan oleh terapis tentang hubungan seks Anda ?

Berikut 10 cara untuk mengetahui apakah perilaku "kamar tidur" Anda sehat dan apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkannya :

1. Merasa nyaman dengan tubuh Anda
Dalam sebuah penelitian pada wanita usia 18 sampai 49 di University of Texas, mereka yang mencetak nilai tertinggi pada skala citra tubuh juga paling puas secara seksual. Salah satu alasan : Terlalu fokus pada ukuran paha dan perut mampu mengalihkan perhatian Anda dari sensasi menyenangkan saat berhubungan seks. Pada gilirannya, dapat memengaruhi hal-hal seperti pelumasan dan kemampuan untuk orgasme. Dengan berolahraga dan mengurangi berat badan, dianggap meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri tubuh. Hal lain yang mengejutkan yang dapat Anda lakukan sekarang? Coba untuk mendengarkan isi hati. Kembali "ke dalam" dan coba mendengarkan sinyal yang diberikan tubuh Anda seperti detak jantung. Hal ini bisa meningkatkan citra diri Anda, ungkap penelitian di PLOS One.

2. Jangan takut untuk meminta apa yang Anda inginkan
"Seks yang baik adalah semua tentang menemukan resep yang sempurna," kata terapis seks bersertifikat Aline Zoldbrod , PhD , dari SexSmart.com. Jangan mengharapkan pasangan untuk membaca pikiran Anda, ia juga harus terbuka untuk belajar dan menanggapi apa yang Anda inginkan. Jika merasa sulit untuk menyatakan harapan seksual Anda, mungkin dengan mengirim SMS kepada pasangan tentang fantasi Anda dapat lebih mudah dilakukan daripada tatap muka.

3. Buat jadwal
Banyak orang merasa seks harus timbul dari serangan spontan dari nafsu. Padahal itu tidak selalu diperlukan. "Kecuali Anda memiliki banyak waktu luang dan anak-anak sudah Anda tumbuh dan keluar dari rumah, saya pikir menjadwalkan seks adalah ide yang baik," kata Zoldbrod.
Dia menyarankan untuk mulai menyusun rencana. Usai makan malam dan menidurkan anak-anak. Saat makan malam, buatlah makanan yang tidak akan meninggalkan Anda dengan tumpukan piring kotor. Kemudian melakukan sesuatu untuk menurunkan stress seperti menonton acara TV yang lucu atau film bersama pasangan. "Anda akan merasa lebih mudah untuk mendapatkan mood setelah santai," ungkap Zoldbrod.

4. Jangan Anda hitung
Apakah Anda melakukannya beberapa kali seminggu atau sebulan sekali? "Fokus pada angka bukanlah cara yang bagus untuk menilai kehidupan seks Anda," ujar Kristin Zeising, PsyD, seorang terapis seks bersertifikat di San Diego. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Economic Behavior & Organization, secara acak, peneliti meminta pasangan untuk melipatgandakan jumlah mereka berhubungan seks. Dibandingkan dengan kelompok yang tetap menjalankan kehidupan mereka seperti biasa, mereka tidak lebih bahagia.

Memberi tekanan pada diri sendiri untuk memiliki lebih banyak seks dapat mengubahnya menjadi tugas tambahan. Penelitian menunjukkan, hal ini mendorong turunnya kepuasan. Di sisi lain, para penulis penelitian mengatakan perjalanan ke tempat baru atau berkencan akan membuka peluang alami untuk berhubungan seks lebih sering dan mungkin membuatnya lebih menyenangkan.


5. Anda Menyukainya
Tidak peduli berapa kali seminggu atau sebulan Anda mendapatkannya, apakah Anda orgasme atau tidak, dan apakah seseorang akan mengatakan bahwa kehidupan seks Anda gila atau sebagainya. Yang paling penting adalah bahwa Anda menikmatinya . "Apakah Anda merasa lebih dekat dengan pasangan Anda setelah itu? Apakah Anda dalam suasana hati yang lebih baik? Itulah pertanyaan yang benar-benar memiliki makna," tukasZoldbrod.

6. Jangan Melakukan Seks Karena Kasihan
Zoldbrod menyebutnya "Seks Kasihan." Itu terjadi ketika Anda berhubungan seks karena pasangan Anda yang menginginkan, meskipun itu hal terakhir yang Anda inginkan. Beberapa ahli mengatakan Anda tidak harus menolak pasangan Anda. Zoldbrod mengatakan seks seperti itu masih dapat diterima pada beberapa kesempatan, namun tindakan itu dapat menyebabkan otak Anda untuk berpikir bahwa seks adalah sebuah tugas.

Tidak masalah untuk menolak pasangan Anda dengan cara yang baik jika Anda merasa tidak ingin melakukan hubungan seks menurut Zoldbrod. Tapi jika Anda mengatakan tidak, cobalah untuk menjadi yang pertama mengajak pasangan berhubungan seks di lain waktu untuk menunjukkan kepada pasangan bahwa Anda menginginkannya sambung Zoldbrod.

7. Ketahui kapan harus berubah
Lupakan When Harry Met Sally. Dalam dunia nyata, sulit untuk memalsukan seks. Jika Anda tidak menikmatinya, kemungkinan pasangan Anda bisa mengetahuinya. Begiti menurut sebuah penelitian dari University of Waterloo, di Inggris tahun 2014 lalu. Apa artinya ini bagi Anda? "Sebagian besar pasangan menemukan mereka terjebak dalam rutinitas seksual tertentu, dan mereka mungkin merasa kurang tertarik pada seks jika rasanya seperti mereka berada dalam sebuah lubang, " kata Zeising. Meskipun membutuhkan sedikit usaha ekstra, coba pindah kamar, ganti pakaian dan posisi sebagai cara sederhana untuk membuat seks terasa kembali segar.


8. Bahagia bersama pasangan
Kedengarannya sederhana, tapi ada hubungan yang kuat antara kepuasan seksual (faktor seperti memiliki minat pada seks, merasa baik tentang seberapa sering hal itu terjadi, dan jarang berargumen tentang seks) dan kebahagiaan dalam hubungan Anda, menunjukkan sebuah studi dari Social Science Research. Kepuasan dalam hubungan menjadi bahan bakar menarik bagi pasangan, penelitian juga menunjukkan ini akan membuka jalan untuk seks yang lebih baik. Jadi jika Anda ke sangat tertarik dengan pasangan Anda, berarti hubungan seks Anda sangat baik.

9. Anda punya kosakata seksi
Apakah Anda sedang mengirimkan teks genit tengah hari atau membisikkan sesuatu ke telinga pasangan Anda? Dalam penelitian tahun 2011 di Journal of Integrated Social Sciences, olok-olok seksual terkait dengan kepuasan seksual yang lebih besar bagi laki-laki dan perempuan. "Terapis seks menyebutnya 'simmering', atau hal kecil yang Anda lakukan untuk satu sama lain yang membuat Anda terikat secara fisik dan romantis," ucap Zoldbrod.

10. Tidak panik terhadap perkembangan yang lambat
"Sangat penting untuk memiliki gagasan yang realistis tentang kehidupan seks yang sehat," tukas Zeising. Yaitu, tidak akan selalu bergairah dan intens, frekuensi akan surut dan menular ke seluruh hubungan Anda." Jika Anda menerimanya, tidak ada cara yang benar atau salah untuk menjadi seksual. Anda dan pasangan saling terbuka tentang ketika Anda merasa itu dan ketika Anda tidak merasakan itu, maka Anda akan memiliki kehidupan seks yang sehat," katanya.

Ditinjau oleh: dr. Deffy Leksani Anggar Sari


]]>
Wed, 18 Jan 2017 13:53:12 +0700Health A-Z
Keluar Flek Coklat dari Vagina, Apa Artinya? http://meetdoctor.com/article/cairan-berwarna-kecokelatan-dari-vagina-apa-artinya http://meetdoctor.com/article/cairan-berwarna-kecokelatan-dari-vagina-apa-artinya Keluarnya flek coklat dari dalam area kewanitaan pada dasarnya merupakan proses alami dari tubuh wanita yang tidak tergolong berbahaya dan dapat hilang sendiri dalam hitungan hari. Namun, jika warnanya berubah menjadi cokelat kehitaman, maka diperlukan pemeriksaan lebih lanjut karena hal ini dapat berarti Anda tengah mengalami masalah serius.

Lendir dari vagina terdiri dari mucus dan cairan yang diproduksi oleh dinding vagina serta serviks atau mulut  rahim wanita. Keluarnya lendir merupakan proses pembersihan yang dilakukan oleh tubuh di area sekitar vagina untuk menjaga daerah tersebut tetap sehat. Cairan ini membantu mengikis sel-sel kulit mati dan bakteri dari area vagina. Proses pembersihan alami ini diperlukan untuk  mencegah terjadinya infeksi.

Interaksi antara hormon wanita yang disebut estrogen serta progesterone merupakan penyebab utama keluarnya cairan dari area kewanitaan. Cairan ini menandakan adanya tahap-tahap berbeda dari siklus menstruasi wanita sehingga terdapat perbedaan warna, tekstur serta jumlah cairan yang tidak selalu sama, dan bergantung pada tahapan mana yang sedang dijalani oleh siklus haid wanita. Saat sedang ada dalam tahapan ovulasi, cairan yang keluar biasanya akan bertambah banyak. Bercak berwarna yang keluar dalam jumlah sedikit juga dapat keluar, namun bukan hal yang patut dikhawatirkan.

Bila lendir berwarna cokelat terang, penyebabnya mungkin adalah kehamilan atau masuknya wanita ke tahap menopause dini. Biasanya, jika kehamilan yang terjadi, maka cairan yang dikeluarkan akan berwarna pink kecokelatan. Jika kondisi menopause dini, flek coklat, pink atau kekuningan dapat keluar dalam jumlah yang cukup banyak.

Kondisi lainnya yang mungkin terjadi adalah adanya implantation bleeding sebagai tahapan awal kehamilan, keluarnya jaringan endometrial yang sudah berusia lama pada remaja putri tepat sebelum siklus menstruasi dimulai atau adanya kondisi atrophic vaginitis yang juga sebabkan pendarahan, rasa sakit dan gatal pada vagina, menandakan infeksi.

Dua sebab lainnya yang juga mungkin menyebabkan kondisi ini adalah adanya polip pada uterine atau endometrial polyps yang dapat menyebabkan munculnya cairan dan pendarahan setelah hubungan seksual dan keluarnya banyak darah saat haid, atau akibat adanya gejala awal tertularnya penyakit menular seksual.


Jika cairan yang dikeluarkan berubah warna menjadi cokelat gelap, maka hal ini dapat menandakan kehamilan atau masuknya masa menopause dini pada wanita. Pendarahan endometrial akibat dinding uterine yang tidak meluruh saat siklus haid berlangsung sehingga darah yang keluar menjadi cokelat gelap karena sudah berusia lama. Penyakit yang memiliki gejala cairan gelap yang dikeluarkan dari vagina antara lain meliputi penyakit radang pelvis yang disebabkan oleh infeksi pada dinding rahim, tuba falopi, ovarium, serviks atau vagina, serta yang lebih serius kanker serviks.

Untuk mengatasi keluarnya lender kecokelatan ini, Anda perlu menunggu selama beberapa hari untuk melihat apakah lender sudah berhenti keluar atau belum. Jika lender tidak kunjung berhenti keluar dan mulai menunjukkan gejala komplikasi seperti timbul bau tidak sedap, rasa panas, gatal dan sakit, segeralah periksakan diri ke dokter untuk penanganan selanjutnya. Penanganan nantinya akan ditentukan berdasarkan penyebab keluarnya lender kecokelatan tersebut.
1. Jika penyebabnya adalah penyakit menular seksual, maka Anda harus mengonsumsi antibiotik.
2. Jika penyebabnya adalah menopause, maka flek coklat tersebut tidak dapat diobati secara khusus.



3. Jika polip uterine yang menjadi penyebabnya, maka diperlukan obat-obatan hormonal untuk membantu mengecilkan ukuran polip dan meredakan gejala-gejala yang muncul. Prosedur kuret mungkin harus dijalani oleh penderita polip uterine untuk mengikis polip dari dinding rahim. Selain itu, pilihan histerektomi untuk mengangkat tidak hanya polip, namun juga rahim wanita untuk menghindari kembalinya polip yang dapat berpotensi menjadi kanker.
4. Jika ternyata penyebabnya adalah kanker serviks, maka akan diperlukan operasi untuk mengangkat kanker, melaksanakan kemoterapi dan radiasi.

Untuk meminimalisir munculnya lendir kecokelatan, Anda dapat melakukan penyesuaian dengan mengenakan celana dalam katun, memakai dalaman yang longgar, mengganti pembalut dan pad secara sering selama haid dan hindari mencuci vagina dengan menyentuhkan jari Anda ke vagina agar tidak terjadiinfeksi yang mengganggu level pH alami tubuh Anda.

Ditinjau oleh: dr. Deffy Leksani Anggar Sari


]]>
Thu, 22 Dec 2016 11:49:54 +0700Health A-Z
Fakta! Tidur Berdua Lebih Sehat daripada Sendiri http://meetdoctor.com/article/fakta-tidur-berdua-lebih-sehat-daripada-sendiri http://meetdoctor.com/article/fakta-tidur-berdua-lebih-sehat-daripada-sendiri Anda yang telah berpasangan, beruntunglah, karena tidur berdua atau bersama pasangan lebih sehat daripada tidur sendiri, begitu kata para ahli.  Bahkan, beberapa peneliti percaya bahwa tidur dengan pasangan mungkin menjadi alasan utama, mengapa orang yang sedang berada dalam hubungan yang intim dengan seseorang, cenderung berada dalam  kesehatan yang lebih baik.

Beberapa studi juga menemukan bahwa umumnya wanita tidak tidur nyenyak ketika mereka tidur dengan pasangan dan bangun lebih sering pada malam hari dibandingkan dengan laki-laki yang tidur bersama pasangan mereka. Baik pria maupun wanita, sama-sama lebih banyak bergerak saat tidur di ranjang yang sama dibanding saat mereka tidur sendiri.

Survei di Inggris mengungkapkan  rata-rata pasangan memiliki 167 argumen di kamar tidur dalam setahun sebagian besar disebabkan oleh kebiasaan tidur yang menjengkelkan seperti memonopoli selimut, mendengkur, bergulir ke sisi yang salah dari tempat tidur dan kaki terasa dingin.

Survei tersebut juga menemukan bahwa setidaknya 20 persen dari 2.000 orang dewasa yang terlibat hubungan intim,  mengklaim bahwa mereka kehilangan setidaknya dua jam waktu  tidur di waktu malam karena dengkur pasangannya dan satu dari sepuluh orang dewasa  meninggalkan pasangan mereka karena kebiasaan tidur malam yang menjengkelkan telah menjadi masalah besar dalam hubungan mereka.

Jam biologis yang tidak serasi  juga menjadi beban dalam  hubungan, kata Jeffry Larson, seorang profesor terapi keluarga dan perkawinan di Universitas Brigham Young di Provo, Utah.

Namun, beberapa ahli mengatakan bahwa, meskipun dengan semua gangguan tidur tersebut, tidur bersama pasangan secara signifikan lebih baik daripada tidur sendiri, demikian disebut dalam  Journal.

Salah satu studi Troxel tahun 2009  menemukan bahwa wanita dalam hubungan jangka panjang yang stabil, tertidur lebih cepat dan lebih sedikit terbangun pada malam hari dibandingkan dengan wanita lajang atau wanita yang mengalami masalah dengan pasangannya.

Troxel menunjukkan bahwa tidur dengan pasangan dapat meningkatkan  perasaan aman dan nyaman, yang akhirnya dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol dan sitokin yang dapat menyebabkan peradangan. Plus, meningkatkan homon cinta atau oksitosin, yang telah terbukti untuk mengurangi kecemasan.

Troxel mengatakan bahwa meskipun berbagi tempat tidur dapat membuat orang bergerak lebih banyak namun manfaat psikologis dari kedekatan dengan pasangan dapat menutupinya.

John Dittami, ahli endokrinologi perilaku dan ritme biologis  di University of Vienna, yang memimpin penelitian menemukan bahwa secara psikologis, wanita menikmati kehadiran pria di sampingnya meskipun mereka harus membayar dengan berkurangnya waktu tidur mereka.  Dia juga menunjukkan bahwa wanita lebih mudah terganggu oleh pasangannya karena mereka lebih sensitif terhadap lingkungan.

Dalam studi 2010 yang lain,  peneliti menemukan bahwa apa yang pasangan lakukan pada siang hari dapat mempengaruhi tidur seseorang. Wanita memiliki interaksi negatif  dengan pasangan  di siang hari,  memiliki tidur yang lebih tidak berkualitas di malam hari dan begitu juga sebaliknya.

Christina McCrae, profesor di University of Florida dan presiden Society of Behavioral Sleep Medicine mengatakan kepada Journal bahwa membereskan masalah yang mengganjal hubungan kadang-kadang dapat meringankan insomnia dan dia telah melihat banyak pasiennya dapat tidur lebih berkualitas ketika hubungan mereka dengan partnernya membaik,

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya


]]>
Wed, 18 Jan 2017 15:40:02 +0700Health A-Z
Tips Seks Untuk Pasangan Sibuk http://meetdoctor.com/article/tips-seks-untuk-pasangan-sibuk http://meetdoctor.com/article/tips-seks-untuk-pasangan-sibuk Tenggat waktu pekerjaan, jadwal olahraga, harus segera pulang ke rumah, di rumah harus membantu beres-beres, memeriksa PR anak-anak, dan jika beruntung bisa sejenak menonton acara TV favorit sebelum akhirnya masuk ke kamar tidur. Lalu, mana jadwal seks-nya? Hmmm, mohon maaf, tidak ada karena terlalu lelah dan harus bangun sepagi mungkin supaya bisa berangkat sebelum terjebak macet di jalan.

Terdengar familiar? Memang inilah masalah yang banyak terjadi pada pasangan-pasangan modern sekarang ini. Kesibukan kerja dan lain sebagainya membuat Anda kurang memiliki waktu untuk menjalin kemesraan dengan pasangan. Pun dilakukan, kesannya jadi seperti rutinitas tanpa gairah. Walhasil, seks yang seharusnya menyenangkan dan berfungsi sebagai sarana pelepas stres (plus, memperkuat hubungan) menjadi tak lagi bermakna. 

Jangan biarkan ini terus terjadi. Masih ada cara untuk memerbaikinya. Cukup ikuti lima tips bercinta ini dan Anda akan segera menemukan kembali energi, gairah dan kesempatan untuk melakukan hubungan seks yang indah seperti pengantin baru.

1. Lupakan spontanitas
Nasehat yang bilang bahwa seks yang hebat adalah seks yang dimulai dengan spontanitas. Tidak selalu seperti itu! Itu sama saja dengan mengatakan bahwa makanan yang terbaik atau kehidupan yang baik datang begitu saja seperti door prize. Faktanya, hidup tidak selalu berisi door prize. Anda harus merencanakan dan mengupayakan banyak hal agar segala sesuatu berjalan baik, entah itu kesehatan, kekayaan, termasuk juga kehidupan seks Anda.
 
Ingatlah kembali saat pertama kali Anda mencium pasangan saat kencan pertama dulu. Rasanya pasti luar biasa dan itu mungkin tidak terjadi karena spontanitas. Mungkin Anda sudah merencanakan itu seminggu sebelumnya, memikirkan cara mendekatinya hingga mengatur strategi agar ciuman Anda tidak ditolaknya. Jadi, mengapa Anda tidak melakukannya lagi?

Buatlah rencana untuk mengajaknya berhubungan intim dengan sepenuh gairah, reka-reka gaya apa yang kira-kira ingin Anda persembahkan untuk pasangan, di mana Anda akan menyentuh dan membuatnya ‘panas, dan lain sebagainya.

Pakar seks sekaligus penulis buku Mating in Captivity, Esther Perel, mengatakan,” Saya percaya bahwa kerinduan dan penantian adalah elemen fundamental munculnya gairah bercinta. Membuat rencana untuk berhubungan mesra akan membuat Anda menanti dan merindukan sentuhan dari Si Dia.”

2.  Jaga hubungan hati
Betapapun besar keinginan Anda untuk bercinta, akan sulit jika Anda dan Si Dia tidak merasa saling terhubung satu sama lain. Karena itu, sangat penting bagi pasangan untuk dapat menjaga keakraban batin. Berkirimlah pesan saat tiba di kantor atau saat makan siang, katakan bahwa Anda selalu memikirkannya. Ini adalah cara sederhana memelihara hubungan hati sekaligus menjaga gelora gairah antara Anda dan Si Dia.


3. Bicara Tentang Seks
Dengan berjalannya waktu, banyak pasangan tidak lagi bicara mesra dan nakal menggoda. Mereka hanya bicara tentang rutinitas kerja, urusan anak-anak dan keuangan. Mulai sekarang, tambahkan topik seks ke dalam obrolan intim Anda berdua. Tidak perlu obrolan serius jika memang tidak perlu. Pembicaraan nakal dan saling menggoda, justru akan jadi sesuatu yang menyenangkan. Di akhir obrolan, Anda berdua akan merasa saling rindu dan ingin menyentuh satu sama lain. Dijamin!

4. Mandi bersama 
Sesibuk-sibuknya Anda, pasti ada waktu untuk mandi setidaknya dua kali sehari. Nah, ketimbang mandi sendiri, mengapa tidak mencoba untuk mandi dengan pasangan. Tidak harus berakhir dengan hubungan seks, walau itu sama sekali tidak dilarang. Mandi berdua akan membuat Anda merasa semakin mesra dengan Si Dia dan itu akan memudahkan Anda untuk lebih berintim-intim ria nantinya.


5.  Praktikkan quickie
Seks tidak selalu harus memakan waktu lama, quickie atau seks kilat juga dapat menjadi solusi buat pasangan yang sibuk, sekaligus menjadi kejutan yang menyenangkan. Sebelum melakukannya, pastikan dulu pasangan juga sedang dalam mood bercinta supaya tidak ada rasa terpaksa dari salah satu pihak.

6. Jangan pulang ke rumah
Sesekali, tak ada salahnya Anda berdua janjian untuk tidak pulang ke rumah, tetapi menginap satu atau dua malam di hotel tempat dulu Anda berdua berbulan madu. Minta tolong kepada saudara, orang tua atau mertua untuk menjaga anak-anak sementara Anda berdua mengulang masa-masa bulan madu. (LT)


Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P


]]>
Tue, 10 Jan 2017 09:38:43 +0700Health A-Z
Waktu Terbaik Untuk Tidur, Makan, Olahraga, dan Bercinta http://meetdoctor.com/article/waktu-terbaik-untuk-tidur-makan-olahraga-dan-bercinta http://meetdoctor.com/article/waktu-terbaik-untuk-tidur-makan-olahraga-dan-bercinta Jika kita bicara tentang pola hidup sehat yang kekinian, sebenarnya tidak bisa dipisahkan dari pengetahuan tentang ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah waktu biologis tubuh untuk melakukan segala sesuatu sesuai dengan kebutuhan tubuh itu sendiri. Ritme sirkadian tersebut terkait dengan alam semesta. Ini bukan mistik tapi ilmiah. Misalnya ketika hari gelap, mata kita menerima sedikit cahaya, maka otomatis produksi hormon melatonin meningkat dan kita jadi mengantuk, di samping memang tubuh butuh istirahat. 

"Jamur, lalat, anjing, ikan, manusia punya ritme sirkadian," kata  Dr. Michael Howell, ahli syaraf  University of Minnesota. “Apa yang tubuh Anda kerjakan pada pukul 8 pagi berbeda dari apa yang terjadi pada tubuh pada pukul 10 pagi. Lambung Anda bereaksi terhadap makanan dengan cara yang berbeda pada waktu yang berbeda. Kemampuan kita berolahraga juga berbeda di waktu yang berbeda setiap harinya."

Ritme sirkadian dimiliki oleh semua makhluk hidup dan memengaruhi respons hormon, suhu tubuh, detak jantung dan siklus tidur. Memahami ritme tubuh akan membantu Anda optimal dalam beraktivitas, sekaligus optimal juga dalam menjalankan pola hidup sehat. 

Waktu untuk tidur
Tidak ada waktu yang bisa dibilang tepat untuk tidur atau bangun karena siklus tidur orang berbeda-beda. Tapi menemukan waktu natural kapan biasanya Anda tidur sangatlah penting. 
Jadwal tidur yang dianggap ideal adalah tidur enam jam di malam hari dan kemudian tidur siang selama dua jam di sore hari. Jadwal tidur siang itu sendiri dapat bervariasi tergantung pada jadwal bangun pagi Anda; pada umumnya jadwal tidur siang yang baik adalah 6 jam berselang setelah Anda bangun tidur. Jadi jika Anda bangun pukul 7 pagi maka waktu alami Anda untuk tidur siang adalah pukul satu.

Waktu untuk berolahraga
Beberapa ahli fisiologi memiliki gagasan bahwa sore adalah waktu yang tepat untuk berolahraga dengan intensitas tinggi. "Itu karena tubuh Anda sudah melakukan pemanasan sepanjang hari. Berbeda ketika pagi terbangun dengan sendi kaku dan aliran darah [pagi] tidak seperti pada akhir hari. Meskipun demikian hendaknya jadwal berolahraga dapat disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari dan tidak terpatok hanya pada sore hari. Kapanpun Anda sempat berolahraga maka lakukanlah latihan fisik. 

Waktu untuk makan
Ketika bicara soal makan, para ahli berbeda pendapat. "Dari sudut pandang ilmiah, telah ada penelitian yang mengatakan makan porsi kecil tapi sering sangat bermanfaat. Jadi, makanlah setiap dua jam, "kata Katherine Zeratsky, seorang ahli diet di Mayo Clinic di Rochester. "Ada penelitian juga yang mengatakan makan tiga kali sehari sudah memadai."

Meskipun demikian, sarapan tetap berperan penting untuk mempersiapkan aktivitas harian Anda. Sarapan membuat pikiran Anda tajam dan dapat mencegah makan berlebihan nantinya. Beberapa ahli mengatakan, Anda harus sarapan satu jam setelah bangun, sementara yang lain mengatakan dua jam setelah bangun adalah waktu yang sangat ideal. Lalu kapan waktu yang tepat Anda harus berhenti makan? Banyak pakar diet melarang makan setelah pukul 7 malam sebagai cara untuk mencegah kebiasaan ngemil makanan yang tidak sehat. Kebiasaan makan yang terlalu larut, terutama yang mengandung kafein, akan meningkatkan denyut jantung dan mencegah Anda tertidur pulas. 


Di lain pihak, Darlene Kvist, pendiri Nutritional Weiht and Wellness di Twin Cities justru merekomendasikan konsumsi camilan 1 jam sebelum pergi tidur, Anda harus mengonsumsi camilan dengan sedikit lemak dan sedikit karbohidrat. Lemak membantu untuk menstabilkan gula darah sepanjang malam sehingga dapat tidur lebih nyenyak dan segar di pagi hari. 

Waktu untuk meditasi
Erik Storlie pengajar meditasi di University of Minnesota’s Center for Spirituality and Healing, mengatakan setiap orang harus mencari waktu terbaiknya sendiri. Tapi umumnya, meditasi paling baik dilakukan pagi hari ketika suasana masih sepi.  Ia juga menyarankan agar Anda melakukannya sejenak di siang hari dan sebelum tidur malam.


Waktu untuk bercinta
Ritme sirkadian juga mengatur kebaikan Anda di bidang yang lain: Hubungan romantis Anda dengan pasangan. Level oksitosin atau hormon cinta paling deras diproduksi pada pagi hari; begitu juga dengan level hormon testosteron seorang pria. Jadi, jika ingin maksimal dalam bercinta, lakukanlah di pagi hari setelah bangun tidur.

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan


]]>
Fri, 20 Jan 2017 14:51:26 +0700Health A-Z
Tidur Cukup Tapi Masih Mengantuk? Mungkin Ini Penyebabnya http://meetdoctor.com/article/tidur-cukup-tapi-masih-mengantuk-mungkin-ini-penyebabnya http://meetdoctor.com/article/tidur-cukup-tapi-masih-mengantuk-mungkin-ini-penyebabnya Setiap orang perlu tidur, tetapi tidak semua orang membutuhkan waktu yang sama untuk mengistirahatkan badannya agar kembali bugar esok harinya. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7 sampai 8 jam. Namun, ada sebagian orang yang masih saja bangun kesiangan atau tidur berlebihan walaupun sudah tidur pada jam normal, bahkan tidurnya bisa lebih dari 9 jam.

Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2013, presentase orang Amerika yang oversleeping (tidur berlebihan) meningkat dari 27 ke 37 persen dari tahun 1985-2007. Jika Anda sering mengalami tidur berlebihan, berikut ini beberapa penyebab yang mungkin bisa menjelaskan kondisi Anda.

Hipersomnia

Menurut American Sleep Association, hipersomnia adalah ketika seseorang menunjukkan tanda-tanda kantuk yang berlebihan, terlihat seperti orang yang kurang tidur dan bisa tertidur kapan saja karena pikiran mereka yang selalu diselimuti rasa kantuk dan keinginan untuk tidur. Bahkan yang lebih ekstrem lagi, walaupun penderita hipersomnia sudah tidur lebih dari 12 jam semalam, dia masih tetap perlu tidur di siang harinya.

Hipersomnia dibagi menjadi dua jenis, yaitu hipersomnia primer dan sekunder. Hipersomnia sekunder, merupakan jenis hipersomnia yang paling umum. Hipersomnia jenis ini dapat disebabkan karena depresi, obesitas, epilepsi, atau sklerosis multipel (ganda). Sedangkan hipersomnia primer, penyebabnya dapat dikaitkan dengan gangguan genetik seperti myotonic dystrophy, sindrom Prader-Willi dan penyakit Norrie.

Obstructive Sleep Apnea

Menurut National Library of Medicine, obstructive sleep apnea (OSA) adalah kondisi dimana seseorang yang tidak mendapatkan udara yang cukup saat sedang tidur atau dalam kata lain, terhentinya napas untuk beberapa saat selama tidur.  OSA terjadi pada saat saluran napas bagian atas tertutup sementara upaya bernapas tetap berlanjut.

Hal inilah yang menyebabkan penderita OSA secara berkala terbangun saat malam hari sehingga tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik. Akibatnya yaitu rasa mengantuk yang berlebihan pada saat siang hari. Penderita OSA tidak bisa tidur dalam siklus normal, karena mereka membutuhkan waktu tidur yang lebih lama. Hal inilah yang menyebabkan mereka selalu bangun kesiangan meskipun sudah tidur selama 7 sampai 8 jam.

Alkohol

Menurut Huffington Post, orang yang mengonsumsi beberapa minuman beralkohol sebelum tidur cenderung akan tidur lebih lama dari mereka yang tidur pada jam normal. Hal ini terjadi karena alkohol mempengaruhi siklus tidur dan menciptakan keinginan untuk tidur dalam waktu yang cukup lama. Penelitian yang dilakukan oleh National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism telah menunjukkan bahwa meminum minuman beralkohol beberapa jam sebelum tidur dapat menyebabkan tidur kita menjadi tidak teratur. Bahkan bisa berdampak pada kualitas tidur yang buruk dan juga insomnia. Alkohol bisa membuat Anda terbangun sepanjang malam dan tidur di saat siang.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

 


]]>
Thu, 22 Dec 2016 11:01:03 +0700Health A-Z
4 Langkah Ciptakan Udara Bersih Bebas Nyamuk di Rumah Anda http://meetdoctor.com/article/4-langkah-ciptakan-udara-bersih-bebas-nyamuk-di-rumah-anda http://meetdoctor.com/article/4-langkah-ciptakan-udara-bersih-bebas-nyamuk-di-rumah-anda Udara yang lembap memiliki ancaman tersendiri. Di dalam situsnya, Center for Desease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat menyebutkan, bahwa udara dan tempat lembap berpotensi tinggi sebagai tempat tumbuhnya jamur yang bisa menyebabkan infeksi saluran napas anggota keluarga dan memicu alergi.

Untuk menghindarinya, Anda bisa melakukan beberapa langkah sederhana di bawah ini:

1. Buka jendela dan ventilasi lebar-lebar. Tujuannya agar udara bebas berganti sehingga kelembapan berkurang. Jika ada ruangan di rumah Anda yang kurang memiliki ventilasi udara, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membuat ventilasi atau jendela baru. Lebih baik lagi jika ventilasi atau jendela menghadap ke arah matahari terbit.

2. Pastikan sinar matahari bebas masuk ke dalam setiap ruang di dalam rumah Anda setiap hari, terutama ruangan yang memiliki kelembapan tinggi seperti kamar mandi, ruang cuci, dapur dan gudang. Selain jendela dan ventilasi udara, Anda juga bisa memakai genteng atau atap kaca transparan untuk menambah jumlah sinar matahari dalam ruang-ruang tersebut. Sinar matahari adalah cara alami mengusir kelembapan.

3. Bersihkan jamur yang sudah terlanjur tumbuh. Kenakan pakaian tertutup dan masker saat membersihkan untuk menghindari paparan jamur di kulit, dan terutama menghindari spora jamur masuk saluran pernapasan karena bisa menyebabkan sesak napas. Jika Anda tak bisa melakukannya sendiri, Anda bisa meminta bantuan jasa pembersih jamur profesional.

4. Gunakan Air Purifier SHARP. Air Purifier with Mosquito Catcher dari SHARP memiliki beberapa keunggulan untuk melindungi keluarga Anda, yaitu menon-aktifkan virus dan jamur , menetralisir bau, menghisap debu, partikel kecil dan asap, serta menangkap nyamuk.

Air Purifier with Mosquito Catcher dilengkapi dengan teknologi penangkap nyamuk dengan 5 langkah efektif :

  • Sinar UV pemikat nyamuk yang efektif mengundang nyamuk masuk ke celah yang disediakan
  • Warna produk yang hitam dapat menjadi pemikat nyamuk
  • Desain celah untuk masuk nyamuk yang ideal
  • Aliran udara dan daya hisap yang kuat
  • Lembar lem perekat (sticky glue sheet) yang kuat sehingga nyamuk yang masuk terperangkap tak berdaya

Selain fungsi penangkap nyamuk,teknologi pembersih udara yang dimiliki Air Purifier  with Mosquito Catcher terdiri dari HEPA Filter, Deodorizing Filter, Pre-Filter, Coanda Air Flow dan Back Suction yang mampu menjangkau seluruh ruangan untuk menghisap dan menyaring semua debu, kuman hingga partikel terkecil berukuran 0,3 mikron.

Selain itu, Air Purifier SHARP menggunakan prinsip aero dinamika ketika menghisap debu dan kotoran, termasuk partikel jamur, sehingga kotoran terhisap lebih cepat dengan cara  mengirimkan udara dari belakang ke depan, lalu bergerak mengikuti bentuk dinding dan atap menjangkau ke sudut ruangan yang terjauh.

 Dengan Air Purifier with Mosquito Catcher dari SHARP, udara di dalam rumah menjadi lebih bersih dan layak hirup, serta bebas dari nyamuk.


]]>
Wed, 18 Jan 2017 10:29:37 +0700Health A-Z
5 Sinyal Tubuh Anda Kelebihan Garam http://meetdoctor.com/article/5-sinyal-tubuh-anda-kelebihan-garam http://meetdoctor.com/article/5-sinyal-tubuh-anda-kelebihan-garam Didiagnosa dengan tekanan darah tinggi adalah salah satu tanda yang jelas bahwa mungkin Anda berlebihan mengonsumsi garam. Tapi itu bukan satu-satunya efek samping kelebihan sodium.

 Berikut adalah 5 gejala jangka pendek mengejutkan yang bisa terjadi ketika Anda tergila-gila makanan asin dan apa yag bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Cincin Anda terlalu ketat

Tidak ada penambahan berat badan, tapi mengapa cincin yang selama ini nyaman Anda kenakan menjadi terlalu sempit? Kemungkinan, itu disebabkan oleh retensi air yang terjadi ketika Anda terlalu banyak makan garam.

"Tubuh kita adalah seperti kerja mesin yang kompleks yang harus menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit," kata Dr. Mehran Movassaghi dari Providence Saint John's Health Center di Santa Monica, Caifornia. Jika terlalu banyak sodium, otak Anda akan memicu pelepasan hormon yang memberitahu tubuh untuk menahan air sebanyak mungkin dalam upaya untuk menjaga terjadinya ketidakseimbangan di dalam tubuh.

Mulut kering

Setelah mengonsumsi makanan bersodium tinggi, tubuh Anda mulai merasakan bahwa kadar garam dan air dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Untuk mengembalikannya ke titik normal, Anda perlu mengasup lebih banyak air, kata Movassaghi. Akibatnya, otak mengirimkan sinyal rasa haus, dalam bentuk mulut terasa kering.

Sakit kepala

Anda mungkin tidak berpikir keripik asin ada hubungannya dengan kepala terasa berdenyut. Tetapi penelitian menunjukkan sebaliknya: Orang dewasa yang makan 3.500 mg sodium perhari memiliki risiko sakit kepala sepertiga lebih tinggi dari mereka yang hanya mengonsumsi 1.500 mg, demikian papar sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal.

Sering ke kamar mandi.

Minum terlalu banyak air bukanlah satu-satunya hal yang dapat membuat Anda buang air kecil tanpa henti. Anehnya, terlalu banyak makan garam dapat memiliki efek yang sama. Ketika makanan bersodium tinggi masuk ke dalam tubuh, ginjal harus bekerja lembur untuk membersihkan garam ekstra. Sehingga Anda berakhir dengan menjadi lebihbsering BAK.

Daya pikir menurun

Banyak makan garam dapat menyebabkan dehidrasi. Ketika Anda mengalami dehidrasi, kemampuan Anda untuk berpikir jernih akan menurun. Orang yang dehidrasi, tampil buruk pada tes kognitif yang mengukur kemampuan konsentrasi, memori, penalaran dan waktu reaksi dibandingkan dengan ketika mereka cukup terhidrasi, demikian kata sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Nutrition. Dehidrasi juga dapat membuat suasana hati menjadi buruk.

Cara memerbaikinya

Tidak peduli apa gejala kelebihan garam yang Anda hadapi, solusinya biasanya sama. Kurangi konsumsi garam dan makanan olahan karena makanan olahan biasanya tinggi sodium dan minum lebih banyak air! "Hal ini supaya tubuh Anda mendapatkan kembali keseimbangannya," kata Movassaghi. Setelah Anda kembali normal, cobalah untuk menjaga asupan garam  kurang dari 2.300 mg perhari.

 

 

Ditinjau oleh: dr. Jezzy Reisya


]]>
Thu, 22 Dec 2016 17:21:30 +0700Health A-Z
Rahasia Agar Tetap Cantik, Seksi dan Awet Muda http://meetdoctor.com/article/seksi-bugar-sampai-tua http://meetdoctor.com/article/seksi-bugar-sampai-tua Jika Anda familiar dengan merk pakaian American Apparel, Anda tahu bahwa seperti merk lainnya, kebanyakanniklan pakaian menggunakan model-model muda nan cantik dan seksi.

Tapi, kali ini American Apparel menampilkan iklan yang berbeda. Mereka memakai Jacky O'Shaughnessy sebagai model terbarunya. Hebatnya, Jacky bukan berumur 20-an melainkan sudah berumur 60 tahun. Di usianya itu, dia tetap cantik, seksi dan natural.

Apa rahasia Jacky bisa memertahankan kecantikannya hingga usia tua masih telihat seksi , awet muda dan tentu tak kalah dari para model muda? Simak penuturannya.

Saya bersyukur atas tubuh saya dan merawatnya sebaik mungkin, kata Jacky sebagaimana dirilis dalam wawancaranya dengan Prevention. Jacky percaya pada akupunktur, mengunjungi kiropraktor secara teratur dan membersihkan gigi dan mulutnya setiap tiga tahun sekali.

Selain itu, dia juga melakukan peregangan, berjalan kaki, naik turun tangga dan PIlates selama 20 menit setiap hari. Plus, mengangkat beban seberat sembilan Kg.

Untuk rutinitas kecantikannya, Jacky selalu membersihkan wajah sebelum tidur. Dia juga menggosok dan melembapkan kakinya supaya selalu bersih dan lembut.

Mengenai berat badan, menurut Jacky, dia pernah mencoba berbagai jenis diet di luaran sana. Sampai akhirnya dia mantap mengonsumsi hanya biji-bijian utuh sebaga sumber karbohidrat utama, tidak minum kopi atau teh hitam dan tak pernah menyentuh minuman bersoda. Jacky juga belajar mengunyah makanannya dengan perlahan untuk memastikan enzim dari air liur keluar dengan sempurna dan membantu pencernaannya.

Untuk menjaga mentalnya, dia berusaha menjaga hubungan baik dengan teman-teman, rutin berdansa, menonton teater, acara musik yang bagus, mendengarkan musik dan membaca buku. Bernyanyi sambil mandi di pancuran juga membantu menjaga moodnya dan banyak tertawa.

 

 

Ditinjau oleh: dr. Jezzy Reisya 


]]>
Wed, 18 Jan 2017 14:37:26 +0700Health A-Z
5 Manfaat Apel untuk Mencegah Penyakit Kronis http://meetdoctor.com/article/5-manfaat-apel-untuk-mencegah-penyakit-kronis http://meetdoctor.com/article/5-manfaat-apel-untuk-mencegah-penyakit-kronis Anda mungkin sudah sering mendengar berbagai khasiat mengonsumsi buah apel. Buah yang kaya antioksidan dan vitaminnya ini tidak hanya berguna untuk menyehatkan tubuh atau sebagai pemberi nutrisi tambahan, tetapi juga bisa dikonsumsi sebagai makanan pencegah timbulnya penyakit yang cukup kronis dari tubuh kita. Bahkan ada pepatah yang mengatakan “An apple a day keeps the doctor away” yang menggambarkan betapa bermanfaatnya mengonsumsi buah apel untuk menjamin kesehatan tubuh kita.
 
Beberapa khasiat apel sebagai langkah awal untuk memiliki tubuh yang tetap sehat  adalah : 
 
1. Untuk kesehatan otak
Apel memiliki sel neuron yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat menjaga daya kerja otak dan menghindarinya dari penyakit yang dapat menyerang otak seperti alzhaimer.
 
2.Menurunkan kadar kolesterol
Dengan mengonsumsi dua buah apel setiap hari telah dipercaya dan terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Lemak jahat yang tidak sehat bagi tubuh ini dapat berkurang sebanyak 16% jika apel dikonsumsi secara teratur.
 
3.Mencegah Anemia
Anemia merupakan kondisi dimana darah kekurangan hemoglobin. Untuk meningkatkannya kembali dibutuhkan asupan zat besi yang sangat kaya terkandung dalam buah apel.
 
4.Mencegah osteoporosis
Penelitian di Perancis menemukan bahwa zat phloridzin yang terkandung pada apel bermanfaat untuk melindungi wanita pasca-monopause dari masalah osteoporosis, dan meningkatkan massa tulang. Boron, kandungan lain dari apel juga berfungsi untuk memperkuat tulang. Hal ini karena apel mengandung banyak mineral .Mineral yang terkandung dalam buah apel antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.
 
5.Memelihara kesehatan jantung
Apel memiliki kandungan alami senyawa seperti epicatechin, epigallocatechin, kaempferol, dan quercetin yang berfungsi menjaga dinding arteri dari peradangan. Zat-zat tersebut juga dapat mencegah kolesterol.
 
Selain itu, kulit apel juga memiliki polyphenol yang berperan penting mencegah kerusakan sel yang disebabkan karena radikal bebas. Maka, mengonsumsi apel bersama kulitnya juga bermanfaat. Namun, jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu untuk membuang zat-zat kimia yang menempel.

]]>
Fri, 13 Jan 2017 10:59:18 +0700Health A-Z
Penyakit Ini Bisa Membuat Daya Pikir Anda Menurun http://meetdoctor.com/article/penyakit-ini-bisa-membuat-daya-pikir-anda-menurun http://meetdoctor.com/article/penyakit-ini-bisa-membuat-daya-pikir-anda-menurun Tubuh dan pikiran kita saling berkaitan. Pikiran dapat berperan secara positif dan negatif dalam mempengaruhi kesehatan tubuh. Sebaliknya, pola fisiologis tubuh juga berperan terhadap emosi kita.

Kesehatan tubuh Anda bukan hanya disebabkan oleh respons tubuh, namun merupakan efek dari hubungan antara tubuh dan pikiran. Memang ada hubungan yang pasti antara pikiran dan tubuh. Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak penelitian ilmiah telah meneliti bagaimana dampak kesehatan fisik fungsi mental, dan sebaliknya.

Sebuah studi baru dari University of Glasgow telah menemukan bahwa orang yang memiliki penyakit kardiometabolik mendapatkan hasil lebih buruk pada tes mental penalaran, memori, dan waktu untuk bereaksi dibanding dengan yang tidak memiliki penyakit ini. Selain itu, efek ini bahkan lebih besar ketika seseorang memiliki lebih dari satu penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, atau penyakit jantung koroner (PJK).

Hal ini membuktikan, bahwa orang dengan penyakit kardiometabolik, cenderung memiliki penalaran, memori dan reaksi tanggap yang lebih rendah dibandingkan dengan yang sehat. Ini tentu memperjelas lagi bagaimana hubungan daya pikir dengan kondisi tubuh manusia. Kondisi tubuh yang tidak sehat, akan mempengaruhi penurunan daya pikir seseorang. Terlebih jika seseorang memiliki penyakit diabetes, darah tinggi atau penyakit jantung coroner.

Peneliti mengkaji data dari UK Biobank, yang diambil antara tahun 2006 dan 2010. Setelah menganalisis sejarah medis dan sejumlah penyakit kardiometabolik yang telah diikuti hampir setengah juta peserta, dan tim juga membandingkan skor mereka pada tes penalaran, waktu reaksi, dan memori.

"Hasilnya, yang memiliki satu penyakit dengan kinerja yang rendah saja sudah buruk, apalagi jika memiliki dua penyakit dan tiga penyakit yang tentunya akan lebih buruk lagi, terutama untuk kasus reaksi dan penalaran," jelas peneliti Dr Donald Lyall.

Sebelumnya, penelitian telah mengaitkan penyakit kardiometabolik dengan kemampuan kognitif yang menurun dan studi baru yang pertama untuk menghubungkan beberapa penyakit keterampilan kognitif yang terganggu.

"Temuan kami menyoroti potensi untuk melindungi tubuh terhadap penurunan kognitif dengan mengatasi kondisi lain seperti penyakit jantung," kata Dr. Lyall.

Jadi, kondisi tubuh jelas memiliki koneksi dengan daya pikir seseorang. Semakin baik kondisi tubuh seseorang, maka semakin baik pula daya dan pola pikir yang ia punya. Sebaliknya, semakin kondisi tubuh seseorang memiliki berbagai macam penyakit, tentu akan mempengaruhi menurunnya daya pikir dan nalar otak kita. So, mulailah hidup sehat, agar koneksi tubuh dan daya pikir kita tetap seimbang. 

 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya

 


]]>
Thu, 22 Dec 2016 11:01:47 +0700Health A-Z
Oral Seks Memicu Kanker Tenggorokan http://meetdoctor.com/article/benarkah-seks-oral-sebabkan-kanker-tenggorokan http://meetdoctor.com/article/benarkah-seks-oral-sebabkan-kanker-tenggorokan Pada 2010, aktor kenamaan Hollywood, Michael Douglas, didiagnosa menderita kanker tenggorokan (oropharyngeal cancer). Dia berkata, penyakitnya itu disebabkan karena rokok, alkohol, dan stres berkepanjangan. Tapi kepada koran Guardian pada tahun 2011, dia mengatakan penyakit yang dideritanya disebabkan oleh seks oral. 

Dalam sesi wawancara, Douglas berkata, kanker tenggorokan disebabkan oleh  human papillomavirus (HPV) yang bisa ditularkan oleh aktivitas oral seks. Kemudian agen sang aktor meluruskan bahwa yang dimaksud Douglas tidak spesifik mengenai penyakit yang dideritanya tapi mengenai kanker tenggorokan secara umum. 

Gypsyamber D'Souza, PhD, MPH, dari Johns Hopkins School of Public Health, dan tim menjelaskan pada pertemuan tahunan American Society of Clinical Oncology (ASCO)  di Chicago, Illinois, pada tahun 2013 bahwa tingkat kejadian kanker tenggorokan yang dipicu oleh HPV pada orang yang pasangannya terinfeksi, adalah sebesar tujuh persen. Angka ini tidak berbeda dari angka kejadian di populasi umum. 

Tim menemukan bahwa HPV subtipe 16 hadir pada dua persen  perempuan yang telah berpasangan dan nol persen pada pria yang telah berpasangan. HPV 16 bertanggung jawab untuk sebagian besar kanker pada tenggorokan. 

D'Souza menjelaskan bahwa peningkatan risiko kanker kepala dan leher pada orang-orang yang pasangannya telah didiagnosa kanker terkait HPV, sangat rendah.

Pada konferensi pers, D'Souza mengatakan "Banyak orang terinfeksi tetapi mampu menyembuhkan infeksi tersebut sehingga tidak lagi membahayakan." 

Para peneliti menambahkan, bahwa pasangan yang telah bersama-sama dalam waktu yang lama, mungkin sudah berbagi segala macam bentuk infeksi. Oleh sebab itu, tidak perlu ada perubahan keintiman fisik di antara para pasangan dan oral seks tidak akan meningkatkan atau mengurangi risiko infeksi.

Oral seks dengan enam orang atau lebih meningkatkan risiko kanker pada tenggorokan.
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di NEJM (New England Journal of Medicine), Dr Maura Gillison dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health dan tim, mengungkapkan, orang yang melakukan seks oral dengan setidaknya enam mitra yang berbeda,  memiliki risiko kanker pada tenggorokan yang lebih tinggi dibanding mereka yang melakukannya dengan lebih sedikit pasangan. 


Mereka menemukan bahwa orang yang memiliki setidaknya enam mitra seks oral selama hidupnya, 3,4 kali lebih mungkin untuk menderita  kanker pada tenggorokan. Mereka yang memiliki 26 atau lebih pasangan seks vaginal, memiliki risiko 3,1 kali lebih tinggi terkena kanker pada tenggorokan.

Apa saja faktor risiko kanker pada tenggorokan?
Merokok - ini adalah faktor risiko yang paling berat. Perokok berat 20 kali lebih mungkin untuk menderita beberapa jenis kanker pada tenggorokan dibandingkan non-perokok.
Alkohol - konsumsi alkohol, terutama dalam jumlah banyak dan jangka waktu lama, juga meningkatkan risiko  kanker pada tenggorokan.


Orang-orang yang melakukan keduanya - minum alkohol dan mencandu rokok. Mereka adalah kelompok risiko tertinggi terkena sakit kanker pada tenggorokan. 
Namun ada juga sebuah penelitian  yang dilakukan pada Mei 2013  menyatakan bahwa mereka yang tidak minum alkohol dan tidak merokok namun sering menderita sakit maag (heartburn), juga memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker pada tenggorokan dan pita suara. (LT)

Ditinjau oleh: dr. Deffy Laksani Anggar Sari


]]>
Tue, 17 Jan 2017 15:38:19 +0700Health A-Z
Yoga dan Manfaatnya untuk Kesehatan http://meetdoctor.com/article/yoga-dan-manfaatnya-untuk-kesehatan http://meetdoctor.com/article/yoga-dan-manfaatnya-untuk-kesehatan Saat ini yoga merupakan salah satu olahraga olah tubuh yang tengah digandrungi banyak orang, khususnya para wanita. Kebanyakan dari mereka memilih olahraga yoga selain untuk menenangkan pikiran juga untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.
 
Yoga yang merupakan salah satu bentuk meditasi dari India ini berpusat pada ketenangan pikiran yang oleh sebagian orang dijadikan terapi mental. Selain bermanfaat untuk ketenangan mental, masih banyak manfaat yang Anda dapatkan dari yoga, seperti beberapa hal dibawah ini:
1. Menyehatkan jantung
Dengan melakukan yoga dapat membantu sirkulasi pernapasan dan darah menjadi lancar. Hal ini tentunya membuat arteri dan jantung Anda menjadi lebih sehat. Selain itu yoga juga dapat membantu melancarkan peredarah darah dan mencegah adanya penyumbatan darah.
 
2. Fleksibilitas tubuh
Gerakan-gerakan yang dilakukan saat yoga rupanya dapat membantu meregangkan dan meningkatkan fleksibilitas tubuh. Bahkan jika Anda melakukan yoga secara rutin dapat meningkatkan kelenturan pada beberapa bagian tubuh, seperti paha belakang, punggung, bahu dan pinggul.
 
Baca di sini untuk informasi selanjutnya.

3. Keseimbangan otak
Yoga membutuhkan penekanan pada keseimbangan kedua sisi otak. Hal tersebut dikarenakan kedua otak dapat berkomunikasi secara internal yang jarang Anda lakukan sehari-harinya. Komunikasi tersebut dapat menyeimbangkan antara otak berpikir dengan otak kreatif.
 
4. Mencegah nyeri
Dengan seringnya Anda melakukan olahraga yoga hasilnya dapat meningkatkatkan fleksibilitas serta kekuatan tubuh, juga mencegah sakit punggung atau nyeri. Tak hanya itu, yoga dapat melemaskan kembali tulang dan otot yang kaku sehingga dapat memperbaiki tubuh Anda menjadi lebih baik.
 
5. Mengurangi stres
Kebanyakan orang memilih yoga untuk mengurangi stres atau membuat pikirannya menjadi lebih tenang. Saat berkonsentrasi, masalah sehari-hari akan mencair sehingga Anda akan terbebas dari tekanan stres. Konsentrasi bisa menjadi sarana relaksasi pikiran yang sangat dibutuhkan oleh pikiran yang sedang stres.
 
Perihal stress, hal yang satu ini memang suatu keadaan yang dapat membuat semua orang menjadi tidak nyaman melakukan segala aktivitasnya. Tapi saat ini Anda tidak perlu khawatir, olahraga yoga bisa Anda jadikan alternatif untuk mengurangi stres serta menyehatkan tubuh Anda.

]]>
Thu, 22 Dec 2016 10:06:58 +0700Health A-Z
Pentingnya Emoji untuk Seks Aman http://meetdoctor.com/article/pentingnya-emoji-untuk-seks-aman http://meetdoctor.com/article/pentingnya-emoji-untuk-seks-aman Dalam rangka memeringati hari AIDS Sedunia 2015, Durex menyampaikan pentingnya seks aman melalui emoji di berbagai jejaring social dan mobile messenger. Emoji adalah salah satu faktor pelengkap dalam berkomunikasi di jejaring sosial maupun mobile messenger. Emoji bisa digunakan untuk mengekspresikan diri dan emosi penggunanya.  Kampanye penggunaan seks aman ini diluncurkan pada Jumat, 27 November lalu di Jakarta dengan menghadirkan psikolog skesual, Zoya Amirin, sebagai pembicara bersama dengan Marketing Director Reckitt Benckiser Indonesia, Faraz Zhamsi. 

Prevalensi HIV di Indonesia adalah sebesar 0.16% dari keseluruhan populasi penduduk. Indonesia termasuk dalam negara epidemik HIV.  Kasus HIV di Indonesia adalah salah satu yang tercepat di Asia. Jumlah orang dengan HIV di Indoensia selama kurun waktu lima tahun terakhir mengalami peningkatan sebesar 52 persen. 

Untuk itu, diperlukan dukungan dari semua pihak untuk berbagi informasi dan edukasi mengenai infeksi menular seksual serta bagaimana menerapkan seks yang aman. “Topik mengenai mengenai seks aman sudah seharusnya menjadi bagian dari percakapan sehari-hari.” Ujar Faraz.

Sementara itu, menurut Zoya, seks seringkali masih dianggap sebagai topik yang tabu untuk dibicarakan. Hal ini membuat diskus tentang penyakit infeksi menular seksual dan berhubungan yang aman tidak menjadi bagian dari percakapan sehari-hari. Padahal, kita tidak bisa menutup mata bahwa seks kerap didiskusikan dengan sesama teman baik di dunia maya dan mobile messenger.


Riset dari Durex mengungkapkan bahwa 80 persen responden mengatakan bahwa mereka lebih mudah mengekspresikan diri dengan menggunakan emoji, sedangkan 84 responden lebih nyaman berbicara tentang seks dengan menggunakan emoji.

Alasan Durex meluncurkan kampanye global yang mendorong pembuatan emoji berhubungan yang aman adalah kaena hingga saat ini di media sosial dan mobile messenger, emoji tersebut belum tersedia. 


Emoji tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat dalam membuka diri saat berdiskusi mengenai seks yang aman, juga meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya penggunaan kondom dalam melindungi diri dari infeksi menular seksual, termasuk HIV dan AIDS. Dalam kampanye global ini, Durex mengundang semua orang untuk menggunakan dan menyebarkan hashtag #CondomEmoji dalam mendukung seks yang aman.

 


]]>
Tue, 10 Jan 2017 09:50:56 +0700Health A-Z
6 Keluhan yang Tidak Boleh Diabaikan http://meetdoctor.com/article/6-keluhan-yang-tidak-boleh-diabaikan http://meetdoctor.com/article/6-keluhan-yang-tidak-boleh-diabaikan Anda mungkin pernah mengalami sakit atau nyeri yang muncul mendadak. Tidak semua keluhan yang Anda rasakan itu harus ditindaklanjuti dengan pergi ke dokter.  Namun, ada beberapa gejala atau keluhan yang sebaiknya tidak Anda abaikan. Segera hubungi dokter bila Anda menemukan gejala-gejala ini:

1.Tangan dan kaki terasa lemah 
Jika lengan, kaki g perlu Anda perhatikan adalah Anda tidak dapat menjaga keseimbangan, pusing, atau kesulitan berjalan. Segera dapatkan bantuan jika Anda tiba-tiba tidak bisa atau wajah Anda terasa lemah atau mati rasa, itu bisa jadi pertanda stroke, terutama jika itu terjadi pada satu sisi tubuh Anda. Selain itu, pertanda stroke lainnya yanmelihat dengan baik, sakit kepala hebat, dan mengalami masalah berbicara atau pemahaman. Jika Anda minum obat pengencer darah dalam 4,5 jam dari gejala pertama, Anda dapat menurunkan risiko cacat jangka panjang dari stroke. 

2. Nyeri dada
Ketika Anda merasakan nyeri dada, segera hubungi dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. “Setiap nyeri dada, terutama disertai dengan berkeringat, tekanan, sesak napas atau mual, harus segera dievaluasi oleh seorang profesional medis,” kata Shilpi Agarwal, MD, dengan One Medical Group di Washington, DC. Pasalnya, nyeri dada atau tekanan bisa menjadi tanda penyakit jantung atau serangan jantung, terutama jika Anda merasakan gejala ini selama aktivitas atau saat aktif. Namun, bisa jadi nyeri dada pertanda kondisi serius lain, seperti gumpalan darah bergerak ke paru-paru Anda. Jadi, jika dada terasa kencang atau berat itu berlangsung lebih dari beberapa menit, atau berlalu hilang dan kembali lagi, segera ke dokter.  

3. Sakit pada betis
Ini bisa menjadi gejala adanya pembekuan darah di kaki Anda. Kondisi ini disebut juga deep vain thrombosis (DVT). Biasanya ini terjadi setelah Anda duduk terlalu lama. Jika itu adalah gumpalan darah, Anda mungkin merasa sakit, terutama ketika Anda berdiri atau berjalan. Kemungkinan juga akan terjadi pembengkakan. Kaki biasanya merah dan terlihat lebih besar dari kaki yang lain. Tanda lain yang juga perlu diperhatikan adalah ketika Anda melenturkan jari-jari Anda ke atas muncul rasa sakit, itu juga kemungkinan karena pembekuan darah. Sangat penting untuk mengatasi gumpalan darah sebelum pecah karena dapat menyumbat aliran darah Anda, yang dapat mengakibatkan komplikasi. 

4. Darah di urin Anda
Jika Anda melihat darah pada urin Anda dan juga merasakan sakit di sisi atau punggung Anda, kemungkinan Anda memiliki batu ginjal. Jika Anda melihat darah dalam urin, disertai dengan peningkatan keinginan untuk buang air kecil, atau merasa terbakar ketika buang air kecil, Anda mungkin memiliki infeksi kandung kemih atau ginjal. Jangan menunggu untuk melihat dokter Anda, terutama jika Anda mengalami demam. Jika Anda melihat darah tapi tidak merasa sakit, itu mungkin merupakan tanda dari ginjal atau kanker kandung kemih, sehingga perlu mengunjungi dokter Anda.

5. Mengi
Napas adalah suara napas abnormal yang terdengar seperti siulan. Masalah pernapasan harus segera diobati. Penyebab mengi bisa karena penyakit paru-paru, alergi parah, atau paparan bahan kimia. Dokter Anda dapat mencari tahu penyebab dan cara mengobatinya. Mengi juga dapat disebabkan oleh pneumonia atau bronkitis. Apakah mengi disertai juga dengan batuk lendir kuning atau hijau? Apakah Anda mengalami demam atau sesak napas? Jika iya, Anda mungkin memiliki bronkitis yang berubah menjadi pneumonia. 

6. Pikiran bunuh diri 
Jika Anda merasa putus asa atau terperangkap, atau berpikir Anda tidak memiliki alasan untuk hidup, segera minta pertolongan. Berbicara dengan seorang profesional dapat membantu Anda dalam melalui krisis. Seorang dokter atau profesional kesehatan mental akan berbicara dengan Anda, membuat Anda aman, dan membantu Anda melalui masa sulit ini.


Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

 


]]>
Fri, 13 Jan 2017 17:24:55 +0700Health A-Z
Kampanye Emoji Seks Aman http://meetdoctor.com/article/kampanye-emoji-seks-aman http://meetdoctor.com/article/kampanye-emoji-seks-aman Beberapa waktu belakangan ini di media sosial ramai dukungan untuk kampanye kondom emoji. Dukungan netizen untuk kampanye seks aman ini meraih interaksi media sosial setiap tiga detik dengan tagar #condomemoji yang disebarkan netizen di lebih dari 140 negara. Video kampanye seks aman yang diunggah di Youtube juga telah ditonton sebanyak 16 juta kali, di mana 1,5 juta kali berasal dari Indonesia. 

Kampanye ini diluncurkan untuk menanggapi hasil penelitian yang menunjukkan statistik mengejutkan seputar penggunaan emoji dan kesadaran akan HIV. Menanggapi reaksi positif dunia terhadap kampanye condomemoji tersebut, sebuah merk kesehatan seksual telah mengumumkan bahwa mereka telah mengajukan permohonan resmi ke Unicode untuk pembuatan emoji resmi seks aman pertama di dunia ini. 
 
Hal ini disambut positif oleh Zoya Amirin, M.Psi, psikolog seksual. “Resspon dari netizen yang tidak hanya menonton namun juga menyebarkan video kepada teman- teman mereka, mengkonfirmasi bahwa mereka sesungguhnya sadar akan perlunya condomemoji seks aman dalam percakapan mereka sehari- hari. Dengan menambahkan condomemoji seks aman dalam ponsel pintar, masyarakat akan lebih nyaman untuk berbicara mengenai seks aman,” ujarnya.


Senada dengan Zoya, Direktur Global Durex, Volker Sydow, mengatakan “Dukungan untuk emoji seks aman sangat luar biasa dan memberi penekanan terhadap pentingnya sarana komunikasi untuk membicarakan berhubungan aman yang biasa digunakan oleh masyarakat dengan nyaman. Ia menambahkan, “Tingkat interaksi dan dukungan dari seluruh dunia untuk kampanye ini sangat mengejutkan. Kami berharap Unicode akan mendukung permohonan kami akan condomemoji resmi yang dapat memungkinkan seks aman menjadi bagian dari pembicaraan masyarakat terkait seks”.


Kampanye ini muncul sebagai tanggapan atas hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Durex pada 18 November, yang mengungkapkan bahwa 84% dari responden lebih nyaman berbicara mengenai seks dengan menggunakan condomemoji* dan yang mengkhawatirkan adalah 56% dari mereka mengaku tidak khawatir mengenai berhubungan yang aman, dengan sepertiganya mengaku tidak peduli sama sekali. 


]]>
Tue, 17 Jan 2017 14:07:10 +0700Health A-Z
Temukan Masalah Kesehatan pada Wajah Anda http://meetdoctor.com/article/temukan-masalah-kesehatan-pada-wajah-anda http://meetdoctor.com/article/temukan-masalah-kesehatan-pada-wajah-anda Tidak hanya kecantikan, kesehatan seseorang juga bisa dilihat dari wajahnya. Terdapat beberapa faktor yang dapat menilai dan melihat gangguan kesehatan pada tubuh Anda, dan tanda-tanda tersebut dapat terlihat dari wajah. Di antaranya adalah dari garis, warna, ada/tidaknya jerawat, dan kekencangan kulit wajah Anda.

Dahi
Apabila Anda berkaca dan menemukan garis horizontal pada dahi, berhati-hati dan cek segera saluran pencernaan karena dikhawatirkan Anda memiliki masalah pada bagian pencernaan ataupun psikis. Anda harus lebih memerhatikan pola makan dan mengantisipasinya dengan menenangkan diri dan minum minuman yang hangat.  Kurangi mengonsumsi makanan olahan dan lemak, dan perbanyak sayur dan buah. 

Mata
Lingkaran hitam pada mata bukan hanya pertanda Anda kurang beristirahat, tapi juga karena ‘salah makan,’gangguan ginjal, kekurangan zat besi, serta pertanda obesitas. Untuk itu, Anda perlu mengurangi makanan yang mengandung gandum atau susu, diet sehat karbohidrat, dan memperbanyak minum air putih. Sebaiknya Anda juga mengurangi bahkan menghentikan konsumsi alkohol, kafein, dan minuman bersoda agar gangguan kesehatan Anda tidak semakin parah.

Hidung
Hidung adalah tempat yang mudah disinggahi jerawat dan komedo. Keberadaan kedua hal tersebut juga perlu untuk Anda waspadai karena jerawat dan komedo pada hidung menjadi awal tanda masalah jantung dan darah. Sangat disarankan untuk menghindari kopi, alkohol, dan makanan yang pedas serta mengurangi beban pikiran. Selain itu, jangan lupa untuk rajin membersihkan wajah agar jerawat tidak tumbuh semakin ganas dan menyebar.

Pipi
Bagian pipi yang berubah warna bisa menjadi indikasi penyakit paru-paru dan metabolisme tubuh yang  menurun. Kedua hal tersebut bisa semakin Anda waspadai bila Anda juga mengalami daya pikir yang melemah dan kesulitan dalam bernapas. Muailah dengan  memperbaiki pola makan dan rajin berolahraga  agar nutrisi dapat terserap dengan baik dalam tubuh serta menjaga kebersihan. Gangguan kesehatan lain yang dapat terlihat dari pipi adalah adanya flek-flek hitam yang mendandakan adanya racun-racun dalam tubuh. Sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan segar seperti buah-buahan dan minum lebih banyak air.

Bibir
Bibir kering pucat bisa menjadi pertanda bahwa seseorang mengidap anemia atau kekurangan darah. Beberapa penelitian lainnya pun menyatakan bahwa bibir pucat juga menunjukkan kondisi jantung yang menurun dan gangguan pada ginjal dan sistem pencernaan. Maka ada baiknya Anda selalu mengecek dan memastikan kesehatan Anda sebulan sekali dan menjalani diet yang sesuai kondisi dan kebutuhan tubuh.

Dagu
Siapa sangka bagian terbawah dari wajah juga mampu memberikan pertanda masalah kesehatan? Dagu yang membesar dan tidak seimbang bisa menjadi tanda Anda sedang mengalami stres dan ketidakseimbangan hormon. Mencari kegiatan yang bisa menyegarkan pikiran, berbagi pada orang terdekat, dan mengonsumsi makanan yang sehat sangat membantu keluar dari permasalahan kesehatan tersebut.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Thu, 12 Jan 2017 12:11:44 +0700Health A-Z
Inilah Penyebab Urin Berbau Tak Sedap http://meetdoctor.com/article/inilah-penyebab-urin-berbau-tak-sedap http://meetdoctor.com/article/inilah-penyebab-urin-berbau-tak-sedap Urin berbau aneh atau tak sedap, seringkali dianggap remeh. Padahal, selain membuat diri Anda tidak nyaman, urin berbau tidak sedap juga jadi pertanda masalah kesehatan ini:

  • Dehidrasi

Penyebab paling utama yang menyebabkan urin Anda mengeluarkan bau tak sedap adalah, Anda mungkin kurang mengonsumsi air putih. “Saat tubuh Anda dehidrasi, urin memiliki bau yang kuat dan muncul warna gelap,” kata Sherry Ross,M.D., Dokter dari Providence St. John’s Health Center, Santa Monica. Jadi, sebaiknya konsumsi air putih yang cukup agar tubuh Anda tidak dehidrasi.

  • Anda Mengidap Infeksi Saluran Kencing

Bakteri menyebabkan infeksi yang menyebabkan bau tak sedap, serta menyebabkan urin Anda mengeluarkan darah.

  • Diabetes

Terlalu banyak makan makanan manis bisa jadi Anda terkena diabetes, dan salah satu penyebab kencing menjadi muncul bau aneh adalah diabetes. Jadi, jika kencing Anda berbau aneh, bisa jadi bau itu muncul karena gula yang dieksresikan oleh ginjal Anda.

  • Infeksi Ragi ( Yeast Infection)

Infeksi ragi adalah, meliputi infeksi yang berkisar dari yang ringan seperti sariawan mulut dan vaginitis, sampai yang berpotensi mengancam kehidupan manusia. Infeksi ragi akan menyebabkan gatal pada daerah sekitar vagina Anda. Bukan hanya itu, infeksi ragi juga dapat menyebabkan kencing Anda berbau tak sedap.

  • Kelainan Genetik

Jika kencing Anda berbau “busuk,” atau “amis”, Anda mungkin memiliki kondisi yang disebut Trimethylaminuria. Itu lebih sering terjadi pada wanita, dan gejala dapat memperburuk atau menjadi lebih terlihat saat pubertas, sebelum atau selama menstruasi, atau saat menjelang menopause.

 

Ditinjau oleh: dr. Jezzy Reisya


]]>
Mon, 09 Jan 2017 10:13:03 +0700Health A-Z
Kecanduan Makanan Manis, Begini Cara Mengatasinya http://meetdoctor.com/article/kecanduan-makanan-manis-begini-cara-mengatasinya http://meetdoctor.com/article/kecanduan-makanan-manis-begini-cara-mengatasinya Diet detoks gula sedang jadi tren. Katanya, diet ini bisa mengakhiri kecanduan Anda untuk makan makanan manis dan membantu Anda menurunkan berat badan. Benarkah? Inilah kebenaran tentang kecanduan gula dan bagaimana cara yang benar untuk menjinakkannya.

Ada beberapa orang menggunakan makanan manis dengan cara-cara yang tidak sehat, meskipun mungkin mereka belum sampai pada tahap kecanduan  yang sebenarnya. Beberapa tanda kecanduan gula yang wajib Anda waspadai antara lain adalah; Anda kerap mendambakan makanan atau minuman manis, kehilangan kendali dan sering makan lebih banyak dari yang direncanakan.

Gula, bukannya tanpa manfaat. Gula adalah bahan bakar setiap sel dalam otak. Otak Anda melihat gula sebagai hadiah, yang dapat membuat Anda ketagihan. Semakin sering Anda makan gula, semakin kuat sistem reward di otak Anda dan akhirnya akan mempersulit Anda menghentikan kebiasaan mengonsumsi yang manis-manis.

Makanan manis seperti permen mengandung gula yang merupakan sumber karbohidrat sederhana. Gula atau karbohidrat jenis ini cepat menaikkan kadar gula darah dan cepat pula menurunkannya, membuat kadar gula menjadi tidak stabil. Sebenarnya, gula sederhana juga terdapat di dalam buah-buahan dan sayuran. Tapi, karena mereka kaya akan serat yang tidak bisa dicerna tubuh maka proses penyerapan gulanya pun ikut melambat. 

Beberapa rencana diet detoks gula menyarankan Anda menjauhi segala bentuk makanan dan minuman yang mengandung gula atau karbohidrat sederhana, termasuk biskuit, permen, roti, nasi putih, kue, buah, susu, dan lain sebagainya. Diet ini terlalu drastis sehingga jarang orang bisa melakukannya dalam jangka panjang. Sebaiknya, cobalah trik ini untuk meredam kesukaan Anda terhadap gula yang amat sangat.

Latih Selera Anda

Anda tidak perlu gula sebanyak yang Anda konsumsi selama ini. Bahkan, Anda dapat melatih selera Anda untuk tidak terlau menikmati yang manis. Coba eliminasi satu jenis makanan manis dari pola makan Anda setiap minggu. Misalnya, tidak makan makanan penutup setelah makan malam. Atau, mengurangi jumlah gula di dalam kopi atau sereal Anda.

Pilih Sumber yang Baik

Anda tidak harus menghilangkan semua makanan manis, tapi coba dapatkan dari sumber yang lain. Coba campurkan buah segar pada oatmeal atau air minum Anda sebagai ganti gula meja yang selama ini Anda konsumsi.

Biarkan Protein Membantu Anda

Makan protein adalah cara mudah untuk mengekang keinginan tak tertahankan terhadap gula. Makanan tinggi protein dicerna lebih lambat, membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Protein tidak membuat gula darah Anda melonjak seperti yang dilakukan oleh karbohidrat dan gula halus. Pilih protein seperti ayam tanpa lemak, yogurt rendah lemak, telur, kacang-kacangan, atau biji-bijian.

Perbanyak Serat

Serat membantu melawan kecanduan gula dengan banyak cara. Pertama, serat membuat Anda cepat kenyang. Makanan tinggi serat juga memberi Anda lebih banyak energi dan  tidak menaikkan kadar gula darah. Pilih buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian sebagai sumber serat yang baik.

Aktivitas fisik

Latihan dapat membantu melenyapkan kecanduan gula dan mengubah cara Anda makan pada umumnya. Dengan rutih berolahraga, Anda akan mulai merasa lebih baik dan ingin makan makanan sehat. Lakukan apa yang Anda suka, seperti jalan kaki, naik sepeda, atau berenang. Mulailah dengan perlahan selama setidaknya 30 menit satu kali latihan, lima hari seminggu.

Bisakah Pemanis Buatan Membantu?

Beberapa studi menunjukkan pemanis buatan dapat menyebabkan keinginan menyantap yang manis-manis, bertambah sulit dikontrol. Menurut beberapa ahli, pemanis buatan tidak membantu mengurangi selera Anda terhadap yang manis. Jadi, perhatikan tubuh Anda; apakah pemanis buatan membuat Anda tambah mendambakan gula? Jika memang demikian, cari sumber manis lain yang lebih sehat seperti diungkap di atas.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Wed, 04 Jan 2017 16:04:28 +0700Health A-Z