MeetDoctor - Topic Pregnancy http://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors http://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor http://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2017 Cara Cepat Hamil Dengan Menentukan Posisi Berhubungan Badan http://meetdoctor.com/article/cara-cepat-hamil-coba-posisi-ini http://meetdoctor.com/article/cara-cepat-hamil-coba-posisi-ini Banyak pasangan yang mencari cara cepat hamil. Apakah posisi berhubungan seks bersama pasangan juga menentukan seseorang bisa hamil ? Inilah jawaban yang tepat bagi pasangan suami istri yang sedang mencari cara agar cepat hamil.

Kehamilan baru bisa terjadi saat sperma dan sel telur bertemu. Pembuahan pun akan optimal bila dilakukan saat sel telur sudah matang sehingga siap dibuahi sperma. Sayangnya, masa hidup sel telur hanya berlangsung selama 12 - 24 jam dalam 1 bulan dan umur sperma bisa bertahan hidup selama 2 - 3 hari. Oleh karena itu, lebih baik berhubungan badan sebelum masa subur supaya sel sperma masih hidup dan bisa bertemu dengan sel telur. Selain itu, para ahli juga menyarankan agar Anda dan pasangan berhubungan badan sebanyak 2 - 3 kali dalam seminggu. 

Cara cepat hamil juga ditentukan oleh posisi berhubungan intim

Barangkali Anda pernah mendengar bahwa posisi berhubungan seks tertentu dapat membuat wanita cepat hamil. Misalnya, jika suami berada di atas istri maka pembuahan akan lebih cepat terjadi. Meski belum dibuktikan secara ilmiah, tak ada salahnya Anda dan pasangan mencoba berbagai posisi berhubungan badan sebagai cara agar cepat hamil.

Berikut beberapa posisi seks sebagai salah satu cara agar cepat hamil.


Kaki bersandar di bahu

Salah satu cara agar cepat hamil berdasarkan posisi berhubungan seks adalah posisi di mana wanita mengangkat salah satu kakinya dan disandarkan pada bahu pria. Sementara pria berada di posisi duduk dengan melipat kaki serta mengangkang dan menopang badan dengan kakinya. Posisi berhubungan badan ini mirip seperti bambu yang terbelah. Pada posisi ini, penetrasi penis akan lebih cepat mencapai G-spot vagina. 

 


Membelakangi pria

Pada posisi seks ini, Anda dan pasangan sama-sama berdiri di mana wanita membelakangi pasangan pria. Lalu, pria  meraih pinggang wanitanya dan melakukan penetrasi dari belakang. Biasanya pada posisi berhubungan seks yang juga dinamai the union of the wolf ini, wanita akan sedikit membungkuk dan bisa disangga dengan menggunakan bantal, meja, atau kursi. Posisi ini bisa menjadi cara agar cepat hamil yang efektif sebab sperma lebih cepat berlomba-lomba menuju rahim.


Misionaris

Posisi berhubungan seks ini bisa dibilang paling banyak dilakukan oleh pasangan suami istri. Posisi seks yang dinamai misionaris ini memang sederhana yaitu pria melakukan penetrasi di atas tubuh wanita yang telentang. Meski sederhana, posisi berhubungan intim ini adalah cara agar cepat hamil yang ampuh. Nah, supaya Anda bisa melakukan penetrasi yang lebih dalam, beberapa wanita biasanya menempatkan bantal pada bagian bokongnya.

 


Melingkarkan kaki

Meski posisi berhubungan seks ini mirip posisi misionaris, posisi yang termasuk cara agar cepat hamil ini memiliki perbedaan. Wanita tetap dalam posisi telentang dan pria berada di atasnya. Namun pada posisi ini, wanita melingkarkan kakinya di atas bokong pria. Atau, dalam kata lain, kaki wanita dinaikkan sedikit ke atas. Posisi berhubungan badan ini dipercaya bisa membuat penetrasi penis ke vagina lebih signifikan. 


Di atas meja

Posisi seks lain yang bisa menjadi cara agar cepat hamil adalah wanita duduk di atas tepi meja dan pria berada di depannya. Usahakan agar tinggi badan Anda dan pasangan tidak menyulitkan saat melakukan penetrasi. Nah, supaya penetrasi makin dalam, lingkarkan kedua kaki wanita di pinggang pria. 


Peluk dari belakang

Posisi ini sebenarnya hampir sama dengan doggy style. Tapi, wanita berada dalam posisi berlutut dan bertumpu pada tangan yang menyiku, sehingga mirip seperti merangkak. Posisi pria dalam hal ini juga sama dengan wanita, namun berada tepat di belakang sang wanita. Tentu saja, penetrasi dilakukan dari belakang. Nah, pada posisi ini sperma akan lebih mudah menembus rahim, terutama bila wanita memiliki kondisi rahim terbalik. 

Semoga bermanfaat! (DV)

Ditinjau oleh dr. Hervi Wiranti, SpOG
 


]]>
Thu, 05 Jan 2017 11:14:21 +0700Hamil
Posisi Tidur Ibu Hamil Selama Masa Kehamilan http://meetdoctor.com/article/posisi-tidur-ibu-hamil http://meetdoctor.com/article/posisi-tidur-ibu-hamil Posisi tidur di masa kehamilan seringkali menjadi masalah. Pasalnya, seorang wanita hamil akan mengalami banyak perubahan. Baik dari segi fisik maupun emosional. Dan, seperti yang kita ketahui, perubahan fisiklah yang paling terlihat dari seorang wanita hamil. Jadi, semakin bertambah usia kehamilannya, maka akan semakin besar pula perutnya. 

Nah, hampir semua wanita hamil pasti mengalami susah tidur. Maksudnya, semakin besar perut, maka tidur pun menjadi suatu hal yang terganggu. Tidak hanya itu, posisi tidur yang salah pada wanita hamil dapat menyebabkan sakit punggung, pinggang, sakit perut, sesak nafas, bahkan insomnia. Berikut cara tidur ibu hamil yang dapat membuatnya nyaman selama masa kehamilan. 

Menyamping ke kiri
Posisi saat tidur yaitu dengan menyamping ke kiri merupakan salah satu posisi terbaik untuk wanita hamil. Caranya adalah dengan berbaring menyamping dengan menekuk lutut Anda ke sebelah kiri. Jangan lupa juga untuk menambahkan bantal di bawah perut, punggung, dan diantara kaki, untuk membuat Anda menjadi lebih nyaman. 

Banyak para ahli yang menyarankan untuk menggunakan posisi ini saat Anda tidur. Pasalnya, hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke plasenta bayi Anda.


Selain posisi menyamping ke kiri, Anda pun bisa mencoba beberapa tips berikut supaya tidur Anda benar-benar nyaman:

• Untuk menghindari sesak napas, baiknya letakkan bantal pada punggung Anda (pada posisi bersandar atau setengah tiduran). Hal ini dapat menyangga dada sehingga Anda dapat mengatur napas dengan baik.
 
• Gunakan kasur yang nyaman untuk wanita hamil (walaupun bukan khusus untuk wanita hamil), namun paling tidak hal tersebut tidak menimbulkan banyak tekanan pada punggung dan pinggang Anda. 

• Anda pun bisa mencoba kasur angin. Pasalnya, beberapa wanita hamil nyaman saat menggunakan kasur tersebut.

• Selain itu, Anda pun bisa berkesperimen dengan tempat tidur. Maksudnya, tidak hanya tidur di kasur saja, namun Anda juga bisa menggunakan sofa, kursi malas, atau tempat yang nyaman untuk Anda tidur. 


Lalu, posisi tidur apakah yang perlu wanita hamil hindari?
Beberapa posisi untuk tidur yang salah jelas akan sangat berbahaya bagi wanita hamil. Pasalnya, posisi tersebut bisa membahayakan ibu dan janin yang sedang berada di dalam kandungan. Dan, berikut dua posisi tidur yang harus dihindari bagi wanita hamil. Diantaranya:

• Tidur terlentang
Posisi ini jelas sangat berbahaya bagi wanita yang sedang hamil. Pasalnya, hal ini dapat menyababkan maslah sakit punggung, sulit bernafas, sistem pencernaan, wasir, tekanan darah rendah, dan penurunan sirkulasi ke jantung Anda dan bayi. 

• Tidur di perut Anda
Hal ini tentu sangat berbahaya bagi Anda dan bayi di dalam kandungan. Terlebih lagi jika kehamilan semakin membesar. Jadi, jika anak Anda meminta dirinya tidur di atas perut Anda yang sedang hamil, tolaklah dengan halus dan beri pengertian pada si kecil. (DV)

Ditinjau oleh: dr. Cepi Teguh Pramayadi SpOG


]]>
Mon, 23 Jan 2017 13:56:24 +0700Hamil
8 CIRI-CIRI ORANG HAMIL http://meetdoctor.com/article/8-ciri-ciri-orang-hamil http://meetdoctor.com/article/8-ciri-ciri-orang-hamil Bagaimana sih Ciri-ciri orang hamil ? Dokter, saya berhubungan dengan pasangan saya tanpa kondom 3 minggu yang lalu, apakah saya hamil ? Dok, saya sudah 1 minggu terlambat dari jadwal menstruasi saya, apakah saya hamil ? Banyak pertanyaan kepada dokter yang menanyakan apakah hamil. Sebaiknya ciri-ciri orang hamil diketahui sedini mungkin, karena apabila seorang wanita sedang hamil maka perlu menjaga kondisi kehamilannya. Kehamilan adalah kondisi wanita yang membawa embrio atau janin di dalam tubuhnya. Masa-masa awal kehamilan sangat menentukan kesehatan janin dan ibunya. Pada awal kehamilan biasanya menunjukkan ciri-ciri spesifik.

Beberapa ciri-ciri orang hamil yang dapat diketahui masih merupakan indikasi awal.

Sebelum mengulas satu per satu tanda atau ciri-ciri hamil, perlu diingat bahwa ciri-ciri hanya merupakan tanda awal atau yang disebut juga indikasi. Untuk memastikan dengan jelas apakah seorang wanita sedang hamil sebaiknya Anda memakai alat uji kehamilan atau yang sering disebut test pack. Juga dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk pengujian dan pemastian kehamilan yang lebih pasti dan akurat.

Berikut 8 ciri-ciri orang hamil :


Mual muntah

Salah satu ciri-ciri orang yang sedang hamil adalah mual dan muntah. Meski ciri-ciri hamil ini disebut morning sickness, keluhan mual muntah bisa terjadi kapan saja dalam sehari. Mual muntah mulai muncul saat usia kehamilan memasuki 7 - 9 minggu, atau bisa lebih awal. Mual muntah disebabkan meningkatnya hormon beta-HCG. Ada beberapa cara mengatasi mual muntah, meski demikian Anda tidak perlu khawatir gejala ini biasanya akan hilang setelah usia kandungan 12 - 16 minggu. 


Mudah lelah dan tak enak badan

Meski tidak semua wanita merasakannya, merasa mudah lelah atau kurang enak badan juga menjadi salah satu ciri-ciri orang yang sedang hamil. Biasanya, Anda akan merasa seperti masuk angin, badan pegal-pegal dan seperti akan terserang flu. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini tidak berbahaya. Anda hanya perlu istirahat. Mudah lelah dan kurang enak badan yang merupakan ciri-ciri hamil ini akan terasa saat trimester pertama dan ketiga.


Payudara bengkak dan puting hitam

Kehamilan memang memberikan perubahan pada tubuh. Nah, salah satu ciri-ciri orang yang sedang hamil adalah perubahan pada payudara. Nah, biasanya pembengkakan payudara terjadi di awal kehamilan dan bagian puting akan lebih lebar dan berwarna lebih gelap. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memilih bra yang nyaman dan tepat untuk ibu hamil, terutama saat berolahraga.


Ngidam dan sensitif terhadap bau

Ngidam dan berselera terhadap suatu makanan bisa menjadi ciri-ciri orang sedang hamil yang paling terlihat. Misalnya, Anda sangat menyukai makanan tertentu sebelum hamil, tapi saat hamil Anda malah tidak suka sama sekali makanan tersebut. Mencium bau makanan tersebut saja membuat Anda mual.

Ciri-ciri orang yang sedang hamil juga bisa sebaliknya yaitu Anda sangat menginginkan makanan tertentu. Ciri-ciri orang yang sedang hamil berupa ngidam ini biasanya terjadi pada trimester pertama. Wanita yang sedang hamil juga biasanya akan mengalami penciuman yang sensitif, seperti terhadap parfum, rokok, dan bau masakan yang menyengat.


Sering buang air kecil

Ciri-ciri orang yang sedang hamil adalah intensitas buang air kecil yang meningkat. Hal ini biasanya disebabkan oleh rahim yang mulai berkembang dan mendorong kandung kemih. Alhasil, Anda pun sering buang air kecil secara terus-menerus.


Flek dan kram perut

Ciri-ciri orang yang sedang hamil adalah mengalami flek (spotting) berupa cairan merah muda atau kecokelatan disertai kram perut. Tidak semua wanita hamil mengalami flek dan kram perut. Di sisi lain, penyebab flek dan kram perut belum diketahui secara pasti. Dugaan terkuat adalah penempelan ovum yang telah dibuahi pada dinding rahim.


Terlambat menstruasi

Ciri-ciri orang yang sedang hamil yang paling jelas adalah Anda mengalami keterlambatan menstruasi. Nah, jika menstruasi memang terlambat, Anda sebaiknya segera melakukan tes kehamilan. 


Test pack

Ciri-ciri orang yang sedang hamil yang dialami wanita hamil bersifat subjektif, maka untuk lebih tepatnya Anda bisa melakukan tes kehamilan di rumah dengan menggunakan test pack yang bisa dibeli di apotek. (DV)

Ditinjau oleh dr. Fransisca Alvionita

 


]]>
Fri, 06 Jan 2017 13:28:56 +0700Hamil
5 Tips Cepat Hamil http://meetdoctor.com/article/5-tips-cepat-hamil http://meetdoctor.com/article/5-tips-cepat-hamil Banyak pasangan yang mencari tips cepat hamil setelah menikah. Bagi beberapa pasangan, mendapatkan momongan adalah suatu anugerah yang sangat dinanti-nantikan. Sebagian memilih untuk menunda, tapi tidak sedikit yang memilih untuk segera cepat hamil. Nah, bagi pasangan yang ingin agar cepat hamil, silakan menyimak artikel berikut ini.

Survey membuktikan bahwa rata-rata pasangan akan mendapatkan kehamilan setelah usia pernikahan 1 tahun. Jadi, sebaiknya kita tidak terburu-buru berpikiran negatif akan adanya problem dalam tubuh kita, khususnya para istri. Bagi para pasangan yang dalam waktu dekat akan menikah atau baru saja menikah, ini adalah saat yang tepat untuk memperhatikan tips hamil berikut, agar kehamilan dapat direncanakan dengan baik.

5 Tips cepat hamil, yang sebaiknya dipahami oleh setiap pasangan adalah :

  1. Masa Subur. Wanita harus mengetahui dan memahami kapan masa suburnya. Hubungan yang dilakukan di luar masa subur, sudah tentu tidak akan menyebabkan kehamilan. Jadi ini adalah faktor yang paling penting. Nah, sayangnya banyak sekali wanita (dan juga para suami) yang ternyata tidak memahami kapan masa subur terjadi. Baca artikel: Perhitungan Masa Subur untuk mendapatkan detail cara penghitungan ovulasi (masa subur).
  2. Jika sebelumnya istri mengonsumsi atau menggunakan kontrasepsi, disarankan untuk menghentikan atau melepaskan alat kontrasepsi tersebut. Jika istri punya riwayat penggunaan kontrasepsi (seperti pil atau KB suntik), maka harap dimaklumi jika butuh jeda beberapa waktu agar siklus menstruasi dan hormonal kembali normal seperti sediakala. Ketika siklus menstruasi sudah kembali teratur dan lancar, maka itu salah satu pertanda bahwa proses reproduksi telah berfungsi normal seperti sebelumnya.
  3. Medical Check-up. Pemeriksaan laboratorium ini bahkan dianjurkan untuk dilakukan sebelum pasangan menikah. Alasannya sederhana saja: untuk melakukan skrining apakah ada hal-hal yang dapat membahayakan kehamilannya (misal: infeksi virus toxoplasma, hepatitis, dan lainnya). Selain itu, pada pemeriksaan check-up ini juga bisa diketahui secara dini, apabila ada gangguan pada organ maupun sistem fungsional organ reproduksi.
  4. Hubungan Seksual. Jika ketiga hal di atas sudah dilakukan dan dipahami, maka hal berikutnya adalah kapan melakukan hubungan seksual. Karena penetapan masa subur tidak bisa 100% akurat, itulah sebabnya bagi para pasangan yang sedang dalam program untuk mendapatkan kehamilan, disarankan untuk berhubungan minimal 2 hari sekali di rentang waktu perkiraan masa subur. Alasannya adalah karena sel sperma bisa bertahan hingga 2-3 hari, sehingga diharapkan tetap ada peluang untuk bertemu dengan sel telur. "Kalau berhubungan seksual setiap hari boleh ga Dok?" Ya tentu saja boleh :)
  5. Suplemen. Walau tidak bersifat mutlak, tapi suplemen merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan perencanaan kehamilan. Suplemen yang dimaksud disini tidak hanya melulu tentang suplemen dalam bentuk vitamin (walau vitamin seperti asam folat, vitamin E juga penting untuk persiapan kehamilan), tapi juga "suplemen" dalam hal komunikasi antar pasangan, doa (spiritual), dan kondisi jiwa dan emosional yang sehat (faktor psikologis).

Berbekal 5 tips cepat hamil di atas, diharapkan pasangan yang ingin mendapatkan momongan dapat segera mendapatkan yang diinginkan.

Artikel oleh: dr. Adhiatma Gunawan (@adhiatma)


]]>
Tue, 10 Jan 2017 17:40:49 +0700Hamil
Pantangan Ibu Hamil Demi Perkembangan Bayi http://meetdoctor.com/article/pantangan-ibu-hamil http://meetdoctor.com/article/pantangan-ibu-hamil Apakah ada makanan yang menjadi pantangan ibu hamil ? Saat hamil, kebanyakan ibu hamil mengalami kesulitan untuk makan. Bahkan setelah melewati trimester pertama yang penuh dengan gejala morning sickness bukan berarti kesulitan makan jadi berakhir. Segala makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu hamil tentunya akan membawa dampak bagi janin yang dikandungnya.

Mengonsumsi makanan dan minuman sembarangan bisa saja membawa dampak yang membahayakan bagi perkembangan bayi. Oleh sebab itu, disarankan para ibu hamil beserta pasangannya mencermati ragam asupan yang dikonsumsi.

Adapun beberapa hal yang menjadi pantangan ibu hamil , yaitu:

  • Makanan Mentah atau Setengah Matang
    Semangkuk piring dengan tambahan telur setengah matang ataupun sushi beraneka rasa, mungkin memang nampak menggiurkan. Namun, sajian nan lezat ini rupanya memiliki bahaya yang terselubung bagi ibu hamil. Pada makanan setengah matang bahkan mentah, biasanya masih mengandung bakteri-bakteri yang tidak mati seperti pada hidangan yang dimasak hingga matang. Bakteri, virus maupun parasit ini bisa mempengaruhi perkembangan otak dan pertumbuhan bayi dalam kandungan

  • Hot dog, Susu yang Tidak Dipasteurisasi
    Panganan-panganan ini rentan terhadap bakteri listeria monocytogenes, sebuah bakteri penyebab listeriosis yang menyebabkan keguguran, terlahir dalam kondisi mati dan penyakit bawaan lainnya
     
  • Hewan Laut
    Hewan laut yang dimasak hingga matang dapat memberikan nutrisi penting bagi pembentukan tubuh dan otak janin. Pada masakan seafood yang setengah matang, dikhawatirkan efek merkuri masih bertahan.

    Pilihlah ikan salmon, udang, tuna, sarden, nila, juga lele yang mengandung tinggi protein baik bagi ibu hamil. Namun, konsumsi seafood ini pun ada batasnya, tidak boleh lebih dari enam ons per minggunya
     
  • Sayuran Mentah
    Pusat Riset Gizi di Amerika bahkan tidak menyarankan orang yang tidak hamil untuk memakan sayuran mentah. Bakteri yang berkembang dalam bagian-bagian sayuran mustahil hilang hanya dengan cara dicuci

     

  • Minuman Dalam Kemasan
    Minuman yang mengandung alkohol, serupa wine, bir dapat mengakibatkan janin kekurangan oksigen dikarenakan sifat bawaan minuman-minuman tersebut yang mengikat oksigen dalam darah.

    Kafein maupun teh pun tak lantas aman dikonsumsi bagi ibu hamil. Berdasarkan penelitian, kafein dan teh dapat meningkatkan resiko keguguran jika dikonsumsi secara berlebih, batasi pengkonsumsian sebanyak 200 miligram saja perhari
     
  • Suplemen
    Bahkan suplemen herbal sekalipun, tak lantas aman bagi ibu hamil. Suplemen yang mengandung kafein, guarana, kola, sirih, citrum, yohimbe, dan cocoa dapat meningkatkan resiko bayi terlahir cacat. Baiknya, konsumsilah vitamin yang disarankan oleh dokter kandungan Anda.

Setelah mengetahui Pantangan Ibu Hamil, hal terpenting adalah cermati dan pertimbangkan dengan seksama ragam asupan yang akan dikonsumsi. Sedikit cemilan seperti keripik kentang, es krim dan kue kecil sebenarnya tidak dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Namun, alangkah baiknya jika makanan sehat yang ibu hamil konsumsi memiliki kandungan yang bergizi, karena makanan sehat bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan Anda para ibu, melainkan harus turut memenuhi kebutuhan janin dalam kandungan.


]]>
Wed, 11 Jan 2017 14:00:39 +0700Hamil
Tanda-tanda Kehamilan Palsu http://meetdoctor.com/article/tanda-tanda-kehamilan-palsu http://meetdoctor.com/article/tanda-tanda-kehamilan-palsu Tanda-tanda kehamilan palsu perlu diketahui untuk mencegah kekecewaan pada pasangan yang ingin segera memiliki anak. Kehamilan adalah hal yang paling dinantikan oleh setiap pasangan, terlebih bagi mereka yang sangat mendambakan kehadiran seorang anak. Sayangnya, kehamilan tak selalu datang secepat yang diharapkan. Bahkan, ada pasangan yang baru mendapat keturunan setelah sepuluh tahun menikah.

Uniknya, ada beberapa wanita yang meyakini bahwa dirinya sedang hamil tetapi kenyataannya tidak.  Mereka umumnya mengalami beberapa keluhan seperti layaknya wanita hamil, misal: kenaikan berat badan, mual, dan sakit punggung. Namun, saat dilakukan pemeriksaan oleh dokter, tidak ada janin di dalam kandungan. Kondisi ini, seringkali disebut sebagai kehamilan palsu atau pseudocyesis dalam istilah medisnya. 

Lalu, apakah penyebab kehamilan palsu?
Hingga saat ini, penyebab kehamilan palsu secara pasti ialah dari pseudocyesis masih belum diketahui, namun diduga faktor psikologis memegang peranan utama dalam hal ini. Awalnya, ketika seorang wanita memiliki keinginan kuat untuk hamil, tubuhnya akan memunculkan beberapa tanda kehamilan, seperti pembengkakan perut, pembesaran payudara, dan bahkan merasakan sensasi gerakan janin.Selanjutnya, otak akan salah menginterpretasikan sinyal tersebut sebagai kehamilan, dan memicu pelepasan hormon (seperti prolaktin dan estrogen) yang justru menyebabkan timbulnya gejala kehamilan sesungguhnya. 


Gejala hamil palsu
Wanita dengan pseudocyesis akan mengalami keluhan yang sama seperti layaknya orang hamil. Nah, keluhan tersebut meliputi:
•    Gangguan siklus menstruasi
•    Pembesaran perut
•    Pembesaran dan pengencangan payudara, perubahan puting, dan mungkin produksi ASI
•    Merasakan adanya gerakan janin
•    Mual dan muntah
Keluhan - keluhan tersebut dapat berlangsung selama beberapa minggu bahkan hingga beberapa tahun. 


Konsultasi kepada dokter atau tim medis dapat membantu Anda mengetahui, apakah mengalami kehamilan palsu atau tidak. Biasanya, dokter akan mengevaluasi keluhan yang dialami serta melakukan beberapa pemeriksaan, seperti pemeriksaan panggul dan USG perut. Nah pada kehamilan palsu, si bayi tidak akan terlihat pada pemeriksaan USG dan tak ada detak jantung yang terdengar.  

Lalu bagaimana cara mengatasinya? 
Tentunya akan sangat mengecewakan, ketika seorang wanita yang telah meyakini kehamilannya selama berbulan-bulan, akhirnya harus menerima kenyataan sebaliknya. Oleh sebab itu, dokter pun harus berhati-hati dalam menyampaikan hal tersebut, serta memberikan dukungan secara psikologis, termasuk terapi untuk membantu si pasien pulih dari kekecewaan. (DV)


Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

 


]]>
Thu, 05 Jan 2017 09:27:46 +0700Hamil
Hasil Test Pack Samar, Apa Artinya? http://meetdoctor.com/article/hasil-test-pack-samar-apa-artinya-1 http://meetdoctor.com/article/hasil-test-pack-samar-apa-artinya-1 Setelah melakukan hubungan intim dan ketika memerikasa kehamilan dengan menggunakan test pack tetapi hasil test pack samar, tentunya anda penasaran apa artinya ? Ketika kehamilan terjadi, plasenta mulai berkembang dan memproduksi hormon human chorionic gonadotropin atau hCG ke aliran darah yang disekresi melalui urine. Di minggu pertama kehamilan, produksi jumlah hormon hCG akan makin banyak dalam waktu yang cepat. Penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi lebih kurang 2 kali lipat dalam tiap 2 hari. 

Biasanya, tes kehamilan akan digunakan untuk mendeteksi kehamilan di usia awal. Pasalnya, test pack bisa mendeteksi hormon hCG dalam urine.

Ada dua cara dalam menggunakan tes kehamilan. Pertama, tampung urine di wadah lalu celupkan tes kehamilan ke dalam wadah. Kedua, saat buang air kecil, pegang tes kehamilan dan pastikan urine mengenai tes kehamilan. Jenis tes kehamilan kedua ini hanya bisa digunakan pada tes kehamilan tertentu.  

Tes kehamilan akan menunjukkan hasil positif jika tubuh memproduksi level hormon hCG dalam jumlah yang cukup. Biasanya, hal ini ditandai dengan munculnya dua garis berwarna pada tes kehamilan. Atau, munculnya simbol positif di tes kehamilan. Keakuratan test pack akan lebih tinggi bila digunakan saat Anda buang air kecil di pagi hari setelah bangun tidur. Atau, gunakan tes kehamilan setelah Anda telat seminggu mendapatkan menstruasi.


Tapi, tidak semua merek tes kehamilan dapat menunjukkan hasil positif meski level hormon hCG di tingkat yang sama. Oleh karena itu, perhatikan kemasan pembungkusnya saat membeli tes kehamilan. Semakin rendah angka konsentrasi hCG yanng bisa terdeteksi tes kehamilan, semakin baik dan akurat pula hasil tesnya. Misalnya, jenis tes kehamilan dengan minimal concentration detection sebesar 20 IU/L akan lebih cepat memberikan hasil positif daripada jenis tes kehamilan yang baru mampu mendeteksi konsentrasi hCG setelah mencapai 50 IU/L. Saat ini, di pasaran umumnya terserdia tes kehamilan yang bisa mendeteksi hCG dengan konsentrasi minimal.  

Lantas bagaimana bila test pack memberikan hasil yang samar?

Contohnya, tes kehamilan menunjukkan hasil positif tapi salah satu garis terbilang samar-samar. Bila memang demikian, Anda sebaiknya melakukan tes ulang 1 minggu kemudian. Jika memang benar Anda positif hamil, biasanya hasil tes kehamilan bisa lebih jelas. 

Jika hasil samar terus saja terjadi bahkan setelah beberapa hari kemudian berubah menjadi negatif, Anda mungkin saja mengalami keguguran dini. Bila Anda mengalami keterlambatan haid lebih dari dua minggu dan tes kehamilan yang digunakan sudah berjumlah lebih dari tiga, tapi semuanya menunjukkan hasil negatif, Anda sebaiknya tetap memeriksakan diri ke dokter kandungan. 


Bila ternyata Anda tidak hamil setelah memeriksakan diri, mungkin telah terjadi gangguan pada siklus haid karena stres, aktivitas yang terlalu padat, atau latihan fisik yang sangat berat. Bila menstruasi tidak terjadi hingga lebih dari tiga bulan dan tes kehamilan tetap menunjukkan hasil negatif bahkan di usia produktif, maka hal yang mungkin terjadi antara lain:


1. Kelenjar tiroid tidak bekerja secara normal sehingga terjadi gangguan metabolik yang mengganggu periode haid. Adanya masalah pada kelenjar tiroid ditandai rasa lelah, rambut rontok, berat badan bertambah, dan sensasi rasa kedinginan. Lakukan pengecekan darah untuk mendeteksi hal ini dan memperoleh pengobatan yang tepat. 
2. Terlalu banyak kandungan prolaktin dalam tubuh. Jika otak memproduksi level berlebih dari hormon yang diproduksi wanita saat menyusui, maka haid dapat berhenti dan puting mungkin mengeluarkan cairan putih susu. Kondisi ini dapat diatasi dengan pengobatan. 

Oleh karena itu, jangan segan berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mencari penyebab dan terapi yang tepat. (PA)

Di-review oleh dr. Joel Juanda T., Sp. OG

 


]]>
Mon, 16 Jan 2017 16:16:05 +0700Hamil
7 Cara Cepat Hamil http://meetdoctor.com/article/7-cara-cepat-hamil http://meetdoctor.com/article/7-cara-cepat-hamil "Dok, bagaimana cara agar cepat hamil padahal saya dan pasangan sudah rutin melakukan hubungan intim?" Pertanyaan ini cukup sering diajukan pasangan terutama oleh pasangan muda yang baru menikah. Saat Anda dan pasangan sudah stabil secara finansial dan emosional, langkah selanjutnya adalah memiliki keturunan. Namun, bagi beberapa pasangan, hal ini tidak lantas terjadi dengan cepat dan mudah. Barangkali Anda dan pasangan belum melakukan 7 cara cepat hamil berikut ini:


Periksa ke dokter

Salah satu cara untuk cepat hamil adalah memeriksakan kesehatan dengan berkonsultasi kepada dokter kandungan agar kondisi medis calon ibu dan ayah bisa diketahui secara pasti. Harapannya, bila memang ada sesuatu yang salah, bisa segera diatasi sebelum kehamilan terjadi.

Biasanya dokter kandungan juga akan memberikan vitamin yang mengandung asam folat untuk mencegah cacat lahir. Asam folat bekerja efektif di fase awal kehamilan sehingga penting bagi tubuh bahkan sebelum hamil.

 


Kenali masa subur wanita

Cara untuk cepat hamil adalah memahami kapan saat tersubur seorang wanita. Pasalnya, saat wanita berovulasi adalah waktu terbaik untuk berhubungan badan agar cepat hamil. 
Masa subur wanita ditandai adanya lendir serviks yang keluar dari vagina yang bertekstur tipis dan licin. Pria juga bisa menghitung masa suburnya dengan cara ini.

Selain mengamati munculnya lendir, Anda juga bisa mengetahui masa subur wanita dengan alat tes masa subur. Lewat alat ini, Anda bisa mengetahui waktu berhubungan badan yang tepat. Lakukan tes pada hari ke sembilan sejak hari pertama periode menstruasi. Ulangi tes hingga Anda mendapatkan hasil positif. Biasanya, para wanita yang memiliki siklus haid setiap 28 hari akan berovulasi pada hari ke-14.


Posisi berhubungan badan

Beberapa posisi berhubungan badan seperti berdiri atau duduk memang dapat membuat gerakan sperma untuk berenang menuju sel telur menjadi terhambat. Meski belum terbukti secara ilmiah, Anda bisa mencoba beberapa posisi berhubungan badan ini sebagai cara cepat hamil.


Berbaring santai

Cara cepat hamil yang lainnya adalah berbaring dengan santai selama 10 – 15 menit setelah berhubungan seks. Hal ini dapat membantu sperma membuahi sel telur dengan optimal. 


Jangan berlebihan

Berhubungan intim terus-menerus sepanjang siang dan malam tidak menjamin Anda akan cepat hamil. Tapi, salah satu cepat hamil dengan berhubungan intim di malam hari saat Anda sedang ovulasi. Sperma mampu hidup selama 72 jam setelah berhubungan intim, sehingga melakukan hubungan badan rutin sekali sehari saja sudah cukup. 


Hindari stres

Stres bisa membuat ovulasi terganggu. Oleh karena itu, usahakan agar tubuh dan pikiran tetap dalam kondisi rileks. Jika Anda mudah merasa tertekan, carilah pengalihan emosi agar Anda tidak stres, baik melalui belanja, liburan, olahraga, melakukan hobi, pijat, hingga akupunktur.

 


Komitmen hidup sehat

Berolahraga bisa mempertahankan bobot ideal tubuh dan bisa menjadi cara untuk cepat hamil. Tapi, hindari berolahraga secara berlebihan hingga mengganggu siklus menstruasi. Biasanya, siklus menstruasi menjadi lebih pendek tapi lebih sering terjadi. 

Jenis olahraga ringan yang disarankan adalah berjalan kaki selama 2,5 jam setiap minggu atau 30 menit lima hari dalam seminggu. Pola hidup sehat lain sebagai cara untuk cepat mendapatkan kehamilan adalah menghentikan kebiasaan merokok yang dapat menurunkan level estrogen serta mengganggu ovulasi. (PA)

Ditinjau oleh dr.T. Ari Wibowo


]]>
Thu, 05 Jan 2017 11:24:09 +0700Hamil
Tanda-Tanda Kehamilan http://meetdoctor.com/article/tanda-tanda-kehamilan http://meetdoctor.com/article/tanda-tanda-kehamilan Apa saja tanda-tanda kehamilan yang bisa mengindikasikan bahwa seorang wanita sedang mengandung janin atau hamil ? Setelah berhubungan intim dengan pasangan, terutama pada masa subur dan tanpa alat kontrasepsi, sebaiknya seorang wanita mengetahui tentang tanda kehamilan. Tanda-tanda kehamilan tersebut bisa dikenali dengan mudah. Pasalnya, perubahan hormon bisa terjadi lebih cepat dibandingkan yang Anda kira. Di antara sekian banyak tanda akan kehamilan, mual muntah bisa dibilang sebagai tanda-tanda kehamilan yang paling umum. Akan tetapi, tak semua wanita mengalami tanda akan kehamilan yang serupa. 

Nah, berikut ini adalah tanda kehamilan yang perlu Anda ketahui.


Payudara membengkak


Salah satu tanda kehamilan yang terjadi pada minggu-minggu awal kehamilan adalah payudara terasa nyeri, bengkak, dan lebih penuh atau lebih berat.

Selain itu, area sekitar puting juga terlihat semakin besar dan warnanya makin gelap. Kondisi tersebut disebabkan meningkatnya kadar hormon progesteron. Oleh sebab itu, kenakanlah bra yang tepat supaya bisa menopang payudara dengan sempurna, terutama saat Anda olahraga. 


Kelelahan

Saat hamil, meningkatknya jumlah hormon progesteron akan membuat Anda lebih lelah daripada sebelumnya. Oleh karena itu, wanita hamil harus banyak istirahat dan mengonsumsi makanan yang kaya protein serta zat besi untuk menyeimbangkannya.


Mual muntah

Mual muntah adalah ciri-ciri ibu hamil pada awal kehamilan. Biasanya, mual muntah akan hilang sendiri setelah usia kandungan memasuki 12 – 16 minggu. Meski disebut sebagai morning sickness, mual muntah tak hanya terjadi pada pagi hari, lho. Mual muntah juga dapat terjadi kapan pun.

Penyebab mual muntah adalah meningkatnya hormon beta-HCG. Anda bisa mengatasi mual muntah dengan makan sesering mungkin tapi porsinya sedikit, lalu lebih banyak minum air putih agar tidak dehidrasi, dan hindari makanan tinggi protein dan karbohidrat kompleks. Bila mual muntah makin menjadi-jadi, Anda bisa menyantap lemon atau air jahe. 


Ngidam

Saat sedang hamil, wanita sering kali menginginkan makanan tertentu. Bahkan, makanan yang tidak disukai sebelum hamil, lho. Hal sebaliknya juga bisa terjadi. Ngidam biasanya terjadi pada kehamilan pada trimester pertama.


Penciuman lebih sensitif

Kebanyakan wanita hamil akan mengalami penciuman yang lebih sensitif. Sebut saja terhadap bau-bauan seperti rokok, bau masakan, hingga parfum. Hal itu terjadi disebabkan karena adanya perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh Anda.


Sering buang air kecil

Saat hamil, ginjal akan memproses urine lebih banyak karena volume darah ibu juga bertambah dan rahim juga sudah mulai berkembang serta mendorong kandung kemih. Hal itulah yang menyebabkan Anda akan lebih sering buang air kecil. Bila Anda mengalami ciri-ciri kehamilan tersebut, Anda membutuhkan cairan tambahan untuk menjaga agar cairan tubuh tercukupi.


Mood swing

Mood swing atau perubahan suasana hati selama kehamilan adalah hal yang sering dialami wanita. Ciri-ciri kehamilan ini disebabkan perubahan hormonal yang dapat memengaruhi emosi selama hamil. Setiap ibu hamil memiliki respons yang berbeda-beda terhadap perubahan hormon ini.

Jadi, jangan kaget bila tiba-tiba wanita hamil bersikap pemarah, namun bisa tenang dalam jangka waktu singkat.

Apakah Anda mengalami tanda akan kehamilan tadi? Nah, untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak, periksakan diri ke dokter atau lakukan tes urine dengan menggunakan test pack. Semoga membantu! (PR)

Ditinjau oleh dr. Fransisca Alvionita


]]>
Thu, 05 Jan 2017 09:49:38 +0700Hamil
Amankah Berhubungan Seks Saat Hamil Tua? http://meetdoctor.com/article/amankah-berhubungan-seks-saat-hamil-tua http://meetdoctor.com/article/amankah-berhubungan-seks-saat-hamil-tua Saat usia kehamilan semakin bertambah, posisi janin sudah semakin turun dan perut semakin besar, amankah kita melakukan hubungan seks dengan pasangan?

Menurut Monica Foreman, MD, dokter kebidanam dan kandungan Montefiore Medical Center in the Bronx, N.Y, sebenarnya berhubungan seks pada saat hamil, aman-aman saja selama Anda dan kehamilan Anda sehat dan dilakukan dengan nyaman.  

Namun tidak semua pasangan nyaman melakukannya. Perut yang semakin berat dan besar, membuat beberapa ibu hamil merasa cepat lelah. Di kondisi demikian, seks adalah hal terakhir yang mereka inginkan. Para calon ayah pun ada yang merasa tidak percaya diri. Mereka takut menyakiti dan menganggu pertumbuhan janin.

"Jika seorang calon ayah merasa takut, biasanya saya katakan kepada mereka untuk tenang. Hubungan seks tidak akan melukai dan menganggu pertumbuhan janin. Di dalam tubuh calon ibu, ada semacam 'telur' yang melindungi 'bantal' dan ada semacam 'bantal' lagi yang melindungi janin. Tidak ada cara bagi calon ayah menyakiti bayinya," kata  Salasche. 

Namun demikian, ada hal yang perlu Anda ingat. Orgasme bisa memicu pelepasan prostaglandin yang secara teori bisa menyebabkan kontraksi. Pada usia kehamilan 40 minggu, seks mungkin jadi menyakitkan. 

Hal -hal lain yang menyebabkan seks berisiko tidak aman dilakukan adalah jika Anda memiliki kondisi: 
1. Plasenta previa, kondisi di mana plasenta menutupi seluruh atau sebagian serviks. Ketika penis menyentuh serviks atau Anda mendapat orgasme, ini dapat membuat trauma plasenta dan pendarahan.
2. Pendarahan vagina
3. Ketuban pecah. Jika ini terjadi, bayi Anda tidak lagi terlindung dari infeksi.


4. Pernah keguguran
5. Cervical insufficiency

Posisi berhubungan saat hamil tua
Posisi klasik pria di atas tidak lagi nyaman saat hamil tua. Bereksplorasilah untuk menemukan posisi yang paling nyaman dan aman. Anda bisa mencoba doggy style atau spoon (menyamping, pria di belakang). 

Wanita hamil tua tidak dianjurkan berhubungan saat hamil dengan posisi berbaring karena uterus bisa menekan pembuluh darah besar dan menyebabkan tekanan pada pelvik dan rasa sakit, jellas Salasche. 


Berbaring juga bisa menyebabkan sindrom hipotensif supine, yang memicu perubahan denytmut jantung dan tekanan darah, menyebabkan pusing dan gejala ketidaknyamanan lain. 
Sebaiknya hindari oral seks, kata Foreman. Karena berisiko mengakibatkan emboli udara atau gelembung udara masuk ke paru-paru, dan bisa berakibat fatal. 

Jika pria Anda (mungkin) menderita infeksi menular seksual atau menjalankan hubungan seks berisiko, sebaiknya Anda menggunakan kondom untuk mengurangi risiko penularan, atau tidak berhubungan seks sama sekali sebelum pria Anda dinyatakan aman oleh dokter yang berkompeten. (LT)

Ditinjau oleh: dr. Deffy Leksani Anggar Sari


]]>
Tue, 17 Jan 2017 17:25:06 +0700Hamil
Tips Berhubungan Intim yang Aman Setelah Melahirkan http://meetdoctor.com/article/aturan-berhubungan-intim-setelah-melahirkan http://meetdoctor.com/article/aturan-berhubungan-intim-setelah-melahirkan Kapan kami bisa berhubungan intim lagi? Ini adalah pertanyaan umum pasangan yang baru saja memiliki bayi. Yang dimaksud di sini adalah, kapankah saat yang aman untuk berhubungan seks setelah istri melahirkan

Jawabannya adalah, Mama dan Papa harus menunggu setelah pendarahan pasca-melahirkan selesai atau sekitar tiga minggu setelah bersalin. Pasalnya, dalam masa tiga minggu itu, luka di rahim akibat keluarnya plasenta sedang mengalami proses penyembuhan. Jika Mama dan Papa berhubungan seks sebelum luka itu sembuh maka Mama akan berisiko terkena infeksi.

Namun, tidak semua orang langsung berhubungan tiga minggu setelah melahirkan. Ada yang menunggu sampai empat minggu hingga enam minggu, sampai pihak Mama merasa siap. Ada juga yang menunggu lebih lama, terutama jika Mama mengalami proses episiotomi saat proses persalinan. Episiotomi adalah pengguntingan kulit dan otot antara vagina dan anus untuk memperlebar jalan lahir. Tapi kebanyakan pasangan sudah aktif melakukan hubungan intim sebelum tiga bulan pasca-melahirkan.

Saat berhubungan, Mama dan Papa sebaiknya mempertimbangkan penggunaan alat kontrasepsi. Meski Mama sedang menyusui dan periode menstruasi belum kembali normal, tapi kemungkinan untuk tetap hamil tetap ada.

Bagaimana jika Mama belum siap dan Papa sudah ingin bermesraan?
Mama harus mengomunikasikan rasa takut dan khawatir Mama kepada Papa sehingga Papa bisa memahami. Ada alternatif lain selain penetrasi yang bisa Mama dan Papa lakukan, seperti berciuman dan bersentuhan untuk saling merasa dekat satu sama lain. 

Adalah wajar jika Mama tidak ingin langsung bermesraan setelah punya bayi. Selain mungkin masih merasa sakit dan tidak siap, perubahan aktivitas harian juga kerap membuat lelah. Menjaga bayi baru lahir, yang menuntut untuk disusui setiap tiga jam dan dibersihkan serta ditimang-timang, bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh siapapun. 

Jika akhirnya hubungan seks dilakukan, pada saat sebenarnya Mama belum siap, jangan terkejut jika rasanya berbeda dengan saat ketika belum punya bayi. Ini karena mental Mama belum siap dan mungkin Mama terlalu lelah. Jika Mama menyusui, hormon prolaktin akan diproduksi dengan deras dan ini juga bisa menyebabkan turunnya hasrat seksual.

Belum lagi masalah depresi akibat melonjaknya hormon estrogen pascamelahirkan. Depresi  juga menyebabkan hasrat seks menurun drastis. 
Namun, semua itu akan berlalu sejalan waktu. Luka akibat episiotomi, rasa sakit di bekas jahitan, dan depresi akan hilang dan kadar hormon akan kembali normal. Bersabar, itulah yang harus dilakukan oleh Mama dan Papa. 

Bagaimana jika Mama melahirkan secara Caesar, apakah rasa sakitnya akan lebih lama?
Memang ada beberapa mengeluh bahwa sakit yang dirasakan saat berhubungan seks setelah melahirkan secara Caesar,  dua kali lebih sakit dan lebih lama. Artinya, Mama dan Papa perlu lebih bersabar dan lebih berhati-hati. Tunggulah sampai luka jahitan benar-benar kering.


JIka luka nampak sudah sembuh tapi masih terasa sensitif, Mama dan Papa bisa mencoba untuk menemukan posisi yang tidak memberikan tekanan pada bekas luka. Dimulai dengan pemanasan untuk  membantu  Mama rileks dan untuk mengurangi rasa takut.

Jika Mama cemas, perut Mama akan tegang di sekitar bekas luka dan inii akan meningkatkan rasa tidak nyaman. Mama bisa menempatkan bantal kecil yang lembut antara perut Mama dan Papa untuk melindungi bekas luka. Atau Mama bisa memposisikan diri di atas supaya tidak terjadi gesekan yang membuat luka bertambah nyeri.

Ada beberapa tip yang bisa Mama dan Papa lakukan saat pertama kali berhubungan seks Mama pascamelahirkan:
1. Selalu mulai dengan pemanasan dan bercanda supaya Mama dan Papa rileks dan tidak cemas.
2. Lakukan pelan-pelan. Nikmati tubuh masing-masing tanpa berharap penetrasi penuh. 


3, Pertimbangkan penggunaan minyak pelumas khusus untuk mengurangi risiko luka pada vagina Mama saat terjadi penetrasi.
4. Jika ada rasa tidak nyaman, mintalah Papa untuk berhenti sejenak dan menyentuh atau mencium Mama pelan-pelan. Jika Mama sudah mulai 'on' lagi dan siap, hubungan bisa dilanjutkan kembali.
5. Paling penting adalah komunikasi yang baik dan saling mengerti. Seks pertama pasca-melahirkan adalah sesuatu yang baru buat Mama, juga buat Papa. Saling mengerti dan mengalah akan membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah. Percaya, deh!

Ditinjau oleh: dr. Deffy Laksani Anggar Sari

 

 

 


]]>
Fri, 20 Jan 2017 10:41:58 +0700Hamil
Obesitas pada Ibu Hamil http://meetdoctor.com/article/obesitas-pada-ibu-hamil http://meetdoctor.com/article/obesitas-pada-ibu-hamil Obesitas adalah kondisi kelebihan massa tubuh. Kegemukan memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan. Risiko yang ada menjadi dua kali lipat jika obesitas terjadi pada ibu hamil.

Selain berisiko bagi perkembangan ibu hamil, kondisi kegemukan sendiri membuat usaha untuk hamil menjadi lebih sulit ketimbang pada perempuan yang massa tubuhnya ideal. Mari kita telaah lebih jauh perihal keterkaitan obesitas yang membahayakan kehamilan.

Batasan orang bisa dikategorikan memiliki massa tubuh berlebih atau obesitas jika indeks massa tubuhnya lebih dari 30 kg/m2. Adapun cara merumuskan indeks massa tubuh, ialah:
Berat badan (dalam satuan kg) dibagi dengan tinggi badan yang dikuadratkan (dalam satuan meter)

Contoh: Seorang ibu dengan berat badan 70 kg dan tinggi 150cm, maka indeks massa tubuhnya
 70 kg/(1,5m X 1,5m) = 31,1kg/m2
Dikategorikan obesitas jika Indeks Massa Tubuh >30kg/m2

Perempuan yang masuk kategori obesitas dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan semenjak memulai perencanaan kehamilan. Selain membahas perihal segala resiko dan perkembangan pada hamil tersebut, dokter kandungan akan memberikan solusi serta memantau kenaikan berat badan dan dampaknya bagi janin.

Perempuan obesitas yang memutuskan untuk hamil juga diharuskan untuk melakukan kontrol secara rutin. Karena lebih berisiko terkena diabetes, pre eklampsia, kelainan (cacat) bawaan pada janin dan kemungkinan keguguran

Berdasarkan penelitian, sekitar 10 persen perempuan yang kesulitan hamil disebabkan oleh PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome). Pada kasus PCOS terdapat gejala ketidak teraturan siklus bulanan yang dipengaruhi ketidak stabilan hormon sebab kegemukan.

Perempuan dengan bahaya kegemukan bukan tidak mungkin untuk mengandung, biasanya dapat dibantu dengan langkah medis pembuahan buatan seperti inseminasi atau bayi tabung untuk bisa hamil.

Karena itu, perempuan yang mengalami kelebihan berat badan disarankan untuk mengubah gaya hidup serta pola makannya untuk dapat mencapai batas berat badan yang ideal. Perempuan dengan berat badan ideal akan meningkatkan kualitas janin yang dikandungnya.


]]>
Mon, 16 Jan 2017 09:52:26 +0700Hamil
Waspadai Tanda-Tanda Keguguran Ini! http://meetdoctor.com/article/waspadai-tanda-tanda-keguguran-ini http://meetdoctor.com/article/waspadai-tanda-tanda-keguguran-ini Bagi seorang wanita, kehamilan adalah hal yang paling membahagiakan. Namun seringkali,  pada trimester pertama, ibu hamil mengalami tanda-tanda yang seringkali dicurigai sebagai gejala keguguran. Kadang, kecurigaan itu terbukti. Tapi sering juga tidak terbukti. Misalnya spotting atau keluar bercak darah berwarna merah kecokelatan. Orang sering mengira, itulah tanda awal keguguran. Nyatanya, bercak darah belum tentu berarti Anda keguguran.  Bisa jadi itu adalah upaya rahim membersihkan dirinya demi menyambut Sang Jabang Bayi. Pembuahan yang berhasil juga kerap ditandai dengan keluarnya sedikit bercak darah. 

Supaya tidak keliru, yuk pelajari tanda-tanda keguguran yang umum terjadi pada ibu hamil yang benar-benar mengalami keguguran di bawah ini. 

Perdarahan
Waspadalah ketika Anda mengalami perdarahan saat kehamilan. Bila perlu, segera kunjungi dokter Anda untuk mengetahui apa yang terjadi. Pasalnya, perdarahan merupakan tanda-tanda keguguran yang pertama. Meski begitu, perlu diingat juga bahwa tidak semua perdarahan merupakan tanda-tanda keguguran. Perdarahan biasa terjadi di trimester awal kehamilan. Perdarahan yang normal  biasanya hanya berupa bercak-bercak. Sedangkan perdarahan akibat keguguran melibatkan darah dalam jumlah yang banyak, perut terasa kram dan warna darah merah terang (darah segar). 

Kram
Perut Anda mendadak terasa kram? Anda juga perlu waspada. Karena tanda keguguran lainnya adalah kram. Kram bisa saja datang tanpa adanya perdarahan terlebih dahulu. Kram yang terjadi karena keguguran akan terasa sangat sakit dan Anda merasa perut seperti berkontraksi. Segera pergi ke rumah sakit jika Anda mengalami hal tersebut.  

Nyeri Tajam yang Persisten
Ada banyak hal yang terjadi di dalam tubuh Anda selama masa kehamilan. Tidak heran jika Anda merasa sakit atau tidak nyaman di area perut sesekali. Membesarnya rahim Anda akan mendorong organ lain keluar dari tempat awalnya. Infeksi kandung kemih juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Tapi hati-hati jika rasa sakit terasa sangat tajam dan berkepanjangan. Bisa jadi itu karena kontraksi rahim yang kuat untuk mendorong bayi keluar dari tubuh Anda. Segera periksakan diri ke dokter atau bidan jika Anda mengalami hal ini. 


Tidak ada lagi mual
Hampir semua ibu hamil merasakan mual terutama di pagi hari. Mual akan terjadi pada 12 minggu pertama masa kehamilan. Nah, jika tiba-tiba Anda tidak lagi merasa mual, waspadalah! Mungkin saja bayi di dalam rahim Anda sudah tidak lagi bernyawa.

Tidak merasa hamil
Wanita memiliki insting yang tajam. Insting wanita sangat kuat dan tidak bisa diremehkan. Ibu hamil yang mengalami keguguran sering bisa merasakan bahwa dia tidak lagi hamil.  Apalagi hal ini juga diperkuat dengan perubahan-perubahan pada tubuhnya. Hal ini dikarenakan adanya fluktuasi hormon sehingga mengakibatkan fisik pun mengalami perubahan, misalnya payudara jadi membesar dan melunak, juga berhenti.  Hal ini dapat memperkuat insting ibu hamil bahwa ada sesuatu yang salah dengan janin di dalam kandungan.


Bisakah Keguguran Dicegah
Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan wanita mengalami keguguran, di antaranya adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok ,mengonsumsi  kopi dalam jumlah berlebih, alkohol, obesitas, malnutrisi, kerja yang terlalu keras, dan juga faktor usia. 
Memeriksakan diri secara teratur selama masa kehamilan, dapat mencegah terjadinya keguguran. Dokter akan tahu jika ada yang tidak beres pada rahim atau janin dan bisa segera menanganinya agar janin bisa bertahan. Ibu hamil yang sudah telanjur keguguran, sangat membutuhkan dukungan emosional dari orang-orang terdekatnya karena keguguran bisa menyebabkan ibu hamil depresi terutama bila kehamilan tersebut adalah kehamilan yang sudah lama ditunggu-tunggu.

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P


]]>
Mon, 16 Jan 2017 16:22:53 +0700Hamil
6 Posisi Duduk Ibu Hamil yang Bekerja http://meetdoctor.com/article/6-posisi-duduk-ibu-hamil-yang-bekerja http://meetdoctor.com/article/6-posisi-duduk-ibu-hamil-yang-bekerja Jangan jadikan kehamilan Anda sebagai suatu penghalang atau alasan untuk Anda tetap melakukan aktivitas seperti bekerja. Tentu saja saat hamil Anda harus tetap menjaga posisi tubuh dengan baik, termasuk saat duduk. Mengapa? Sebab posisi duduk atau tubuh ibu hamil saat duduk yang baik dan benar akan berdampak positif terhadap kesehatan tubuh ibu dan janin. Mungkin masalah ini terdengar sepele untuk dilakukan, tapi faktanya posisi duduk yang salah dapat mengganggu kondisi janin dan kehamilan Anda.
 
Untuk menghindari masalah-masalah lain yang dapat menggangu kondisi janin dan kesehatan kehamilan, ikuti enam posisi duduk yang baik dan benar selama masa kehamilan, seperti di bawah ini:
 
  • Ubahlah posisi duduk Anda dengan gaya yang ideal.
Gaya duduk yang baik dan benar atau ideal adalah punggung Anda harus lurus dengan bahu tertarik ke belakang. Duduk dengan posisinya yang tegak dapat menciptakan perasaan jadi lebih baik dan tentu dapat mengurangi risiko terjadinya sakit punggung, sakit pinggang dan nyeri perut selama kehamilan.
 
  • Sandarkanlah tubuh sepenuhnya di kursi atau sofa.
Gaya duduk ini juga merupakan salah satu gaya duduk yang dapat mengurangi risiko terjadinya sakit punggung. Anda dapat menambahkan bantal untuk sandaran yang berguna meredakan rasa pegal di punggung.
 
Posisi selanjutnya, klik di sini.

  • Seimbangkanlah berat badan Anda selama duduk.
Tak sedikit ibu hamil yang mengeluhkan timbulnya rasa nyeri pada bagian kaki selama masa kehamilan karena berat badan mengalami perubahan yang besar. Untuk menghindari kondisi yang tidak menyenangkan ini, ada baiknya Anda menyeimbangkan berat badan pada pinggul sisi kanan dan kiri saat gaya duduk.
 
  • Aturlah waktu duduk.
Sering bergerak atau sering merubah gaya duduk yang baik dan benar dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh dan untuk menghindari rasa pegal serta nyeri, karena umumnya wanita hamil tidak dianjurkan untuk duduk dalam gaya yang sama selama lebih dari 30 menit.
 
  • Beristirahatlah sejenak.
Jika tubuh dan pikiran terasa lelah atau Anda telah duduk kurang lebih dari 30 menit, berisitirahatlah sejenak meskipun belum memasuki jam istirahat. Sembari beristirahat Anda juga dapat melakukan peregangan pada kaki dengan berjalan-jalan kecil di dekat meja kantor. Kegiatan ini tentu dapat membantu untuk meregangkan otot kaki yang tegang.
 
Risiko seperti terjatuh karena tersandung atau lainnya menjadi lebih besar apabila Anda tetap memutuskan menggunakan sepatu hak tinggi saat hamil. Penggunaan hak tinggi selama kehamilan akan memicu terjadinya penurunan kesimbangan tubuh, yang akhirnya dapat membuat Anda mengalami sakit punggung dan pembengkakan pada kaki.
 
Direview oleh dr. Margareta Amelia

]]>
Tue, 10 Jan 2017 17:27:01 +0700Hamil
Hamil Lagi Setelah Keguguran http://meetdoctor.com/article/hamil-lagi-setelah-keguguran http://meetdoctor.com/article/hamil-lagi-setelah-keguguran Keguguran merupakan hal yang paling menakutkan bagi ibu manapun. Keguguran adalah kehilangan janin secara spontan sebelum janin dapat bertahan hidup.  Keguguran pada kehamilan biasanya terjadi sebelum usia kandungan berusia 20 minggu dan biasanya akan membawa kesedihan bagi setiap anggota keluarga, terlebih bagi seorang ibu. 
 
Oleh karena itu, seseorang yang baru saja mengalami keguguran biasanya akan merasa sangat terpukul bahkan bisa menimbulkan depresi. Maka tidak jarang keguguran bisa menimbulkan trauma psikis tersendiri bagi seorang wanita. Lalu pertanyaan yang muncul adalah kapan kira-kira wanita bisa hamil lagi pasca keguguran?
 
Menurut dr. Reino Rambey, SpOG saat ditemui meetdoctor di RS Antammedika mengatakan bahwa seorang wanita yang ingin hamil pasca keguguran paling tidak harus menunggu selama tiga bulan. 
 
Kenapa wanita yang telah mengalami keguguran dan ingin hamil lagi harus menunggu selama tiga bulan baru boleh hamil lagi? Proses persiapan kehamilan setelah keguguran pada dasarnya sama dengan persiapan pada kehamilan yang tidak mengalami keguguran.
 
Selanjutnya baca di sini

Kita harus benar-benar mempersiapkan rahim supaya siap untuk kehamilan selanjutnya. Hal ini tida ada hubungannya dengan Rahim setelah dikuret, namun lebih kepada persiapan rahim itu sendiri untuk kehamilan selanjutnya. Kehamilan selanjutnya harus dengan dasar sel yang sehat dan rahim yang siap menjadi tempat pembuahan. Dengan kesiapan semua faktor, kemungkinan keguguran pada kehamilan berikutnya akan kecil. Bukankah Anda tidak ingin terjadi hal ini lagi.
 
“Jarak waktu 90 hingga 120 hari adalah saat yang ideal untuk kembali memulai kehamilan paska keguguran”, tambah dr. Reino Rambey, SpoG. Kehamilan harus dipersiapkan dengan matang untuk menghindari beberapa komplikasi yang mungkin saja terjadi dan menyebabkan keguguran lagi, dan waktu 90 sampai 120 hari dinilai cukup untuk berganti dengan sel yang baru. 
 
Keguguran bisa terjadi karena beberapa faktor, contohnya seperti kelainan kromosom yang terjadi pada proses pembuahan pada awal kehamilan atau pada trimester pertama kehamilan. Untuk menghindari terjadinya keguguran pada kehamilan adalah dengan menghindari penyebabnya, karena keguguran pasti ada sebabnya. 
 
Untuk mempersiapkan kehamilan yang baik paling tidak membutuhkan waktu 90-120 hari agar sel yang baru bisa disiapkan dalam kondisi yang optimal. Bagi wanita yang mengalami keguguran jangan pernah takut untuk hamil lagi, buat tubuh Anda benar-benar siap menerima kehamilan sehingga kemungkinan terjadi komplikasi pada kehamilan akan sedikit. 
 
Sumber: dr. Reino Rambey, SpOG yang berpraktik di RS Antammedika

]]>
Tue, 10 Jan 2017 11:06:35 +0700Hamil
9 Tips Agar Anak Sehat dan Cerdas Sejak Dalam Kandungan http://meetdoctor.com/article/9-tips-agar-anak-sehat-dan-cerdas-sejak-dalam-kandungan http://meetdoctor.com/article/9-tips-agar-anak-sehat-dan-cerdas-sejak-dalam-kandungan Setiap ibu pastinya menginginkan anak sehat dan cerdas. Bayi yang sehat bisa diartikan dengan memiliki bentuk fisik yang sempurna, berkulit bersih dan berambut lebat. Untuk mendapatkan bayi yang  sehat dan cerdas, fokuskan diet selama kehamilan dengan mengonsumsi makanan ibu hamil berikut:

1.Suplemen kehamilan dengan asam folat
Suplemen kehamilan dengan asam folat harus secara rutin dikonsumsi oleh ibu hamil. Asam folat merupakan nutrisi penting yang membantu membentuk sel otak serta menyediakan nutrisi seperti vitamin B12 yang membantu pembentukan sel darah merah pada perkembangan bayi. Selain itu, suplemen asam folat juga menyediakan vitamin C yang memproduksi kolagen untuk kecantikan kulit bayi serta vitamin D yang membantu pembentukan tulang. Makanan yang merupakan sumber nutrisi asam folat meliputi sayuran berdaun seperti bayam dan sereal sarapan yang diperkaya dengan zat besi serta asam folat.

2.Makanan yang kaya omega-3
Asam omega-3 merupakan nutrisi penting untuk produksi sel-sel saraf bayi yang nantinya akan mengirimkan impuls elektrik ke otak dan mengirimkan pesan ke organ-organ tubuh lainnya. Dapatkan manfaat omega-3 dari ikan salmon, telur, biji rami giling, walnut, bayam, tahu, kacang-kacangan dan sereal yang diperkaya dengan zat besi untuk bayi yang sehat dan cantik. 

3.Buah dan sayuran
Di dalam buah dan sayuran terdapat kandungan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak jaringan otak bayi. Dapatkan antioksidan dari pepaya, sayuran berdaun hijau tua, tomat dan bluberi. Bersihkan bagian luar sayuran dan buah sebelum dimakan agar janin mendapatkan nutrisi yang bebas kuman dan pestisida untuk fisik yang sempurna. 

4.Makanan yang kaya akan zat besi
Selama hamil, konsumsi zat besi harus dilipatgandakan karena zat besi memegang peranan penting dalam menghantarkan oksigen kepada bayi. Kebanyakan ibu hamil mengawali kehamilan dengan tubuh yang kekurangan zat besi, yang membuat rahim kekurangan oksigen untuk janin. Alhasil, kurangnya oksigen membuat pertumbuhan IQ dan fisik bayi yang sempurna menjadi terhambat. Pastikan Anda tidak kekurangan zat besi selama hamil dengan banyak mengonsumsi ayam, sereal yang diperkaya dengan zat besi, kacang-kacangan dan daging sapi bebas lemak.


5.Diet yang kaya protein
Untuk pembentukan sel-sel baru dan hormon penunjang pertumbuhan bayi dalam kandungan, dibutuhkan asupan protein ekstra sebanyak 10 gram setiap harinya. Konsumsi yogurt di pagi hari, sup kacang-kacangan di siang hari dan 3 ons daging sapi bebas lemak yang baik untuk dikonsumsi di makan hari. Untuk camilan, mengonsumsi selai kacang yang dioleskan ke kraker asin dapat membantu bayi mendapatkan asupan protein yang cukup untuk pembentukan fisik yang sempurna. 

Agar bayi dalam kandungan dilahirkan dengan fisik yang sempurna dan cantik, para ibu hamil harus menghindari hal-hal berikut:

1.Hati-hati dengan jenis ikan seperti ikan pedang, ikan tile, ikan hiu dan king makarel yang memiliki kandungan merkuri yang tinggi. Batasi konsumsi ikan apapun dan makanan laut apapun menjadi 12 ons per minggunya yang setara dengan 2 porsi seminggu untuk tindakan pencegahan kontaminasi merkuri.

2.Jagalah agar tubuh tetap sehat dengan banyak bergerak, tidak mengonsumsi alkohol, serta menjaga berat badan ideal selama hamil.


3.Perhatikan kondisi tiroid selama hamil, karena jika terjadi kondisi di mana kadar hormon tiroid terlalu tinggi atau terlalu rendah, janin dapat menjadi korbannya. Level hormon tiroid yang rendah dapat membuat pembentukan IQ anak tidak maksimal. Periksakan kadar hormon tiroid dalam darah agar tetap berada dalam fungsi yang baik. Konsumsi yodium sebanyak 220 mcg setiap harinya.

4.Ajaklah janin berkomunikasi. Membangun keterikatan batin dengan bayi sejak dini dapat membantu perkembangan hubungan ibu dan anak nantinya setelah anak lahir. Bayi dalam kandungan terbukti dapat merespon pada suara, karena itu para calon ibu dianjurkan untuk menyanyikan, membacakan cerita atau mengajak bayi berbicara. Janin yang diajak berkomunikasi terbukti menjadi bayi yang lebih tengan setelah lahir.

Menyediakan nutrisi yang baik bagi bayi dapat menjamin bayi lahir dengan fisik yang kuat, sehat dan cantik. Selamat menjalani kehamilan yang sehat, Ibu!


Ditinjau oleh : dr. Deffy Laksani Anggar Sari


]]>
Mon, 16 Jan 2017 16:31:38 +0700Hamil
Puasa dan Kehamilan http://meetdoctor.com/article/puasa-dan-kehamilan http://meetdoctor.com/article/puasa-dan-kehamilan Banyak pertanyaan tentang bolehkah puasa bagi ibu hamil ? Menjalankan ibadah puasa, adalah ibadah yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Jangankan bagi mereka yang dalam kondisi sehat, mereka yang sedang sakit pun akan tetap berusaha menjalankan ibadah puasa. Bagaimana dengan ibu hamil selama masa kehamilan? Apakah menjalankan ibadah puasa aman bagi mereka?

Berikut tanya jawab seputar kehamilan dan ibadah puasa dengan dr. Kartika Hapsari, SpOG.

 

  1. Bolehkah ibu hamil menjalankan puasa?
    Boleh saja, selama Ibu dan bayi dalam keadaan sehat.
  2. Hal apa yang menyebabkan ibu hamil diperbolehkan atau tidak diperbolehkan melakukan puasa?
    Tergantung kondisi Ibu dan bayi, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter kandungan masing masing, bisa saja Ibu tidak bisa berpuasa apabila kondisi kesehatannya tidak memungkinkan, misalnya, jika Ibu diharuskan minum obat terus menerus atau melakukan diet tertentu.
  3. Adakah dampak berpuasa bagi ibu hamil dan janinnya?
    Tidak ada dampak tertentu, selama ibu dan bayi dalam kondisi sehat.
  4. Bagaimana cara menjaga kesehatan ibu hamil selama bulan puasa?
    Lakukan ibadah puasa seperti biasa saja, kegiatan makan dan minum hanya diubah jamnya, bukan kebutuhan kalorinya, hindari terlambat makan dan jangan melewatkan waktu sahur. Sebaiknya Ibu tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis dan hindari makan terlalu banyak, karena biasanya, saat berpuasa, ibu hamil merasa makanan untuk bayi kurang sehingga akan makan berlebihan.

Oleh dr. Kartika Hapsari, SpOG yang berpraktik di RSAB Harapan Kita.

Simak video tentang Bolehkah Puasa saat Hamil berikut.


]]>
Wed, 11 Jan 2017 13:27:01 +0700Hamil
Tips Dan Trik Agar Cepat Hamil Bagi Pasangan http://meetdoctor.com/article/agar-cepat-hamil http://meetdoctor.com/article/agar-cepat-hamil "Dokter, bagaimana kiatnya agar cepat hamil bagi para pasangan?" Secara teori, kehamilan baru bisa terjadi, jika sperma dan sel telur bertemu. Pertemuan tersebut memerlukan sperma yang berkualitas, sel telur yang baik juga saluran yang baik. Bila ada salah satu faktor diatas (sperma, sel telur atau saluran) yang tidak baik, maka kemungkinan terjadinya kehamilan akan kecil.

Untuk mengetahui kualitas sperma, bisa dilakukan analisis sperma di laboratorium. Sementara, untuk mengetahui kualitas sel telur dan salurannya, memerlukan pemeriksaan yang lebih banyak, seperti pemeriksaan USG dan pemeriksaan hormonal. Karenanya, pemeriksaan laki-laki dan wanita harus dilakukan secara bersama-sama, tidak bisa hanya salah satu pasangan saja yang diperiksa.

Ada beberapa faktor agar cepat hamil yang mempengaruhi para pasangan :

Gaya hidup

  • Konsumsi makanan yang bergizi, bila perlu konsumsi suplemen multivitamin, menghindari makanan yang dapat meningkatkan kegemukan, melakukan olahraga yang teratur, serta berhenti merokok dan membatasi minum alkohol.
  • Kondisi dan kebersihan organ reproduksi
  • Perhatikan kelembaban daerah reproduksi, terutama bagi wanita. Hindari terlalu sering membersihkan organ intim Anda dengan cairan pembersih. Bagi pria, berendam dalam air panas dalam waktu lama bisa merusak kualitas sperma.

Stres

Memang, stres merupakan suatu kondisi yang sulit untuk dihindari, terutama bila berhubungan dengan hamil. Faktor inilah yang seringkali menghambat terjadinya kehamilan karena stres bisa mengakibatkan gangguan hormonal yang dapat berdampak terhadap terjadinya hamil.

Waktu berhubungan intim

Jika seorang wanita dalam kondisi yang sehat, maka siklus haid yang akan dialaminya akan normal pula. Artinya, pada pertengahan siklus akan mengalami masa subur yang perhitungannya berbeda-beda pada setiap wanita. Berhubungan intim harus dilakukan pada masa subur ini agar dengan cepat mendapatkan kehamilan. Banyak kasus dimana seorang wanita mengeluh sulit hamil, yang setelah dicari tahu penyebabnya adalah karena ia tidak melakukan hubungan intim pada masa subur ini. Jadi cara cepat hamil seorang wanita harus mengetahui kapan masa suburnya dan melakukan hubungan intim pada masa subur ini.

Sebetulnya, pada masa subur biasanya seorang wanita akan merasakan beberapa perubahan pada tubuhnya, misalnya perubahan suhu badan. Namun, tidak semua wanita menyadari hal tersebut.

Untuk mempermudah penghitungan masa subur dapat dibantu dengan menggunakan alat pendeteksi masa subur yang bisa didapatkan di apotek. Pemberian obat-obat untuk merangsang masa subur bisa jadi diperlukan, tetapi penggunaannya harus diawasi dengan ketat agar tidak menimbul dampak negatif.

Jika sudah mencoba dengan banyak hal tapi Anda belum juga berhasil mendapatkan momongan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Hal ini bertujuan untuk mengecek kemungkinan adanya kelainan dan untuk memantau sejauh mana keberhasilan pengobatan yang Anda lakukan. Sehingga, harus dipahami bahwa pengobatan untuk mendapatkan keturunan kadang kala membutuhkan waktu yang panjang.

Harus diingat juga bahwa yang wajib berkonsultasi adalah suami dan istri, tidak boleh hanya salah satunya saja.

Bila kiat agar cepat hamil belum membuahkan hasil maka konsutasikan lebih lanjut dengan dokter kandungan.

Ditulis oleh dr. Ricky Susanto, M.Kes, SpOG


]]>
Wed, 11 Jan 2017 10:17:36 +0700Hamil
Perkembangan Janin Trimester Pertama http://meetdoctor.com/article/perkembangan-janin-trimester-pertama http://meetdoctor.com/article/perkembangan-janin-trimester-pertama Bagaimana perkembangan janin trimester pertama merupakan hal yang perlu diketahui oleh wanita yang sedang hamil. Kehamilan adalah proses dimana sel sperma membuahi sel telur di dalam rahim. Selama proses kehamilan banyak hal ajaib yang bisa timbul. Berbagai perubahan pun akan datang seiring dengan perkembangan janin di dalam perut sang ibu. 
 
Pembuahan terjadi pada saat dua minggu setelah hari pertama Anda mengalami menstruasi. Sel telur pun mulai dilepaskan oleh tubuh dan siap dibuahi oleh sperma. Setiap sel telur yang dilepaskan telah memiliki 46 kromosom yang diperlukan untuk menentukan tinggi badan, warna rambut, dan jenis kelamin.
 
Setelah dibuahi oleh sperma, sel telur menempuh perjalanan turun menuju tuba falopi ke uterus. Dalam waktu 5 hingga 7 hari sel telur yang telah dibuahi akan menempel pada dinding rahim dan berkembang serta membelah diri. Setelah semua ini terbentuk,plasenta dan mulai terbentuk untuk melakukan tugasnya menyalurkan oksigen dan sari makanan untuk janin. 
 
Minggu ke-1: Embrio akan banyak mengalami pertumbuhan dengan perkembangan awal seperti otak, sumsum tulang belakang, hati, dan saluran pencernaan.
 
Minggu ke-2&3: Pada minggu ini pertumbuhan tangan dan kaki sudah dimulai, walaupun belum terlihat jelas dan belum bisa dibedakan. Jantung pun sudah mulai berdetak secara stabil, serta plasenta yang sudah membentuk dan memprosuksi beberapa hormon penting termsuk hCG. Pada minggu ini embrio sudah berukuran seperempat setengah sentimeter.
 
Apa yang terjadi pada janin Anda selanjutnya? Simak pada halaman berikutnya.

Minggu ke-4: Pada minggu ini paru-paru, rahang, dan hidung sudah mulai terbentuk. Ruas-ruas struktur pada tangan dan kaki juga sudah mulai terbentuk, sedangkan otak masih terus membentuk bagian-bagian yang kompleks. Jika Anda ingin mendeteksi jantung janin pada usia ini bisa menggunakan USG transvaginal. 
 
Minggu ke-5: Pada minggu ke-7 kehamilan, setiap organ penting sudah mulai terbentuk dalam tubuh mungkil embrio meskipun ukurannya masih sangat kecil. Rambut dan folikel sudah mulai terbentuk, begitu juga dengan kelopak mata. siku dan jari-jari pada tangan dan kaki sudah mulai terlihat.
 
Minggu ke-6: Bagian telinga mulai terbentuk pada minggu ini. Tulang-tulang, otot-otot mulai berkontraksi. Beberapa bagian sudah mulai terlihat seperti wajah yang terus berkembang semakin matang, serta terbentuknya kelopak mata.
 
Minggu ke-7&12: Perkembangan janin pada trimester pertama sudah mulai berkembang, berat badannya sudah 85 gram dan panjang 7,5 sentimeter. Pada trimester awal ini janin sudah membuat kepalan tangan dan tunas gigi bayi juga sudah muncul. Sedangkan kepala sudah hampir setengah ukuran seluruh janin.
 
Selama trimester pertama, kebanyakan wanita mengalami mual muntah atau morning sicknes. Namun, setelah memasuki trimester kedua biasanya akan hilang dengan sendirinya. Yang harus Anda perhatikan jika mual muntah tersebut sampai membuat Anda tidak makan sama sekali. Hal tersebut bisa menghambat perkembangan janin dalam kandungan, karena asupan nutrisi akan terhenti jika Anda tidak mengonsumsi makanan apapun. 
 
Lakukan pemeriksaan kandungan secara rutin ke dokter atau tenaga medis lainnya setiap bulan untuk melihat perkembangan calon bayi. Selain itu pemeriksaan rutin juga bisa melihat segala kemungkinan komplikasi selama proses kehamilan. 
 
 
Direview oleh dr. Margareta Amelia
 
Perkembangan apa yang terjadi pada janin di trimester ke-2? Lihat di sini

]]>
Mon, 16 Jan 2017 15:53:53 +0700Hamil
6 Persiapan Penting Sebelum Hamil http://meetdoctor.com/article/10-persiapan-pra-kehamilan http://meetdoctor.com/article/10-persiapan-pra-kehamilan Kehamilan merupakan momen yang ditunggu-tunggu pasangan suami istri, terutama mereka yang baru saja menikah. Bila Anda dan pasangan ingin cepat hamil, lakukan tips ini. Kehamilan sebaiknya direncanakan secara matang untuk menghindari berbagai masalah di masa depan.

Misalnya, persiapan kehamilan seperti nutrisi ibu hamil dan janin, vaksinasi, dan finansial. Selain itu, ada beberapa persiapan penting sebelum hamil seperti berikut ini:

 


Makan makanan sehat

Asam folat bermanfaat bagi Anda yang merencanakan kehamilan maupun Anda yang sudah hamil. Pasalnya, asam folat dapat membantu mencegah cacat lahir, bahkan sebelum Anda tahu bahwa Anda sedang hamil. Anda bisa mulai mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang terdapat pada sayuran hijau, jeruk, hati, dan kacang-kacangan. Anda juga bisa mengonsumsi asam folat berbentuk pil atau vitamin.

Selain itu, makanlah makanan yang banyak mengandung protein, zat besi, dan kalsium. Bila ingin ngemil, makan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu olahan. Jangan lupa utamakan kehigienisan makanan.


Check-up ke dokter

Mengecek kesehatan secara keseluruhan termasuk persiapan penting sebelum hamil. Tujuannya untuk mengurangi risiko komplikasi saat hamil dan agar kehamilan berlangsung secara sehat. Cek kesehatan tersebut bisa mencakup vaksin, tes kesuburan, general check-up, dan pemeriksaan obat-obatan yang sedang dikonsumsi yang bisa menghambat kehamilan. Jadi, jangan lupa konsultasi dengan dokter kandungan saat merencanakan kehamilan.

Anda juga harus periksa gigi dan gusi ke dokter gigi. Pasalnya, kehamilan meningkatkan risiko penyakit gusi yang bisa mengakibatkan persalinan dini (prematur) karena penyebaran infeksi. 


Berat badan ideal

Persiapan penting sebelum hamil adalah memiliki berat badan ideal. Jika Anda terlalu kurus, biasanya akan timbul masalah atau komplikasi saat hamil. Tapi, kalau Anda terlalu gemuk dan mengarah pada obesitas, bisa menimbulkan kecenderungan diabetes dan tekanan darah tinggi. Anda bisa mencegah komplikasi kehamilan karena berat badan dengan berolahraga.

Misalnya, latihan selama 30 menit setiap hari seperti berjalan santai, berenang, dan bersepeda. Olahraga pun akan membantu proses melahirkan menjadi lebih mudah.


Hindari kafein dan minuman beralkohol

Persiapan penting sebelum hamil adalah menghindari asupan kafein seperti kopi, cokelat, soda. Bila belum terbiasa, mulai perlahan-lahan dengan mengurangi asupan kafein, contohnya kopi menjadi tidak lebih dari 200 mg per hari. 

Hindari juga minum minuman beralkohol saat merencanakan kehamilan. Pada beberapa kasus, minuman beralkohol dapat membuat sulit mendapatkan kehamilan dan mengonsumsi alkohol saat kehamilan berlangsung dapat meningkatkan risiko cacat lahir. 


Berhenti merokok

Berhentilah merokok jika Anda ingin mendapatkan kehamilan. Merokok dapat membuat Anda sulit hamil dan menimbulkan risiko kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan keguguran. Tidak hanya itu, merokok juga bisa meningkatkan risiko sindrom kematian mendadak pada bayi (SIDS). Pasangan juga harus berhenti merokok karena asap rokok sangat berbahaya serta dapat menurunkan kesuburan pria.


Siapkan dana

Persiapan penting sebelum memasuki kehamilan adalah menyiapkan dana melahirkan dan perawatan anak. Susunlah rencana dana ini serinci mungkin dan dibuat jauh-jauh hari. Misalnya, sesuaikan dana dengan rumah sakit atau dokter untuk memeriksa kehamilan setiap bulan. (DV)

Ditinjau oleh dr. Joel Juanda T., Sp. OG


]]>
Fri, 06 Jan 2017 13:54:26 +0700Hamil