MeetDoctor - Topic Sexual Health http://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors http://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor http://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2017 Posisi Seks Terbaik Saat Hamil http://meetdoctor.com/article/posisi-seks-terbaik-saat-hamil http://meetdoctor.com/article/posisi-seks-terbaik-saat-hamil Mengetahui posisi seks terbaik saat hamil atau yang aman saat hamil sangat berguna untuk pasangan suami istri. Melakukan hubungan intim adalah bagian penting dalam kehidupan suami istri. Namun, bagaimana bila istri sedang hamil? Amankah berhubungan saat hamil atau justru malah dapat membahayakan?

Sebenarnya hamil bukan penghalang untuk berhubungan badan. Anda tetap dapat bercinta asalkan tepat memilih posisi berhubungan badan agar Anda dan pasangan tetap merasakan kenyamanan. Berikut ini adalah 6 posisi seks yang aman saat hamil :

Posisi Spooning

Posisis spooning adalah posisi di mana pria berada di belakang wanita dan mencari sudut yang tepat untuk melakukan penetrasi. Nah, agar tidak menekan perut istri dan tidak terjadi banyak gerakan saat berhubungan, hindari berbaring ke sebelah kanan.

Posisi Woman On Top

Woman on top adalah posisi yang aman bila anda dan pasangan ingin berhubungan saat hamil. Pasalnya, posisi ini tidak akan memberikan tekanan apapun pada perut wanita. Posisi woman on top ini membuat wanita lebih mengontrol penetrasi dan simulasi klitoris.

Posisi Berbaring di Tepi Tempat Tidur

Posisi ini dapat membuat wanita hamil lebih nyaman selama berhubungan intim. Caranya, wanita berbaring di tempat tidur dengan kaki menggantung ke lantai atau diangkat ke atas, sementara si pria melakuakan penetrasi sembari berdiri atau berlutut. Bila kaki wanita diangkat ke atas, gunakan badan pria sebagai penahan kaki. Posisi saling berhadapan.

Posisi Saling Berhadapan

Posisi ini memberikan kesempatan lebih banyak bagi Anda dan pasangan untuk mengeksplorasi tubuh masing-masing. Caranya, pria duduk lalu wanita melingkarkan kaki ke pinggang pria agar penis lebih mudah melakukan penetrasi. Anda jangan khawatir karena posisi ini sangat aman karena tidak ada yang akan merasakan berat tubuh pasangan lain.

Posisi Doggy Style

Posisi doggy style memungkinkan penetrasi lebih dalam dari penis dan menghindarkan kandungan dari teknan berat badan. Jangan lupa bicarakan dengan suami sejauh mana penetrasi yang diinginkan dan berhentilah bila mulai terasa sakit atau tubuh lelah menopang badan. Posisi ini disukai karena dapat merangsang area G-spot wanita, sehingga wanita terbantu untuk mencapai orgasme.'

Posisi Misionaris

Posisi misionaris paling sering dilakukan di mana perempuan di bawah dan laki-laki di atas. Posisi ini dapat dilakukan saat kehamilan masih trimester pertama dan kedua. Bila pasangan wanita ingin melakukan posisi misionaris saat trimester ketiga, tambahkan bantal di bawah bokong agar posisi tubuh dapat tersangga dengan baik, kandungan aman, dan nyaman saat pergerakan.

Ditinjau oleh dr. Adiyanto Didiet


Posisi spooning

Posisi spooning adalah posisi di mana pria berada di belakang wanita dan mencari sudut yang tepat untuk melakukan penetrasi. Nah, agar tidak menekan perut istri yang sedang hamil dan tidak terjadi banyak gerakan saat berhubungan, hindari berbaring ke sebelah kanan. 


Posisi woman on top

Woman on top adalah posisi yang aman bila Anda dan pasangan ingin berhubungan intim saat hamil. Pasalnya, posisi ini tidak akan memberikan tekanan apa pun pada perut wanita. Posisi woman on top ini membuat wanita lebih mudah mengontrol penetrasi dan stimulasi klitoris.


Posisi berbaring di tepi tempat tidur

Posisi ini dapat membuat wanita hamil lebih nyaman selama berhubungan intim. Caranya, wanita berbaring di tempat tidur dengan kaki menggantung ke lantai atau diangkat ke atas, sementara si pria melakukan penetrasi sembari berdiri atau berlutut. Bila kaki wanita diangkat ke atas, gunakan badan pria sebagai penahan kaki.


Posisi seks saling berhadapan

Posisi seks ini memberikan kesempatan lebih banyak bagi Anda dan pasangan untuk mengeksplorasi tubuh masing-masing. Caranya, pria duduk lalu wanita melingkarkan kaki ke pinggang pria agar penis lebih mudah melakukan penetrasi. Anda jangan khawatir karena posisi ini sangat aman karena tidak ada yang akan merasakan berat tubuh pasangan lain.


Posisi dari belakang

Posisi seks dari belakang atau doggy style memungkinkan penetrasi lebih dalam dari penis dan menghindarkan kandungan dari tekanan berat badan. Jangan lupa bicarakan dengan suami sejauh mana penetrasi yang diinginkan dan berhentilah bila mulai terasa sakit atau tubuh lelah menopang badan. Posisi ini disukai karena dapat merangsang area G-spot wanita, sehingga wanita terbantu untuk mencapai orgasme.


Posisi misionaris

Posisi misionaris paling sering dilakukan di mana perempuan di bawah dan laki-laki di atas. Posisi ini dapat dilakukan saat kehamilan masih trimester pertama dan kedua. Bila pasangan wanita ingin melakukan posisi misionaris saat trimester ketiga, tambahkan bantal di bawah bokong agar posisi tubuh dapat tersangga dengan baik, kandungan aman, dan nyaman saat pergerakan. (PR)

Ditinjau oleh dr. Adiyanto Didiet


]]>
Fri, 06 Jan 2017 14:47:18 +0700Kesehatan Seksual
Orgasme Pada Wanita, Ini Triknya http://meetdoctor.com/article/orgasme-pada-wanita-ini-triknya http://meetdoctor.com/article/orgasme-pada-wanita-ini-triknya Berbeda dengan pria yang mudah mencapai orgasme, orgasme pada wanita biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapainya. Namun, banyak perempuan yang mengukur keberhasilan hubungan intim dengan terjadinya klimaks. Sehingga, tak jarang, ketika klimaks belum tercapai, wanita akan melakukan fake orgasm. Padahal, faktanya hampir semua wanita memang tak mengalami orgasme seudah pria.

Pada dasarnya, tercapainya orgasme pada wanita bergantung pada kerja sama dengan pasangannya. Para pria perlu berperan untuk membantu wanita mencapai orgasme. Sentuhan dan pengertian pasangan, bahwa wanita membutuhkan waktu untuk membangun mood seks dan rileks saat berhubungan intim merupakan kunci untuk membantu wanita mencapai orgasme. 

Pasalnya, pada wanita, perasaan dicintai dan dihargai sangat penting, karena akan membuat wanita merasa nyaman dan rileks. Inilah yang nantinya akan mengantarkan wanita pada kenikmatan orgasme. Penelitian menunjukkan, bahwa wanita yang berusia 30 tahun ke atas sudah lebih memahami bagaimana cara mencapai orgasme, daripada para wanita berusia 20 tahunan. 


Kenali Titik Sensitif 
Bagi Anda wanita yang berusia 20-an, agar mudah mencapai orgasme diperlukan beberapa teknik dan pembiasaan. Salah satunya adalah, dengan cara bermasturbasi sendiri. Masturbasi dapat dijadikan sarana pembelajaran untuk mengetahui, bagaimana Anda dapat mencapai orgasme. Cara-cara Anda mencapai klimaks ini, lalu dapat dibagi pada pasangan Anda, mengajarkannya beberapa trik untuk memuaskan Anda. Kuncinya adalah, rasa menghargai diri sendiri dan berkomunikasi dengan pasangan.

Setelah memasuki usia kepala tiga, meski wanita sudah lebih mengenali titik sensitif tubuhnya untuk mencapai klimaks, saat terjadi perubahan pada hormon, kondisi ini pun dapat memengaruhi kemampuan orgasme pada wanita. Sebagian wanita di usia 30-an justru merasakan paling mudah mencapai klimaks saat menjelang menstruasi. 

Kunci lain yang membantu berhasilnya orgasme adalah stimulasi pada klitoris, sebagai pusat kenikmatan wanita. Selain klitoris yang dapat dimainkan, terjadinya orgasme juga bergantung pada ditemukannya G-spot, yang umumnya tepat berada di bagian depan dinding vagina. Dua jenis orgasme yang umumnya bisa terjadi pada para wanita adalah, orgasme simultan yang terjadi susul-menyusul dan multiple orgasm yang terjadi lagi dan lagi.

Faktanya, wanita dapat mengalami orgasme bahkan hingga usia 60 tahunan. Namun tentu saja, saat mulai memasuki masa menopause akan ada perubahan dari segi hormonal, sehingga libido wanita tak lagi setinggi ketika berusia lebih muda. Vagina akan menjadi lebih kering dan dapat terasa sakit saat menerima gesekan. Tindakan yang paling tepat adalah, dengan menggunakan bantuan pelumas. 


Berapapun usia wanita, orgasme dapat terjadi dengan kerjasama dari pasangan. Berikut 8 hal yang dapat dilakukan oleh paara pria untuk membantu wanita orgasme:

1.    Selalu awai dengan belaian lembut sebagai bentuk kasih sayang. Selain itu, suasana romantis akan membuat wanita lebih rileks dan lebih mudah membangun mood untuk berhubungan intim. Sehingga, kemungkinan untuk mencapai orgasme akan lebih besar.
2.    Lakukan perlahan, jangan terburu-buru. Nikmati setiap momen bersama pasangan saat berhubungan intim.
3.    Menyentuh payudara. Bagi sebagian wanita, sentuhan pada payudara dapat membantu mempercepat terjadinya orgasme.
4.    Para pria biasanya senang dengan seks oral. Lakukan hal yang sama pada wanita Anda.
5.    Ajak pasangan berkomunikasi, cara atau perlakuan apa yang ia inginkan, agar bisa mencapai orgasme.
6.    Beri pasangan kesempatan untuk berinisiatif melakukan hubungan intim lebih dahulu. Memiliki posisi yang lebih dominan, dapat membuat wanita lebih terangsang dan mencapai orgasme.
7.    Jika pria akhirnya ejakulasi lebih dulu, jangan meninggalkan pasangan Anda begitu saja. Tetap lakukan stimuli, seperti ciuman dan sentuhan untuk membantunya mencapai orgasme. 
8.    Wanita selalu senang dengan pujian. Jangan segan memberikan pujian pada pasangan Anda. Ini akan membuatnya percaya diri dan nyaman dengan tubuhnya. Sehingga, ia akan merasa rileks. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P

 


]]>
Fri, 20 Jan 2017 10:34:45 +0700Kesehatan Seksual
Apakah Masturbasi http://meetdoctor.com/article/apakah-masturbasi http://meetdoctor.com/article/apakah-masturbasi Masturbasi adalah sebuah aktivitas seksual yang dilakukan dengan merangsang diri sendiri. Stimulasi terhadap alat kelamin pribadi tadi ditujukan untuk mencapai suatu titik kesenangan atau yang biasa disebut orgasme.

Apakah masturbasi kerap dilakukan orang pada umumnya? 

Hampir semua orang pernah melakukan masturbasi, baik yang telah mempunyai pasangan maupun yang tidak mempunyai pasangan.

Masturbasi adalah perilaku yang wajar. Bagi para remaja, mungkin ini merupakan eksplorasi tubuh yang terbilang aman dibanding dengan seks bebas. Kebanyakan orang terus melakukannya hingga di usia dewasa.

Beberapa orang melakukan masturbasi untuk melepaskan ketegangan seksual, terutama bagi orang-orang yang belum tersedia pasangannya atau justru yang pasangannya tak bersedia melakukan hubungan seksual.


Apakah masturbasi boleh dilakukan?

Kegiatan menstimulasi diri sendiri masih dianggap sesuatu yang tabu untuk dilakukan. Bahkan dahulu dianggap sebagai penyimpangan mental. Akan tetapi segi medis menyatakan, masturbasi justru memiliki manfaat bagi kesehatan dan merupakan kegiatan seksual minim resiko.

Mastrubasi dianggap sebagai langkah alternatif untuk menghindari kehamilan ataupun bahaya penularan penyakit seksual. Terkadang masturbasi juga dilakukan sebagai langkah awal untuk pengujian kualitas sperma pada laki-laki.

Segi medis mengatakan bahwa masturbasi merupakan ekspresi seksual yang alami bagi pria maupun wanita. Selama melakukannya dalam batas kewajaran, tidak akan menimbulkan efek yang membahayakan tubuh.


Apakah masturbasi berbahaya?

Masturbasi bisa dianggap masalah bila justru menghambat aktivitas seksual dengan pasangan, bila dilakukan di depan umum atau bila merusak organ kemaluan. Beberapa ahli menyarankan masturbasi, dengan catatan bila dapat meningkatkan kesehatan seksual dengan pasangan.

 


]]>
Tue, 17 Jan 2017 17:01:48 +0700Kesehatan Seksual
Ingin Orgasme? Lakukan Posisi Berhubungan Badan Ini http://meetdoctor.com/article/ingin-orgasme-lakukan-posisi-berhubungan-badan-ini http://meetdoctor.com/article/ingin-orgasme-lakukan-posisi-berhubungan-badan-ini Orgasme merupakan salah satu faktor yang penting dalam berhubungan intim. Bagi pasangan suami istri, berhubungan intim memang tak pernah bisa luput dari perhatian. Namun, sayangnya ada sebagian wanita yang merasa kesulitan mencapai orgasme. Salah satu faktor penyebabnya adalah posisi berhubungan badan yang menjenuhkan atau monoton.
 
Perlu diketahui, posisi berhubungan badan dapat memengaruhi kepuasan yang didapat oleh Anda dan pasangan. Oleh karena itu, bukan tak mungkin ada posisi berhubungan seks yang bisa membuat Anda selalu orgasme. Berikut di antaranya: 


Doggy style

Posisi seks doggy style memungkinkan penis untuk merangsang titik G-spot wanita. Saat Anda melakukan posisi ini, jangan lupa sentuh klitoris untuk memberikan rangsangan. Posisi ini tentunya akan membuat wanita cepat mencapai orgasme. Demikian juga pria, ia akan mudah mencapai klimaks karena posisi berhubungan seks ini mampu merangsang ujung penis.


Woman on top

Posisi berhubungan seks woman on top atau wanita di atas akan membuat wanita bebas bergerak. Selain itu, beberapa organ wanita yang sensitif seperti payudara, bokong, punggung, atau perut bisa dengan mudah disentuh. Hal ini tentu saja membuat wanita cepat mencapai puncaknya. Selain itu, wanita akan terlihat lebih seksi saat berhubungan intim karena seluruh tubuhnya terlihat oleh pasangannya.


Misionaris

Banyak yang menganggap posisi berhubungan seks ini standar dan kuno. Tetapi, Anda jangan memandang enteng karena posisi misionaris dapat dilakukan dengan mudah dan memudahkan wanita mencapai puncaknya. Pasalnya, kehangatan skrotum yang menyentuh bagian luar vagina akan memberikan sensasi tersendiri.


Spooning

Posisi berhubungan seks spooning merupakan posisi bercinta yang menjadi favorit sebab memungkinkan para wanita mendapatkan orgasme lebih cepat. Teknik spooning dapat Anda lakukan dengan cara berbaring membelakangi pasangan Anda serta memeluknya dari belakang lalu melakukan penetrasi penis ke vagina.


Silang

Posisi silang adalah posisi berhubungan seks yang paling ideal untuk membuat pasangan mampu bertahan lama sekaligus memuaskan kedua belah pihak. Tak hanya itu, posisi silang juga dapat membuat Anda mencapai orgasme berkali-kali. Anda dapat melakukan dengan cara berbaring dalam posisi telentang, lalu lingkarkan kaki Anda ke pinggang pria dari samping. Setelah itu, lakukan penetrasi penis ke vagina. (PR)

Ditinjau oleh dr. T. Ari Wibowo


]]>
Fri, 20 Jan 2017 09:26:22 +0700Kesehatan Seksual
Masturbasi, Apa Manfaatnya? http://meetdoctor.com/article/masturbasi-apa-manfaatnya http://meetdoctor.com/article/masturbasi-apa-manfaatnya Masturbasi adalah cara menstimulasi alat kelamin, untuk melampiaskan gairah dan kesenangan seksual, hingga mencapai titik orgasme atau klimaks seksual. Bermasturbasi biasanya dilakukan dengan cara menyentuh, membelai atau memijat penis atau klitoris hingga orgamse tercapai. Bahkan, ada beberapa wanita yang menggunakan vibrator saat bermasturbasi.

Masturbasi atau onani merupakan perilaku yang sangat umum. Dalam sebuah penelitian nasional disebutkan, bahwa sebanyak 95% laki-laki dan 89% wanita melakukannya untuk orgamse, bahkan saat mereka sudah memiliki pasangan. Kebanyakan orang terus melakukan bermasturbasi di masa dewasa dan banyak juga diantara mereka yang melakukannya di sepanjang hidup mereka.

Bagi sebagian orang, bermasturbasi adalah cara terbaik dalam melampiaskan gairah seksual. Terutama, bagi mereka yang tidak memiliki pasangan. Selain itu, bermasturbasi juga merupakan cara aman untuk menghindar dari risiko kehamilan, serta penularan penyakit seksual.

Tak hanya itu, bermasturbasi juga seringkali dijadikan pilihan oleh terapis saat seseorang mengalami disfungsi seksual, agar mereka dapat mengalami orgamse, terutama pada wanita dewasa. Namun, beberapa orang justru menganggap bermasturbasi adalah penyimpangan perilaku. 


Aktivitas menyenangkan
Bermasturbasi masih dianggap sebagai sesuatu hal yang dianggap tabu untuk dilakukan. Bahkan, seringkali dianggap sebagai penyimpangan mental. Padahal dari segi medis, bermasturbasi justru memiliki manfaat bagi kesehatan dan kegiatan seksual yang minim risiko. Referensi medis menyatakan bahwa bermasturbasi adalah aktivitas seksual normal yang menyenangkan, memuaskan serta aman.

Selain itu, bermasturbasi juga dilakukan sebagai langkah awal untuk melakukan pengujian kualitas sperma pada laki-laki. Bahkan, bermasturbasi jika dilakukan dengan batas kewajaran, tidak akan menimbulkan efek yang dapat membahayakan tubuh. Para ahli juga menunjukkan, bahwa bermasturbasi dapat meningkatkan kesehatan seksual dengan pasangan.


Pada beberapa orang, bermasturbasi ini untuk memperbaiki mood. Hal itu disebabkan, saat seseorang bermasturbasi, maka ia akan mendapatkan kenikmatan seksual dan kepuasaan saat sudah mencapai klimaks. Kondisi tersebut tentu saja, dapat membuat seseorang merasa senang.

Hal tersebut tidak memiliki risiko pada kesehatan. Namun, ada kemungkinan mengalami iritasi pada kulit. Karena itu, Anda dapat mensiasatinya dengan menggunakan pelumas  saat melakukan kegiatan tersebut. (PR)

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P


]]>
Tue, 17 Jan 2017 16:32:29 +0700Kesehatan Seksual
Memahami apa itu masturbasi http://meetdoctor.com/article/zona-erotis-pria-kenali-dan-beri-sentuhan http://meetdoctor.com/article/zona-erotis-pria-kenali-dan-beri-sentuhan Tak sedikit wanita yang beranggapan, zona erotis atau titik sensitif pria hanya berada di satu titik. Padahal, sama seperti wanita, pria memiliki beberapa zona erotis yang bisa dieksplorasi unruk membangkitkan hasratnya.

Berikut ini area-area yang bisa jadi sasaran sentuhan Anda untuk menggoda pasangan. Buat si dia menikmati setiap sentuhan Anda, sebelum menikmati “menu  utama”.

1. Zona erotis di area telinga
Pada pria, telinga adalah area yang dipenuhi ujung-ujung saraf yang sensitif. Gunakan jari telunjuk dan ibu jari Anda untuk memijat daun telinga dengan gerakan pelan dan tegas. Anda bisa juga menekan bagian telinga luar yang lunak dan mencium bagian belakang telinganya.

2. Zona erotis pada leher pria
Bagian leher merupakan bagian yang dapat dengan cepat menstimulasi pria. Ciumilah leher secara bergantian dengan bagian telinga belakang suami Anda. Cobalah gigit lembut lehernya tanpa meninggalkan bekas. 


3. Zona erotis di bagian dada
Pria dengan dada bidang secara tidak langsung menggambarkan adanya kejantanan dan saat tahu area tersebut menarik perhatian Anda, dirinya pun dapat dengan mudah terstimulasi. Anda dapat memijat perlahan dada pasangan, mencium dan menyentuhnya. Anda dapat pula bereksplorasi dengan putingnya secara perlahan dan lembut.

4. Zona erotis pada paha bagian dalam
Tidak banyak yang tahu, namun zona erotis pria terletak juga pada bagian paha dalamnya. Menyentuh dan menciumnya dalam sesi foreplay dapat membuat pasangan Anda terstimulasi dengan lebih cepat.

5. Zona erotis pada lipatan paha atas
Garis yang membentuk selangkangan pria dan merupakan bagian sendi paha atas, merupakan area yang jika disentuh dapat menjadi zona erotis yang efektif. 


6. Zona erotis di sekitar penis 
Tentu saja, zona erotis utama pria terletak pada penisnya.  Penis adalah bagian yang paling sensitif milik pria, jadi perlakukanlah dengan lembut. Komunikasikan bagaimana gaya dan cara yang disukai pasangan Anda, agar zona erotisnya yang satu ini terpuaskan.

Bagian lainnya adalah perineum, yang terletak di antara bagian skrotum atau kantung tempat penis berada dan anus pria. Area ini seringkali dilewatkan, padahal menyimpan banyak saraf sensitif bagi pria. Cobalah memijat dan mengelus perineum tepat sebelum pasangan mencapai orgasme.

Terakhir, bagian yang masih berada di sekitar kelamin dan menyimpan zona erotis lainnya adalah skrotum atau kantung kemaluan. Skrotum sangat sensitif dan cenderung rapuh dan tidak bisa menerima tekanan yang terlalu banyak, karena akan terasa sakit. Namun, sentuhan lembut akan membuat pasangan merasakan kenikmatan. Selamat mencoba! (PA)

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P


]]>
Tue, 17 Jan 2017 11:35:44 +0700Kesehatan Seksual
Orgasme, Ini Fakta Yang Perlu Anda Ketahui http://meetdoctor.com/article/orgasme-ini-fakta-yang-perlu-anda-ketahui http://meetdoctor.com/article/orgasme-ini-fakta-yang-perlu-anda-ketahui Orgasme pada wanita memang hal yang biasa. Namun seringkali, tidak setiap kali berhubungan intim, wanita bisa mencapai orgasme. Pada sebagian wanita, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mencapai orgasme. Hal inilah yang seringkali menjadi alasan wanita untuk melakukan fake orgasm atau orgasme palsu.  Padahal, orgasme dapat dicapai melalui kerjasama dan interaksi yang baik dengan pasangan. 

Berikut beberapa fakta tentang orgasme pada wanita yang perlu ketahui:

Orgasme bisa hilangkan rasa sakit
Sering sakit kepala? Nah, mungkin saja Anda perlu melakukan hubungan seksual untuk menghilangkan sakit tersebut. Pasalnya, ada beberapa bukti bahwa orgasme dapat meringankan semua jenis nyeri, termasuk arthritis. Hal ini dikarenakan adanya oksitosin atau hormon cinta yang dihasilkan saat orgasme. 

Kondom tidak mempengaruhi kualitas orgasme
Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, apakah penggunaan kondom dapat mempengaruhi kualitas orgasme yang akan Anda capai? Sebenarnya, kondom tidak akan mempengaruhi kualitas hubungan seksual. “ Justru kondom dapat membantu pasangan lebih lama dalam berhubungan seksual, serta dapat menghindari ejakulasi dini,” ujar Debby Herbenick, PhD seorang ilmuwan di Indiana University. 

30 persen wanita sulit mengalami orgasme
Menurut statistik Planned Parenthood, sekitar 1 dari 3 wanita sulit mengalami orgasme ketika berhubungan seksual dan 80 % di antaranya mengalami kesulitan mencapai orgasme saat melakukan vaginal sex saja. Stimulasi pada bibir vagina saat berhubungan seksual dapat membantu mengatasi keluhan sulit orgasme; begitu pula dengan penggunaan obat-obatan. Bagi beberapa wanita, penggunaan testosterone (secara topikal atau dioles) atau beberapa obat-obatan dapat membantu mengatasi disfungsi seksual. Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas penggunaan obat tersebut.


Orgasme berkaitan dengan usia
Tentu saja hal ini benar, pasalnya semakin bertambahnya usia Anda maka pengalaman seksual pun akan semakin banyak. Dengan semakin banyaknya pengalaman seksual yang dimiliki, umumnya wanita akan lebih percaya diri dan akhirnya makin mampu menikmati hubungan seksual yang ia lakukan.

Hal tersebut pun dikatakan oleh Dr. Herbenick, “Orgasme akan lebih mudah dicapai seiring dengan pertambahan usia”. Misalnya, pada populasi wanita berusia 18-24 tahun, hanya 61 % wanita yang  mengalami orgasme saat berhubungan seksual; sedangkan pada populasi wanita berusia sekitar 30 tahun,  65 % wanita mencapai orgasme. Persentase tercapainya orgasme  tersebut kian meningkat menjadi sekitar 70 % pada populasi wanita berusia 40-50’an. 
 


Perlu waktu 

Pada beberapa wanita, orgasme memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan orgasme pada pria. Namun, hal tersebut sangat normal terjadi. Paling tidak wanita membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mencapai klimaksnya. Nah, untuk membantu wanita mencapai klimaks, tentunya dibutuhkan kerjasama dengan pasangan. Jika pasangan Anda mencapai orgasme lebih cepat, bantulah ia untuk memperlambat pencapaian orgasme tersebut.

Kontrol pikiran serta penekanan kuat pada pangkal penis umumnya dapat membantu memperlambat ejakulasi. Namun, jika pasangan Anda mengalami ejakulasi dini, sebaiknya konsultasikanlah segera kepada dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (DV)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan


]]>
Fri, 20 Jan 2017 10:08:54 +0700Kesehatan Seksual
5 Pertanyaan tentang Seks yang Malu Anda Tanyakan Langsung ke Dokter (Part-2) http://meetdoctor.com/article/5-pertanyaan-tentang-seks-yang-malu-anda-tanyakan-langsung-ke-dokter-part-2 http://meetdoctor.com/article/5-pertanyaan-tentang-seks-yang-malu-anda-tanyakan-langsung-ke-dokter-part-2 Seks masih menjadi hal yang tabu untuk dibicarakan. Tidak hanya pada orang lain, pada dokter pun banyak yang enggan untuk terbuka soal seks. Alih-alih bertanya langsung ke pada dokter, mereka lebih memilih bertanya lewat media online. Ini adalah bagian kedua kumpulan pertanyaan mengenai seks namun lebih fokus kepada info seputar kehamilan yang masuk ke Meetdoctor. Jawaban diberikan oleh tim dokter kami. 

1. Hamilkah jika penis ma suk setengah dan selaput dara berdarah?
Dari info yang Anda berikan, kemungkinan memang terjadi robekan pada selaput dara. Sebelum terjadi ejakulasi, tentu ada cairan preejakulat yang keluar dari penis. Di dalam cairan preejakulat tersebut mungkin ada  sel sperma. Jadi, risiko hamil bisa saja ada tapi kecil kemungkinannya. Jika Anda sudah mendapat menstruasi setelah berhubungan terakhir, tentu artinya Anda tidak hamil. Untuk memastikannya, lakukan tes menggunakan test pack yang bisa Anda beli di apotik pada hari pertama hingga ke lima setelah terlambat haid di bulan berikutnya. 

2. Apakah bisa menyebabkan kehamilan jika berhubungan saat sedang menstruasi dan kondom robek tapi penetrasi tidak terlalu dalam? Apakah selaput dara saya robek?
Kehamilan mungkin terjadi apabila sel telur yang telah matang dibuahi oleh sel sperma dan itu hanya dimungkinkan melalui penetrasi seksual.  Apabila Anda belum pernah melakukan hubungan seksual bersama pasangan maka kemungkinan terjadinya kehamilan sangat kecil. Meski demikian, adanya akses sperma menuju liang vagina yang terjadi saat penetrasi, tetap saja memungkinkan terjadinya kehamilan. 

Selaput dara berbeda-beda bentuknya, ada selaput yang terlalu tebal sehingga menutupi keseluruhan liang vagina, dan ada pula yang sangat tipis, hingga sudah robek tanpa disadari, bahkan sebelum terjadi penetrasi alat kelamin. Oleh sebab itu, tidak selayaknya keutuhan selaput dara dijadikan ukuran keperawanan. 


3. Apakah menelan sperma bisa membuat hamil?
Jika sperma telah tertelan masuk ke  dalam sistem pencernaan, artinya sperma tersebut akan mati dan tidak akan menyebabkan kehamilan seperti yang Anda khawatirkan. 

4. Apakah jika wanita terangsang dan orgasme bisa keluar cairan kental berwarna putih dengan aroma seperti sperma? 
Keluarnya cairan putih saat terjadi rangsangan seksual merupakan fenomena yang normal dan dapat bermanfaat sebagai pelumas saat proses penetrasi.  Awalnya, akan terjadi pelebaran pembuluh darah di sekitar dinding vagina dan terjadilah transudasi (produksi cairan lubrikan). Volume, warna, dan bau cairan pelumas yang diproduksi tidaklah sama antara satu wanita dengan wanita lainnya, tergantung kadar hormon reproduksi, tingkat orgasme, dan lain sebagainya.  


5. Apakah bisa hamil jika melakukan hubungan seks sehari setelah mens?

Untuk mengetahui kapan interval masa subur, hal pertama yang harus diketahui adalah bagaimana siklus menstruasi Anda dalam enam bulan terakhir ini. Setelah itu,  baru dapat dihitung kapan masa subur Anda. 

Memgenai apakah ada kemungkinan hamil, saya kira jika Anda melakukan hubungan seks sehari setelah selesai haid, maka kemungkinan terjadi kehamilan sangat minim.(LT)


]]>
Tue, 17 Jan 2017 16:49:38 +0700Kesehatan Seksual
Hindari 7 Makanan Ini Sebelum Berhubungan Badan http://meetdoctor.com/article/hindari-7-makanan-ini-sebelum-berhubungan-badan http://meetdoctor.com/article/hindari-7-makanan-ini-sebelum-berhubungan-badan Makanan tertentu bisa membuat Anda dan pasangan lebih bergairah dan tahan lama berhubungan badan. Inilah yang dinamakan afrodisiak.

Misalnya, cokelat yang dipercaya bisa menambah gairah seksual bila dimakan sebelum berhubungan badan. Atau, avokad yang baik untuk jantung Anda sehingga aliran darah pun dapat mengalir dengan lancar dan membuat seks makin memuaskan. Demikian pula stroberi yang mengandung asam folat dan vitamin B sehingga dapat meningkatkan jumlah sperma. 

 

Namun, jangan coba-coba mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini sebelum berhubungan badan. Pasalnya, makanan ini malah bisa membuat Anda atau pasangan kehilangan gairah seksual. Apa saja? Inilah daftar makanan yang dilarang dimakan bila Anda dan pasangan ingin berhubungan intim.


Hot dog

Hot dog merupakan makanan favorit bagi orang yang menyukai makanan cepat saji. Selain praktis, hot dog juga mengenyangkan dan gurih. Namun, jangan pernah mencoba memakan hot dog sesaat sebelum Anda berhubungan badan. Pasalnya, kandungan asam lemak jenuh yang tinggi pada hot dog bisa menganggu aliran darah ke penis dan vagina. 


Peppermint

Bau nafas yang tidak sedap yang berasal dari mulut memang sangat mengganggu, bahkan cenderung membuat Anda malas berdekatan. Biasanya, orang-orang akan mengulum permen supaya nafasnya bisa segar kembali.

Tapi, jangan pernah mengatasi bau nafas tak sedap dengan perman peppermint. Pasalnya, kandungan mentol pada peppermint akan menurunkan kadar testosteron dan mengurangi gairah seksual. Tidak hanya itu, mengunyah permen pun sebaiknya jangan Anda lakukan karena akan membuat Anda sebah dan bersendawa. Hal tersebut bisa membuat gairah pasangan Anda turun seketika. 


Kentang goreng

Sama halnya seperti hot dog, kentang goreng adalah makanan yang harus dihindari sebelum Anda berhubungan seks.

Pasalnya, kentang goreng mempunyai beragam dampak negatif. Minyak yang dipakai menggoreng mengandung lemak trans yang bisa mengurangi kadar testosteron dan mempengaruhi sirkulasi darah ke penis. Kandungan sodium (garam) dalam kentang goreng juga memicu tekanan darah tinggi sehingga mempersulit ereksi.  


Tahu

Salah satu makanan yang harus Anda hindari sebelum bercinta adalah tahu. Pasalnya, tahu mengandung fitostrogen yang tinggi sehingga bisa meningkatkan kadar estrogen.  Kadar estrogen yang terlalu tinggi akan menurunkan gairah seksual pada pria maupun wanita. Jadi, ada baiknya Anda mengganti tahu dengan telur yang kaya akan vitamin B5 dan B6 untuk menyeimbangkan libido anda.


Wine

Mengonsumsi terlalu banyak wine tidak dianjurkan sebelum Anda berhubungan intim. Pasalnya, konsumsi wine bisa menurunkan sensitivitas sentuhan dan mengurangi kenikmatan orgasme saat bercinta. Hal ini didasarkan pada studi yang dilakukan oleh University of Washington. Kesimpulan lainnnya adalah pria yang tidak mabuk lebih bisa mempertahankan ereksinya dibandingkan pria yang mabuk.


Minuman berenergi

Berhubungan badan memang menguras banyak sekali tenaga. Namun, menganggap minuman berenergi bisa membuat stamina lebih kuat adalah sebuah kekeliruan. Pasalnya, kandungan gula dan kafein pada minuman berenergi hanya membantu Anda lebih bertenaga dalam waktu sementara saja. Selebihnya, Anda akan lebih capek daripada sebelumnya. Lagi pula, minuman berenergi mengandung gula dalam jumlah banyak sehingga dapat menurunkan kadar testosteron. 


Oatmeal

Oatmeal memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sayangnya, oatmeal bukan sahabat berhubungan intim. Pasalnya, mengonsumsi oatmeal sebelum bercinta ternyata dapat menurunkan gairah seks. Alasannya adalah kandungan serat yang tinggi pada oatmeal dapat menyebabkan kembung dan gas di perut serta menurunkan gairah seks. (DV)

Ditinjau oleh dr. Jenni, M. Gizi, Sp.GK


]]>
Wed, 18 Jan 2017 16:27:08 +0700Kesehatan Seksual
5 Pertanyaan Tentang Seks yang Malu Anda Tanyakan Langsung ke Dokter (Part-1) http://meetdoctor.com/article/5-pertanyaan-tentang-seks-yang-malu-anda-tanyakan-langsung-ke-dokter-part-1 http://meetdoctor.com/article/5-pertanyaan-tentang-seks-yang-malu-anda-tanyakan-langsung-ke-dokter-part-1 Seks mungkin masih menjadi bahasan yang tabu bagi sebagian orang. Ada juga yang menganggap, seks adalah masalah yang sangat pribadi, sehingga sulit untuk diungkapkan pada orang lain. Hal ini membuat orang-orang yang punya pertanyaan mengenai seksualitas atau punya masalah terkait hubungan intim, malu bertanya secara langsung, entah kepada dokter - apalagi kepada teman. Kami mengumpulkan beberapa pertanyaan mengenai seks yang paling populer dan meminta tim dokter kami untuk menjawabnya. Dari jawaban dokter tersebut dapat menjadi refrensi bagi anda untuk mengetahui tips bercinta yang jitu dan cara bercinta yang baik bagi anda dan pasangan.

1. Bagaimana cara bercinta yang baik untuk pertama kalinya?

Umumnya, pada malam pertama seorang pria dan wanita yang sama-sama belum melakukan hubungan intim, akan merasa bingung dan "kikuk". Di malam pertama, jika pihak wanita tidak merasakan kenikmatan, adalah hal yang wajar  karena rasa sakit akibat baru pertama kali melakukan hubungan ini. Sedangkan pada pria, hal yang biasa terjadi adalah adanya jeda waktu disfungsi ereksi yang ringan yang terjadi secara tiba-tiba, karena merasa gugup. 

Tip bercinta bagi pasangan yang baru menikah dan baru melakukan hubungan seksual : 
# Jangan lupakan pemanasan. 
# Rileks dan tidak terburu-buru. Posisi bercinta pertama kali yang dapat Anda lakukan adalah dengan posisi misionaris atau man on top. Posisi ini dianggap sebagai posisi dasar sehingga Anda dan pasangan dapat melakukannya dengan mudah.
# Jangan kecewa jika tidak tahan lama. Hal ini wajar karena keduanya belum memiliki pengalaman dalam hal mengontrol emosi dalam berhubungan intim.
# Komunikasi agar tercipta suasana yang nyaman dan tidak kaku. 

2. Apakah bisa hamil jika vagina terkena tisu bekas lap sperma?
Di udara, sperma bertahan hidup rata-rata hanya tiga menit, kecuali jika dikeluarkan di dalam vagina. Jika pihak  wanita berada dalam masa subur maka masa hidup sperma menjadi lebih panjang hingga mencapai 48 jam. Saat ejakulasi, kekuatan semburan sperma bisa mencapai hingga 48km/jam. Begitu sperma masuk ke dalam vagina, mereka membutuhkan waktu hingga tiga hari untuk mencapai sel telur yang jaraknya hanya 15 Cm. Ketika sudah mencapai saluran tuba dalam rahim wanita, sperma dapat bertahan hingga lima hari menunggu sel telur  dikeluarkan, sehingga masih bisa terjadi kehamilan walau Anda berhubungan tidak pada masa subur. 

Anda tidak perlu khawatir hamil jika sperma dikeluarkan di luar rahim, meski Anda sedang dalam masa subur. Pasalnya, sperma akan mati dan tidak menyebabkan kehamilan, kecuali jika sperma tersebut sudah terlebih dahulu mencapai saluran tuba tempat pertemuan sperma dan sel telur wanita.

3. Amankah memasukkan jari ke vagina?
Pada dasarnya, penggunaan jari untuk membantu mencapai klimaks tidak berbahaya dan boleh dilakukan sesuai dengan kesepakatan bersama pasangan. Tidak jarang dijumpai pasangan yang justru dapat mencapai klimaks dengan bantuan jari. Hal ini dikaitkan dengan lebih lincahnya jari dalam mengeksplorasi titik-titik sensitif wanita, termasuk G-spot. Namun, Anda perlu memerhatikan kebersihan tangan pasangan. Pastikan dia mencuci tangan setiap kali hendak melakukan rangsangan dengan jari. 


4. Saya mengeluarkan sperma di paha istri. Lalu, istri  mencuci vagina dan pahanya menggunakan air, apakah masih bisa hamil? 
Sperma dapat bertahan hidup lebih lama jika berada pada suhu yang hangat atau berada di air yang hangat. Sperma akan mati lebih cepat jika terkontaminasi dengan suhu yang kering atau permukaan yang kering. Hal yang dilakukan oleh istri Anda, mungkin saja mematikan sperma. 

5. Mengapa setiap selesai berhubungan intim, istri selalu merasakan perih akibat lecet di vaginanya? 
 Rasa sakit yang muncul pada saat awal penetrasi bisa disebabkan oleh: 

# Kurangnya cairan lubrikasi. Cairan ini diproduksi secara alami oleh vagina ketika wanita terangsang. Penyebab utama kurangnya lubrikasi adalah kurang pemanasan. Produksi cairan lubrikasi juga akan terganggu pada wanita yang telah menopause,  baru melahirkan lalu menyusui, konsumsi obat-obatan seperti pil KB, obat penenang, obat antidepresan, dan obat tekanan darah tinggi. 
# Vagina mengalami infeksi. 
# Cidera atau iritasi yang terjadi pada wanita yang baru melakukan operasi panggul atau akibat kecelakaan, rasa sakit akan muncul saat penetrasi awal. Selain itu, wanita yang baru saja menjalani episiotomi – penyayatan jaringan antara vagina dan anus saat melahirkan – juga akan merasakannya. 
# Vaginismus. Perasaan takut sebelum bercinta kerap dirasakan oleh wanita. Secara tidak sadar, hal itu membuat otot vagina kejang sehingga membuatnya sakit saat pasangan melakukan penetrasi. 


Sakit saat penetrasi mendalam disebabkan oleh: 
# Mengidap penyakit seperti kista ovarium, endometriosis, fibroid rahim, wasir, sindrom iritasi usus,  penyakit menular dan radang panggul. 
# Perawatan medis, seperti kemoterapi atau radiasi. 

Anda dan pasangan bisa mencoba untuk mengatasi sendiri dengan empat langkah berikut ini: 
#Berkomunikasi. Jika Anda merasa sakit, tidak perlu sungkan untuk memberi tahu pasangan agar memperlambat gerakannya. 
#Ganti posisi. Anda bisa mencoba berada di atas saat berhubungan seksual. Dengan posisi itu, Anda bisa mengontrol gerakan dan kedalaman penetrasi. 
#Jangan terburu-buru. Rasa sakit biasanya terjadi karena penetrasi yang terlalu dini dilakukan oleh pasangan, padahal Anda belum siap.  
# Gunakan pelumas. Namun jangan asal memakai produk pelumas. Tanyakan dahulu kepada dokter produk apa yang cocok untuk Anda. (LT)

 

 

 


]]>
Tue, 17 Jan 2017 16:03:15 +0700Kesehatan Seksual
Para Pria, Inilah 5 Makanan Pembangkit Gairah http://meetdoctor.com/article/para-pria-inilah-5-makanan-pembangkit-gairah http://meetdoctor.com/article/para-pria-inilah-5-makanan-pembangkit-gairah Gairah seksual merupakan hal yang penting bagi pria. Apabila gairah seks seorang pria tidak ada atau sangat kecil, maka kemungkinan untuk dapat melakukan ereksi akan sangat sulit. Kesulitan ereksi ini sering lebih dikenal dengan disfungsi ereksi. Para pria harus menjaga agar lingkar pinggang tetap ramping atau tidak lebih dari 90 cm. Pasalnya, pria dengan perut buncit berisiko lebih besar mengalami disfungsi ereksi. Olahraga dan menjalani gaya hidup sehat juga dapat membantu Anda memiliki kehidupan seks yang bergairah.  

Memilih makanan yang tepat pun terbilang penting. Pasalnya, makanan tertentu dapat menjaga aliran darah tetap terpompa dengan lancar ke organ intim Anda. Artinya, ada juga makanan yang bisa membuat libido atau gairah terganggu. 

Nah, berikut ini 5 bahan makanan utama yang akan membantu pria dalam memperbaiki gairah seksual atau libido :


Makanan nabati

Mengganti protein hewani menjadi protein nabati adalah cara memperbayak sperma sekaligus memperbaiki kualitas sperma secara drastis. Jadi, daripada sibuk mengonsumsi daging merah untuk menambah massa otot, makan sumber protein dari tumbuhan.

Anda juga harus mengurangi konsumsi junk food yang mengandung lemak tersaturasi. Pasalnya, junk food akan membuat arteri tersumbat dalam jangka panjang dan mengganggu kelancaran aliran darah sehingga mengurangi libido dan daya tahan di ranjang. Oleh karena itu, segera konsumsi protein nabati yang bebas kolesterol dari dalam kacang-kacangan, biji-bijian, polong, madu, dan kacang kedelai. 

 


Sayur dan buah

Ganti kebiasaan mengemil kue dan permen yang mengandung banyak lemak trans, karbohidrat simpel, dan pemanis tambahan. Pasalnya, permen dan kue perlahan-lahan akan membuat lemak makin banyak serta mengurangi aliran darah dan menciptakan peradangan. 

Alihkan pilihan Anda ke konsumsi buah dan sayur. Misalnya, avokad, pisang, dan sayur sanggup mengurangi risiko serangan jantung, kanker, dan stroke, memperkuat sistem imun tubuh, dan membuat Anda lebih tahan lama saat berhubungan badan.


Cabai bubuk

Makanan gurih dan lezat tidak selalu membutuhkan banyak garam. Konsumsi garam secara berlebihan juga bisa menyebabkan turunnya libido. Nah, jika Anda ingin lebih tahan lama berhubungan badan sekaligus bergairah, ganti garam dengan bubuk cabai atau paprika. Kandungan capsaicin di dalam bahan makanan yang pedas ini bisa melebarkan pembuluh darah dan membantu aliran darah tersebar merata ke seluruh tubuh. 


Zinc

Lupakan roti putih yang biasa Anda konsumsi untuk sarapan. Demikian juga margarin dan keju. Kini, saatnya Anda beralih ke sereal gandum yang rendah kandungan gulanya. Jenis sereal ini telah diperkaya zinc yang bisa membuat Anda lebih tahan lama saat berhubungan badan. Selain gandum, zinc bisa didapatkan dari kerang, tiram, daging ayam tanpa lemak, kacang-kacangan, dan almond. Zinc juga sanggup mempertahankan kadar testosteron dan mencegah impotensi.

 


Cokelat

Konsumsi cokelat memicu timbulnya perasaan yang mirip rangsangan seksual dan orgasme. Namun demikian, tetap batasi konsumsi cokelat dan carilah cokelat yang mengandung 70% atau memiliki lebih banyak kandungan cocoa. Oleh karena itu, hindari cokelat yang dipenuhi gula tambahan serta es krim yang kaya akan gula dan lemak tersaturasi. (PA)

Ditinjau oleh dr. Putri Intan Primasari 

 


]]>
Wed, 18 Jan 2017 15:51:42 +0700Kesehatan Seksual
Vaginoplasty, Cara Agar Vagina Kembali Prima http://meetdoctor.com/article/vaginoplasty-cara-agar-vagina-kembali-prima http://meetdoctor.com/article/vaginoplasty-cara-agar-vagina-kembali-prima Vaginoplasty adalah  operasi vagina (Mrs. V) yang dilakukan untuk memperbaiki bentuknya. “Vaginoplasty yang dilakukan oleh dokter bedah memiliki tujuan lebih ke arah kosmetik dan rekonstruksi  vagina. Namun, vaginoplasty yang dilakukan dokter kandungan rekonstruksi vagina tujuannya adalah vaginography atau perbaikan pada vagina (vagina repairing)”, ujar dr. Hervi Wiranti, Sp.OG yang ditemui di RS Sahid Sahirman, Jakarta. 

Perbaikan pada Mrs.V tersebut dapat dilakukan secara menyeluruh mulai dari Mrs. V bagian luar, bagian dalam, dinding kemaluan, himen, dan bibir kemaluan. “Pada dasarnya, semua bagian kemaluan wanita bisa dilakukan perbaikan. Namun perbaikan juga bisa dilakukan pada bagian kemaluan yang memerlukan perbaikan,” ujar dr. Hervi. 

Bagian bawah dinding kemaluan, lanjut dr. Hervi, adalah bagian vagina yang sering diperbaiki. Pasalnya, dinding vagina wanita yang telah melahirkan melalui Mrs. V secara otomatis akan longgar. 


Lalu, apakah prosedur vaginoplasty bisa dilakukan pada wanita yang belum melahirkan? Menurut dr. Hervi, wanita yang belum pernah melahirkan secara kemaluan wanita namun telah melakukan hubungan seksual bisa melakukan hymenorrhaphy untuk memperbaiki selaput daranya. “Jadi, pada dasarnya pengertian dari vaginoplasty sangat luas dan meliputi hampir seluruh kemaluan,” tegas dr. Hervi. 

Selain melahirkan secara normal, banyak faktor yang menyebabkan gangguan fungsi Mrs. V, misalnya melemahnya otot Mrs. V dan panggul. Hal ini disebabkan bertambahnya usia yang menyebabkan otot tersebut menjadi kendur sehingga sensasi dan kenikmatan saat berhubungan seksual tidak terasa. Oleh karena itu, wanita yang ingin mengembalikan kehangatan hubungan seksual pun bisa melakukan vaginoplasty.

“Sampai saat ini sudah banyak wanita yang melakukan vaginoplasty dan tidak jarang pula yang menginginkan vaginanya seperti perawan lagi. Dan, memang benar bisa menjadi seperti perawan dan merasakan sakit seperti pertama kali berhubungan serta berdarah,” lanjut dr. Hervi. 


Nah, perlu Anda ketahui bahwa wanita yang telah melakukan vaginoplasty dan penyempitan pada dinding kemaluan bagian bawah tidak disarankan melahirkan normal atau melalui Mrs. V. “Pasalnya, robekan yang terjadi akan terasa sangat sakit karena otot-otot pada bagian vagina tersebut telah dirapikan. Walaupun hal tersebut tidak akan membahayakan, namun robekan yang terjadi bisa semakin lebar.” 

Selain itu, dr. Hervi menyarankan agar wanita yang melakukan vaginoplasty tidak berhubungan seksual selama 2 – 3 bulan atau sampai luka sembuh. Pasalnya, proses penyembuhan dinding Mrs. V lebih lama karena perbaikan otot dalam lebih luas. “Sedangkan proses penyembuhan himen atau selaput dara hanya sekitar 1 – 2 bulan.” (DV)

Ditinjau oleh dr. Hervi Wiranti, Sp.OG


]]>
Wed, 18 Jan 2017 10:26:49 +0700Kesehatan Seksual
Laser Erbium, Kencangkan Vagina Tanpa Operasi http://meetdoctor.com/article/laser-erbium-kencangkan-vagina-tanpa-operasi http://meetdoctor.com/article/laser-erbium-kencangkan-vagina-tanpa-operasi Hubungan intim adalah kebutuhan utama pasangan suami istri. Kepuasan yang didapat dari hubungan seks pun dapat memengaruhi kelangsungan dan keharmonisan rumah tangga. Selain itu, hubungan intim yang ideal memiliki banyak manfaat tak terduga. Misalnya, Membuat awet muda, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah serangan jantung, menajamkan fungsi otak, dan mengurangi stres.

Sayangnya, kepuasan seksual bisa terganggu karena perubahan pada organ reproduksi wanita yang disebabkan proses penuaan dan proses melahirkan secara vaginal. “Terlebih lagi jika wanita telah melahirkan melalui Mrs. V lebih dari sekali,” ucap dr. Enrina Diah, Sp.BP-RE pada talk showTurn Back Your Biological Clock & Enhances Sensation Your Intimate Life”, Rabu (10/12), di Ultimo Clinic.

Proses penuaan, lanjut dr. Enrina, bisa menurunkan produksi kolagen yang mengakibatkan kurang kencangnya organ intim wanita dan beberapa jaringan pendukungnya. “Alhasil, ‘cengkeraman’ vagina tidak kuat lagi atau mengendur. Biasanya, hal tersebut menimbulkan keluhan seperti vagina yang terasa ‘longgar’ sehingga kepuasan hubungan intim berkurang, serta bentuk organ intim yang kurang baik.”


Apakah Anda mengalami hal tersebut? Menurut dr. Enrina, kondisi tersebut bisa diperbaiki dengan senam kegel. “Anda juga bisa melakukan prosedur pengencangan vagina tanpa operasi yang menggunakan laser Erbium,” jelas dr. Enrina. 

Melalui laser Erbium yang berasal dari Jerman, pasien bisa mendapatkan kembali kekencangan vagina dengan downtime sangat minimal, yaitu 5 – 7 hari untuk pemulihan. “Anda tak usah khawatir sebab laser sudah disterilkan dengan suhu 180 - 200 derajat Celsius sehingga terjamin kebersihannya.” 

dr. Enrina kemudian menjelaskan cara kerja laser Erbium. “Alat laser Erbium tersebut dimasukkan ke dalam lubang vagina. Setelah itu, alat diputar-putar oleh dokter atau ahli dalam treatment ini selama 15 – 20 menit untuk merangsang pembentukan kolagen baru.” Kolagen inilah yang akan mengencangkan Mrs. V sekaligus mengecilkan lubangnya. 

"Treatment ini tidak sakit dan minim sekali pendarahan serta aman. Pasien pun bisa langsung jalan setelah perawatan", ujar dr. Enrina. Akan tetapi, setelah melakukan treatment ini, pasien disarankan tidak berhubungan intim selama 1 minggu. Anda pun bisa mengulangi treatment ini dalam waktu 3 atau 6 bulan sekali. (DV)
 


]]>
Tue, 17 Jan 2017 17:38:47 +0700Kesehatan Seksual
Inilah Manfaat Berhubungan Intim yang Tak Terduga http://meetdoctor.com/article/manfaat-berhubungan-badan-yang-tak-terduga http://meetdoctor.com/article/manfaat-berhubungan-badan-yang-tak-terduga Apa tujuan Anda dan pasangan berhubungan badan ? Banyak pasangan suami istri yang beranggapan bahwa berhubungan badan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan keturunan atau hanya memuaskan kebutuhan batin. Namun, tidak banyak orang tahu, jika berhubungan badan memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Dan, manfaat ini berlaku bagi Anda dan pasangan, lho!  

Berikut ini beberapa manfaat berhubungan intim yang tak terduga!

  • Membuat awet muda

Kebahagiaan saat berhubungan badan akan memberikan "bonus" bagi penampilan Anda. Pada konferensi kesehatan tahun 2013 yang diadakan oleh British Psychological Society, Psikolog Dr David Weeks dari Royal Edinburgh Hospital, Inggris, menguraikan hasil penelitiannya. Menurut Weeks, pria dan wanita yang memiliki kehidupan seksual yang aktif alias rajin berhubungan badan akan terlihat jauh lebih muda


"Pasangan yang memiliki kehidupan seks memuaskan akan tampak lebih muda sekitar 5 - 7 tahun daripada usia sebenarnya sebab kepuasan seksual adalah penyumbang utama kualitas hidup”, ungkap Weeks.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Para peneliti dari Wikes University di Wikes-Barre University, Pennsylvania, Amerika Serikat, menyimpulkan bahwa melakukan hubungan badan yang dilakukan sekali atau dua kali seminggu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Oleh karena itu, Anda dan pasangan pun akan terhindar dari penyakit seperti flu atau pilek

  • Mencegah serangan jantung

Pada tahun 2010, para ilmuwan di New England Research Institute di Massachusetts, Amerika Serikat, merilis penelitian yang telah dilakukan selama 16 tahun. Hasil penelitian  yang dilakukan kepada seribu pria tersebut diterbitkan oleh American Journal of Cardiology. Hasilnya adalah pria yang berhubungan badan minimal dua kali dalam seminggu mempunyai risiko lebih kecil terkena serangan jantung daripada pria yang jarang berhubungan badan. 


Salah satu alasannya adalah melakukan hubungan badan membuat stres berkurang. Dan, seperti yang kita ketahui, stres adalah salah satu faktor risiko serangan jantung. Alasan lainnya adalah berhubungan badan membuat detak jantung Anda terpompa lebih lancar dan menyeimbangkan kadar estrogen dan testosteron yang akan menjaga kesehatan jantung.

  • Menajamkan fungsi otak

Pada Maret 2013, para ilmuwan di University of Pavia, Itali, menerbitkan penelitian yang mengatakan bahwa berhubungan badan secara teratur dapat meningkatkan pertumbuhan saraf kranial. Saraf kranial adalah salah satu saraf dari 12 pasang saraf. Fungsi saraf kranial adalah mengatur semua fungsi organ tubuh seperti kesadaran, kecepatan berpikir, konsentrasi, hingga berkomunikasi. Nah, pasangan yang rutin berhubungan badan akan lebih waspada dan berpikir lebih jernih.


  • Mengurangi stres

Manfaat berhubungan intim yang tak kalah penting adalah mengurangi stres. Terlebih lagi jika Anda mengalami tekanan cukup besar karena pekerjaan. Hal tersebut senada dengan penelitian yang dilakukan di University of Paisley, Skotlandia pada tahun 2006. 

Pada penelitian tersebut terdapat 22 pria dan 24 wanita yang selama dua minggu diobservasi. dan menghasilkan sebuah pernyataan. Bahwa, mereka yang rutin melakukan hubungan badan mempunyai tingkat stres yang lebih kecil dibanding yang tidak rutin berhubungan badkenikan. 

Jadi, buat apa melewatkan kenikmatan berhubungan badan bersama suami atau istri Anda demi hal lain, seperti melakukan pekerjaan kantor di rumah. Lebih baik, selalu luangkan waktu untuk bercinta bersama pasangan Anda. Toh, manfaatnya pun berlimpah, bukan? (DV)

Ditinjau oleh dr. Hervi Wiranti, Sp.OG


]]>
Wed, 18 Jan 2017 16:05:53 +0700Kesehatan Seksual
Amankah Berhubungan Saat Hamil? http://meetdoctor.com/article/amankah-berhubungan-saat-hamil http://meetdoctor.com/article/amankah-berhubungan-saat-hamil Pada dasarnya, berhubungan saat hamil sama sekali tidak dilarang selama masa kehamilan berjalan dengan baik alias tanpa keluhan apa pun. Berhubungan badan bahkan dapat dilakukan sesering ketika belum hamil. 

Namun berhubungan badan tetap harus menyesuaikan dengan mood kedua belah pihak. Pasalnya, saat masa kehamilan biasanya disertai perubahan hormon, emosi yang naik turun, lelah, dan mual. Malah, seiring pertambahan usia kehamilan, sakit punggung makin terasa. Ibu hamil juga bisa saja tidak percaya diri karena mengalami perubahan bentuk tubuh. Alhasil, gairah seksual pun berkurang.

Tapi, tenang saja sebab berbagai kekhawatiran Anda dan pasangan seputar berhubungan saat hamil sudah dijawab oleh ahlinya. Yuk, simak bersama! 

T: Apakah melakukan hubungan saat hamil dapat menyebabkan keguguran?
J: Tidak. Keguguran yang terjadi di awal kehamilan bukan akibat berhubungan badan dengan pasangan, namun karena adanya masalah kromosom yang abnormal atau masalah pada perkembangan janin. 


T: Apakah berhubungan badan saat hamil dapat menyakiti janin dalam kandungan?
J: Tidak. Janin yang tengah tumbuh di dalam kandungan aman sebab dilindungi ketuban (cairan amniotik), otot-otot rahim yang kuat, serta cairan mukus tebal yang menutupi mulut serviks. Artinya, berhubungan badan saat hamil tidak akan melukai janin.

T: Bagaimana posisi berhubungan badan yang aman untuk ibu hamil?
J: Semua posisi berhubungan badan dapat dilakukan selama ibu hamil nyaman. Anda dan pasangan juga bisa bereksperimen untuk mendapatkan posisi yang benar-benar nyaman, seperti posisi spooning, berhadapan, atau woman on top untuk menghindari tekanan pada punggung yang sedang sakit. Hindari posisi telentang bisa memberikan tekanan pada pembuluh darah besar.


T: Bolehkah melakukan oral seks atau anal seks?
J: Oral seks boleh dilakukan, tapi anal seks sebaiknya tidak dilakukan. Oral seks secara umum dianggap aman bagi ibu hamil. Jika pasangan yang melakukan oral seks, pastikan pasangan tidak meniupkan udara masuk ke dalam vagina.

Meskipun jarang terjadi, namun udara yang masuk dapat menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah (emboli udara/air embolism) yang dapat membahayakan nyawa ibu dan janin.

Sedangkan pada anal seks, ambeien atau wasir yang terjadi pada ibu hamil akan membuat tidak nyaman dan terasa menyakitkan. Selain itu, anal seks dapat menyebabkan bakteri penyebab infeksi masuk dari anus dan menjalar ke vagina. 

T: Bisakah orgasme memicu kelahiran prematur?
J: Tidak. Orgasme memang dapat menyebabkan kontraksi pada rahim. Tapi, kontraksi ini berbeda dengan kontraksi bersalin. Orgasme dengan penetrasi maupun tanpa penetrasi tidak mungkin menyebabkan kelahiran prematur. Berhubungan saat hamil juga tidak akan dapat memicu persalinan meskipun waktu bersalin sudah semakin mendekat. 


T: Adakah saat-saat di mana berhubungan badan saat hamil sebaiknya dihindari?
J : Ada. Anda berdua sebaiknya tetap berhati-hati terutama jika ibu hamil memiliki kondisi berikut:

  1. Pernah mengalami kelahiran prematur.
  2. Mengalami pendarahan yang keluar dari dalam vagina.
  3. Mengalami kebocoran cairan ketuban.
  4. Serviks ibu mulai terbuka terlalu dini (inkompetensi serviks).
  5. Sebagian atau seluruh plasenta menutupi mulut serviks (placenta previa).
  6. Kram perut yang berulang.

T: Bagaimana jika ibu hamil tidak berhasrat melakukan berhubungan badan?
J: Tidak apa-apa. Utarakan perasaan kepada pasangan secara terbuka jika Anda merasa kesulitan membangun mood untuk berhubungan badan. Cobalah kontak fisik lain dengan pasangan seperti bermesraan, berciuman, atau memijat pasangan.


T: Bisakah segera berhubungan badan setelah melahirkan?
J: Tidak. Tubuh wanita yang baru melahirkan secara normal atau melalui operasi caesar membutuhkan waktu untuk sembuh total. Waktu yang dibutuhkan hingga fit untuk berhubungan badan adalah 4 – 6 minggu agar serviks menutup dan bekas jahitan benar-benar mengering.

Selama tidak berhubungan badan ini, kompensasikan kemesraan dalam bentuk lain seperti saling perhatian dan banyak berbincang akrab di atas tempat tidur, pelukan, dan ciuman. Saat waktu berhubungan badan kembali tiba, awali secara perlahan dan gunakan kontrasepsi jika Anda dan pasangan berniat menunda kehamilan selanjutnya. (PA)

Ditinjau oleh dr. Fransisca Alvionita


]]>
Thu, 05 Jan 2017 13:53:44 +0700Kesehatan Seksual
Lagu Ini Bisa Meningkatkan Gairah Seksual http://meetdoctor.com/article/lagu-ini-bisa-meningkatkan-gairah-seksual http://meetdoctor.com/article/lagu-ini-bisa-meningkatkan-gairah-seksual Mendengarkan lagu tidak hanya sekedar mengatur suasana hati tetapi juga dapat membuat hubungan intim terasa lebih  menakjubkan.

Lagu tertentu dapat memicu rush fisik yang disebut orgasme kulit, menurut sebuah tinjauan terbaru di jurnal Frontiers in Psychology. Ketika Adele atau Beyonce menyanyikan nada-nada tinggi,  ini bisa merangsang sistem saraf otonom yang mengontrol detak jantung, suhu kulit dan gairah seksual. Akibatnya, debar jantung meningkat dan Anda merasa menggigil namun tidak kedinginan di  tulang belakang Anda.

Lagu-lagu dengan melodi yang kuat juga bisa  menyebabkan kesenangan dan memicu otak melepas neurotransmitter dopamin, menambah sensasi dalam hubungan intim. Ingin merasakan bagaimana lagu mempengaruhi dan membuat hubungan intim dengan pasangan semakin terasa seksi dan hot? Coba daftar lagu di bawah ini:

 

1. Set Fire to the Rain - Adele

2. Fallin' - Alicia Keys

3. I'll Make Love to You - Boyz II Men

4. She Will Be Loved  - Maroon 5

5. Waiting for A Girl Loke You - Foreigner

6. Meet Me in the Middle - Jessie Ware

7. Poison & Wine - The Civil Wars

8. Wicked Games - The Weeknd

9. Tonight (Best You Ever Had) - John Legend , Ludacris

10. Be Without You - May J. Blibe

11. Rocket - Beyonce

12. Let's Get It On - Marvin Gaye

13. Slow Dancing in Burning Room - John Mayer

14. Thinkin' Bout You - Frank Ocean

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Wed, 18 Jan 2017 14:32:49 +0700Kesehatan Seksual
Susah Bercinta karena Vagina Kering? http://meetdoctor.com/article/susah-bercinta-karena-vagina-kering http://meetdoctor.com/article/susah-bercinta-karena-vagina-kering Vagina (Mrs. V) kering adalah kondisi yang dialami wanita sebelum dan sesudah menopause. Istilah lain kondisi ini adalah vaginal atrophy, atrophic vaginitis, atau vaginal dryness
Hal ini menyebabkan meipisnya dinding kemaluan karena penurunan jumlah estrogen.

Dalam keadaan normal, kemaluan wanita memiliki lapisan tipis yang bersifat melembapkan organ intim wanita ini. Ketika wanita terangsang, panggul akan menerima lebih banyak aliran darah. Nah, aliran darah inilah yang memungkinkan adanya produksi cairan Mrs. V yang bersifat melumaskan. 

Namun karena perubahan hormon saat menopause, siklus menstruasi, pertambahan usia, melahirkan, dan menyusui, maka lapisan pelembap kemaluan wanita ini pun berkurang. Akibatnya, Mrs. V kering dan menyebabkan lubrikasi tidak optimal, sehingga wanita cenderung merasa kesakitan saat berhubungan intim.


Bila Anda ingin mengatasi Mrs. V kering, Anda bisa menggunakan pelumas berbahan dasar air dan tidak mengandung gliserin. Oleskan ke bagian dalam kemaluan wanita atau ke penis pasangan. 

Lalu, cobalah lakukan foreplay lebih lama dan lebih berkualitas supaya tubuh memproduksi pelumas secara alami sehingga berhubungan badan pun tak terasa sakit. 

Hindari pula produk-produk yang menggunakan pewangi tambahan, seperti detergen berpewangi buatan, sabun wangi, losion tangan, minyak mandi, atau tisu toilet dengan aroma buah maupun bunga yang dikenakan berdekatan dengan kemaluan. Anda juga jangan memakai cuka maupun yoghurt sebab bisa menganggu keseimbangan pH pada kemaluan. Hal ini akan menghindarkan Anda dari vagina kering. 


Mrs. V kering bisa dikenali dari tanda-tanda berikut ini: 

  • Rasa gatal yang menyengat pada bibir dan bagian bawah kemaluan.
  • Rasa terbakar. 
  • Rasa nyeri. 
  • Adanya darah yang keluar atau sakit saat berhubungan seks.
  • Sering buang air kecil.
  • Kerap mengalami infeksi saluran kencing.

Selain beberapa penyebab yang sudah dipaparkan sebelumnya, berikut ini beberapa penyebab Mrs. V kering yang lainnya:

  • Konsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat alergi dan flu yang mengandung decongestan dapat mengurangi kelembapan di berbagai bagian tubuh, termasuk pada bagian kemaluan. Obat-obatan antiestrogen untuk kanker payudara juga menyebabkan kemaluan menjadi kering.


  • Sindrom Sjogren’s

Penyakit autoimun yang disebut Sjogren’s syndrome menyebabkan sistem imun tubuh menyerang jaringan tubuh yang sehat. Selain mata dan mulut menjadi kering, kemaluan pun mengalami hal yang sama.

  • Kebiasaan mencuci kemaluan wanita

Mencuci kemaluan dengan menyemprotkan cairan pembersih kelamin ke dalam kemaluan yang bisa mengganggu keseimbangan pH dalam kemaluan dan dapat menyebabkan radang pada vagina. Hal inilah dapat membuat kemaluan menjadi kering atau iritasi.

Masalah Mrs. V kering sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter. Nah, cara yang biasa digunakan dokter untuk mengobati kemaluan yang kering adalah: 

  • Kemaluan yang kering lebih baik diobati dengan krim estrogen yang dioleskan. Meski hanya digunakan dalam jumlah yang sedikit, kandungan estrogen dalam krim dapat mencapai aliran darah. Krim yang digunakan sebelum tidur ini juga tidak akan menurunkan kadar testosteron dan dapat mengurangi risiko infeksi saluran kencing. 

  • Menggunakan vaginal estrogen ring atau Estring yang berbentuk cincin dengan tekstur lunak dan lentur. Ring yang dimasukkan ke bagian atas vagina oleh dokter ini akan mengeluarkan dosis estrogen yang sama setiap harinya. Anda harus mengganti ring ini setiap tiga bulan sekali.
  • Menggunakan tablet estrogen yang disebut Vagifem untuk dimasukkan ke dalam vagina dah hanya sekali pakai.
  • Jika vagina yang terasa kering terjadi bersamaan dengan gejala menopause lainnya seperti hot flash, dokter mungkin akan memberikan resep systemic estrogen serta progestin. (PA)

Ditinjau oleh dr. Putri Intan Primasari


]]>
Tue, 17 Jan 2017 17:29:12 +0700Kesehatan Seksual
4 Obat Yang Bisa Mengacaukan Kehidupan Seks Pria http://meetdoctor.com/article/4-obat-yang-bisa-mengacaukan-kehidupan-seks-pria http://meetdoctor.com/article/4-obat-yang-bisa-mengacaukan-kehidupan-seks-pria Sebagian besar obat dapat menyebabkan efek samping, yang paling umum adalah mual dan mengantuk.  Selain itu, ada juga obat-obatan yang dapat mempengaruhi ereksi, orgasme  dan gairah seks Anda. Anda pasti ingin tahu, obat apa sajakah itu. Teruskan membaca untuk mengetahui masalah seksual apa saja yang akan terjadi.

 

1. Obat tekanan darah dapat menyebabkan disfungsi ereksi

Beberapa obat untuk tekanan darah tinggi, beta blocker dan diuretik, dapat menyebabkan disfungsi ereksi, kata Steven Lamm,  M.D., direktur medis dari NYU Langone.

Beta-blocker dapat menurunkan tekanan darah dengan cara mengganggu sistem saraf simpatik Anda, sementara diuretik membantu mengendurkan dinding pembuluh darah. Hal ini berarti baik untuk  jantung Anda, tapi tidak bagi organ intim. Karena aliran darah ke penis berkurang maka akan sulit bagi organ yang satu itu untuk mengeras.

Kabar baiknya, ada obat lain yang menurunkan tekanan darah tanpa merugikan ereksi Anda, kata Dr Lamm. Tanyakan kepada dokter Anda tentang ARB, inhibitor ACE, atau calcium channel blockers, katanya.

2. Antidepresan bisa menghambat orgasme

Jenis obat antidepresan selective serotonin reuptake inhibitor, seperti  Prozac, Paxil, Zoloft, dan Lexapro, diketahui bisa merusak suasana mesra. Studi di Irlandia menemukan bahwa  tiga perempat orang mengalami disfungsi seksual ketika menggunakan obat-obatan di atas.

Salah satu keluhan paling umum yang muncul adalah ejakulasi yang tertunda, yang berarti Anda memiliki kesulitan mencapai orgasme, kata Tobias Köhler, M.D., seorang urolog di Southern Illinois University School of Medicine.

SSRI memanipulasi neurotransmitter di otak, yang dapat menunda respons ejakulasi Anda, kata Dr. Köhler kata. Obat-obatan ini juga dapat menurunkan testosteron, yang juga dapat mengganggu kemampuan Anda untuk ejakulasi.

Tinjauan ilmiah di Irlandia menemukan bahwa hanya 14 persen dari pasien yang memakai jenis obat bupropion yang melaporkan disfungsi seksual. Bahkan, mereka melaporkan adanya peningkatan libido dan orgasme lebih intens.

3. Obat penghilang rasa sakit dapat menurunkan kadar testosteron Anda

Opioid merusak zat kimia otak  yang bertugas untuk memberitahu testikel untuk menghasilkan testosteron, jelas Dr. Lamm. rendahnya testoteron  bisa membunuh libido dan ereksi Anda.

Jika Anda perlu mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang harus dibeli dengan resep dokter, tanyakan pada dokter untuk memeriksa kadar testosteron Anda terlebih dahulu. Anda mungkin perlu untuk mengonsumsi dua jenis obat, penghilang rasa sakit dan pendorong hormon  testosteron untuk menyeimbangkan keduanya.

4. Obat tidur dapat menyebabkan ereksi berkepanjangan

Trazodon adalah antidepresan dan obat penenang yang sering diresepkan untuk membantu orang yang punya masalah tidur. Tetapi pil ini juga diketahui bisa menyebabkan ereksi yang berlangsung lebih dari empat jam.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa 10 dari 13 pasien yang memakai Trazodon, akhirnya tak meneruskan pengobatan karena merasa menderita dengan efek samping yang ditimbulkan, termasuk efek samping berupa ereksi berkepanjangan.

Jika organ intim Anda tetap keras selama itu, berarti ada darah terperangkap di penis Anda. Tanpa pengobatan, priapisme atau ereksi berkepanjangan dapat menyebabkan sakit parah, kerusakan jaringan, dan bahkan disfungsi ereksi permanen. Anda perlu untuk pergi ke ruang gawat darurat jika ereksi Anda berlangsung lebih dari empat jam.

Dr. Köhler mengatakan, ereksi berkepanjangan bisa dicegah dengan mengikuti intruksi pemakaian yang dianjurkan di kemasan atau di resep dokter.

 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya 


]]>
Wed, 18 Jan 2017 14:09:19 +0700Kesehatan Seksual
Bercinta di Waktu yang Tepat http://meetdoctor.com/article/bercinta-di-waktu-yang-tepat http://meetdoctor.com/article/bercinta-di-waktu-yang-tepat Masalah memiliki momongan memang membingungkan. Ada pasangan yang ingin segera mempunyai anak tapi tidak kunjung diberi, ada pula yang masih menunda dengan alasan pekerjaan. Biasanya, para pengantin barulah yang ingin cepat-cepat dikarunia keturunan atau momongan sehingga memaksa mereka melakukan beberapa program khusus agar dapat diberikan momongan. 
 
Terlepas dari program khusus tersebut, tahukah Anda pemilihan waktu yang tepat juga memiliki peranan penting agar Anda dan pasangan agar cepat hamil? Di bawah ini terdapat tiga waktu paling tepat dan efektif  untuk Anda bercinta dengan pasangan yang dipercaya dapat berbuah pada kehamilan.
 
• Bercintalah ketika pasangan telah memasuki masa subur
Anda wajib mengetahui kapan pasangan memasuki masa subur. Saat sel telur atau ovum matang dan telah siap untuk dibuahi, maka saat itulah kaum wanita dinyatakan memasuki masanya. Seorang wanita yang telah memasuki masanya maka memiliki peluang besar untuk dikaruniai momongan. Perlu diperhatikan oleh para wanita yang mendambakan kehamilan, masa hidup ovum hanya berlangsung selama 12-24 jam dalam sebulannya. 
 
• Bercintalah ketika pasangan memasuki periode masa subur 
Hitunglah 18 hari yang akan datang, dari hari terakhir Anda atau pasangan mengalami menstruasi. Ada baiknya buatlah catatan di kalender ketika sedang mengalami menstruasi. Seandainya jarak antara periode menstruasi Anda adalah 32 hari, kurangi 32 hari tersebut dengan 18 hari dari hari yang paling akhir saat anda mengalami menstruasi dan hasilnya adalah 14 hari. Kemudian kurangi besarnya periode menstruasi dengan 14 hari maka hasil yang didapatkan adalah 18 hari. 
 
Jadi, masa paling subur untuk Anda dan pasangan memperoleh kehamilan adalah hari ke 14 sampai dengan hari yang ke 18. Untuk perempuan yang memiliki siklus menstruasi yang normal yaitu 28 hari, maka masa subur ada di hari ke 10 sampai hari ke 14 dengan menggunakan perhitungan di atas.
 
• Bercintalah ketika pasangan menunjukan ciri-ciri masa subur
Ciri-ciri yang dapat dideteksi saat anda atau pasangan mengalami masa ovulasi adalah ketika vagina mengalami peningkatan lendir serviks (lebih banyak dan licin), ketika Anda atau pasangan menjadi lebih bergairah untuk melakukan hubungan intim, dan peningkatan suhu tubuh.
 
Semoga penjelasan diatas dapat membantu Anda dan pasangan yang ingin segera memiliki momongan. 
 
Direview oleh dr. Margareta Amelia

]]>
Wed, 18 Jan 2017 16:16:00 +0700Kesehatan Seksual
5 Tips Ini Akan Membantu Anda Mencapai Klimaks http://meetdoctor.com/article/5-tips-ini-akan-membantu-anda-mencapai-klimaks http://meetdoctor.com/article/5-tips-ini-akan-membantu-anda-mencapai-klimaks Sesi bercinta tidak selamanya berakhir dengan mencapai klimaks. Apalagi pada sebagian wanita, bukan hal yang mudah untuk mencapai orgasme. Akibatnya, banyak di antara mereka yang mengalami frustasi. Ketidakmampuan untuk mencapai orgasme adalah masalah seksual yang umum dikeluhkan oleh wanita. 

Namun Anda sebaiknya tidak berhenti untuk berusaha. Mengatasinya dengan mengonsumsi obat-obatan tidak disarankan. “Itu adalah cara terakhir yang perlu Anda coba untuk memperbaiki masalah tersebut,”  kata Ian Kerner, PhD, penulis She Comes First. Sebelumnya, cobalah lima cara ini untuk membantu Anda mencapai klimaks. 

Women on top 
Kebanhyakan wanita melaporkan bahwa mereka lebih mudah mencapai orgasme ketika berada di atas. “Posisi ini memudahkan Anda merangsang klitoris dan Anda yang memegang kendali untuk mengatur ritme,” kata Dr. Kerner. 

Jangan memikirkan pekerjaan
Singkirkan pikiran tentang pekerjaan, anak-anak dan tagihan. Jika Anda tidak dapat relaks, Anda tidak akan pernah mencapai klimaks.  Awali dengan pergi ke tempat tidur setengah sampai satu jam sebelum Anda benar-benar siap untuk memejamkan mata. Anda akan merasa santai, tidak tergesa-gesa dan siap menikmati momen bercinta.

Bersihkan kamar dari gangguan 
Berbicara mengenai menikmati momen, memang sulit melakukannya jika kamar tidur Anda berfungsi sebagai tempat kerja, bioskop atau tempat makan. Maka itu, jadikan kamar tidur sebagai tempat yang sakral untuk Anda dan pasangan. Kamar  tidur adalah tempat untuk beristirahat. Kamar Anda bukan lah kantor, bukan juga tempat Anda menonton drama Korea, tapi tempat untuk menikmati keintiman bersama pasangan. 

Foreplay di mana saja
Foreplay bisa dilakukan di mana saja dan kapan pun. Maksudnya bukan melakukan sentuhan-sentuhan di tempat publik ya. Namun, nikmatilah kebersamaan bersama pasangan dan lakukan hal-hal menarik diluar aktivitas sosial, yang membuat Anda dan pasangan lebih terhubung dan semakin dekat. 

Mendorong penetrasi lebih dalam
Caranya, tempatkan sebuah bantal kecil di bawah pinggang agar penetrasi lebih maksimal. 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Tue, 17 Jan 2017 16:54:31 +0700Kesehatan Seksual