Gondok

Gondok berbeda dengan gondong atau gondongan. Gondok merupakan salah satu kelainan akibat pembengkakan kelenjar tiroid. Gondok biasanya terjadi di dasar sisi depan leher, tepat di bawah jakun. Dalam beberapa kasus, penderita penyakit ini akan memiliki leher dengan ukuran sangat besar. Kondisi gondok yang semakin parah membutuhkan perawatan medis.


Causes

Gondok dapat terjadi ketika kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid terlalu banyak (hipertiroidisme) atau tidak cukup (hipotiroidisme).Tipe lain tiroid, disebut Gondok Sporadis, dapat terbentuk jika Anda mengonsumsi banyak makanan seperti kacang keledai, kubis, kacang, buah peach, dan bayam. Sejak 1920, garam telah dipercaya dapat mengobati gondok, sekalipun garam ditambahkan ke dalam makanan.

 


Treatment

Gondok tidak memerlukan pengobatan khusus jika masih dalam kadar hormon yang normal. Namun jika gondok berkembang akibat kelenjar hormone gagal memproduksi hormon yang cukup, Anda akan memerlukan pengobatan.

Pengobatan dengan obat-obatan menyebabkan kadar hormon tiroid kembali normal. Namun,gondok nodular besar dengan banyak jaringan parut internal tidak akan mengecil dengan pengobatan. Jika gondok sudah menyebabkan ketidaknyamanan, menyebabkankelebihan produksi hormon tiroid tidak responsif terhadap obat, atau menjadi kanker, kelenjar tiroid mungkin harus segera dioperasi.

in partnership with