MEETDOCTOR

Profile
All Topic

Pusat Informasi Hydrocephalus

Tentang Hydrocephalus

Hydrocephalus adalah penyakit menumpuknya suatu cairan di dalam otak. Cairan serebrospinal umumnya mengalir didalam ventrikel (rongga otak) dan ‘membasahi’ otak dan tulang belakang. Cairan yang berlebihan tersebut dapat menekan otak bayi, menyebabkan kerusakan, gangguan fisik dan mental. Cairan serebrospinal di produksi oleh jaringan pada lapisan ventrikel otak. Cairan tersebut mengalir didalam ventrikel dan ruang diantara otak tulang belakang

Gejala Hydrocephalus

Gejala hidrosefalus pada bayi diantaranya :

Ukuran kepala yang besarnya tidak normal, kepala membesar dengan cepat, di atas kepala terdapat bagian yang lembut, muntah, mengantuk, mudah marah, tidak mau makan, kejang, mata menghadap ke bawah dan otot-otot lemah.

Sedangkan gejala hidrosefalus pada batita dan anak-anak adalah :

Ukuran kepala membesar tidak normal, pusing, mual, muntah, demam, terlambat berjalan dan  bicara, pandangan kabur atau berbayang, tidak seimbang, koordinasi tubuh tidak baik, mudah marah, tidak dapat memperhatikan, tidak ada selera makan, kejang, mengantuk dan sulit bangun.

Penyebab Hydrocephalus

Hidrosefalus terjadi akibat dari :

  • Ketidakseimbangan produksi cairan serebrospinal (terlalu cepat dan banyak).
  • Terganggunya aliran dari satu ventrikel ke ventrikel lainnya.
  • Gangguan penyerapan cairan pada pembuluh darah, umumnya akibat peradangan jaringan otak.


 

Faktor Resiko Hydrocephalus

Masalah medis yang memicu terjadinya hydrocephalus adalah :

Congenital hydrocephalus.

  • Akibat gangguan perkembangan sistem saraf pusat yang bisa mengganggu aliran cairan.
  • Pendarahan didalam ventrikel.
  • Infeksi pada rahim saat mengandung, misalnya rubella atau sifilis, yang dapat menyebabkan peradangan pada jaringan otak janin.

Pemicu lainnya, yaitu :

  • Tumor pada otak atau tulang belakang.
  • Infeksi pada sistem saraf pusat, misalnya bakterial meningitis atau gondok.
  • Pendarahan otak akibat stroke atau cedera.

Komplikasi Akibat Hydrocephalus

No Content

Diagnosa Hydrocephalus

Untuk memastikan, akan dilakukan :

  • Tes neurologi sesuai dengan usia penderita. Tes tersebut akan memeriksa mengenai refeleks, kekuatan otot, pergerakan mata dan keseimbangan.
  • Ultrasound,  MRI, CT.


 

Pengobatan Hydrocephalus

Untuk perawatan, dapat dilakukan pembedahan (Shunt atau Ventriculostomy), sayangnya kedua jenis pembedahan tersebut dapat membawa efek samping.

Pencegahan Hydrocephalus

Sebagai pencegahan, lakukan pemeriksaan rutin selama mengandung, melakukan vaksinasi untuk mencegah infeksi dan cegah terjadinya cedera pada kepala.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Hamil Kembar Hidrops Fetalis

    Dear para Dr.SpOg Istri saya hamil kembar cewe cowo, saya melakukan usg pada usia 21w Dr.menyatakan janin cowo saya djj negative (hidrops fetalis) overlapping pada kepala Sedangkan janin yg cewe sehat dgn efw:500gr istri sya di rawat inap slama 4hri u/slamatkan janin yg hidup, diusia 24w3d istri sya kontrol ke dr tsb Beliau blg janin cewe sehat dgn efw: 777gr ttapi ada pnyumbatan SDAU RI:0,71 krn makanan yg digoreng, janin yg mati spalding sign istriku diberi resep obat gentamicin inj, lanturol, spiramycin, dexamethason serta ikadryl sirup 2hari kmudian istri saya mengalami spotting/flek serta nyeri perut bag bawah,saya hub dr. dan diresepkan duvadilan 20mg 3x1/2tablet, keesokan hari tepat pd mlm hari istri saya spotting tdk disertai nyeri perut,apkah membahayakan janin yg hidup ketika istri saya flek sebnyak 5ml ? Apkh janin msh bisa dipertahankan hingga diusia kelahirannya smntara ada janin yg mati di rahim istri saya ? Mohon pencerahannya dokter2 ... Thx

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Hydrocephalus

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Hydrocephalus ?
Ask Doctor