Profile
All Topic

Pusat Informasi Jerawat

Tentang Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sangat sering dijumpai. Bahkan tak jarang problem kulit ini dapat sangat mengganggu, karena sangat berkaitan dengan penampilan kita. Faktor hormonal dipercaya memegang peran yang cukup penting akan terjadinya jerawat. Jerawat seringkali muncul di daerah wajah, yang mana tentulah sangat mengganggu. Selain di wajah, jerawat juga sering muncul di daerah leher, dada, punggung dan bahu. Daerah tersebut berkaitan dengan banyaknya kelenjar minyak, sebagai penyebab terjadinya jerawat.

Gejala

Jenis jerawat dapat berbentuk :

  • Komedo (dengan kepala putih maupun hitam), disebabkan oleh tersumbatnya sekresi minyak ditambah dengan terkumpulnya sel kulit yang mati dan terkadang disertai infeksi bakteri.
  • Papula yang biasanya berbentuk benjolan kecil dengan warna kemerahan, dikarenakan proses radang.
  • Pustula yang berwarna merah dengan puncak berisi nanah keputihan.
  • Nodula yang biasanya lebih keras, berukuran lebih besar dan menimbulkan rasa nyeri, dan terletak di bawah kulit.
  • Kista yang menimbulkan rasa nyeri dan berisi nanah akibat infeksi.

Penyebab

Ada tiga faktor yang menjadi penyebab timbulnya jerawat :
a.    Produksi minyak yang berlebih
b.    Sel kulit mati yang berlebihan akan menimbulkan iritasi pada pori-pori.
c.    Berkembangnya bakteri pada kulit

Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Sumbatan ini dapat menjadi penyebab tonjolan pada pori-pori dan menjadi komedo yang berwarna putih. Atau, sumbatan dapat terbuka di permukaan kulit dan menghitam dan menjadi komedo yang berwarna hitam.

Jerawat akan menimbulkan titik merah dengan pusat berwarna putih yang tumbuh ketika pori-pori tersumbat meradang dan terinfeksi. Penutupan dan peradangan ini terjadi di dalam pori-pori kulit yang menghasilkan benjolan dibawah permukaan kulit yang disebut dengan kista.

Tidak diketahui apa yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak yang menimbulkan jerawat. Tetapi beberapa hal – hormon, bakteri, perawatan medis tertentu dan keturunan – memainkan peran.

Jerawat bukan disebabkan oleh kotoran. Faktanya, menggosok kulit terlalu keras atau membersihkan wajah dengan sabun yang kasar atau zat kimia lain akan membuat iritasi pada kulit dan dapat menyebabkan jerawat bertambah parah. Pembersihan kulit secara sederhana untuk menghilangkan minyak dan sel kulit mati adalah hal yang diperlukan.
 

Faktor Resiko

Perubahan hormon pada tubuh dapat memicu atau memperburuk jerawat. Perubahan ini biasa terjadi pada :

  • Remaja, baik laki-laki maupun perempuan
  • Wanita maupun anak gadis, pada dua sampai tujuh hari sebelum periode mentruasi
  • Wanita hamil
  • Orang-orang yang menggunakan pengobatan medis tertentu, termasuk adalah cortisone


Faktor risiko lain yang termasuk adalah :

  • Penggunaan secara langsung zat yang mengandung minyak pada kulit, atau penggunaan kosmetik tertentu secara langsung pada kulit.
  • Catatan dalam keluarga – jika orang tua anda memiliki jerawat, maka kemungkinan anda juga akan memiliki jerawat.
  • Gesekan atau tekanan pada wajah yang disebabkan oleh berbagai benda, seperti telepon ataupun telepon genggam, helm, kerah yang ketat dan tas punggung.
     

Pengobatan

Saat jerawat yang anda alami membaik atau hilang, Anda dapat melanjutkan pengobatan medis atau perawatan lainnya untuk mencegah timbulnya jerawat baru. Berkonsultasi dengan dokter guna menanyakan bagaimana cara mencegah timbulnya jerawat baru dapat menjadi solusi terbaik. Di luar itu, mmebersihkan kulit secara rutin dengan pembersih yang lembut serta menghindari bersentuhan dengan area jerawat juga dapat membantu pencegahan munculnya jerawat

 

Pencegahan

Tips lain untuk mencegah timbulnya jerawat adalah :

  • Bersihkan area kulit yang memiliki kencenderungan jerawat akan timbul dua kali sehari. Membersihkan kulit akan menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati. Gunakanlah produk perawatan kulit yang berbahan dasar air dan bebas dari kandungan minyak
     
  • Gunakan krim atau jel penghilang jerawat untuk membantu kulit tetap kering dari minyak yang berlebih. Gunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid sebagai bahan aktif.
     
  • Hindari alas bedak makeup yang tebal. Gunakan kosmetik krim sebagai alas sebelum kosmetik bubuk dipakai.
     
  • Bersihkan makeup sebelum tidur. Tidur dengan kosmetik yang masih menempel pada kulit dapat menyumbat pori-pori kulit. Pastikan juga Anda tidak menggunakan kosmetik lama.
     
  • Bersihkan peralatan kosmetik anda secara berkala dengan air sabun guna mencegah datangnya bakteri berbahaya.
     
  • Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat. Pakaian yang ketat dapat menyimpan panas dan uap air dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Hindari juga tali / karet, tas punggung, helm atau peralatan olahraga yang ketat untuk mencegah tekanan pada kulit.
     
  • Mandilah setelah berolahraga atau melakukan aktifitas yang mengeluarkan banyak keringat . Minyak dan keringat pada kulit dapat menahan kotoran dan bakteri.

 

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Benjolan Di Alat Kelamin

    Selamat mlm dok, saya wanita berumur 27 tahun,, Baru2 ini di area labia minora saya tumbul benjolan..awalnya kecil dan tidak terasa nyeri.. Tapi sekarang tumbuh agak besar/seperti bengkak dan terasa nyeri.. Itu apa/gejala apa ya dok dan bagaimana penanganannya?

    Detail Answer
  • Apakah Menghayal Menyebabkan Jerawat?

    Dok,saya ingin bertanya,apakah menghayal dapat menimbulkan jerawat dok? Apa cuman mitos belaka?

    Detail Answer
  • Menghilangkan Jerawat

    Dok gimana cara nya menghilangkan jerawat yang banyak banget, tolong kasih bahan yang mudah di dapat untuk menghilangkan jerawat. Terima Kasih

    Detail Answer
  • Bentol Pada Leher Belakang

    Selamat malam, Dok. Saya berumur 21tahun. Tiba-tiba muncul bentol-bentol kecil merah di bagian belakang leher saya. Saya tidak tahu kapan bentol2 ini dimulai, namun saya ingat tadi pagi saya memberitahu keluarga saya tentang bentol2ini. Mereka berkata bahwa mereka tidak dapat melihat bentol tersebut namun jika disentuh, terasa ada bentol-bentol. Dan malam ini bentol tersebut bertambah dan memerah. kadang2 bentol2 ini juga terasa gatal dan terkadang terasa sedikit perih. Saat ini, saya sedang konsumsi obat thyrozol dan propanolol. Selain itu juga, saya sedang menjalani sebuah tindakan di klinik kecantikan, sejak 2minggu lalu (1minggu 1x),untuk menghilangkan kulit merah2 pada muka saya ketika sedikit panas.. Diluar itu saya hanya memakai sabun cuci muka dan obat wajah dari dokter.. Untuk gambar bentol2 yg terjadi, saya lampirkan pd link berikut : Terimakasih sebelumnya.

    Detail Answer
  • Jerawat

    Dokter saya mau bertanya, saya sudah kurang lebih 8 bulan memiliki jerawat selalu pada bagian sekitar bibir. Tepi bibir dokter. Sehingga semakin banyak bekasnya. Tapi yg anehnya dokter jerawat ini ngga pernah sembuh. Kalau sembuh akan mempunyai bintik kecil lagi di dekatnya dan memiliki nanah. Setelah kering mereka akan berpindah ke bagian tepi bibir lainnya. Hanya berpusatbpada bibir saja. Segala obat sdh digunakan. Termasuk mengurangi pemakaian lipstik. Apa ini herpes ya dokter? Mohon sarannta dokter

    Detail Answer
  • Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Dg Cepat??

    Dok jerawat sy susah hilang.. sy gak pernah jerawat sebanyak ini.awalnya sy pake produk jepang yg termasuk high end, brandnya ada angka romawi 2.2-3 buln gak ada masalah dg kulit sy,kulit sy jadi bagus.akhirnya sy pake trus karna cocok.trus menginjak bulan 4-5 mulai muncul jerawat pasir di pipi kiri knan,sy pake trus dn ada beberp jerawat yg jd gede.sy hentikan dan di beri krim benzolac dan parasol oleh dr kulit.tapi jerawat sy tambah parah, banyak dn gede2. Sy stop.. dan hanya pakai sabn cuci muka sj.trus sy coba ke 2 tmpt beauty klink dn dr spesialis kulit, semua gk cocok.awalnya kering dpt 2 hr gede2 lg jerawatnya dok.dn skrng sy pakai masker kunyit sebelum tidur.sy udh pake 4 hari jerawat masi timbul tenggelam. kalo saya pakai tisu basah baby untuk bersihkan muka kalo abis kena debu2.kulit dn terutama di jerawat sy jd gatal?Gmn y dok spy jerawat sy hilang?masker kunyit sy truskan apa boleh?trus kulit wajah dn acne gatal setelah di lap pake tisu basah,knp y dok?? Trims😊

    Detail Answer
  • Retinoic Acid, Tretinoin

    Dok.. Apa perbedaan antara vitacid dan retin a, selain dari segi harga ? Saya pengguna tretinoin .025%. Pertama kenal obat oles dg kandungan ini dr Sp.KK di Farina, dulu hanya 2x tebus resep obatnya lalu berhenti. Sekitar 2 tahun kemudian tanpa sengaja saya banyak baca tentang tretinoin dari female daily dan blog/twitter Dr. Suzie Rendra kemudian saya lanjut pakai tretinoin lagi tp dg merk vitacid, so far saya sama puasnya dan bisa toleran dengan efek samping dan purgingnya. Saat ini tube pertama vitacid sudah habis, kulit wajah saya sudah jarang muncul jerawat hanya tersisa bekasnya yg coklat kemerahan. Untuk maintenance anti aging sekaligus menghilangkan bekas jerawat baiknya saya lanjut di kadar .025% atau saya naikkan ke kadar .05% ? Terima kasih..

    Detail Answer
  • Jerawat Di Mata

    dok, saya mau bertanya.. saya di daerah mata tepatnya dekat dengan bulu mata saya ada timbul jerawat kecil berwarna putih, kalo saya pencet susah sekali karna dekat dengan mata.. bagaimana cara menghilangkannya nya dok..? karna terlihat jelas sekali dan mengganggu.. terimakasih

    Detail Answer
  • Apakah Tanda-tanda Penuaan Dini?

    hi dokter, saya berusia 19 tahun. saya memang pernah mengalami masalah jerawat. sekarang sudah hilang, cuma kadang-kadang muncul kalau makan mie+telur atau goreng-gorengan dan kacang. di kening saya sebelah kanan dan kiri juga pojok pipi dekat telinga berwarna agak gelap seperti terbakar atau flek. kemudian saat tersenyum pun seperti ada keriput di area mata dan pipi (dekat hidung), bagaimana dok cara meratakan warna kulit yang aman untuk wajah sayaberjenis kombinasi kering dan berminyak? apakah itu tanda-tanda penuaan dini? terimakasih dok.

    Detail Answer
  • Tretinoin

    Dear Dokter Sp.KK, Apa perbedaan antara vitacid dan retin a, selain dari segi harga ? Saya pengguna tretinoin .025%. Pertama kenal obat oles dg kandungan ini dr Sp.KK di Farina, dulu hanya 2x tebus resep obatnya lalu berhenti. Sekitar 2 tahun kemudian tanpa sengaja saya banyak baca tentang tretinoin dari female daily dan blog/twitter Dr. Suzie Rendra kemudian saya lanjut pakai tretinoin lagi tp dg merk vitacid, so far saya sama puasnya dan bisa toleran dengan efek samping dan purgingnya. Saat ini tube pertama vitacid sudah habis, kulit wajah saya sudah jarang muncul jerawat hanya tersisa bekasnya yg coklat kemerahan. Untuk maintenance anti aging sekaligus menghilangkan bekas jerawat baiknya saya lanjut di kadar .025% atau saya naikkan ke .05% ? Terima kasih..

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Jerawat

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Jerawat ?
Ask Doctor