Profile
All Topic

Pusat Informasi Kista Ginjal

Tentang Kista Ginjal

Kista ginjal adalah kista yang terdapat di ginjal. Kista ini biasanya berkaitan dengan penyakit lainnya yang bisa mengganggu fungsi ginjal. Namun secara umum kista ginjal tidak berkembang menjadi kanker. Seseorang bisa memiliki lebih dari satu kista ginjal. Jadi, jangan berpikiran kista hanya mungkin terjadi di rahim. Kista ginjal yang tidak menimbulkan gejala atau masalah apapun biasanya tidak memerlukan perawatan.

Gejala

Kista ginjal yang kecil biasanya tidak menunjukkan gejala apapun. Jika ukurannya sudah membesar, kista dapat menimbulkan gejala berikut :

  • Kebal di punggung atau tubuh bagian samping.
  • Demam.
  • Nyeri di perut bagian atas.

Penyebab

Sampai saat ini masih belum jelas apa penyebab munculnya kista di ginjal.

Faktor Resiko

Kista ginjal umumnya terjadi pada mereka yang sudah berumur, meskipun sebenarnya dapat menyerang siapa saja.

Komplikasi Akibat

Kista di ginjal dapat menimbulkan masalah lain, seperti :

  • Infeksi pada kista, sehingga menyebabkan demam dan nyeri.
  • Kista pecah, sehingga menyebabkan nyeri yang sangat di punggung atau tubuh bagian samping.

Diagnosa

Pemeriksaan untuk mendiagnosis kista ginjal mencakup :

  • Tes pencitraan, seperti ultrasound, CT scan, dan MRI.
  • Tes fungsi ginjal.

Pengobatan

Jika kista tidak menunjukkan gejala apapun dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, penderitanya tidak memerlukan perawatan. Tapi, dokter akan merekomendasikan tes pencitraan secara rutin untuk melihat apakah ukurannya membesar. Terkadang, kista ginjal akan hilang dengan sendirinya. Untuk kista yang mengganggu, ada dua prosedur yang dapat dilakukan. Dokter akan mengeringkan kista atau melakukan operasi pengangkatan.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Penyakit Kista Komplikasi Dengan Batu Empedu

    Pagi dok.ibu saya berumur 41 tahun dan sudah mempunyai anak 9 orang ibu saya terkena penyakit batu empedu sebesar 1,8 dan kista sebesar 2,51 cm. Sudah berobat kerumah sakit di sarankan untuk operasi kebetulan ibu saya tidak mau. Dan mencari obat luar saja tapi bingung dok bagaimana cara mengobati kista nya yang bersamaan dengan batu empedu. Mohon di jawab dok.trimkasih

    Detail Answer
  • Kista Bartholin

    Seminggu lalu saat saya bangun tidur tbtb selangkangan saya sebelah kanan terasa sakit. Lalu saya minum paracetamol untuk meredakan nyeurinya. 3hari kemudian baru saya sadari & baru teraba didaerah missV saya sebelah kanan ada benjolan. Apakah saya terkena kista bartholin? Lalu apa yg harus saya lakukan? Adakah tumbuhan/sayuran/buah2an yg bisa membantu menghilangkan itu?

    Detail Answer
  • Sering Sakit Perut Bagian Bawah

    Dok nama saya lia, saya mw tnyk ne dok saya sering mengalami sakit perut d bagian bawah, sakit pinggang belakang dan haid gak lncar dok kdng mw smpai 2 blan telatnya. Blkngan ne haid saya gak teratur dok, makin lama haidnya makin dkit.. Kasih saran ea dok, trima kasih

    Detail Answer
  • Kista Diluar Rahim

    Dok.saya mau tanya.saya dulu punya kista tapi udah di operasi..saya pun udah melahirkan 2 kali. Tapi operasi.. Deket saya punya kista lg. Tpi masih kecil.apa saya mau di operasi lg? Berbahayakah dok untuk saya

    Detail Answer
  • Kista Coklat

    dok, saya kalau umur 20 tahun ad kista coklat ukuran 9.60 cm sebaiknya gimana ya dok? apakah ada obat ? boleh tidak melakukan operasi dok? dan kalo di biarin gitu dok berbahaya tidak? terimah kasih

    Detail Answer
  • Kista Bartholin Pada Ibu Hamil

    Mlm dok, sy umur 28thn, sdg hamil 38w3day. Ini kehamilan pertama sy. Setelah kontrol di Spog sy didiagnosa kista bartholin. Apakah masih aman bagi sy bila melahirkan secara normal dok? Kebetulan berat janin sy di UK 38w3day sudah 3,7kg. Mohon penjelasannya agar sy merasa tenang kembali, terimakasih dokter

    Detail Answer
  • Benjolan Di Pergelangan Tangan Kiri

    Dok, saya mau tanya nih, di tangan kiri tumbuh benjolan sekitar 8 bulan. Kadang benjolan itu hilang sendiri dan tumbuh lagi, dan bikin tangan saya gampang pegel, dok. Penyebab tumbuhnya benjolan itu karena apa ya dok, dan kalo mau dihilangkan apa bisa tanpa perlu dibedah? Terima kasih sebelumnya, dokter.

    Detail Answer
  • Ada Benjolan Di Perut Kiri Bagian Bawah

    selamat sore dok. hampir dua tahun lalu saya periksa ke dokter spesialis penyakit dalam. keluhan saya perut kiri bagian bawah nyeri..kadang hilang kadang ada terutama waktu saya kecapean. dokter menyarankan USG dan diagnosanya hernia..saya kurang yakin lalu periksa di dokter spesialis penyakit dalam yg lain..lalu di rontgen katanya bukan hernia tapi usus buntu....saya ragu dan datang ke spesialis kandungan dan di Usg lagi katanya ada kista cair uk.3mm ..setelahnya saya tidak periksa lagi hinga 1bln kemarin saya merasa nyeri makin menjadi..dan perut bawah kiri terasa kaku dan saya raba seperti ada benjolan ..haid saya teratur..hanya saja keputihan menahun masih ada..tidak gatal ..tidak bau..dan tidak bnyak. setiap capek..pasti perut kiri bawah makin kaku dan benjolan semakin bisa diraba.. ukurannya sekitar 1cm..dan saya tekan sakit. mohon sarannya dok. saya trauma dg diagnosis dokter yg berbeda-beda. terimakasih banyak sebelumnya. semoga dapat membantu.

    Detail Answer
  • Kista

    Dok sya mau tnya kista ukuran 1,13 itu bahaya gak dok ??? Kok saya merasa kn perut saya aneh sekali ya. Perut saya mrasa keras, terus kdng suka nyeri di bawah kanan kdng bawah kiri.itu apa gejala nya dok ??? Terus menstruasi sya dr dlu emg ga teratur... baru seminggu selesai haid udah haid lagi . Tapi keluar nya dikit2 dok, coklat2 gitu...dan bau ny aneh. Semenjak sya menikah haid ny ud agak tratur eh skrng gini lagi dokk.apa pengaruh kista ya dok??? trima kasih

    Detail Answer
  • Sakit Pada Tulang Ekor

    Kemaren lusa saya jatuh dari air, dan tulang ekor saya kena. Saya belum memeriksakannya pada dokter, sebab saya kira dalam 2hari bisa sembuh. Ternyata sakitnya kian terasa terutama saat mengubah posisi duduk, berdiri. Dan saya sangat kesulitan saat ingin buang angin atau buang air besar. Dan apa saya beresiko mengalami turun rahim kembali? Sebab beberapa bulan lalu saya mengalami turun rahim yg saya sendiripun belum mengetahui penyebab pastinya. Tapi menurut bidan saya terlalu banyak mengangkat berat & naik turun tangga, padahal aktivitas saya terbilang normal tidak berlebihan. Dan perut sayapun bagian kiri terasa sangat sakit sekali. Mohon penjelasannya & mohon solusinya

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Kista Ginjal

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kista Ginjal ?
Ask Doctor