Profile
Kesehatan Mata dan Pengelihatan

11 Cara Merawat Softlens

11 Cara Merawat Softlens

Lensa kontak atau Softlens adalah pengganti kacamata dan merupakan alat bantu penglihatan. Softlens juga bisa dipakai untuk mempercantik penampilan. 

Softlens yang digunakan dengan tepat tidak akan menimbulkan bahaya bagi mata. Akan tetapi, pengguna softlens harus memperhatikan perawatannya. Pasalnya, softlens tersebut dipasang menggunakan jari-jari yang dipenuhi kuman serta ditempelkan ke kelopak mata yang tidak selalu bersih. Artinya, lensa kontak tetap berisiko terkontaminasi. 

Nah, hindarilah infeksi mata akibat softlens dengan melakukan cara merawat softlens yang benar seperti berikut ini: 

1. Pilihlah softlens yang tepat dengan berkonsultasi kepada dokter mata. 

2. Jangan mengenakan softlens semalaman atau saat tidur sebab asupan oksigen ke mata akan semakin menurun sehingga permukaan mata makin rentan terhadap infeksi. Kuman pun akan menempel di softlens yang dipakai saat tidur, padahal softlens tersebut sudah seharian menempel ke kornea mata.


3. Jangan mengenakan lensa kontak saat mandi atau berenang karena air yang menggenang dan air yang mengalir dapat mengandung acanthamoeba, penyebab infeksi mata.

4. Jangan menggunakan cairan pembersih yang sudah menyentuh lensa kontak sebab kandungan disinfektannya sudah berkurang dan tercemar. 

5. Jangan menggunakan cairan yang mengandung garam atau saline untuk membersihkan lensa kontak sebab saline tidak bisa membunuh kuman. 

6. Selalu ganti lensa kontak setiap 2 – 3 bulan.

7. Segera lepaskan lensa kontak jika terasa mengganggu atau membuat tidak nyaman supaya tidak berkembang menjadi iritasi. 


8. Jangan gunakan air liur untuk membasahi lensa kontak karena air liur dipenuhi kuman.

9. Cuci tangan dengan sabun dan bilas serta keringkan tangan sebelum menyentuh lensa kontak.

10. Saat akan melepaskan lensa kontak dari mata, sentuh perlahan lensa kontak dengan cairan pembersih khusus. Bersihkan dengan cairan pembersih baru dan simpan di cairan pembersih yang menggenangi lensa kontak.

11. Saat mengenakan lensa kontak, cuci lagi dengan cairan pembersih baru. Buang cairannya lalu cuci tempat lensa kontak dengan air dan keringkan. (PA)

Ditinjau oleh dr. Rahajeng A.P

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Mata dan Pengelihatan ?
Ask Doctor
Khasiat bawang bagi kesehatan dari kaya akan antioksidan sampai melindungi dari kanker. Khasiat Bawang yang Mengesankan Kondom dikenal untuk mencegah terjadinya kehamilan. Namun sekarang kondom punya berbagai bentuk dengan fungsi yang berbeda. Kondom, Ini Bentuk hingga Fungsinya