Profile
Alergi

3 Langkah Antisipasi Alergi Musiman

3 Langkah Antisipasi Alergi Musiman

Musim hujan dan angin kencang, sebagian orang menjadi was-was karena berarti alergi anak sangat mungkin kambuh. Hidung mampet atau meler dan mata gatal, muncul ketika suhu udara turun dan membuat Si Kecil menderita.

Para ahli mengatakan jika anak Anda rawan alergi, Anda dapat mengambil tiga langkah yang dikenal dengan istilah 3K untuk menangani gejala alergi. 3K adalah tindakan yang terdiri dari Kenali, Konsultasikan, dan Kendalikan.

Kenali

Kenali adalah mengenal pengertian alergi dengan benar, faktor risiko, penyebab serta gejala alergi. Pemicu alergi atau alergen, bisa berbeda-beda pada tiap orang dan wilayah. Ada orang yang terpicu oleh udara dingin, ada juga yang terpicu oleh percikan air hujan dan ada yang alergi dengan serbuk sari pohon dan bunga yang beterbangan. Menurut para ahli, dua alergen yang paling sering memicu reaksi alergi adalah serbuk sari dan jamur. Jamur biasa tumbuh di tempat lembap yang kurang matahari dan pergantian udara.Biasanya ketika hujan akan ada lebih banyak serbuk sari.

Konsultasikan

Langkah selanjutnya, konsultasikan alergi yang dialami Si Kecil kepada dokter. Biasanya dokter atau ahli alergi  merekomendasikan berbagai obat untuk menghilangkan atau meminimalkan gejala alergi. Beberapa obat yang biasa diberikan untuk anak-anak di antaranya semprotan hidung topikal. Anda bisa membeli ini dengan resep dokter. Obat ini bisa  mengurangi peradangan di lapisan hidung.  Semprotan ini mengandung obat yang disebut kortikosteroid, yang bekerja dengan mengurangi peradangan, biasanya digunakan sehari-hari, sebelum dan selama musim alergi.

Antihistamin oral adalah pilihan lain. Ada juga semprotan antihistamin hidung. Antihistamin sering direkomendasikan bersama dengan kortikosteroid hidung topikal. Antihistamin bekerja dengan cara mencegah produksi histamin agar tidak berlebihan. Histamin adalah  zat kimia dilepaskan oleh tubuh selama reaksi alergi berlangsung. 

Obat tetes mata resep dokter juga dapat membantu mengatasi mata yang gatal.

Pilihan lain adalah obat Singulair, yang digunakan untuk mengatasi asma. Singulair bekerja dengan cara menghalangi leukotrien, zat yang menyebabkan gejala alergi.

Solusi jangka panjang adalah imunoterapi. Terapi ini dilakukan dengan menyuntikkan alergen secara bertahap untuk memprovokasi respon antibodi. Pada akhirnya nanti, anak bisa menjadi kebal terhadap zat yang tadinya menyebabkan dia alergi.

Kendalikan

Setelah Anda mengetahui alergi Si Kecil dan dokter memberikan resep atau obat untuk mengatasi atau menghilangkan gejala alerginya,  tugas berikutnya adalah mengendalikan alergi agar tidak gampang menyerang Si Kecil.  Biasanya dokter akan memberi nasihat pada Anda untuk menghindari alergen atau hal-hal yang jadi pemicu alergi Si Kecil. Dokter juga akan memberikan saran yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan atau meminimalkan risiko, di antaranya adalah:

  • Pakaikan masker pelindung pada anak saat dia ada di kebun atau di tempat yang banyak terdapat alergen. 
  • Memodifikasi lingkungan di dalam rumah. Misalnya, menggunakan HEPA atau penyaring udara untuk menjebak spora serbuk sari agar tidak berkeliaran di dalam rumah.
  • Periksa jumlahserbuk sari sebelum Anda bepergian. Jika Anda bepergian dengan anak yang memiliki alergi, pertimbangkan liburan di dekat laut atau teluk. Biasanya, di tempat seperti itu, jumlah polen atau serbuk sari  lebih rendah.
  • Lindungi mata Si Kecil. Pakaikan anak kacamata hitam ketika di luar rumah untuk mengurangi  jumlah serbuk sari yang masuk ke matanya.
  • Mencuci rambut anak pada akhir hari karena siapa tahu ada serbuk sari melekat di rambutnya.
  • Jika perlu, minta anak hanya main di luar rumah saat pagi atau akhir hari karena biasanya pada saat itu, jumlah serbuk sari lebih sedikit. Jumlah serbuk sari biasanya lebih tinggi pada cuaca panas atau kering dan berangin.
  • Punya hewan peliharaan? Lakukan pemeriksaan rutin, karena hewan dapat membawa serbuk sari di  rambutnya. Pertimbangkan untuk mengelap rambut hewan peliharaan dengan lap basah sebelum mereka masuk rumah.
  • Waspadai juga makanan yang dapat memicu gejala. Pasalnya sekitar sepertiga orang dengan alergi musiman akan memiliki reaksi silang terhadap makanan tertentu. Makanan yang mungkin memprovokasi gejala alergi, menurut AAAAI, meliputi pisang, mentimun, melon, zucchini, biji bunga matahari, dan teh chamomile.

Untuk informasi lebih lanjut tentang alergi anak, Anda bisa kunjungi www.alergianak.com.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Anda punya pertanyaan seputar Alergi ?
Ask Doctor
Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur