Profile
Gigi & Kesehatan Mulut

5 Hal Ini Dapat Memutihkan Gigi Anda

5 Hal Ini Dapat Memutihkan Gigi Anda

Salah satu senyum andalan banyak orang adalah memperlihatkan deretan gigi. Tapi bagaimana, jika ingin senyum namun merasa kurang percaya diri karena gigi berwarna kuning? Jangan khawatir, berikut 5 hal yang dapat memutihkan gigi Anda:

Permen Karet

Permen karet yang dimaksud adalah permen karet tanpa gula yang mampu memicu keluarnya air liur. Air liur yang keluar karena permen karet dirasa ampuh untuk menetralkan asam yang menyebabkan kerusakan dan perubahan warna gigi. Air liur pun bisa membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi Anda.

Strawberry

Buah kecil asam manis ini mengandung enzim asam malat dan vitamin C. Zat yang ditemukan dalam strawberry membantu menghilangkan noda permukaan dan menyapu plak hingga mampu memutihkan gigi Anda. Tapi perlu diingat,  bahwa setelah makan strawberry, jangan lupa untuk menggosok gigi agar gula yang terkandung dalam buah tersebut tidak menetap di gigi Anda.

Kulit Pisang

Pisang merupakan buah yang kaya akan manfaat. Tidak hanya dari isinya saja yang mengandung vitamin yang dapat memberikan nutrisi dan melembapkan kulit, kulit pisang pun bisa dimanfaatkan sebagai alat pemutih gigi. Hanya dengan menggosok bagian dalam kulit pisang ke gigi selama 2-5 menit, diamkan sejenak, lalu gosok gigi, gigi Anda bisa memutih. Agar mendapatkan hasil yang memuaskan, lakukan secara rutin selama 1-2 minggu, ya!

Sikat Gigi

Ini dia hal yang sering diingatkan namun seringkali terlewatkan. Hati-hati, karena malas menyikat gigi tidak hanya membuat gigi Anda menjadi kuning namun juga bolong dan rusak. Repot, kan? Jadi, lebih baik mencegah ketimbang mengobati, ya! Sikat gigi minimal 2 kali sehari yakni sehabis makan dan sebelum tidur, tidak lupa untuk menyikat lidah juga, ya.

Air Putih

Air putih memang sangat baik bagi kesehatan. Ternyata, kebaikannya pun tidak hanya untuk memperlancar metabolisme tubuh, namun juga untuk membersihkann gigi Anda. Perbanyak minum air putih dan selingi minum air putih saat Anda memilih untuk minum minuman berwarna untuk mencegah gigi Anda kuning.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Anda punya pertanyaan seputar Gigi & Kesehatan Mulut ?
Ask Doctor
Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan