Profile
Keringat Berlebih (Hyperhidrosis)

5 Kiat Enyahkan Keringat

5 Kiat Enyahkan Keringat

Berkeringat adalah aksi normal tubuh untuk membuang racun dan menjaga kestabilan suhu tubuh

Berkeringat adalah aksi normal tubuh untuk membuang racun dan menjaga kestabilan suhu tubuh. Anda berkeringat saat cuaca sedang panas, saat berolahraga, atau saat sedang stres. Tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk mencegah keluarnya keringat. 

Namun, beberapa orang mungkin merasa berkeringat pada saat yang tidak tepat, terutama jika keringat mereka meninggalkan noda atau bekas yang mencolok. Lebih parah lagi jika keringat disertai dengan bau badan.  Dalam situasi ini, ada beberapa strategi yang bisa membantu mengurangi jumlah keringat: 

Oleskan antiperspirant sebelum tidur
Antiperspirant bekerja dengan cara menghalangi saluran keringat sehingga keringat tidak bisa sampai ke permukaan kulit kita. Keringat masih diproduksi oleh kelenjar, tapi tidak bisa sampai ke permukaan.

Deodoran memang tidak mencegah keringat tapi berfungsi untuk menutupi bau yang dihasilkan oleh bakteri saat kita berkeringat. Mayoritas antiperspirant yang bisa Anda beli di apotek terdiri dari garam logam yang disebut aluminium chloride.

Untuk hasil terbaik, pastikan ketiak Anda bersih dan kering, lalu aplikasikan di malam hari sebelum tidur. Ini karena ramuannya butuh waktu untuk membuat blok di atas saluran keringat, dan kebanyakan orang berkeringat kurang, atau tidak sama sekali, di malam hari.

Lakukan rutinitas ini selama beberapa malam sampai Anda mencapai hasil Anda inginkan. 

Kenakan pakaian yang bernapas
Pililhlah pakaian dari bahan yang ringan dan menyerap keringat, seperti katun, sehingga tubuh bisa bernapas dengan baik. Pilihan warna juga berpengaruh. Warna lebih terang membantu memantulkan sinar matahari daripada menyerapnya, sehingga memakai warna putih bisa membantu membuat Anda tetap dingin dan mengurangi keringat.

Hindari makanan tertentu
Yang pasti, hindari makanan pedas. Tubuh kita bereaksi terhadap makanan pedas dengan cara yang sama dengan panas lainnya - mereka mencoba untuk mendinginkan semuanya, yang menyebabkan berkeringat. Kafein juga tidak dianjurkan, karena merangsang kelenjar adrenalin kita dan menyebabkan telapak tangan, kaki, dan ketiak kita berkeringat.

Tetap tenang
Berkeringat adalah cara tubuh Anda untuk mendinginkan Anda. Jadi dengan tetap tenang, Anda mengurangi kebutuhan untuk berkeringat.

Dalam cuaca panas, bisa sangat efektif untuk menempatkan semangkuk es di depan kipas angin untuk mengedarkan udara dingin di sekitar ruangan. Ide lainnya adalah tutuplah jendela Anda dengan tirai pada siang hari untuk menghentikan sinar matahari masuk sehingga kamar Anda tidak terlalu panas. Cobalah untuk tetap berada di tempat teduh jika berada di luar rumah.

Mengonsumsi makanan kecil lebih teratur dapat membantu membuat Anda tetap dingin, karena dibutuhkan panas metabolik untuk memecah makanan. Tetap terhidrasi dengan baik juga akan membuat suhu tubuh Anda turun.

Perawatan medis
Jika Anda merasa berkeringat berlebihan, mungkin Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui apakah Anda memiliki kondisi yang disebut hiperhidrosis. Jika Anda melakukannya, ada beberapa pilihan perawatan yang tersedia untuk Anda:

-Resep antiperspirant. Dokter Anda dapat meresepkan antiperspirant  yang tidak tersedia di pasaran. Krim resep juga tersedia jika wajah dan kepala Anda terkena.

-Obat oral yang bisa membantu mengurangi keringat. Namun ada beberapa efek samping potensial (termasuk masalah kandung kemih, mulut kering, dan penglihatan kabur). Jadi bicarakan dengan dokter Anda apakah manfaatnya lebih besar daripada risikonya.

-Antidepresan. Kegelisahan bisa menyebabkan kelebihan keringat. Dokter Anda mungkin meresepkan obat antidepresan jika mereka merasa hal ini berkontribusi terhadap masalah Anda.

-Suntikan Botox. Suntikan ini untuk sementara memblokir saraf yang menyebabkan berkeringat. Suntikannya berlangsung selama 6 sampai 12 bulan, setelah itu perawatannya perlu diulang. Suntikan dapat menyebabkan rasa sakit ringan, dan beberapa orang mengalami kelemahan otot sementara di daerah yang telah mereka alami.

-Operasi. Dalam kasus ekstrim, kemungkinan dokter akan memilih cara operasi. Ini termasuk terapi gelombang mikro, penghapusan kelenjar keringat, dan operasi syaraf. Pembedahan hanya boleh dipertimbangkan saat dokter Anda menentukan bahwa Anda memiliki kondisi serius yang menyebabkan Anda berkeringat dengan jumlah yang tidak biasa.

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya

 

Anda punya pertanyaan seputar Keringat Berlebih (Hyperhidrosis) ?
Ask Doctor

Popular Article

Begini Cara Mudah Mendapatkan #HidupEnak tapi Tetap Sehat Begini Cara Mudah Mendapatkan #HidupEnak tapi Tetap Sehat Posisi seks konon dapat meningkatkan peluang hamil, padahal ada cara lebih efektif yang bisa Anda lakukan Benarkah Posisi Seks Tingkatkan Peluang Hamil?